Inilah Cara Menjinakkan Kucing Liar Jadi Nurut

Cara menjinakkan kucing liar dengan cara yang paling mudah? Ternyata hal tersebut menjadi salah satu permasalahan bagi sebagian orang yang ingin memelihara kucing. Nah, menjinakkan kucing ternyata cukup sulit jika tidak benar-benar mengetahui beberapa tindakan yang harus dilakukan.

Namun, tak perlu khawatir ternyata sekarang ini ada banyak cara jitu untuk menakhlukan kucing liar agar lebih jinak dengan pemiliknya. Biasanya yang ditakutkan dari memelihara kucing yaitu sikapnya yang aktif susah diatur, bahkan kucing juga memiliki gigi taring dan kuku yang dapat mencakar. Nah, hal tersebut menjadi faktor utama membuat kucing menjadi terkesan hewan menakutkan.

Padahal, apabila kucing sudah jinak maka akan terlihat sangat lucu dari berbagai sikap dan tingkahnya. Bahkan, kucing juga akan lebih menurut dengan perintah banyak orang ketika sudah menjadi kucing yang jinak.

Cara Menjinakkan Kucing Liar Terjitu

Ingin mengetahui cara membuat kucing menjadi lebih jinak agar menjadi hewan penurut yang memiliki tingkah laku dan sikap yang lucu? Mari ketahui informasi cara memuat kucing liar menjadi lebih jinak dalam informasi di bawah ini.

1. Kenali Karakter Kucing

cara menjinakkan kucing
http://okdogi.com

Terkadang keinginan memelihara kucing memiliki suatu kendala mengenai kucing yang sudah dikenal menjadi hewan yang liar. Sebenarnya, ungkapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebaiknya, ketahui bahwa sebenanya kucing merupakan hewan penurut apabila Anda memberikan perawatan yang juga sangat lembut dan halus.

Apabila Anda sudah meyakini ingin memelihara kucing maka sebaiknya kenali terlebih dahulu karakter kucing. Biasanya semakin mengetahui karakter kucing maka Anda akan mengetahui bagaimana cara perawatan untuk kucing yang paling tepat. Karakter kucing yang aktif pasti akan lebih menyuai berbagai hal baru untuk diajarkan.

Berbeda dengan kucing yang pasif maka ia akan lebih suka disayangi terus menerus tanpa dikenalkan dengan berbagai hal baru.

2. Kenali Kebiasaan Kucing

Setelah mengenali karakter kucing Anda juga harus mengenali berbagai kebiasaan kucing dari yang baik maupun kebiasaan burukya. Semakin mengenali kebiasaan kucing maka akan membuat Anda juga mengetahui hal apa yang tidak disukainya, apabila Anda sudah mengetahuinya maka jangankah Anda melakukan hal tersebut.

Lakunlah cara menjinakkan kucing liar dari beberapa hal yang membuat kucing merasa senang, dengan begitu maka kucing akan merasa nyaman dalam perawatan yang diberikan.

3. Ajak Berbicara

cara menjinakkan kucing hutan
http://loop.co.id

Mengajak kucing berbicara juga menjadi suatu hal yang dapat membuat akrab sehingga kucing dengan pemilikinya akan lebih merasa dekat. Ajaklah kucing Anda berbicara setiap hari ketika sedang di dekat Anda, dengan berkomunikasi kucing akan lebih mengerti apa yang Anda inginkan.

Bahkan biasanya kucing juga akan lebih merasa senang apabila mendapatkan julukan atau nama yang menarik dan unik. Memberikan nama juga menjadi salah satu pertanda bahwa Anda memang sangat menyayangi kucing tersebut.

Biasanya dengan memiliki julukan nama kesayangan maka akan membuat si kucing merasa lebih tersayangi sehingga dapat menjadi kucing yang penurut.

4. Berikanlah Makan dan Minum

cara menjinakkan kucing persia
https://aengaeng.com

Tentunya memiliki hewan peliharaan Anda juga harus memberikan makanan dan minuman agar kucing merasa nyaman dengan perawatan yang diberikan. Pastinya makan dan minum yang diberikan kepada si kucing juga harus sesuai dengan selera kucing agar dapat menabah nafsu makannya.

Berikanlah makan dan minum sesuai dengan jam makannya agar tidak membuatnya kelaparan sehingga kucing akan semakin nyaman berada di bawah perawatan yang Anda berikan. Biasakan berikan makan dan minum yang memiliki gizi cukup tinggi, bahkan berikanlah porsi makan sehari tiga kali.

Untuk minuman biasanya memang sudah disediakan di kandang sehingga kucing dapat langsung minum ketika sedang haus. Oleh karena itu, beriikanlah kandang yang dapat memberikan keleluasaan kucing.

5. Sediakan Perlengkapan Kucing

Selanjutnya cara menjinakkan kucing liar Anda juga harus mempersiapkan segala perlengkapan kucing seperti kandang, tempat makan, tempat minum, pasir, dan perlengkapan lainnya yang mampu membuat kucing semakin merasa nyaman.

Tak perlu khawatir ataupun bingung biasanya dengan tempat yang nyaman memang membuat kucing dapat terlihat lebih jinak. Oleh karena itu, Anda dapat membeli berbagai perlengkapan kucing di pet shop.

6. Ajarkan Berbagai Hal Baru

cara menjinakkan kucing anggora
http://beranda13.blogspot.com

Selanjutnya cara menjinakkan kucing liar yang paling mudah yaitu dengan mengajarkan berbagai hal baru. Sebagai hewan yang cukup aktif memang biasanya lebih menyukai suatu hal yang baru untuk dilakukan.

Nah, salah satu cara mengajarkan hal baru yaitu dengan memberikan arena bermain ataupun berbagai jenis mainan yang dapat mengasah kemampuan kucing dalam bermain. Tentunya hal tersebut memang lebih membuat kucing lebih merasa senang.

7. Seringlah Mengusap Kucing

cara menjinakkan kucing liar
https://unsplash.com

Seringkali mengusap kucing juga akan membuatnya menjadi lebih merasa disayangi, biasakan mengelus kucing ketika sedang berada di dekat Anda. Hal tersebut memang menjadi salah satu faktor yang dapat membuat kucing menjadi lebih bersikap penurut kepada pemiliknya.

Anda pastinya ketika menyayangi si kucing tersebut juga akan lebih bersikap halus dan lembut kepada si kucing.

8. Berikanlah Keleluasan untuk Bergerak

Untuk menjinakkan kucing Anda juga harus memberikan keleluasaan kepadanya dalam melakukan setiap kegiatan yang diinginkannya. Biasanya kucing memang membuatuhkan kandang yang luas dan bebeas agar dapat bergerak sesukanya.

Tips Membuat Kucing Jadi Penurut

Selain ingin membuat kucing menjadi jinak pastinya Anda juga ingin memiliki seekor kucing yang penurut bukan? nah, ketahui tipsnya dalam uraian list di bawah ini.

1. Turuti Keinginan Kucing

Apabila kucing sudah jinak pastinya Anda juga ingin menjadikannya sebagai kucing yang penurut bukan? nah salah satu cara menjinakkan kucing liar yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya sebagai hewan yang penurut yaitu menuruti segala keinginan kucing.

Dengan memahami karakter kucing maka Anda dapat lebih memahami keinginan kucing dari setiap tingkah lakunya.

2. Jangan Membatasi Gerak Kucing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kucing tidak suka apabila geraknya dibatasi, oleh karena itu sebaiknya Anda janganlah membatasi gerak kucing. Hal tersebut memang sangat membuat kucing menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu maka berikanlah kandang yang luas kemudian Anda juga harus memberikannya waktu untuk bermain.

3. Berikan Makanan yang Disukainya

Selanjutnya hal yang harus dilakukan agar kucing menjadi penurut yaitu dengan memberikan makanan yang disukainya, Biasanya kucing masih sesuai dengan seleranya, dengan memberikan makanan yang disukainya maka akan membuat kucing lebih merasa disayangi oleh pemiliknya.

4. Jaga kebersihan Kucing

Kemudian cara menjinakkan kucing liar Anda juga harus menjaga kebersihan dan kesehatan kucing agar perawatan yang diberikan memang lebih membuat kucing lebih merasa nyaman. Hal tersebut tentunya juga akan membuat kucing lebih senang ketika dirawat oleh Anda.

5. Jaga Kebersihan Kadang Kucing

Memiliki peliharaan kucing berarti Anda juga harus menjaga kebersihan kucing, ketahuilah bahwa kandang yang bersih juga akan lebih membuat kucing merasa nyaman ketika Anda rawat,

Nah itulah tips atau cara menjinakkan kucing dari hewanpeliharaan.info. Selain itu, apabila Anda ingin membuat kucing semakin jinak maka sebaiknya berikanlah perawatan yang intensif dari kebersihan kandangnya.

Tinggalkan komentar