Panduan Cara Merawat Kucing Anggora untuk Pemula

Cara merawat kucing anggora – Sebagai salah satu jenis kucing ras, kucing anggora memerlukan perawatan yang berbeda dibandingkan kucing domestik. Bahkan lebih dari itu, cara merawat kucing anggora pun mempunyai perbedaan antara pemeliharaan anak kucing dengan yang sudah dewasa.

Artikel ini akan membahas teknis perawatan jenis kucing anggora. Bukan cuma itu, kami juga akan memaparkan poin penting perbedaan antara cara merawat kucing anakan dengan anggora dewasa. Berikut adalah ulasannya.

Tata Cara Merawat Kucing Anggora

Anggora dikenal memiliki bulu yang panjang dan lebat. Konsekuensinya, bulu kucing memerlukan tidak hanya perawatan kebersihan yang mumpuni, tetapi juga asupan nutrisi yang memadai.

Lalu, bagaimana cara merawat kucing anggora yang tepat untuk dilakukan?

1. Memperhatikan Nutrisi Kucing Anggora

Nutrisi untuk kucing ras ini dimulai dari memilih makanan kucing anggora yang tepat. Ada sangat banyak varian makanan kucing anggora yang ditawarkan di pasaran. Jenis makanan kucing pun ada dua: makanan basah dan makanan kering.

cara merawat kucing anggora
https://www.thehappycatsite.com

Untuk jenis kucing anggora, sebaiknya Anda memilih makanan yang kering. Hal ini berkaitan dengan kandungan garam di dalam makanan basah yang cenderung lebih tinggi ketimbang yang kering.

Anda juga bisa mengonsultasikan kebutuhan nutrisi si kucing terhadap dokter hewan yang tepercaya. Biasanya, dokter hewan akan menyarankan merk makanan kucing tertentu atau merekomendasikan kandungan utama dan apa yang mesti dihindari kucing Anda.

Perlu Anda ingat, tidak semua kucing mempunyai selera makan yang sama. Merk makanan kucing yang satu belum tentu cocok dan disukai oleh kucing Anda. Bahkan, merk makanan kucing yang mahal sekali pun, tidak menjamin bakal disukai dan cocok dikonsumsi untuk kucing Anda.

Solusinya adalah dengan mencoba beberapa merk makanan dengan jumlah yang sedikit. Tawarkan pada kucing Anda, jika cocok baru membeli dalam jumlah banyak. Jangan lupa, perhatikan pula penyimpanan makanan kucing, ya! Makanan kering sekali pun, bila disimpan di lingkungan yang lembap tetap saja bisa berjamur.

2. Memelihara Kebersihan Tubuh Kucing Anggora

Kucing suka bermain dan bersembunyi di kolong tempat tidur atau sudut yang mungkin kotor dan berdebu. Debu dan kotoran yang tanpa sengaja menempel pada bulu-bulu kucing bisa menyebabkan penyakit. Selain itu, bulu kucing Anda bisa terlihat kusam dan kusut.

cara memelihara kucing anggora bagi pemula
https://www.nvrmiss.com

Karena itulah, memandikan kucing Anda secara rutin menjadi poin penting dalam perawatan kucing anggora. Gunakanlah sampo khusus kucing yang bisa Anda peroleh di dokter hewan atau pet shop terdekat.

Pemilihan sampo ini juga sangat penting. Soalnya, salah memilih sampo bisa berakibat bulu kucing anggora Anda menjadi rontok.

Jika tidak yakin bisa memandikan kucing di rumah, Anda bisa menggunakan jasa yang ditawarkan di klinik hewan. Umumnya, dokter hewan juga menyediakan jasa memandikan kucing anggora.

3. Menjaga Sanitasi Kandang Kucing Anggora

Bukan hanya tubuh kucing yang membutuhkan pemeliharaan kebersihan. Kesehatan kucing juga sangat dipengaruhi oleh kebersihan kandang kucing. Terlebih jika kucing Anda terbilang sering berada di dalam kandang.

Bersihkan kandang sekurangnya sebulan sekali. Cucilah kandang dengan air dan sabun secara menyeluruh. Setelahnya, kering-anginkan kandang di bawah sinar matahari.

cara merawat kucing anggora umur 3 bulan
https://www.petbacker.com

Sebelum kembali digunakan, Anda bisa menambahkan disinfektan dengan menyemprotkannya ke permukaan kandang. Pastikan cairan disinfektan sudah kering ketika kandang akan digunakan, ya.

Khusus untuk tempat kotorannya, Anda harus membersihkannya setiap hari. Buang kotoran padat kucing segera setelah kucing BAB. Jika mungkin gunakan pasir khusus untuk tempat kotoran kucing.

Untuk mengurangi bau kotoran, Anda bisa memilih jenis pasir yang wangi. Pasir semacam ini dapat menyerap bau dengan cepat. Namun, tetap saja Anda harus membuang pup kucing sesegera mungkin, ya. Jangan sampai kotoran menumpuk di tempat kotoran dan terinjak oleh kucing.

Jika kucing juga menggunakan mainan khusus yang digigit, Anda juga perlu rutin mencucinya. Perhatikan kondisi peralatan lain yang digunakan kucing. Soalnya, jamur dan bakteri pada peralatan atau mainan yang kotor bisa membuat kucing sakit dengan cepat.

4. Minuman yang Matang

Selain makanan yang sehat dan matang, kucing juga harus meminum air matang. Sebisa mungkin pastikan tidak terdapat genangan air di sekitar wilayah pemeliharaan kucing. Kadang, kucing minum di genangan atau wadah air yang belum tentu matang.

Untuk menghindari hal tersebut, latih kucing Anda minum dari satu wadah air yang sudah ditentukan. Isinya harus air matang yang diganti tiga sampai empat kali sehari. Apalagi, jika di permukaan air terlihat ada kotoran. Perhatikan juga apakah terdapat endapan di tempat minum kucing Anda.

cara merawat kucing anggora umur 2 bulan
https://www.thesprucepets.com

Selain mengganti air minumnya, Anda juga mesti mencuci bersih wadah minum kucing setidaknya sehari sekali. Hal ini akan menekan risiko kontaminasi jamur dan bakteri pada kucing Anda.

5. Melakukan Vaksinasi dan Memberikan Vitamin

Vaksinasi akan menstimulasi peningkatan imunitas dari tubuh kucing anggora. Ada beberapa jenis vaksin untuk kucing, tetapi tidak semuanya harus diberikan. Selain dari saran dokter, Anda juga boleh menyesuaikan kondisi kebutuhan vaksin ini dengan bujet yang tersedia.

cara merawat kucing anggora kecil
https://casagrandeaz.gov

Selain vaksin, tambahan vitamin juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan keindahan bulu kucing anggora Anda. Lagi-lagi, biaya vitamin biasanya tidak murah.

Kini Anda telah mengetahui tata cara merawat kucing anggora secara umum. Saatnya membahas apa saja perbedaan penting yang kerap terabaikan dalam cara merawat kucing anggora anakan dengan dewasa.

Perbedaan Cara Merawat Kucing Anggora Anakan dengan Dewasa

Tidak jarang pemelihara kucing menerapkan standar yang sama di dalam cara merawat kucing anggora. Padahal, ada beberapa poin penting yang berbeda di antara cara merawat anak kucing anggora dengan yang sudah dewasa. Apa saja itu? Inilah ulasannya.

1. Frekuensi Mandi

Bila kucing dewasa wajib dimandikan setidaknya sebulan sekali, maka lain halnya dengan kucing anakan. Anak kucing anggora membutuhkan frekuensi mandi yang lebih sering yaitu dua kali seminggu.

Sama seperti kucing dewasa, Anda juga perlu secara rutin menggunting kuku dan menyisiri bulunya. Sisiri bulu anak kucing Anda sesering mungkin. Apalagi, anak kucing memang lebih membutuhkan belaian dan sangat suka diajak bermain lebih lama.

cara memandikan kucing anggora di rumah
https://lovemeowroar-img.rbl.ms

2. Cara Memberi Makan

Bila Anda akan membeli anak kucing anggora, sebaiknya tanyakan usia si kucing kepada penjual. Kecuali jika memang memelihara indukan, Anda tentu bisa menghitung usianya sendiri. Bagaimana pun cara Anda memperoleh anak kucing, pastikan memeriksakan kondisinya ke dokter hewan.

Perlu Anda ketahui bahwa anak kucing sudah harus mulai dikenalkan pada makanan padat sejak menginjak usia 6 minggu. Berikan sedikit-sedikit dan sesuaikan dengan porsinya. Anda bisa menghitung porsi berdasarkan berat badan si anak kucing.

Pada kondisi khusus, anak kucing bisa saja tidak cocok dengan jenis makanan yang Anda berikan. Bila anak kucing mengalami mencret atau diare, segera hentikan makanan yang sedang diberikan.

Selanjutnya, periksakan kondisi anak kucing ke dokter hewan secepat mungkin. Soalnya, mencret atau diare akan cepat mengakibatkan dehidrasi dan bisa mematikan bagi anak kucing.

Begitulah beberapa poin mengenai cara merawat kucing anggora, beserta perbedaan pemeliharaan antara yang kucing anakan dengan dewasa. Bagaimana, perawatan kucing anggora tidak sulit, bukan? Selain menyenangkan, memelihara kucing juga bisa menurunkan tingkat stres Anda.

Sumber artikel
https://kucingpedia.com/cara-merawat-kucing-anggora/#a
https://maniakucing.com/cara-merawat-kucing-anggora/

Tinggalkan komentar