Cara Beternak Ayam Potong Untuk Peluang Usaha

Cara beternak ayam potong – Selain ayam petelur yang biasa dibudidaya dikalangan masyarakat juga membudidayakan ayam potong karena penghasilan yang nanti dihasilkan dari beternak ayam potong ini sangat menjanjikan.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Ayam Potong

Ayam potong atau yang sering disebut dengan broiler atau ayam pedaging ini merupakan ayam yang pertumbuhannya sangat cepat. Ayam jenis ras ini bisa memiliki daging kira – kira 2 kilogram hanya dengan umur 30 hari. Tentu ayam ini sangat bagus untuk diternak dan bisa diharapkan penghasilan dari ayam ini yang sangat menjanjikan.

Berikut beberapa jenis ayam yang biasanya dijadikan untuk ternak ayam potong yaitu :

1. Jenis ayam buras

cara beternak ayam potong
http://ayamkampungbanyuwangi.blogspot.com

Ayam bukan ras atau yang biasanya disebut dengan ayam buras atau yang lebih dikenal dengan ayam kampung merupakan ayam yang juga menjanjikan untuk di ternak. Harganya yang mahal dibandingkan dengan ayam ras juga memengaruhi kualitasnya.

Ayam buras biasanya tidak diberikan obat-obatan yang biasa digunakan untuk ternak ayam, ayam ini hanya diberikan pakan-pakan alami jadi jika dibandingkan untuk masa panennya akan jauh berbeda cepatnya dengan jenis ayam ras. Tetapi ayam jenis ini dalam biaya pemeliharaannya lebih murah dibandingkan dengan ayam ras.

Kadar lemak yang terkandung dalam ayam buras ini lebih rendah dibandingkan dengan jenis ayam ras. Ayam buras ini memiliki dua jenis ayam yaitu ayam kampung asli atau yang merupakan ayam kampung peliharaan dan yang kedua adalah ayam kampung liar atau yang juga disebut dengan ayam kampung super.

Dalam usia 3 sampai 5 bulan ayam ini biasanya akan dipotong dan beratnya kurang lebih 1000 sampai 7000 gram. Ayam kampung asli memiliki ciri – ciri daging yang cukup empuk, gurih dan tidak memiliki bau yang tajam sedangkan dengan ayam kampung liar memiliki ciri ciri yaitu ayam ini tidak selalu berada di kandang yaitu yang artinya ayam ini dibiarkan berada di alam yang bebas.

Ayam kampung liar memiliki aroma tajam yang khas pada dagingnya dan teksturnya lebih alot dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Ayam ini waktu pemeliharaannya sangat lama oleh karena itu harga ayam ini lebih mahal atau 2 sampai 3 kali lebih mahal dari ayam ras.

Harga yang mahal pada jenis ayam ini ini selain karena waktu pemeliharaannya juga karena faktor risiko kematian yang sangat tinggi karena ayam ini dibebaskan dalam alam bebas.

2. Jenis ayam ras

ternak ayam potong
http://putraunggas.blogspot.com

Ciri khas dari ayam ras adalah ayam ini lebih gemuk dibandingkan dengan ayam buras. Ayam ini memiliki tiga jenis yaitu ayam boiler, ayam pejantan dan ayam ras afkir.

Ayam jenis ini biasanya memiliki waktu masa panen yaitu sekitar 30 sampai 32 hari dengan berat 900 sampai 1000 gram. Dan ayam ini memiliki bokong yang kecil dan mempunyai dada yang besar, hal ini merupakan kebalikan dari ayam petelur yang mempunyai bokong yang besar dan dada yang kecil.

Cara Beternak Ayam Potong

Dalam beternak ayam potong tentu saja anda harus memperhatikan cara memelihara dan penempatan kandang dan lain sebagainya.

Berikut beberapa cara beternak ayam potong yang bisa anda lakukan :

1. Pemilihan bibit untuk ayam potong

Pemilihan bibit untuk ayam potong
http://bibitternak.pianalfandi.com

Dalam beternak ayampotong memilih bibit untuk ayam potong adala hal yang harus anada perhatikan, berikut :

  1. Memiliki bentuk tubuh yang berbentuk bulat dan berisi
  2. Bibit aktif bergerak, tidak cacat atau sakit dan sehat
  3. Bulu pada bibit mengkilap dan sehat
  4. Mata tajam
  5. Hidung bersih
  6. Daerah yang berada di sekitar anus tidak kotor

2. Pemilihan bentuk kandang

kandang ayam potong
metrolangkatbinjai.com

Dalam cara beternak ayam potong atau boiler, anda harus mengetahui kandangnya harus seperi apa atau bagaiman?? Ya, kandang yang baik bagi peternak adalah jauh dari pemukiman karena ternak kambing potong memiliki bau yang tidak sedap dan untuk menghindari berbagai macam virus yang bisa menular.

Kandang untuk ayam boiler atau ayam potong memiliki dua jenis yaitu kandang bentuk panggung atau kandang tanpa panggung. Kandang yang berbentuk panggung ini sangat praktis karena kebersihannya akan terjaga. Pada kandang panggung kotoran ayam akan langsung jatuh ke bawah sehingga kandang tidak memerlukan alas kandang.

kandang panggung merupakan kandang yang praktis dan efisien karena pemeliharaannya yang sederhana juga memiliki harga yang sangat mahal dalam pembuatannya.

Untuk kandang yang jenis tanpa panggung tentu anda harus selalu memperhatikan kebersihan kandang tersebut dan tipe kandang ini lebih mudah untuk dibangun, selain itu tipe kandang ini banyak digunakan oleh masyarakat.

Cara merawat kandang yaitu salah satunya adalah lakukan pengapuran di dinding dan lantai untuk sanitasi setelah selesai panen dan dilakukan penyemprotan formalin supaya bibit penyakit mati. Sebelum anda menggunakan kandang kembali setelah proses sanitasi dan penyemprotan diamkan kandang dahulu selama 10 hari.

3. Cara memelihara ayam potong

cara memelihara ayam potong
cara beternak ayam potong

1. Pada minggu pertama dalam pemeliharaan bibit ayam potong, bibit ini dimasukkan ke dalam inkubator atau bisa juga anda menggunakan indukan yang tujuannya untuk memberikan kehangatan bagi bibit itu sendiri. Kemudian, berikan pakan yang berbentuk butiran yang kecil dan air hangat untuk minum bibit ayam potong. Hal ini dilakukan agar bibit bisa tumbuh dengan baik.

2. Pada minggu kedua suhu yang ada di pemanas bisa dikurangi karena pada usia ini bibit mulai bisa mengaur suhunya dan pakan yang digunakan tetap menggunakan pakan dengan jenis butiran yang kecil.

3. Pada minggu ketiga bibit ayam potong sudah tidak memerlukan pemanas lagi karena pada minggu ini bibit sudah bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri

4. Pada minggu keempat bulu-bulu yang terdapat pada ayam potong mulai tumbuh dan pakan diberikan dua kali lipat dari biasa yang diberikan pada bibit.

5. Pada minggu kelima harus dilakukan secara rutin pembersihan kandang karena pada minggu ini ayam sudah menghasilkan banyak kotoran, sehingga hal ini harus selalu diperhatikan agar ayam bisa tetap sehat dan terhindar dari kotorannya sendiri.

4. Masa panen ayam potong

Masa panen ayam potong
http://www.bisikanbisnis.com

Cara panen pada ayam potong yaitu tangkap terlebih dahulu ayam yang dipanen lebih awal dan dilakukan penyekatan. Penyekatan disini bertujuan agar penangkapan ayam tidak dilakukan secara bersamaan karena hal ini akan membuat ayam ini merasa lemas.

Yang perlu anda hindari dalam masa panen ini adalah penumpukan ayam yang berada di daerah sudut kandang atau yang biasa disebut dengan over lapping. Hal ini dilakukan untuk menghindari banyaknya ayam yang mati.

Banyak yang belum tahu cara menangkap ayam potong, berikut ini adalah cara menangkap ayam potong yang baik dan benar :

  1. Pegang kaki ayam secara perlahan, setelah itu pegang bagian dada dari ayam dan angkat ke atas. Jangan menarik salah satu sayap ayam saat akan memegang ayam karena hal ini akan membuat ayam memberontak.
  2. Pada kedua kaki ayam diikat saat setelah selesai ditangkap kemudian timbang bobot ayam potong saat masih hidup dan mencatatnya. Hal ini dilakukan karena biasanya bobot ayam potong dihitung saat ayam masih hidup.

Nah, itulah cara beternak ayam potong yang sebenarnya mudah kan. Cuma yang perlu anda kuasai adalah ilmunya dan harus angsung dipraktekkan dan sering-seringlah melakukan percobaan agar anda menemukan pola sendiri untuk sukses beternak ayam potong versi anda. Ditunggu ya,,, Kesuksessannya.

Tinggalkan komentar