Sudah Tahu Cara Merawat Kucing Persia Agar Lucu dan Menggemaskan?

Cara merawat kucing persia – Kucing merupakan salah satu jenis binatang piaraan yang cukup banyak peminatnya. Terlebih lagi dari jenis ras kucing Persia. Meskipun cara merawat kucing persia tidak mudah dan membutuhkan banyak biaya, hal itu tidak menghalangi para pecinta kucing untuk memilikinya.

Asal Usul dan Karakteristik Kucing Persia

cara merawat kucing persia
https://www.kata.co.id

Sesuai namanya, kucing Persia berasal dari Persia, sebutan lain untuk Iran di masa lalu. Kucing ini merupakan ras kucing paling tua yang dikenal manusia. Kucing Persia memiliki bulu panjang dan lebat, bentuk wajahnya bulat dengan pipi tembam, dan moncongnya pendek.

Kucing Persia dikembangbiakkan oleh bangsa Inggris dan Amerika. Mereka melakukan pembiakan selektif untuk menghasilkan warna bulu yang lebih bervariasi. Sayangnya, cara tersebut memiliki efek negatif, yaitu muka semakin datar dan kucing lebih mudah sakit. Sifat mudah sakit inilah yang membuat cara merawat kucing Persia menjadi relatif sulit dan mahal.

Kelebihan Kucing Persia

cara merawat kucing persia medium
https://www.hewan.id

Kucing Persia dikenal memiliki banyak kelebihan, baik dari segi fisik maupun sifatnya. Itu sebabnya, kucing ini banyak disukai oleh para pehobi kucing di seluruh dunia. Hanya saja, kelebihannya ini juga membuat cara merawat kucing Persia tidak semudah kucing biasa.

Beberapa kelebihan kucing Persia dibandingkan jenis ras lainnya adalah:

– Memiliki bentuk wajah yang imut dan lucu, terutama dari jenis peaknose.
– Bentuk tubuhnya yang gempal, tetapi anggun dan cantik saat berjalan.
– Memiliki bulu yang lebat, panjang, dan lembut.
– Kalem, tidak teralu aktif bergerak, dan lebih suka bermalas-malasan.

7 Cara Merawat Kucing Persia Agar Sehat dan Cantik

Merawat kucing Persia harus dilakukan dengan cara yang benar karena kucing ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan kucing kebanyakan. Meski, bila Anda sudah terbiasa memelihara jenis kucing ras, cara merawat kucing anggora hampir mirip dengan teknis pemeliharaan kucing Persia.

Nah, berkaitan dengan cara merawat kucing persia ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Tempat Tinggal Kucing Persia

cara merawat kucing persia umur 2 bulan
http://kittencause.org

Tempat tinggal kucing Persia bisa berupa keranjang, kandang, atau bahkan kamar khusus untuk kucing. Apa pun bentuknya, tempat tinggal ini harus layak dan nyaman untuk ditingali kucing. Anda bisa membeli atau membuat sendiri kandang untuk kucing Persia ini.

Kandang bisa dibuat dari besi, alumunium, kayu, pipa, atau lainnya. Sesuaikan ukuran kandang dengan ukuran (panjang) dan berat kucing. Semakin luas semakin baik karena kucing lebih bebas bergerak. Namun, kandang yang lebih besar tentu lebih mahal.

Kandang juga harus disesuaikan dengan fungsinya. Untuk kandang breeding, ukuran yang disarankan adalah minimal 4×6 meter persegi dengan isi maksimal 12 ekor kucing. Sedangkan untuk kandang harian, ukuran minimal kandang adalah 150×80 cm.

Perhatikan bagian-bagian kandang, jangan sampai ada benda berbahaya, seperti paku atau kawat yang mencuat keluar. Yang terakhir, jangan lupakan alas kandang. Sebaiknya, gunakan alas dari plastik agar tidak berkarat dan mudah dibersihkan.

2. Lingkungan

cara merawat kucing persia himalaya
https://catsymeow.com

Keamanan dan kenyamanan lingkungan tempat kucing tinggal juga perlu dijaga. Tempatkan kandang di tempat yang terhindar dari bahaya binatang lain, seperti anjing, tikus, burung, atau kucing ras lain. Lingkungan dan kandang juga harus dibersihkan agar kucing tumbuh sehat.

Berikan juga suasana yang nyaman untuk kucing. Misalnya, kucing kecil yang berusia kurang dari dua bulan harus ditempatkan di lingkungan yang terhindar dari udara dingin. Daya tahan tubuh kucing kecil belum terlalu baik sehingga mudah sakit.

3. Makanan dan Minuman Kucing Persia

cara merawat kucing persia agar gemuk
https://www.thehappycatsite.com

Siapkan tempat makan dan minum berukuran sedang dengan jumlah sesuai jumlah kucing. Atau, Anda juga bisa menggunakan tempat yang lebih besar sehingga bisa digunakan untuk beberapa ekor kucing.

Gunakan tempat minum yang tidak mudah bergeser atau terguling. Air yang membasahi kucing bisa menyebabkan bulu dan kulit kucing lembab. Hal ini bisa mengundang tumbuhnya jamur yang mengganggu kesehatan dan keindahan kucing.

Secara umum, kucing membutuhkan makanan yang tinggi protein, misalnya ikan, daging, dan sebagainya. Sedangkan makanan yang sebaiknya tidak diberikan adalah bahan makanan tinggi karbohidrat, seperti nasi, mi, roti, dan lain-lain. Kucing Persia sebaiknya diberi makanan kemasan yang sudah dibuat dengan takaran nutrisi tepat sesuai kebutuhan kucing.

Ada dua jenis makanan jadi untuk kucing, yaitu wet food dan dry food. Anda dapat mengombinasikan keduanya, tetapi jangan memberikan makanan basah terlalu sering. Makanan basah diyakini bisa menyebabkan karies gigi dan gigi kucing tidak terasah.

4. Tempat Kotoran Kucing Persia

cara merawat kucing persia jantan
http://pawsunion.com

Kucing memiliki kebiasaan membuang kotoran di atas pasir dan menguburnya. Anda tidak perlu repot mengajarinya karena kucing sudah bisa melakukannya sejak berumur dua bulan. Yang perlu dilakukan adalah menyediakan wadah khusus berisi pasir.

Siapkan wadah yang cukup lebar dan agak tinggi supaya pasir tidak berhamburan saat kucing mengubur kotorannya. Isilah dengan pasir jenis apa saja. Saat ini, yang banyak digunakan adalah pasir wangi dan pasir ziolit. Keduanya tersedia dalam ukuran butiran yang berbeda.

Jika menggunakan pasir wangi, kotoran bisa dibersihkan dengan cara membuang bagian yang menggumpal saja. Sedangkan pada pasir ziolit, sebaiknya pasir dibuang dan diganti minimal dua hingga tiga kali hari sekali tergantung kondisi pasir.

5. Memandikan Kucing Persia

cara memandikan kucing persia di rumah
http://static.twentytwowords.com

Memandikan kucing cukup dilakukan ketika kucing tampak kotor saja. Jadi, waktu untuk memandikan pun bisa sangat berbeda. Bisa satu minggu sekali, dua minggu sekali, atau bahkan satu bulan sekali.

Perlu diingat, kucing Persia yang memiliki warna dasar putih tentu lebih cepat terlihat kotor. Apalagi jika kucing dilepas dan bermain di tempat kotor. Jika tidak rajin dimandikan, bulunya akan tampak kusam dan tidak bersinar.

Untuk memandikan kucing Persia, Anda bisa melakukannya sendiri. Gunakan air hangat, tidak terlalu dingin maupun terlalu panas. Pilih sampo yang sesuai dengan karakter bulu kucing. Setelah dimandikan, gunting kuku kucing dengan cara yang benar.

Jika tidak punya cukup waktu atau tidak mau repot memandikan kucing, Anda bisa memanfaatkan jasa pet shop. Keuntungannya, biasanya jasa pet shop tidak hanya memberikan layanan untuk memandikan kucing, tetapi juga sekaligus perawatan yang lebih lengkap.

6. Merawat Bulu Kucing Persia

cara merawat kucing persia flatnose
https://kucing.org

Bulu yang lebat dan halus adalah satu daya keistimewaan kucing Persia. Namun, hal itu juga yang menyebabkan sebagian orang menganggap cara merawat kucing Persia ini cukup sulit. Perawatan yang tidak tepat dapat menyebabkan bulu kucing Persia rontok.

Merawat bulu kucing Persia dilakukan dari luar dan dalam. Perawatan dari luar dilakukan dengan cara dimandikan, dikeringkan, lalu disisir. Sedangkan perawatan dari dalam dilakukan dengan memberikan makanan khusus untuk memperindah bulu dan mencegah stres.

7. Kesehatan Kucing Persia

cara merawat kucing persia dengan baik
http://www.pfcproducts.com

Cuaca, tempat tinggal dan lingkungan, dan makanan sangat memengaruhi kesehatan kucing. Karena itu, pemeriksaan kesehatan kucing dilakukan secara rutin dan berkala. Berikan vaksin untuk melawan virus dan bakteri patogen yang dapat menyerang kucing. Hati-hati, ada beberapa penyakit pada kucing dapat ditularkan kepada manusia.

Mengajak kucing bermain atau sesekali melepaskannya dari kandang juga penting untuk menjaga kesehatan kucing Persia. Selalu berada di dalam kandang akan membuat kucing jenuh karena ruang geraknya terbatas. Akibatnya, kucing bisa stres dan sakit.

Ketujuh cara merawat kucing Persia di atas tidak hanya bisa dilakukan oleh para pemilik kucing di rumah, tetapi juga oleh para cat breeder. Jika dilakukan dengan benar, dijamin kucing Persia peliharaan Anda akan semakin sehat dan cantik.

Sumber artikel
– http://www.pecintabinatang.net/kelebihan-kucing-persia-yang-tidak-diketahui-orang/
– https://kucingpedia.com/cara-merawat-kucing-persia-lengkap/#a
– http://lintasternak.nyimuetz.com/2015/09/10-cara-merawat-kucing-persia-untuk-pemula.html
– https://arenahewan.com/cara-memelihara-kucing-persia
– https://maniakucing.com/kandang-kucing-persia/

Tinggalkan komentar