Cara Mengawinkan Kucing Dengan Tepat [Hamil]

Cara mengawinkan kucing – Kucing dengan spesies biasa pastinya tak perlu dikawinkan karena dapat mencari sendiri pasangannya ketika sedang birahi. Berbeda dengan kucing persia ataupun anggora yang tinggal di perumahan, mereka tidak akan melakukan perkawinan jika tidak dicarikan pasangan. Oleh karena itu, ketahui cara mengawinkan kucing dengan tepat untuk mendapatkan keturunan.

Sepetinya memang cukup sulit mengawinkan kucing, terlebih ketika si betina tidak sedang mengalami masa birahi. Biasanya kucing betina mengalami masa birahi dalam waktu 1-6 bulan sekali dalam waktu sepuluh hari berturut-turut. Jangan biarkan masa birahi tersebut berlalu karena saat itu paling tepat untuk mengenalkan dengan kucing jantan.

Biasanya kucing betina yang sedang dalam masa birahi lebih manja ketika mengeong, bahkan mengeongnya lebih panjang dari biasanya untuk memanggil kucig jantan. Selain itu kucing betina juga lebih sensitif ketika ada kucing jantan seperti menunggingkan bagian pinggulnya.

Cara Mengawinkan Kucing

Ketahuilah ternyata ada beberapa cara mengawinkan kucing, tentunya hal tersebut bertujuan untuk membuat cara perkawinannya menjadi berhasil. Untuk lebih jelasnya mari simak informasinya di bawah ini.

1. Cek Kondisi Kesehatan

cara mengawinkan kucing
https://www.friskies.co.id

Apabila Anda ingin mengetahui cara utama untuk mengawinkan kucing maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengecek kondisi kesehatan kucing. Pastikan kucing tersebut memiliki kesehatan yang sudah normal maka Anda bisa mengawinkan kucing peliharaan tersebut.

Namun, ketika diperiksa ternyata kucing tidak memiliki kesehatan yang normal maka sebaiknya tunggulah sampai keadaan kucing menjadi membaik. Dengan begitu maka proses perkawinan yang dilakukan dapat tercapai sesuai dengan keinginan ataupun dapat dikatakan berhasil.

2. Berikan Obat Cacing

cara mengawinkan kucing persia
http://www.tudosobrebichos.com

Selanjutnya, sebelum Anda mengawinkan kucing maka sebaiknya berikan obat cacing secara rutin agar kesehatan kucing menjadi lebih terjaga. Hal tersebut tentunya sangat mempengaruhi kondisinya saat sedang hamil.

Anda harus memperkirakan pemberian obat cacing, sekiranya sekitar satu minggu seminggu melakukan perkawinan maka Anda berikanlah obat cacingnya secara rutin. Apabila Anda sudah dapat memastikan kondisi kucing siap untuk dikawinkan maka bisa untuk melakukannya.

3. Kenali Masa Birahi

cara mengawinkan kucing yang baru kenal
https://kucinggaul.com

Apabila Anda memelihara kucing maka sebaiknya kenali masa birahinya agar dapat melakukan perkawinkan di saat yang tepat. Bagi kucing persia ataupun anggora memang memiliki masa birahi selama 6 bulan sekali. Nah, ketika sedang tidak dalam masa birahi jenis ras kucing tersebut sangat sulit untuk dikawinkan.

Oleh karena itu, sebelum Anda mengawinkannya dengan kucing lawan jenisnya maka tentukan waktu birahinya yang paling tepat. Hal tersebut bertujuan agar proses perkawinan dapat berjalan dengan lancar.

4. Periksa Rahim Kucing

cara mengawinkan kucing anggora
http://info-tentang-kucing.blogspot.com

Cara mengawinkan kucing yang harus dilakukan yaitu memeriksa rahim kucing, tentunya Anda harus membawanya ke dokter hewan untuk mengetahui rahim kucing tersebut sehat terbebas dari virus ataupun infeksi hewan lainnya.

Apabila sudah dipastikan bahwa kucing tersebut memang sedang dalam kondisi sehat, rahimnya terbebas dari virus ataupun penyakit maka sebaiknya Anda boleh menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengawinkan kucingnya.

5. Pilih Lawan Jenis Kucing yang Sehat

Berikutnya Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan lawan jenisnya, jadi dalam cara megawinkan kucing berarti Anda harus memilih lawan jenis kucing yang sehat pula. Jangan sampai Anda mengawinkan kucing Anda dengan lawan jenis yang ternyata memiliki virus atau infeksi bakteri.

Nah, hal tersebut juga harus menjadi salah satu bahan pertimbangan agar Anda benar-benar dapat mengawinkan kucingnya kemudian memiliki keturunan yang sehat dan sesuai dengan yang diharapkan.

6. Kenalkan Kedua Kucing

Selanjutnya, apabila Anda sudah yakin mengenai lawan jenis kelamin kucing yang akan dikawinkan maka kenalkanlah kedua kucing tersebut. Biarkan keduanya saling mengenalnya terlebih dahulu.

Terkadang kucing juga tidak suka dengan lawan jenisnya yang terlalu agresif. Apabila kucing tidak suka maka sebaiknya Anda jangan terlalu memaksakannya karena dapat dipastikan proses perkawinan tidak akan berhasil.

7. Letakan Pada Tempat yang Sama

cara mengawinkan kucing yang belum pernah kawin
https://www.meongku.com

Cara mengenalkan kucing dapat dilakukan dengan menaruhnya pada sebuah tempat yang sama agar keduanya lebih dekat dan saling mengenal. Namun, pilihlah tempat yang kedua kucing tersebut agar keduanya merasa nyaman sehingga dapat mengenalnya dengan baik.

8. Biarkan Keduanya Saling Mengenal

Berikanlah kebebasan kepada keduanya agar dapat lebih mengenalnya dengan baik, nah Anda harus memilih tempat perkenalan yang leluasa sehingga kedua kucing tersebut lebih leluasa dalam berkenalan. Tentunya, jika keduanya saling menyukai maka proses perawinannya akan berhasil.

9. Biarkan Proses Perkawinan Natural

Berikutnya ketika keduanya sudah saling mengenal dan saling menyukai maka sebaiknya Anda biarkan proses perkawinannya terjadi senatural mungkin berikan kebebasan dan keleluasan tersendiri kepada kedua kucing tersebut.

Tips Mengawinkan Kucing Paling Jitu

cara mengawinkan kucing betina galak
https://www.meongku.com

Agar tips mengawinkan kucing dapat dikatakan berhasil, maka ketahui beberapa tips yang paling jitu untuk membuat proses perkawinannya berhasil. Untuk lebih jelas mari simak penjelasannya dalam ulasan list di bawah ini.

1. Pada Masa Birahi

Sudah disinggung sebelumnya pada penjelasan informasi di atas bahwa cara mengawinkan kucing yang paling tepat yaitu pada masa birahi. Berbeda dengan kucing yang tinggal di pedesaan, kucing tersebut memang dengan mudahnya melakukan perkawinan.

Namun, tidak dengan kucing rumahan yang sangat sulit untuk dikawinkan sehingga Anda memang harus kenali masa birahinya agar proses perkawinannya dapat dikatakan berhasil.

2. Sebelumnya Kucing Harus Beristirahat Terlebih Dahulu

Tips atau cara mengawinkan kucing yaitu Anda harus memberikan waktu untuk beristirahat terlebih dahulu. Apabila sudah beristirahat berikanlah makanan yang bernutrisi, ketika si kucing sudah merasa kenyang dan beistirahat dengan cukup.

Selanjutnya, Anda bisa membawanya ke suatu tempat untuk dipertemukan dengan lawan jenisnya untuk mengawinkannya. Jika keduanya sudah saling kenal dengan menyukai maka Anda kan lebih mudah dalam mengawinkannya untuk menghasilkan keturunan yang baik.

3. Pastikan Kucing Menyukai Lawan Jenisnya

Berikutnya, Anda juga harus memastikan bahwa kedua kucing tersebut memang saling menyukai. Terkadang bagi kucing rumahan apabila tidak mengenal lawan jenisnya maka akan sangat sulit untuk mengawinkannya.

Dengan demikian proses mengenalkan kucing tersebut dapat dikatakan sangat penting agar proses perkawinannya berhasil.

4. Berikan Kebebasan

Memberikan kebebasan kepada kucing saat sedang melakukan proses perkawinan memang sangatlah penting agar keduanya lebih leluasa dalam melakukannya. Tak perlu khawatir ataupun bingung, biasanya kebebasan yang diberikan yaitu dengan meninggalkan keduanya dalam satu tempat yang nyaman sehingga proses perkawinannya dapat dilakukan senatural mungkin.

Apabila tidak memberikan kebebas terkadang membuat proses perkawinan yang dilakukan menjadi kurang berhasil.

5. Tinggalkan Kedua Kucing dalam Satu Ruangan

Meninggalkan kedua kucing dalam satu ruangan juga merupakan salah satu cara mengawinkan kucing yang memang juga bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada kucing. Sekiranya sudah selesai proses perkawinannya maka Anda bisa kembali menghampiri kucing tersebut.

Agar proses perkawinan tersebut dapat dinyatakan berhasil memang perlu memilih satu tempat yang dapat memberikan kenyamanan dan keleluasaan agar kucing merasa betah. Nah itulah yang bisa di bagikan oleh hewanpeliharaan.info tentang cara mengawinkan kucing, semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar