Ketahui Cara Penggemukan Sapi Secara Alami, Berikut Ini!

Cara penggemukan sapi – Sapi sebagai salah satu hewan ternak di Indonesia yang memiliki manfaat sangat banyak dari olahan dagingnya, susu murninya, dan juga kulit sapi. Sebagian besar orang memang lebih banyak yang menjadikan sapi sebagai hewan potong. Tentunya semakin besar sapi maka memiliki harga yang semakin mahal, oleh karena itu ketahui cara penggemukan sapi secara alami yang sangat cepat.

Sebagai seorang peternak hewan, tidak hanya ingin menggemukan sapi untuk kebutuhan financial saja. Apabila Anda memiliki hewan peliharaan yang sehat dan gemuk tentunya akan membuat rasa kepuasan terhadap diri Anda bukan? oleh karena itu berikanlah perawatan yang lebih intensif saat memelihara sapi.

Ada beberapa cara yang paling mudah untuk membuat sapi menjadi lebih sehat dan gemuk, namun faktor utama yang mempengaruhinya yaitu pola makanan yang bergisi dan kesehatan sapi yang terjaga. Artikel ini akan mengulas lengkap informasinya untuk Anda.

Cara Penggemukan Sapi dari Pola Makan

Ketahuilah cara penggemukan hewan ternak sapi yang paling mudah agar dapat menjadi hewan yang sehat sehingga memiliki banyak gizi dan nutrisi dalam tubuhnya dari pola makanan yang diberikan, lebih jelasnya mari simak informasinya di bawah ini.

1. Memberikan Makanan Bergizi

Memiliki sapi yang gemuk dengan indikasi sehat pastinya akan menambah rasa kepuasan tersendiri. Nah, ketahuilah cara penggemukan sapi yang paling pertama harus dilakukan yaitu memberikan makanan bergizi. Biasanya makanan sapi memang berupa rumput hijau, pilihlah rumput hijau yang memiliki kandungan vitamin cukup banyak.

Sebelum Anda memilih jenis rumput hijau untuk dikonsumsi sapi maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu ciri-ciri rumput hijau yang tidak terkena obat, ketahui pula rumput hijau yang memiliki kandungan vitamin lengkap agar dapat memenuhi kebutuhan sapi.

Sebenarnya, menggemukan sapi cukup mudah hanya dengan memberikan makanan yang bergizi. Apabila sapi memiliki nafsu makan yang cukup tinggi maka dapat dipastikan fisik hewan sapi dapat mudah sekali bertambah.

2. Memberikan Jenis Makanan yang Cocok

Terkadang beberapa sapi tidak cocok dengan jenis rumput hijau, nah sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu karakter sapi. Apabila sapi Anda menyukai semua jenis rumput hijau maka hal tersebut akan memudahkan Anda untuk memberikannya perawatan secara intensif.

Berbeda dengan jenis sapi yang memilih jenis makanan, biasanya tak semua jenis rumput disukainya. Oleh karena itu, berikanlah jenis makanan yang cocok dan dapat menggugah selera makan sapi. Apabila sapi menyukai jenis makanannya maka dapat membuat berat badannya mudah bertambah.

Nah, Anda memang harus mengetahui jenis makanan yang cocok dikonsumsi agar dapat membuat berat badan sapi lebih mudah naik.

3. Makanan Hijau

cara penggemukan sapi
https://pixabay.com

Sudah disinggung pada penjelasan sebelumnya bahwa makanan hijau memang menjadi salah satu makanan yang paling bagus dikonsumsi oleh hewan sapi. Namun, ternyata tak semua jenis tanaman hijau baik untuk dikonusmsikan. Oleh karena itu, Anda memang harus mengetahui beberapa jenis makanan hijau yang bergizi.

Anda juga harus menyeimbangkan makanan hijau tersebut dengan jenis makanan yang disukai oleh sapi yang dipelihara. Tak banyak orang yang mengetahui bahwa ternyata beberapa sapi juga ada yang tidak menyukai makanan hijau.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mengetahui cara membangkitkan selera makan sapi. Dengan demikian maka Anda dapat membuat sapi lebih banyak memiliki porsi makan sehingga berat badannya lebih mudah naik.

4. Memberikan Makanan yang Mengandung Konsentrat

cara penggemukan sapi secara alami
https://penggemukansapi.com

Konsentrat merupakan salah satu kandungan dalam makanan yang sangat bagus untuk kesehatan sapi, bahkan mampu membuat berat badannya cepat naik. Nah, apabila Anda seorang peternak pemula maka memang harus mengetahui apa saja jenis makanan yang mengandung konsentrat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sapi ternyata juga tidak mudah menyukai berbagai jenis makanan. Oleh karena itu, Anda harus memberikan makanan yang cocok untuk merangsang selera makannya.

Anda memang harus mengetahui terlebih dahulu makanan apa yang mengandung konsentrat kemudian pilihlah yang sekiranya disukai oleh hewan sapi peliharaan Anda.

5. Mengatur Pola Makan yang Baik

Ketahuilah cara penggemukan sapi tidak hanya memilihkan beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh sapi maka Anda juga harus terlebih dahulu mengatur pola makan yang baik. Biasakan memberikan makan sehari 3 kali sampai dengan 5 kali. Tentunya semakin sering makan maka akan membuat sapi lebih gemuk.

Namun, Anda juga jangan sembarangan dalam memberikan makanan karena sapi tidak akan memiliki berat badan naik apabila bukan makanan bergizi yang Anda berikan. Sebenarnya, tidak masalah apabila Anda memberikan memberikan makanan biasa yang tidak memiliki gizi tinggi.

Namun, pastikan bahwa sapi yang Anda pelihara memang benar-benar menyukainya sehingga akan menambahkan selera makannya secara otomatis.

Cara Penggemukan Sapi dari Segi Perawatannya

Dalam merawat sapi maka pastinya jenis perawatan yang Anda berikan memang sangat sesuai dan tepat, untuk mengetahui lebih jelasnya ketahui informasi yang terdapat dalam uraian di bawah ini.

1. Kandang Sapi Luas

cara menggemukan sapi secara cepat
beternak

Ternyata cara penggemukan sapi juga dapat dilihat dari segi perawatannya, memang dapat disimpulkan bahwa apabila Anda memberikan cara perawatan yang bagus maka kesehatannya juga akan terjaga. Oleh karena itu, apabila perawatan yang diberikan baik maka Anda akan dengan mudah dapat menaikkan berat badan sapi.

Nah, langkah pertama untuk menggemukan sapi dari segi perawatannya yaitu menyiapkan kandang sapi yang luas agar sapi memiliki kenyamanan. Apabila sapi sudah merasa nyaman maka ia akan lebih menikmati perawatan yang akan Anda berikan.

Jadi, tidak hanya mengenai makanan yang diberikan ataupun pola makannya tetapi juga cara perawatannya yang tepat. Apabila Anda memang ingin beternak sapi dengan berhasil harus benar-benar merawat sapi dengan intensif.

2. Melakukan Vaksinasi

cara penggemukan sapi jantan
https://www.antarafoto.com

Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan sapi dari bakteri ataupun virus. Nah, vaksinasi biasanya tidak dilakukan setiap hari tetapi dalam satu periode agar sapi terbebas dari penyakit.

Ketahuilah bahwa vaksinasi juga dapat dikatakan sebagai cara penggemukan sapi yang paling mudah. Biasanya, setelah melakukan vaksinasi maka kesehatan sapi lebih terjaga, bahkan selain itu sapi juga akan lebih memiliki selera makan yang lebih tinggi.

3. Memberikan Obat Anti Cacing

cara penggemukan sapi potong dengan cepat
https://www.antarafoto.com

Tak jauh berbeda dengan vaksinasi, cara berikutnya untuk membuat kesehatan sapi terjaga sehingga lebih mudah gemuk adalah dengan memberikan obat anti cacing. Ternyata cacing dalam tubuh sapi juga mempengaruhi nafsu makan.

Oleh karena itu, memberikan obat anti cacing juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara intensif tidak hanya membuatnya lebih gemuk tetapi kesehatannya lebih terjaga.

4. Penanggulangan Penyakit

Dari cara vaksinasi dan memberikan obat cacing memang dapat menjadi pencegahan terhadap penyakit yang dapat menyerang tubuh cacing. Namun, apabila Anda ingin kesehatan sapi lebih terjaga maka bisa melakukan penanggulangan penyakit yang biasanya dilakukan dalam beberapa periode.

Nah itulah cara penggemukan sapi secara alami yakni, bisa dilakukan dari segi pola makan dan dari segi petarawatannya. semoga dengan anda mengetahuinya dapat meningkatkan produktivitas anda dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Tinggalkan komentar