Panduan Lengkap Cara Merawat Anis Merah agar Berkicau Optimal

Cara merawat Anis Merah – Nama Anis Merah tentu sudah tidak asing lagi di telinga para kicau mania. Ya, burung yang terkenal dengan kicauan khasnya ini memang mempunyai daya pikat yang luar biasa. Karakteristiknya yang unik juga membuat Anis Merah mudah dikenali. Terlebih cara merawat Anis Merah pun terbilang mudah dan murah.

Mengenal Anis Merah

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara merawat Anis Merah yang benar, mari kita kenali terlebih dahulu karakteristiknya. Hal ini agar Anda benar-benar memahami fisiologis dari burung Anis Merah.

https://singaporebirders.files.wordpress.com

Tak hanya di Indonesia, burung ini juga terkenal di seantero Asia dengan nama Orange-Headed Thrush. Nama tersebut mengacu pada ciri fisik yang khas, bulu yang berwarna jingga terutama di bagian kepala.

Pada Anis Merah dewasa, warna jingga terang bisa kita dapati pada daerah sekitar kepala, tengkuk, dan tubuh bagian bawah. Tunggingnya berwarna putih, sedangkan tubuh bagian atas berwarna abu-abu kebiruan. Terdapat bercak putih pada sayap bagian atas.

Burung cantik ini terbilang berukuran sedang. Beratnya sekitar 47 hingga 67gram saja. Panjang tubuhnya sekitar 20 sentimeter. Dengan ukuran tersebut, Anda tak perlu khawatir jika hanya memiliki kandang ukuran sedang untuk Anis Merah.

Cara Merawat Anis Merah

Anis Merah termasuk jenis burung yang mudah dirawat. Biaya perawatannya pun tidak menguras kantong. Berikut ini adalah beberapa langkah cara merawat Anis Merah.

Secara garis besar, perawatan Anis Merah dapat kita bagi menjadi dua, yaitu perawatan standar dan istimewa. Perawatan standar adalah langkah treatment Anis Merah sehari-hari. Sedangkan perawatan istimewa adalah pola perawatan khusus agar Anis Merah cepat bersuara lantang.

Perawatan Standar Anis Merah

Standar cara merawat Anis Merah dalam kesehariannya sebenarnya sama saja dengan burung peliharaan pada umumnya. Hal khusus yang menjadi pembeda adalah makanannya.
Sama halnya dengan manusia, burung pun harus mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap. Agar tumbuh sehat dan prima, Anis Merah perlu mengonsumsi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang cukup.

Adapun jenis pakan yang direkomendasikan untuk Anis Merah adalah sebagai berikut:

  1. Voer, ini adalah pakan utama burung, atau dalam bahasa manusia disebut sebagai makanan pokok. Untuk Anis Merah, pilihlah voer dengan kadar protein tengah, yaitu kisaran 12-18%. Sajikan voer di dalam wadah pakan dan tempatkan di dalam kandang Anis Merah. Selain jumlahnya, voer juga harus selalu baru. Agar Anis Merah selalu berselera makan, pastikan Anda mengganti voer setiap dua hari sekali.
  2. Buah segar, fungsinya untuk membantu melengkapi asupan vitamin. Beberapa jenis buah yang biasanya digemari Anis Merah adalah pepaya, tomat, pir, apel, dan pisang kepok putih. Namun, buah segar yang paling direkomendasikan adalah buah pepaya. Selain mengandung cukup vitamin C untuk menjaga ketahanan tubuhnya, pepaya lebih mudah dicerna oleh Anis Merah.
  3. Extra Food (EF). Sesuai namanya, jenis ini merupakan pakan tambahan untuk Anis Merah. Biasanya EF berupa serangga-serangga kecil. Untuk Anis Merah, EF yang umum adalah jangkrik, cacing, ulat bambu, ulat hongkong, orong-orong, kroto, belalang, dan kelabang.

Setelah pakan, hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat Anis Merah adalah rumah atau kandangnya. Karena ukuran tubuhnya yang kecil, Anis Merah tidak membutuhkan kandang dalam ukuran besar.

Anis Merah dapat tinggal di dalam kandang bulat dengan diameter 30 sentimeter atau kandang kotak dengan ukuran 40x40x60cm. Untuk tenggerannya, gunakan kayu dengan diameter kurang lebih 1,5cm. Anda dapat menggunakan batang kayu asam yang keras dengan permukaan kasar. Ini dapat melatih paruh Anis Merah agar tak meruncing, saat ia mematuki kayu sembari bertengger.

Jangan lupa sediakan krodong atau ‘kelambu’ burung, yaitu kain penutup kandang burung. Jika Anis Merah diletakkan di luar ruangan, sebaiknya gunakan krodong saat malam hari. Ini bertujuan agar si burung tidak kedinginan.

https://satujam.com

Lalu bagaimana dengan treatment-nya sehari-hari? Berikut adalah beberapa langkah praktis untuk Anda.

  • Rutinitas perawatan Anis Merah dapat dimulai pada pukul 07.00 wib, dengan membawanya ke teras untuk diangin-anginkan. Ini bertujuan agar Anis Merah dapat beradaptasi terlebih dahulu dengan udara pagi.
  • Setelah 30 menit, Anda dapat memandikannya dengan cara disemprot atau menggunakan karamba mandi.
  • Segera jemur Anis Merah setelah Anda memandikannya. Tujuannya agar tubuh burung kembali hangat dan bulunya kembali rapi. Untuk Anis Merah, tidak diperlukan waktu yang lama untuk menjemurnya.

Kisaran waktu satu hingga dua jam sudah cukup. Jadi jika Anda selesai memandikan si burung pada pukul 08.00, proses penjemuran dapat diakhiri pada maksimal pada pukul 10.00 wib.

Hal yang perlu diperhatikan saat menjemur Anis Merah adalah memisahkan atau menjauhkannya dari jenisnya. Usahakan agar si burung tidak melihat atau mendengar suara jenisnya yang lain. Ini dimaksudkan untuk memperlancar proses mastering sehingga si Anis Merah segera ngeplong.

  • Sembari menjemur, Anda dapat membersihkan kandangnya. Sebaiknya dengan air mengalir. Pembersihan meliputi kotoran, wadah makan, dan tempat minumnya. Setelah dibersihkan, berikan kembali voer yang baru dan ganti air minumnya.
  • EF dapat diberikan setelah dijemur. Jangan langsung memberikan EF pada si burung, tapi letakkan EF pada wadah terpisah. Anda dapat memberikan EF berupa dua ekor serangga. Sambil makan, Anda dapat mengangin-anginkan Anis Merah selama 10 hingga 15 menit.
  • Selanjutnya, lakukan pemasteran. Caranya dengan memperdengarkan suara burung sejenisnya yang tipe suaranya mirip dengan Anis Merah Anda. Pemasteran ini dapat dilakukan pada pukul 10.00 hingga 15.00 wib.
  • Pukul 16.00 wib, kembali berikan EF sebanyak satu ekor serangga saja, sambil diangin-anginkan di teras. Jika cuaca mendukung, setelah itu si burung boleh kembali dimandikan.
  • Saat magrib tiba, atau sekira pukul 18.00 wib, Anda dapat memasangkan kerodong pada kandang Anis Merah. Lakukan pemasteran sampai pagi.

Perawatan Khusus Anis Merah

Perawatan khusus ini bertujuan agar Anis Merah milik Anda segera ngeplong atau teler, alias mengeluarkan suaranya yang lantang dan merdu. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Menggantung Sangkar di Tempat yang Nyaman

Tujuannya agar Anis Merah merasa nyaman, sehingga dapat memancingnya untuk mengeluarkan suara lantang. Tempat yang direkomendasikan untuk menggantung sangkar si burung adalah di lokasi yang dekat dengan air mengalir dan tempat yang berisik tapi tidak ramai.

2. Memberikan Kerodong Secara Penuh

Selain agar tidak kedinginan, pemberian kerodong juga dimaksudkan agar si burung merasa aman dan nyaman saat proses adaptasi dengan lingkungan barunya. Untuk hasil optimal, lakukan pengerodongan selama empat hingga lima hari dalam seminggu.

3. Pengembunan

Setelah empat hingga lima hari dalam kerodong, selanjutnya lakukan pengembunan pada si burung. Pengembunan ini merupakan proses awal pembiasaan tanpa kerodong. Pada proses ini biasanya Anis Merah tertantang untuk mengeluarkan suara lantangnya.

https://i0.wp.com

4. Pemberian EF yang tepat

EF yang direkomendasikan untuk merangsang Anis Merah cepat ngeplong adalah kroto atau telur semut rangrang. Waktu pemberiannya adalah pada malam hari setelah si burung dimandikan.

Bagaimana, mudah dan murah bukan perawatannya? Sebenarnya, cara merawat Anis Merah hanya membutuhkan satu poin terpenting. Poin itu adalah konsistensi. Jangan lupakan juga bahwa burung peliharaan tetap membutuhkan kasih sayang kita.

Tinggalkan komentar