Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina dengan Mudah

Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina –┬áLouhan merupakan ikan hias air tawar yang punya banyak keistimewaan, terutama dalam hal bentuk dan warnanya. Jadi tak heran bila ikan ini selalu dicari, meskipun dijual dengan harga yang cukup mahal. Sayangnya, tak sedikit orang yang masih bingung tentang bagaimana cara membedakan ikan louhan jantan dan betina.

Bagi seorang pemula, membedakan jenis kelamin ikan memang bukan hal yang mudah, apalagi louhan jantan dan betina memang terlihat sangat mirip. Namun bila diperhatikan lebih detail, ikan jantan dan betina sebenarnya memiliki perbedaan dalam hal bentuk, warna, hingga tingkah lakunya.

Dalam hal budidaya ikan louhan, membedakan jenis kelamin louhan yang masih berupa anakan/benih mungkin akan lebih sulit lagi. Hal ini disebabkan karena ciri-ciri fisiknya memang belum terlalu jelas dibandingkan dengan ikan louhan dewasa.

Karena itu kebanyakan orang baru bisa membedakan jenis kelamin louhan ketika ikan tersebut sudah tumbuh besar. Jika Anda termasuk penggemar ikan hias ini, maka baca artikel ini hingga tuntas.

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina Berdasarkan Bentuk Tubuh

Cara membedakan ikan louhan
http://3.bp.blogspot.com

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk membedakan jenis kelamin louhan adalah ukuran dan bentuk tubuhnya. Perbedaannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertumbuhan ikan louhan jantan lebih cepat dari betina. Jadi untuk usia yang sama, bentuk tubuh louhan jantan selalu lebih besar dari louhan betina.
  2. Bentuk tubuh louhan jantan cenderung lebih lebar, sedangkan louhan betina memiliki bentuk tubuh yang terkesan ramping dan memanjang.
  3. Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina juga bisa dilihat dari bentuk kepalanya yang menonjol atau nong-nong. Baik louhan jantan maupun betina sama-sama memiliki dahi jenong, tapi tonjolan pada louhan jantan biasanya berukuran lebih besar dibandingkan louhan betina. Namun ukuran tonjolan ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kesehatan dan tingkat stres ikan. Bila ikan jantan ternyata kekurangan nutrisi dan sedang stres, ukuran tonjolan di dahinya mungkin tidak akan terlalu besar. Akibatnya, ia akan sulit dibedakan dari louhan betina yang dalam kondisi sehat.
  4. Ikan louhan jantan memiliki bentuk perut yang terkesan ramping, sedangkan perut louhan betina cenderung lebih besar dan gendut.
  5. Mulut atau bibir ikan yang jantan biasanya lebih tebal dan menonjol daripada louhan betina.

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina Berdasarkan Warna

Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina
https://i.imgur.com

Hal selanjutnya yang bisa dijadikan patokan untuk mengetahui jenis kelamin louhan adalah memperhatikan warnanya. Semua jenis ikan louhan, baik jantan maupun betina, sama-sama memiliki warna yang bervariasi. Meski tidak ada warna khusus yang bisa membedakan jenis kelamin, berikut beberapa perbedaan yang bisa jadi ciri khasnya:

  1. Warna tubuh ikan louhan jantan terlihat lebih cerah sekaligus lebih tajam dibandingkan dengan louhan betina.
  2. Louhan betina memiliki corak warna hitam pada sirip punggungnya, dan hal ini biasanya tidak dimiliki oleh louhan jantan.

Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina berdasarkan warnanya memang tergolong cukup mudah untuk dilakukan. Namun jangan jadikan warna sebagai satu-satunya kriteria untuk menentukan jenis kelamin ikan.

Warna pada tubuh ikan louhan bisa dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk makanan, kesehatannya, hingga tingkat stres pada ikan. Dalam kondisi tertentu, warna louhan jantan dan betina bisa terlihat sangat mirip dan susah dibedakan. Bisa juga warna louhan betina terlihat lebih cerah, jika pejantan mengalami malnutrisi.

Jadi dalam hal penentuan jenis kelamin, warna tidak bisa jadi patokan utama untuk mengetahui apakah louhan tersebut jantan atau betina.

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina Berdasarkan Organ Reproduksi

cara membedakan ikan louhan jantan dan betina dari kecil
https://www.monsterfishkeepers.com

Cara paling efektif untuk membedakan louhan jantan dan betina adalah dengan melihat organ reproduksi atau alat kelaminnya. Perbedaannya adalah sebagai berikut:

  1. Ikan louhan jantan memiliki bentuk kelamin yang menonjol keluar dan berbentuk lancip (seperti huruf V).
  2. Bentuk kelamin louhan betina biasanya sedikit cekung, cenderung lebih bulat, dan tidak lancip (seperti huruf U).

Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina juga bisa dilakukan dengan metode tertentu, yaitu dengan cara memijat perut ikan tersebut untuk melihat cairan yang dikeluarkan. Namun Anda harus ingat, cara ini hanya berlaku untuk louhan dewasa yang sudah memasuki masa pemijahan.

Ketika bagian perutnya dipijat atau sedikit ditekan, louhan jantan dewasa biasanya akan mengeluarkan cairan sperma berwarna putih. Akan tetapi bila cairan yang keluar berwarna kuning atau oranye, maka louhan tersebut dipastikan berjenis kelamin betina.

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku

cara mudah membedakan ikan louhan jantan dan betina
http://www.daftarikanhias.web.id

Menentukan jenis kelamin ikan louhan juga bisa dilakukan dengan cara mengamati tingkah laku ikan tersebut. Seperti halnya manusia, louhan jantan dan betina juga memiliki sifat dan perilaku yang berbeda. Berikut adalah perbedaannya:

  1. Louhan jantan biasanya lebih agresif dibandingkan yang betina, terutama ketika memasuki masa kawin. Ikan louhan jantan juga cenderung menyerang apa saja yang memasuki wilayah atau teritorinya.
  2. Lihat cara berenangnya. Ikan louhan jantan biasanya lebih aktif bergerak. Gerakan berenangnya juga cenderung lebih cepat dan lincah dibandingkan dengan yang betina. Di sisi lain, louhan betina memiliki gerakan berenang yang lebih tenang dan anggun.

Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina lewat tingkah lakunya memang terlihat mudah, bukan? Tapi biasanya hal ini agak sulit dilakukan oleh seorang pemula yang baru memelihara ikan.

Bagi orang yang sudah berpengalaman, ini adalah metode yang cukup gampang. Bahkan hanya dengan melihat gerakan atau ayunan siripnya saja, jenis kelamin louhan sudah bisa diketahui dengan jelas.

Masih Bingung Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina? Ini Tips untuk Anda

cara membedakan jantan dan betina pada ikan louhan
http://2.bp.blogspot.com

Bila Anda berniat memelihara ikan louhan tapi masih bingung untuk membedakan jenis kelaminnya, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  1. Bertanya langsung pada si penjual ikan. Ini adalah cara yang paling mudah dan efektif bagi seorang pemula untuk mengetahui jenis kelamin louhan. Tapi pastikan penjual tersebut sudah berpengalaman dan juga terpercaya.
  2. Jika Anda ingin memelihata louhan dengan jenis kelamin tertentu, sebaiknya jangan beli ikan louhan yang masih kecil. Anakan louhan, baik jantan maupun betina, biasanya memiliki ciri fisik yang hampir sama sehingga sulit untuk dibedakan.

Membeli anakan louhan memang lebih berisiko. Bukan hanya sulit membedakan jenis kelaminnya, tapi warna serta corak tubuhnya juga masih belum jelas dan akan terus berubah hingga benar-benar dewasa. Hal ini pula yang menjadi alasan kenapa louhan kecil jauh lebih murah ketimbang louhan dewasa.

Maka dari itu, bila Anda menginginkan louhan dengan jenis kelamin tertentu, sangat disarankan untuk membeli ikan yang tubuhnya sudah agak besar, setidaknya memiliki ukuran sekitar 10cm. Ikan dengan ukuran ini biasanya sudah mulai menunjukkan perbedaan antara yang jantan dan betina.

Itulah tips dan cara membedakan ikan louhan jantan dan betina yang mungkin akan berguna bagi Anda. Apapun jenis kelaminnya, pastikan louhan dirawat dengan baik. Semakin baik perawatannya, tentunya penampilan ikan louhan juga akan semakin cantik.

Tinggalkan komentar