Cara Beternak Ayam Petelur Sebagai Peluang Bisnis

Cara beternak ayam petelur – Ayam merupakan hewan yang sangat dicari oleh masyarakat karena untuk dimanfaatkan bulunya yang dijadikan sebagai kerajinan, dagingnya bisa dikonsumsi dan telurnya juga bisa di konsumsi.

Mengenal Tentang Ayam Petelur

Ayam juga merupakan hewan yang mudah dibudidaya dan bisa sangat menguntungkan jika memelihara dengan baik, Maka dari itu, anda harus mengetahui bagaimana cara beternak ayam petelur dengan baik. Ayam memiliki banyak jenisnya yaitu seperti ayam petelur, ayam potong dan masih banyak yang lainnya.

Hal-hal yang anda ketahui untuk budidaya ayam petelur yaitu sebagai berikut :

1. Pemilihan bibit ayam petelur

Pemilihan bibit ayam petelur
http://ternakmadiun.blogspot.com

Sebelum anda budidaya ayam petelur anda harus mengetahui dahulu bibit ayam petelur. Anda bisa memperoleh bibit ayam dengan menetaskannya sendiri atau dengan membeli bibit ayam petelur.

Bibit yang digunakan yaitu bibit dalam keadaan tidak cacat dan sehat, bulunya menutupi seluruh badan dan rata tertutup dengan bulu, bertumbuh dengan normal dan menggunakan bibit yang unggul atau penjual yang sangat terpercaya agar nantinya hasil dari budidaya bisa sesuai dengan harapan anda.

Jika anda menggunakan cara menetaskan bibit petelur anda harus memperhatikan kondisi telurnya. Telur harus terlihat bagus dan dalam keadaan yang baik, perhatikan juga induk petelur agar menghasilkan telur yang baik juga.

Dan jika anda menggunakan cara membeli bibit di tempat penjualan bibit ayam petelur anda juga harus memperhatikan bibit ayam itu seperti sehat, tidak cacat, nafsu makannya baik dan bagus, memiliki induk yang sangat baik dalam kondisi kesehatannya, bulu halus dan mempunyai berat badan yang ideal.

2. Jenis – jenis ayam petelur

jenis ayam petelur
https://ayamkita.com

cara beternak ayam petelur selain bibit yang wajib anda ketahui yaitu, Anda juga harus mengetahui tentang jenis ayam petelur yaitu: ayam petelur coklat dan ayam petelur putih.

Ayam petelur coklat atau juga disebut dengan ayam medium banyak ditemui di desa – desa atau dimana saja. Ayam jenis ini sangat mudah ditemukan dimana saja sehingga sangat mudah juga untuk memeliharanya dalam mencari pakan atau yang lainnya.

Ayam petelur coklat memiliki ciri – ciri yaitu telurnya yang berwarna cokelat, selain dimanfaatkan telurnya ayam jenis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ayam pedaging juga. Selain itu telur ayam ini lebih besar ukurannya dengan ayam lainnya terutama dengan ayam petelur putih dan harga telur ayam ini lebih mahal dibandingkan dengan ayam petelur lainnya.

Selain ayam petelur coklat, ada juga ayam petelur putih yaitu sebenarnya sama saja dengan ayam petelur coklat namun kedua ayam petelur ini memiliki kebebasan yang berbeda – beda.

3. Kandang ayam petelur

Untuk kandang bagi ayam petelur juga anda harus selalu memperhatikannya agar ayam tidak mengalami stres dan selalu sehat.

Macam-macam kandang ayam petelur ini yaitu :

1. Kandang koloni

cara beternak ayam petelur
https://asinttech.com

Kandang jenis ini yaitu semua ayam dicampur bersama diletakkan dalam satu kandang. Karena sifatnya yang sederhana ini kandang jenis ini banyak digunakan oleh ayam pedaging namun banyak juga dari peternak ayam petelur menggunakan kandang koloni sebagai kandang ayam petelur.

Dengan menggunakan kandang koloni ini telur yang dihasilkan ayam petelur akan tersebar di semua sudut kandang. Ha ini sangat menyulitkan bagi peternak ayam petelur karena dengan posisi telur yang menyebar menyulitkan untuk mengambilnya dan bahkan akan ada beberapa telur yang tertinggal dalam kandang.

2. Kandang baterai

ternak ayam petelur
http://telorbagus.blogspot.com

Kandang jenis ini sangat disarankan untuk peternak ayam petelur karena kandang ini yaitu satu kandang hanya bisa diisi oleh satu ekor ayam sehingga peternak bisa dengan mudah mengambil telur yang dihasilkan oleh ayam petelur tanpa ada yang tertinggal di dalam kandang.

4. Penempatan tempat kandang

Dalam membuat peternakan ayam tentu saja akan muncul bau yang tidak sedap yang berasal dari ayam maupun kandang ayam itu sendiri. Sehingga anda harus memperhatikan dalam penempatannya.

Penempatan tempat kandang yaitu harus lokasi tetap, mudah untuk peternak menjangkaunya dan kandang berada di tempat yang jauh dari pemukiman warga.

Cara Beternak Ayam Petelur

untuk cara beternak ayam petelur ini anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini yaitu :

1. Pakan ayam petelur

Pakan ayam petelur
http://ternakayam.ptnasa.net

Untuk menjaga ayam petelur agar selalu sehat dan dalam kondisi yang baik tentu saja anda harus memberinya pakan sehat. Pakan disini memiliki banyak jenisnya dan beberapa dari jenisnya yaitu tepung ikan, sentrat dan jagung.

Dalam setiap pakan mengandung nutrisi yang baik untuk ayam petelur sehingga sangat baik untuk memberikan beberapa macam pakan pada ayam karena hal ini bertujuan agar ayam petelur dapat mendapatkan banyak nutrisi sehingga baik untuk kesehatannya.

Untuk pemberian pakan pada bibit ayam petelur dibagi menjadi dua fase yaitu fase yang pertama adalah fase starter, fase ini merupakan pemberian pakan pada bibit ayam petelur yang usianya 0 – 4 minggu.

Yang kedua adalah fase finishing yaitu pemberian pakan bibit ayam petelur yang usianya 4 – 6 minggu yang intensitas pemberian pakan yaitu tiga kali sehari dengan jumlah yang terus bertambah setiap minggunya.

2. Minum ayam petelur

Dalam pertama pemberian minum pada bibit ayam petelur diberikan dengan campuran obat anti stres dan gula. Obat anti stres ini bertujuan agar ayam yang baru datang dari tempat lain mampu bersikap atau berperilaku tenang dalam kandang dan beradaptasi dengan mudah dalam kandang.

Jika ayam stres maka akan sangat merugikan peternak karena ayam ini akan menurun produktivitas telurnya dan jika ayam yang stres ini bertelur, telurnya biasanya berada di bawah standar nilai telur.

3. Vaksin

obat ayam petelur
http://falinaternakayamlayer.blogspot.com

Selain mencampurkan obat pada makanan dan minuman cara lain memberikan obat yaitu dengan menggunakan vaksin. Cara ini bertujuan untuk memberikan nutrisi tambahan pada ayam petelur sehingga kondisinya kan sangat baik dan daya tahan tubuh dari ayam ini akan sangat baik.

4. Kebersihan pada lahan ayam petelur

Kandang yang bersih merupakan suatu kewajiban bagi para peternak ayam petelur agar ayam selalu dalam kondisi yang prima tidak stres maupun sakit. Selain kandang tempat makan dan minum ayam juga harus bersih sehingga ayam tidak mudah untuk terserang penyakit yang nantinya akan merugikan peternak ayam.

Kotoran pada kandang harus dilakukan pembersihan sekali setiap hari untuk menjadikan tempat yang sehat bagi ayam petelur. Selain itu, peternak harus memperhatikan kandang tetap kering dan tidak ada genangan air dalam kandang agar ayam terhindar dari bibit – bibit nyamuk yang nantinya akan membuat kesehatan ayam buruk oleh virus dan segala penyakit.

Kotoran yang terdapat pada kandang cara membersihkannya dengan menyemprot desinfektan atau cuci kutu supaya kandang menjadi steril kembali.

5. Perawatan

Jika terdapat ada ayam sakit sekira pisahkan ayam tersebut dengan ayam lainnya yang masih sehat agar tidak menular dengan ayam yang sehat. Ayam yang sudah dipisahkan dengan ayam sehat lainnya diberikan nutrisi dan vitamin sampai sembuh agar ayam bisa kembali sehat dan bisa memproduksi telur dengan baik lagi.

Nah, itulah yang bisa kami bagi tentang bagaimana cara beternak ayam petelur yang mana kami telah merangkum dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat dan jangan lupa terus belajar dan langsung praktek karena ilmu yang paling mahal adalah ilmu yang langsung dipraktekkan.

Tinggalkan komentar