Tips Sukses Budidaya Ikan Mas Koki Bagi Pemula

Budidaya ikan mas koki – Ingin menyalurkan hobi sekaligus menghilangkan stres dan menambah penghasilan? Menekuni usaha budidaya ikan mas koki bisa jadi salah satu solusinya.

Apalagi, memelihara ikan mas koki relatif mudah dengan tingkat keberhasilan tinggi, asalkan Anda memiliki pengetahuan yang cukup. Tulisan ini akan menguraikan seluk-beluk budidaya ikan hias yang unik ini.

Perkembangan Ikan Mas Koki sebagai Ikan Hias

https://i0.wp.com

Ikan mas koki memiliki nama latin Carassius auratus dan berasal dari Cina. Ikan ini masih memiliki kekerabatan yang dekat dengan ikan koi dan ikan mas. Perbedaan utama antara ikan koi dan ikan koki adalah ukurannya. Ikan mas koki memiliki ukuran yang lebih lebih kecil.

Sebagai ikan hias, daya tarik ikan mas koki terletak pada bentuknya yang unik, bahkan bisa dibilang “aneh”, karena sangat berbeda dengan ikan pada umumnya. Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya jenis ikan mas koki yang asli tidak semenarik yang banyak dikenal sekarang ini?

Bentuk tubuh ikan mas koki asli sama seperti ikan lainnya. Hanya saja, ikan ini memiliki keistimewaan berupa warna yang merah menyala, membentang dari leher hingga ke pangkal ekornya. Inilah yang menjadi daya tarik ikan yang dalam bahasa Inggris disebut goldfish ini.

Meskipun bentuknya tidak istimewa, keberadaannya membuat akuarium tampak lebih menarik. Kalian juga bisa lihat akuarium ikan mas koki yang rekomended. Melalui proses domestifikasi, ikan mas koki pun mengalami banyak perubahan genetik.

Proses domestifikasi dilakukan dengan cara menangkap ikan yang hidup di alam, kemudian ditangkarkan di dalam kolam disertai aneka percobaan rekayasa genetika. Hasilnya, ikan mas koki pun hadir dengan bentuk dan warna yang beraneka ragam.

Cina dan Jepang adalah dua negara yang paling rajin menciptakan strain baru, bahkan hingga menghasilkan bentuk ikan mas koki yang sama sekali berbeda dari asalnya. Hingga saat ini, sudah lebih dari 120 strain baru yang berhasil diciptakan. Kehadiran strain-strain baru tersebut membuat ikan mas koki semakin populer.

Selain menarik, ikan mas koki memiliki beberapa keunikan. Misalnya, mampu mengubah warna tubuhnya sesuai tempat mereka dipelihara dan jika terpapar cahaya, tubuhnya akan memproduksi pigmen.

Karena itulah, jika terlalu lama disimpan di tempat gelap, warnanya akan pudar. Meski di alam mampu hidup hingga 20 tahun, ikan ini hanya berumur 6-8 tahun saat dipelihara.

10 Jenis Ikan Mas Koki yang Paling Diburu

Walaupun sering menjadi ‘bulan-bulanan’ ikan lain karena geraknya yang lamban, keberadaan ikan mas koki dalam sebuah kolam atau akuarium menjadi daya tarik sendiri. Bagi para penggemarnya, memandangi gerakannya yang gemulai itu justru menjadi aktivitas yang menyenangkan, bahkan bisa menenangkan pikiran.

Bentuk tubuh yang unik, sirip dan ekor yang cantik, serta warna-warni tubuhnya adalah daya tarik utama ikan mas koki. Dengan begitu banyak jenis dan selalu ada jenis baru, ikan ini tetap menjadi primadona ikan hias hingga saat ini.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis ikan mas koki yang dikenal. Berikut ini 10 di antaranya yang paling banyak diburu karena kecantikannya.

1.    Ikan Mas Koki Ryukin

https://www.hewan.id

Ikan mas koki ryukin diakui sebagai ikan mas koki tercantik di dunia, sehingga sering diikutkan dalam kontes ikan mas koki. Keistimewaan ikan ini adalah badannya buntal, memiliki punuk, warna sisiknya beraneka macam seperti merah, kuning, oranye, dan putih, serta sirip dan ekor yang panjang dan lebar. Wajar jika harganya bisa mencapai jutaan rupiah per ekor.

2.    Ikan Mas Koki Thosakin

https://www.hewan.id

Keunikan ikan mas koki thosakin adalah bola matanya menyembul ke samping dan memiliki pola ekor yang cantik. Warna kulitnya didominasi warna jingga dengan sedikit kombinasi warna putih terutama di bagian punggung dan kepalanya.

Kecantikannya ini membuat ikan mas koki thosakin juga menjadi salah satu primadona kontes dan memiliki harga yang mahal.

3.    Ikan Mas Koki Komet

http://cdn3.volusion.com

Nama komet diberikan karena bentuk ekor ikan ini menjuntai dan berwarna putih bercahaya seperti ekor komet. Bentuk tubuhnya ramping dengan warna-warni merah, kuning, dan putih. Ekornya yang hanya satu membedakan ikan ini dari jenis ikan mas koki lainnya.

4.    Ikan Mas Koki Fantail

https://www.hewan.id

Ini adalah jenis ikan mas koki terkecil dan termurah di dunia. Dengan ukuran dewasa maksimal 20 cm, ikan ini dijual dengan harga hanya Rp20.000,00 per ekor. Sesuai namanya, ciri ikan yang satu ini adalah sirip dan ekornya yang berbentuk kipas.

Ikan ini hanya memiliki satu warna di tubuhnya dan bisa berenang dengan gesit. Kemampuan ini menjadikannya tidak seperti kebanyakan ikan mas koki lainnya.

5.    Ikan Mas Koki Calico

http://www.fishtanksandponds.co.uk

Dengan tubuh memiliki seluruh warna ikan mas koki, plus bercak hitam yang tersebar dan warna kebiruan di punggungnya, ikan mas koki calico ini tampak sangat mewah dan berkelas. Ciri lain calico adalah siripnya panjang dan ukuran kepalanya kecil.

6.    Ikan Mas Koki Ranchu

https://satujam.com

Ikan mas koki ranchu termasuk baru di Indonesia. Ciri khasnya adalah tidak memiliki sirip, berbeda dengan jenis ikan mas koki lainnya. Badannya bulat dengan punggung melengkung ke bawah, wajahnya putih dan kasar, dan bola matanya bulat.

Sisiknya memiliki warna yang bervariasi. Akan tetapi, ikan ranchu yang berwarna kuning dan berkepala merah lebih disukai.

7.    Ikan Mas Koki Bubble Eye

http://estag.fimagenes.com

Bentuk mata yang aneh adalah ciri utama ikan mas koki yang satu ini. Pada matanya terdapat semacam gelambir lemak yang keluar dari kelopak mata dan menggembung.

Keanehannya membuat ikan ini menjadi primadona di kalangan pecinta ikan mas koki. Namun, ikan ini termasuk sulit dipelihara dan jika tidak hati-hati, gelembung pada matanya bisa pecah.

8.    Ikan Mas Koki Lion Head

https://satujam.com

Bentuk ikan ini tak kalah unik karena di bagian kepalanya terdapat benjolan yang bentuknya seperti rambut singa berwarna oranye. Tubuhnya pendek, gemuk, dan sedikit bungkuk. Sirip pada bagian ekor, perut, dan dadanya relatif pendek. Ikan mas koki lionhead ini sangat terkenal di kalangan pecinta ikan mas koki di Jepang.

9.    Ikan Mas Koki Panda Moor

https://satujam.com

Bentuk dan warna ikan ini sangat unik tetapi anggun. Tidak seperti ikan mas koki lain yang berwarna menyala, panda moor memiliki warna dominan hitam dan putih. Tubuhnya bulat seperti telur, matanya menonjol, dan memiliki sirip yang panjang dan indah. Ikan ini berasal dari Cina dan sangat populer karena keunikannya.

10. Ikan Mas Koki Oranda

http://www.agrowindo.com

Inilah jenis ikan mas koki yang paling terkenal di dunia. Bentuknya mirip dengan jenis lionhead dengan kepala besar seperti bentol-bentol dan pada umumnya berwarna merah dan putih. Ikan ini sangat banyak peminatnya sehingga relatif mudah ditemui di sekitar kita.

Makanan Ikan Mas Koki agar Cepat Besar

Pada dasarnya, ikan mas koki tidak terlalu pemilih dalam hal makanan. Meski demikian, jika menginginkan ikan piaraan Anda cepat besar, berikan makanan yang tepat sesuai kebutuhan nutrisinya. Ada lima macam makanan ikan mas koki yang masing-masing memiliki kandungan nutrisi berbeda.

Pelet

Pelet adalah makanan yang paling banyak mengandung nutrisi. Kandungan proteinnya mencapai lebih dari 30%. Agar ikan cepat besar, pilihlah jenis pelet dibuat khusus untuk menggemukkan tubuh ikan. Ada dua macam pelet yang dikenal saat ini, yaitu pelet apung dan pelet tenggelam.

Kutu Air

Meskipun berukuran kecil, kutu air memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, terutama kutu air yang masih hidup. Kutu air sebaiknya diberikan pada ikan mas koki anakan. Kandungan nutrisinya mampu mencukupi kebutuhan ikan sehari-hari.

Cacing Sutra

Dinamakan cacing sutra karena bentuknya halus seperti benang sutra. Selain mempercepat pertumbuhan, pakan jenis ini juga mampu merangsang pembentukan jambul. Sebelum diberikan pada ikan mas koki, cacing harus dibersihkan lebih dahulu dengan cara mencucinya di air mengalir.

Cacing Darah

Cacing darah atau bloodworm sering dijadikan pakan utama ikan hias karena kandungan lemak, protein, dan mineralnya cukup tinggi. Tak perlu repot mencari sendiri di alam karena cacing darah banyak dijual dalam bentuk frozen alias beku.

Kiat Sukses Budidaya Ikan Mas Koki

https://4.bp.blogspot.com

Meski penampilannya sangat memanjakan mata, ikan mas koki tergolong jenis ikan hias dengan harga menengah. Karena itulah, ikan ini masih menjadi incaran para pecinta ikan hias.

Tak salah jika banyak yang tertarik untuk memulai bisnis budidaya ikan mas koki ini. Apalagi, ikan ini termasuk ikan yang daya tahan hidupnya cukup tinggi di berbagai kondisi lingkungan.

Untuk mulai membudidayakan ikan mas koki, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, termasuk tahap persiapan atau pra-budidaya. Sayangnya, banyak yang mengabaikan tahap ini, padahal sangat penting untuk keberhasilan budidaya ikan mas koki.

Tahap persiapan ini meliputi penentuan lokasi kolam dan menyiapkan konstruksi kolam yang tepat.

Menentukan Lokasi Kolam

Meski ikan koki mudah hidup di berbagai tempat, jangan sepelekan urusan pemilihan lokasi kolam karena akan menentukan langkah selanjutnya. Carilah lokasi yang betul-betul strategis untuk menghindari kegagalan, dengan kriteria sebagai berikut:

  • Bebas banjir, longsor, atau bencana alam lainnya.
  • Bebas dari sumber polusi seperti limbah pabrik dan sumber pencemaran lainnya.
  • Bersih dan aman dari hewan berbahaya seperti ular, anjing, atau binatang pemangsa ikan lainnya.
  • Mudah diakses.
  • Limbah bekas pembuangan kolam dapat dibuang tanpa mengotori sekitarnya.

Membuat Konstruksi Kolam

Kolam harus direncanakan dengan tepat karena sangat berpengaruh terhadap proses budidaya. Konstruksi kolam harus dibuat dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Terdapat outlet atau pintu untuk mengalirkan air keluar dan inlet atau pintu masuknya air.
  • Dasar kolam dibuat dengan kemiringan yang cukup.
  • Penahan dinding kolam harus cukup kuat untuk menahan tekanan air.
  • Terdapat kubangan untuk memudahkan proses pemanenan ikan.

Setelah tahap persiapan selesai, barulah tahap budidaya ikan dapat dimulai. Ada tiga tahap yang dilakukan dalam proses budidaya ini, yaitu tahap pembenihan, pemijahan, pemeliharaan, dan pemanenan. Uraian lengkap masing-masing tahap tersebut diuraikan di bawah ini.

1.     Tahap Pembenihan

Tahap pembenihan dimulai dengan proses seleksi atau pemilihan induk yang berkualitas. Induk jantan maupun betina yang baik minimal berusia 8 bulan, fisiknya sehat dan tidak cacat, dan aktif bergerak. Jika perutnya ditekan, induk betina akan mengeluarkan cairan berwarna kuning, sedangkan induk jantan mengeluarkan cairan putih dari bagian genitalnya.

Selanjutnya, siapkan kolam yang bersih berukuran 2×2 meter isilah dengan air setinggi 30 cm. Air yang akan digunakan, baik air sumur maupun PDAM diendapkan lebih dahulu selama semalaman agar terbebas dari zat yang berbahaya bagi kelangsungan hidup ikan.

Kolam harus dilengkapi dengan kakaban sebagai tempat menempelkan dan melindungi telur. Kakaban bisa dibuat dari bahan ijuk, kelambu, eceng gondok, maupun ganggang.

Kakaban dari ijuk dibuat dengan cara meotong ijuk sepanjang 30-40 cm, lalu dimasukkan ke dalam celah di bagian tengah bambu yang sudah dibelah selebar 8-10 cm dan diikat kuat.

Setelah kolam siap, tempatkan induk jantan dan betina di kolam terpisah. Berikan pakan berupa pelet, jentik, atau kroto dengan dosis 1%-3% berat badan. Pakan sebaiknya diberikan tiga hingga lima kali sehari.

2.     Tahap Pemijahan

Pemijahan ikan mas koki dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu berpasangan dan massal. Pada cara berpasangan, perbandingan jumlah ikan betina dan jantan yang dimasukkan ke dalam kolam pemijahan adalah 1:1, sedangkan perbandingan untuk cara massal adalah 1:5.

Untuk proses pemijahan, gunakan 1-3 kakaban dan tutup denga jaring agar kotoran atau hama tidak dapat masuk. Masukkan induk ikan yang berukuran sama pada saat menjelang maghrib. Perkawinan ikan mas koki biasanya terjadi menjelang waktu subuh.

Pada saat memijah, kedua induk ikan mas koki akan berkejaran. Ikan jantan kemudian akan menggosokkan tubuhnya ke perut belakang ikan betina dan mengeluarkan sperma yang akan membuahi telur dengan cara pembuahan eksternal.

Saat itu juga, telur akan menempel di kakaban dan harus dijaga agar terhidar dari sinar matahari langsung.

Kurang lebih empat hari kemudian, telur akan menetas dan menjadi larva ikan. Telur yang tidak menetas harus segera diambil agar tidak membusuk dan mengotori air. Karena jumlahnya semakin banyak, gunakan aerator untuk memenuhi kebutuhan oksigen ikan-ikan baru tersebut.

3.     Tahap Pemeliharaan

Ikan mas koki sangat sensitif terhadap perubahan kadar oksigen dalam air. Karena itu, kualitas air harus selalu dijaga. Namun, hindari mengganti air dengan cara menguras terlalu sering karena akan membuat ikan stres.

Akan lebih baik untuk menggunakan aerator untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut, biofilter untuk mengisap amoniak, dan mengatur jumlah ikan dan pakan yang diberikan.

Larva ikan yang baru menetas tidak perlu langsung diberi makan. Mereka memiliki semacam buntalan yang tampak seperti kuning telur di sekitar perutnya. Buntalan tersebut adalah cadangan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama empat hari sehingga tidak perlu diberi makan.

Selama satu bulan pertama setelah cadangan makanan pada larva ikan habis, berikan pakan berupa jentik nyamuk atau kutu air (moina atau daphnia). Berikan pakan sedikit demi sedikit sebanyak enam kali sehari. Pemberian pakan dimulai dari pukul enam pagi hingga lima sore.

Untuk ikan mas koki yang ukurannya sudah cukup besar, pakan bisa diganti dengan cacing darah (bloodworm) atau cacing sutra. Saat usianya sudah memasuki dewasa, ikan perlu diberi pakan berupa pelet yang memiliki kandungan protein tinggi serta mengandung vitamin dan mineral.

Memelihara ikan hias tentu tidak semudah memelihara ikan untuk konsumsi. Begitu juga dengan ikan mas koki. Meski tidak terlalu sulit, pemeliharaannya harus dilakukan dengan hati-hati.

Itulah sebabnya, bagi para pemula, budidaya ikan mas koki sebaiknya dilakukan untuk satu jenis ikan mas koki lebih dahulu. Setelah itu, barulah  bisa dikembangkan ke jenis lainnya.

Sumber artikel
Referensi: http://budidayanews.blogspot.com/2011/02/jenis-jenis-ikan-mas-koki.html

21 Jenis Ikan Mas Koki Beserta Gambar Terlengkap!

Ikan Mas Koki yang Memiliki Bentuk Unik dan Warna Indah


http://www.majalahikan.com/2015/11/Jenis-Ikan-Mas-Koki.html

7+ Macam Ikan Mas Koki Yang Unik & Mudah Dipelihara

19 Jenis-Jenis Ikan Koki, Penjelasan Lengkap dan Gambarnya

12 Jenis Ikan Mas Koki Ini Dapat Kamu Pelihara di Akuarium


http://tipsikan.blogspot.com/2016/05/4-makanan-ikan-koki-supaya-cepat-besar.html
https://www.infoikan.com/2017/04/makanan-ikan-mas-koki-agar-cepat-besar.html

5 Cara Budidaya Ikan Mas Koki di Aquarium untuk Pemula


https://www.infoikan.com/2017/01/budidaya-ikan-mas-koki-goldfish-untuk.html

Tinggalkan komentar