Ini Dia Cara Memotong Kuku Kucing Paling Mudah

Cara memotong kuku kucing –┬áMemiliki hewan peliharaan kucing memang harus melakukan berbagai perawatan yang cukup rumit salah satunya yaitu memotong kukunya. Jika Anda tidak mengetahui cara memotong kuku kucing yang mudah maka bisa jadi si kucing tidak akan nyaman sehingga tidak mau di potong kukunya.

Tidak hanya memberikan makanan ataupun minuman saja, tetapi memotong kuku kucing ini wajib untuk dilakukan agar tidak tajam karena bisa merusak berbagai perabotan di rumah. Bahkan, juga bisa mencakar sehingga kuku kucing yang taring ini cukup berbahaya.

Sebenarnya, memotong kuku kucing dapat dilakukan di pet shop tetapi tentunya hal tersebut memerlukan biaya bahkan dibutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui cara memotong kuku kucing paling mudah.

Cara Memotong Kuku Kucing Paling Mudah

Apabila Anda ingin memotong kuku kucing sendiri dengan cara yang paling mudah maka sebaiknya ketahui beberapa caranya dalam ulasan lengkap berikut ini.

1. Menekan Telapak Kaki Kucing

cara memotong kuku kucing
https://kucingpedia.com

Memotong kuku kucing memang cukup sulit karena sebagai hewan yang aktif tentunya mengharuskan Anda untuk lebih berhati-hati ketika memotong kukunya. Pastinya, memotong kuku kucing memang menjadi salah satu perawatan yang malas untuk dilakukan karena si kucing sulit untuk dijinakkan saat sedang di potong kukunya.

Cara memotong kuku kucing paling mudah yaitu menekan telapak kaki kucing agar tidak dapat bergerak kemana-mana. Namun, biasanya kucing memang selalu bergerak sehingga sedikit susah untuk mengaturnya.

Namun, jika Anda melakukannya secara pelan-pelan maka akan membuat kucing merasa disayangi sehingga ketika telapak kaki kucing ditekan kemudian lakukanlah memotong kuku kucingnya secara perlahan.

2. Posisi Menggunting Kuku Vertikal

cara memotong kuku kucing yang galak
http://jmaster.info

Kemudian, cara selanjutnya untuk memotong kuku kucing yaitu menggunakan posisi vertikal sehingga kucing akan merasa nyaman tidak merasa sakit. Posisi vertikal berarti tegak ke atas agar tidak terlalu menekan pada bagian kulit kucing.

Tentunya, caranya sangatlah mudah bukan? Anda bisa membiasakan potong kuku kepada kucing sejak usianya masih keci. Hal tersebut bertujuan agar si kucing memang lebih terbiasa dengan aktivitas perawatan yang bagus untuk tubuhnya.

Nah, salah satu perawatan yang paling tepat untuk dilakukan yaitu menggunting kuku dengan posisi vertikal agar si kucing merasa nyaman tidak mengenai bagian kulitnya. Anda bisa melakukannya dalam waktu dua minggu sekali agar kebersihan kuku kucing menjadi bersih dan terjaga.

3. Potong Bagian yang Runcing

cara memotong kuku kucing persia
http://www.kucingfelin.com

Selanjutnya, cara untuk memotong kuku kucing yang lebih mudah yaitu dengan cara memotong bagiannya yang runcing. Potonglah bagian-bagiannya saja yang runcing agar tidak menimbulkan efek rasa sakit saat di potong kukunya.

Perhatikan terlebih dahulu bagian-bagian kuku kucing yang sudah tajam runcing dengan yang masih datar atau tidak tajam. Apabila belum runcing jangan dipotong tersebut karena biasanya akan memberikan efek menjadi sakit ketika di potong.

Tentunya, caranya sangat mudah bukan? lakunlah memotong kuku yang runcing agar kucing benar-benar masih terjaga kebersihan kukunya.

4. Gunting Satu per Satu

cara memotong kuku kucing yang benar
https://www.youtube.com

Setelah Anda mengetahui bagian kuku runcing satu per satu maka selanjutnya Anda gunting satu per satu bagiannya secara perlahan. Terlebih apabila kucing peliharaan Anda kucing jantan maka sebaiknya lakunlah lebih perlahan agar kucing menjadi lebih jinak.

Kucing memang hewan yang susah untuk dipotong kukunya sebagai hewan yang tergolong cukup aktif, namun ketahuilah bahwa di pet shop juga ada jasa pemotongan kuku kucing. Apabila Anda tertarik maka bisa menggunakan jasa dari pet shop tersebut dengan biaya yang sudah ditentukan.

5. Berhati-Hati

cara memotong kuku kucing anggora
https://catsareontop.com

Saat memotong kuku kucing yang tergolong memiliki kuku berbentuk taring memang diperlukan sikap penuh hati-hati. Dengan bentuk kukunya yang taring pastinya sangatlah menakutkan apabila Anda memang belum dapat menakhlukan kucing untuk di potong kukunya maka sebaiknya jangan memotongnya.

Jika di paksa maka kucing dapat garang sehingga cukup berbahaya dengan kondisi kukunya yang memang memiliki bentuk taring. Apabila Anda memang sudah bisa menjinakannya maka bisa melakukan potong kuku kucing secara rutin.

6. Pelan-Pelan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam memotong kuku kucing memang sangat diperlukan sikap hati-hati dan pelan-pelan. Anda bisa melakukannya dengan lembut dan pelan-pelan agar si kucing benar-benar merasa disayangi sehingga lebih jinak.

Sebaiknya, Anda melakukan cara memotong kuku kucing dengan penuh kelembutan agar memberikan kenyamanan sehingga akan lebih mudah dalam memotong kuku kucing yang runcing.

Tips Memotong Kuku Kucing Paling Tepat

Agar si kucing Anda menjadi penurut ketika dipotong kukunya maka ketahui beberapa tipsnya yang paling tepat dari rangkuman list di bawah ini.

1. Jangan Saat Kucing Lapar

Tips pertama dalam memotong kuku kucing paling tepat yaitu janganlah melakukannya pada saat kucing sedang merasa lapar. Dapat dibayangkan saat dalam kondisi atau keadaan lapar pastinya kucing akan lebih galak dan garang. Hal tersebut tentunya justru akan membahayakan diri Anda.

Pastikan kucing sudah merasa kenyang ketika Anda ingin memotong kukunya, lebih baik penuhi dahulu segala keinginannya agar kucing merasa senang. Dengan begitu maka kucing akan tetap dalam keadaan nyaman saat dipotong kukunya.

2. Berikan Jeda Saat Memotong Kuku

Memotong kuku kucing memang harus pelan-pelan, bahkan satu-per satu dengan memberikan penjedaan pemotongan agar kucing tidak mudah bosan. Namun, apabila si kucing sedang jinak Anda bisa melakukan hal tersebut dengan cepat.

Banyak orang memang yang sudah menyerah untuk memotong kuku kucing sehingga mereka lebih memilih untuk memotong kucing di pet shop saja. Oleh karena itu, sebenarnya memberikan kebiasaan potong kuku sejak kecil pada si kucing merupakan hal yang wajib agar si kucing menjadi penurut ketika dipotong kukunya.

3. Lakukan Sejak Dini

Sudah dibahas dalam penjelasan sebelumnya bahwa mengajari kucing untuk memotong kuku memang harus dilakukan sejak dini. Hal tersebut bertujuan agar si kucing benar-benar terbiasa dipotong kukunya sehingga tidak ribet ketika dua minggu sekali harus memotong kuku yang sudah mulai runcing.

4. Memotong Kuku dalam 2 Minggu Sekali

Lakunlahlah cara memotong kuku kucing dalam 2 minggu sekali agar kebersihan kuku kucing menjadi terjaga. Dengan begitu maka kucing akan terbiasa melakukan potong kuku, apabila Anda memang belum terbiasa memotong kuku kucing maka Anda bisa melakukannya di pet shop.

5. Lakukan dengan Penuh Kasih Sayang

Kucing sebagai salah satu hewan yang aktif memang harus diberikan kasih sayang yang penuh agar tidak mudah bosan ketika harus di potong kukunya. Apabila kucing terus bergerak dan susah dipotong kukunya lebih baik jangan di paksa agar kucing tidak mengamuk.

6. Jangan Ketika Kucing Mengantuk

Satu hal yang harus diperhatikan ketika memotong kuku kucing yaitu jangan pada saat kucing sedang mengantuk karena hal tersebut memang membuatnya menjadi marah, bahkan garang pada si pemotong kuku.

Nah itulah tips bagaimana cara memotong kuku kucing, semoga hewanpeliharaan.info bisa bermanfaat untuk Anda khususnya yang membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar