Cara Memasak Daging Kambing Dengan Benar

cara memasak daging kambing – Daging kambing merupakan daging merah yang menjadi idola saat daging ini telah diolah. Apalagi saat perayaan hari raya idul adha daging ini akan ditemukan dimana-mana, kandungannya yang terdapat di dalam daging ini memiliki kandungan yang paling baik diantara daging yang lain.

Namun, daging kambing ini juga memiliki bau yang sangat khas yaitu bau amis. Banyak dari anda yang tidak menyukai bau dari khas daging ini. Daging ini juga termasuk daging yang bertekstur keras atau alot sehingga seringkali sulit untuk memroses makanan ini di mulut.

Dengan berbagai cara anda mencoba memasaknya untuk menghilangkan bau dan teksturnya yang keras namun terkadang masih tercium baunya yaitu bau amis dan teksturnya masih keras.
Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam mengolah daging kambing:

Cara memasak daging kambing agar hilang baunya

cara memasak daging kambing
cara memasak daging kambing

Saat memasak daging kambing anda seringkali kesulitan untuk menghilangkan bau yang menyengat pada kambing, walaupun sudah dimasak dengan baik terkadang bau khas kambing ini masih menempel pada masakan anda.

Berikut ini cara untuk menghilangkan bau daging kambing yaitu :

1. Merebus daging kambing

Seringkali anda mencuci daging kambing sebelum memasaknya, namun cara itu membuat bau dari daging ini semakin menyebar keluar dan semakin sulit untuk menghilangkan baunya.

Anda hanya cukup merebus daging kambing hingga matang atau mendidih dan membuang busa yang nantinya akan keluar saat anda merebus daging ini dan anda tidak perlu mencucinya terlebih dahulu.

2. Menaburkan garam dapur yang mengandung yodium pada daging

https://pixabay.com

Garam dapur yang biasa anda gunakan untuk sebagai rasa masakan anda agar terasa sedap dan lezat juga anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau amis pada daging kambing.

Cara penggunaannya yaitu :

Daging kambing ditaburi dengan garam dapur yang beryodium sampai merata lalu dibiarkan hingga kurang lebih 60 menit agar garam dapat meresap dalam daging dengan sempurna dan menghilangkan bau amis. Setelah itu, cuci daging yang sudah dilumuri dengan garam dapur beryodium dengan air dingin. Setelah itu anda bisa mengolahnya seperti biasa.

3. Rempah – rempah alami

https://biz.kompas.com

Rempah – rempah yang biasa anda gunakan sebagai bumbu masakan anda dalam mengolah berbagai makanan juga anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau pada daging kambing.

Rempah – rempah alami disini yaitu yang beraroma kuat seperti : batang serai, cengkih, kepulaga, daun jeruk, jahe dan daun kemangi dan rempah – rempah yang lain.

Cara mengolah rempah – rempah alami untuk menghilangkan bau daging kambing yaitu :
Rebus daging yang sudah dilumuri dengan rempah – rempah sampai mendidih kemudian setelah itu anda bisa memasaknya dengan resep masakan seperti yang anda biasa gunakan untuk mengolah daging ini menjadi masakan andalan anda.

4. Buang lemak yang ada di daging kambing

Bau amis pada kambing ini tidak hanya berasal dari dagingnya namun juga berasal dari lemak yang menempel pada daging itu sendiri.

Untuk mengurangi bau yang ada pada daging bisa anda lakukan dengan cara membuang lemak yang menempel pada daging. Untuk memudahkan anda dalam proses pembuangan lemak sebaiknya simpan dahulu daging kambing dalam freezer, setelah daging sudah membeku iris lemaknya yang menempel pada daging.

5. Buah nanas untuk menghilangkan bau daging kambing

https://pixabay.com

Buah nanas yang biasa kita sajikan sebagai sop buah, rujak maupun hanya dimakan seperti biasanya namun juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau pada daging kambing.

cara pengolahannya yaitu :
kupas nanas dari kulitnya kemudian parut nanas hingga menjadi lembut dan sebaiknya menggunakan nanas yang muda. Setelah itu, daging kambing direndam dalam parutan nanas kurang lebih selama 10 menit – 30 menit.

6. Jeruk nipis

https://pixabay.com

Jeruk nipis sudah banyak dibuktikan untuk menghilangkan berbagai macam bau pada makanan. Hal ini juga berlaku pada daging kambing. Daging merah ini dapat dihilangkan bau amisnya dengan menggunakan perasan air jeruk nipis.

Cara memasak daging kambing agar tidak bau :
Sebelum daging ini diolah lumuri daging terlebih dahulu menggunakan perasan air jeruk nipis secara merata, kemudian di diamkan sampai air perasan jeruk nipis meresap kedalam daging sekitar 30 menit.

7. Lobak

https://pixabay.com

Lobak digunakan sebagai acar atau sebagai bahan lainnya untuk sebagai bahan tambahan dalam masakan. Tetapi, lobak juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau pada daging kambing.

Cara mengolah lobak untuk menghilangkan bau pada daging kambing yaitu :

Potong lobak dan masukkan ke dalam rebusan daging kambing. Rebus campuran lobak dan daging sampai matang, kemudian tiriskan dan anda bisa memasak daging sesuai keinginan anda tanpa mengkhawatirkan bau pada daging.

Cara memasak daging kambing agar empuk

Daging kambing selain baunya yang sangat mengganggu juga memiliki tekstur daging yang keras atau alot. Anda terkadang kesusahan saat memasak daging ini karena masih terasa keras saat anda memakannya, namun cara – cara berikut ini dapat anda gunakan untuk membuat daging menjadi empuk :

1. Daun pepaya

http://cingdoland.blogspot.com

Anda seringkali mengkonsumsi daun pepaya sebagai sayuran dalam makanan anda atau sebagai bahan masakan makanan lainnya. Namun daun pepaya ini selain dimakan sebagai sayuran atau dimasak dengan cara yang lainnya juga bisa digunakan untuk membuat daging ini menjadi empuk.

Cara penggunaan daun pepaya ini yaitu :
Bungkus daging kambing menggunakan daun pepaya yang sudah dibersihkan lalu tunggu beberapa saat. Dengan menggunakan daun pepaya dapat mengurangi tekstur daging yang keras.

Setelah di diamkan daging dengan dibungkus daun pepaya, anda bisa mengolah daging kambing ini seperti biasanya sesuai selera anda.

2. Buah nanas untuk membuat daging kambing menjadi empuk

Buah nanas selain digunakan untuk menghilangkan bau pada daging kambing juga bisa digunakan untuk membuat daging menjadi empuk sehingga mudah untuk memakannya.

Cara memasak daging kambing agar menjadi empuk yaitu :
Parut buah nanas dan daging direndam dalam parutan nanas kurang lebih 20 – 30 menit. Jika ingin lebih empuk anda bisa tambah waktu rendamannya.

3. Buah pir

https://pixabay.com

Jika parutan buah nanas dapat digunakan untuk membuat daging empuk, buah pir juga bisa digunakan untuk membuat daging kambing menjadi empuk juga.

Cara mengolah buah pir untuk membuat daging kambing menjadi empuk yaitu :
Buah pir di parut kemudian hasil parutan buah pir ini dicampur dengan daging kemudian didiamkan selama kurang lebih 10 menit – 30 menit.

Cara memasak daging kambing dengan cara memotongnya

Daging kambing memiliki tekstur yang keras sehingga susah untuk memotongnya, seringkali anda kesusahan memotong daging yang keras.

Cara memotong daging kambing agar tidak susah yaitu :
Memotong daging dengan melawan alur serat dari kambing itu sendiri. Dengan memotong melawan alur serat itu memudahkan bagi anda untuk mengolah dan memasaknya agar lebih cepat dan lebih mudah.

Dengan cara memotong atau mengiris dengan metode ini juga bisa membuat daging menjadi empuk saat diolah atau dimasak.

Tinggalkan komentar