7 Cara Ternak Kenari yang Harus Dikuasai Peternak Pemula

Cara ternak kenari – Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa burung kenari sudan menjadi hewan peliharaan sejak beraba-abad yang lalu. Bentuknya yang cantik dan kicauannya yang merdu membuat banyak orang terpikat. Banyaknya peminat kenari membuat para peternak berusaha menemukan cara ternak kenari yang paling baik untuk membudidayakan burung ini.

Asal-Usul dan Sejarah Masuknya Burung Kenari ke Indonesia

cara ternak kenari
https://1.bp.blogspot.com

Kenari merupakan burung incaran para kolektor unggas dan menjadi burung favorit sepanjang masa. Meskipun bukan satwa asli Indonesia, jika menerapkan cara ternak kenari yang tepat, burung ini jadi mudah ditemui di tanah air. Lalu, bagaimana sejarahnya burung cantik ini bisa sampai ke Indonesia?

Kenari yang saat ini banyak dijumpai di Indonesia merupakan keturunan dari kenari liar yang berasal dari Kepulauan Canary. Kepulauan Canary terletak di Samudra Atlantik dan terdiri dari tujuh pulau vulkanik. Kepulauan ini merupakan salah satu wilayah otonomi Spanyol, tapi diklaim juga sebagai milik Maroko.

Pada tahun 1478, Kepulauan Canary ditaklukkan oleh Spanyol. Pada masa itu, kenari liar yang berhasil ditangkap kemudian dibawa dan diternakkan di Spanyol untuk diperjualbelikan. Selama satu abad lamanya, bangsa Spanyol menguasai perdagangan kenari.

Suatu hari, kapal yang membawa burung kenari kandas di dekat Pulau Elba, Italia. Akibatnya, banyak kenari yang lepas, kemudian terbang dan berkembang biak di pulau tersebut. Dalam perkembangannya, bangsa Italia dan juga Jerman pun kemudian membudidayakan kenari.

Dari sanalah, kenari kemudian tersebar luas ke penjuru Eropa. Kemudian mulai muncul nama-nama kenari berdasarkan tempat mereka berkembang biak, seperti: kenari Holland, kenari Jerman, kenari Belgia, kenari Norwich, kenari Yorkshire, kenari Roller, kenari Rusia, dan lain-lain.

Dalam ekspedisinya mengellilingi dunia, bangsa Eropa membawa serta burung kenari sebagai hewan peliharaan. Hingga akhirnya, kenari pun sampai di Indonesia, Cina Selatan, dan India. Di Indonesia, kenari tersebar di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

Mengenal Sifat Alami Burung Kenari

cara ternak kenari pemula
https://3.bp.blogspot.com

Burung kenari termasuk ke dalam kelompok gelatik. Habitat aslinya adalah di daerah hutan terbuka. Makanan burung kenari di alam bebas adalah biji-bijian, buah-buahan, dan serangga kecil. Kenari membuat sarangnya dari dedaunan dan serat kayu.

Sebagai burung liar, kenari memiliki sifat-sifat alami yang sesuai dengan habitat aslinya. Jika Anda hendak beternak kenari, sifat-sifat alami ini tentunya harus dikenali dengan baik. Karakter ini sangat menentukan cara ternak kenari yang nantinya harus Anda terapkan.

Apa saja sifat alami kenari yang perlu Anda tahu? Berikut ini penjelasannya:

  • Kenari merupakan jenis burung yang riang dan suka bernyanyi. Kicauannya yang merdu membuat siapa pun yang mendengarnya merasa damai. Inilah yang menjadi daya tarik sehingga kenari pun terkenal dan tersebar di seluruh dunia.
  • Di alam bebas, kenari merupakan burung petarung. Untuk membuktikan keberaniannya, kenari jantan akan mengeluarkan kicauan yang indah dan melengking.
  • Kenari memiliki kemampuan untuk mudah beradaptasi dengan berabagai cuaca dan lingkungan. Terbukti, meskipun berasal dari daratan nun jauh di Eropa dan Afrika sana, burung ini tersebar di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia yang beriklim tropis. Sifat ini membuat beternak kenari jadi sangat menguntungkan.
  • Satu lagi alasan kenari menjadi burung yang sangat disukai para peternak adalah sifatnya yang tidak mudah stres. Kenari akan tetap riang dan terus berikicau meskipun sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
  • Kenari tergolong jenis burung yang mudah terangsang, terutama pada jenis jantan. Jadi, jika ingin memeliharanya, Anda harus membeli minimal sepasang kenari. Kenari yang sendirian akan merasa tersiksa dan stres. Bagi para peternak, karakter ini sangat menguntungkan karena proses pengembangbiakan dapat berlangsung dengan cepat.
  • Tidak banyak jenis burung yang mudah dijinakkan. Kenari adalah salah satu di antara sedikit jenis burung yang bisa jinak dan mengenali pemiliknya dalam waktu singkat. Burung ini akan berkicau dengan keras saat bertemu dengan si empunya.

7 Hal yang Perlu Diketahui dalam Cara Ternak Kenari

Berdasarkan sifat-sifat alami yang dimilikinya, kenari tergolong jenis burung yang mudah diternakkan. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diketahui dan dikuasai agar cara ternak kenari bisa dilakukan dengan benar.

1. Cara Membedakan Jenis Kelamin Kenari

cara ternak kenari yang baik
http://3.bp.blogspot.com

Hal wajib pertama yang harus dikuasai oleh para breeder alias peternak kenari adalah cara membedakan jenis kelamin kenari. Bagi peternak yang sudah berpengalaman, membedakan kenari jantan dan betina bukanlah pekerjaan sulit. Namun, bagi pemula, tentu hal ini harus dipelajari lebih dahulu.

Kenari jantan dan betina bisa dibedakan dari bentuk telur, bentuk tubuh, dan kicauannya, yaitu:

  • Bentuk telur: telur yang berisi kenari jantan berbentuk lebih lonjong atau oval, sedangkan telur berisi kenari betina berbentuk lebih bulat.
  • Bentuk tubuh: kenari jantang memiliki tubuh memanjang, langsing, dan ramping, sedangkan tubuh kenari betina lebih bulat dengan leher yang pendek.
  • Bentuk anus: anus kenari jantan menonjol dan vertikal, sedangkan anus kenari betina lebih datar.
  • Kicauan: setelah berumur kurang lebih satu bulan, kenari jantan akan terus berkicau, sedangkan kenari betina cenderung lebih banyak diam atau berkicau dengan bunyi yang tidak nyaring dan putus-putus.

2. Cara Menyiapkan Kandang Kenari

cara ternak kenari sistem koloni
http://3.bp.blogspot.com

Ada satu hal penting yang perlu diketahui dalam mempersiapkan kandang untuk kenari. Sebenarnya, burung kenari bukanlah burung yang cocok untuk diajak bermain dan lebih suka berada di dalam kandang.

Karena sifatnya tersebut, Anda harus menyediakan kandang yang cukup luas sehingga kenari bebas terbang bebas di dalam kandang. Memberikan kandang yang nyaman adalah salah satu langkah penting dalam cara ternak kenari agar proses penangkaran berjalan sukses.

Selain luas, kandang kenari juga harus aman dari gangguan binatang pemangsa dan pengganggu, seperti semut, serangga, dan hewan kecil lainnya. Gunakan kapur ajaib atau oli yang dioleskan pada kaki-kaki kandang.

Tak hanya serangga, tikus pun bisa menjadi ancaman yang perlu diwaspadai. Meskipun biasanya tikus hanya mengincar makanan kenari, bukan tidak mungkin kenari pun akan jadi sasaran. Untuk menghindarinya, tempatkan sangkar kenari pada dinding. Pilihlah kandang dari bahan yang kokoh, misalnya alumunium.

3. Cara Mengenali Kenari yang Siap Diternak

cara ternak kenari lokal
https://i.ytimg.com

Kenari yang siap diternak akan memperlihatkan tanda-tanda khusus. Sebagai peternak, sudah pasti Anda harus mengenali tanda-tanda tersebut agar cara ternak kenari bisa dilakukan sesuai dengan kondisi alamiah burung ini.

Pada umumnya, kenari siap dibudidayakan jika sudah berusia 8 bulan untuk kenari jantan dan 6 bulan untuk kenari betina. Usia ini merupakan usia yang paling tepat karena tidak terlalu tua atau terlalu muda. Di usia ini, kenari jantan sudah siap membuahi dan kenari betina siap bertelur.

Namun, pada jenis tertentu yang masa menuju berahinya lambat, seperti jenis kenari Yorkshire, usia terbaik untuk mulai diternak adalah satu tahun. Jika kenari Anda sudah memasuki usia ideal tersebut, perhatikan ciri-ciri yang ditunjukkan oleh kenari, yaitu:

  • Saat berahi, kenari jantan akan menunjukkan sifat hiperaktif, sering melompat-lompat sambil mengepakkan sayapnya, bahkan menabrak jeruji kandangnya dengan sengaja. Sementara itu, kenari betina akan bercuit memanggil si jantan dan merobek kertas atau apa pun yang ada di dalam sangkarnya.
  • Jika kenari jantan dan betina saling didekatkan, kenari jantan akan mengejar-ngejar si betina.
  • Pada kenari betina, tanda bahwa kenari sudah siap dikawinkan adalah sering menggeleparkan sayapnya. Selain itu, kenari betina juga mulai membangun sarang sebagai pertanda kenari siap diternak.
  • Jika kandang diletakkan berdekatan, kenari jantan akan menyuapkan makanan kepada si betina meskipun si betina berada di luar kandangnya. Kenari jantan juga biasanya akan lebih sering berkicau untuk menggoda betina. Biasanya hal ini terjadi pada sore hari.

4. Cara Meningkatkan Berahi Kenari

cara ternak kenari di dalam rumah
http://1.bp.blogspot.com

Seperti sudah ditulis di bagian sebelumnya, kenari tergolong jenis burung yang mudah berahi. Namun, untuk membantu mempercepat proses pengembangbiakan, Anda juga bisa memberikan perlakuan khusus untuk meningkatkan berahi kenari, yaitu:

  • Memperbanyak pemberian pakan yang bernutrisi, misalnya telur puyuh, vitamin, dan makanan bergizi lainnya.
  • Menjaga kesehatan dan mengurangi kemungkinan stres pada kenari dengan cara menjemur kenari di pagi hari.
  • Saat dijemur, letakkan kandang kenari jantan dan kenari betina yang sedang dijodohkan secara berdekatan agar berahi betina cepat naik.
  • Jika jumlah kenari jantan lebih dari satu, jemurlah betina bersama dengan jantan lain. Selain untuk meningkatkan berahi betina, cara ini juga bisa lebih meningkatkan berahi betina.

5. Cara Menjodohkan Kenari

cara ternak kenari pakai sangkar gantung
http://3.bp.blogspot.com

Salah satu kesalahan cara ternak kenari yang sering terjadi adalah proses menjodohkan kenari yang tidak tepat. Banyak peternak yang terburu-buru menyatukan kenari jantan dan betina dalam satu sangkar. Akibatnya, proses kawin pun gagal karena kedua kenari tidak cocok satu sama lain.

Untuk memulai proses penjodohan, jangan menempatkan si jantan dan si betina dalam satu sangkar. Jika tidak cocok, mereka akan berkelahi dan jika perkelahian berlangsung lama sampai salah satunya kalah, kedua kenari tersebut akan sulit dijodohkan kembali. Apalagi jika si jantan yang kalah. Dia akan trauma dan tidak berani mendekati si betina lagi.

Pastikan kenari yang akan dijodohkan tidak gemuk karena akan menyulitkan proses penjodohan. Untuk mengetahuinya, periksalah bagian leher dan perut kenari. Pada kenari yang gemuk, akan terlihat gumpalan lemak berwarna kuning. Untuk mengatasinya, takar makanannya, perbanyak pemberian mentimun, dan sering menjemur kenari.

Cara penjodohan yang benar adalah dengan tetap meletakkan kenari jantan dan betina di di dalam sangkar berbeda, tetapi diletakkan berdekatan. Dengan cara ini, kedua kenari akan saling mengenal. Jika keduanya menunjukkan kecocokan, barulah keduanya disatukan.

Menyatukan kenari jantan dengan betina juga ada aturannya, tidak bisa dilakukan asal-asalan. Cara yang benar untuk menyatukan kenari adalah dengan menangkap kenari jantan yang berada di dalam sangkar gantung, kemudian masukkan ke dalam sangkar boks tempat kenari betina.

Penyatuan kenari sebaiknya dilakukan di sore hari agar hasilnya lebih optimal. Diharapkan, pada malam harinya, kedua kenari tersebut sudah lebih tenang dan rukun sehingga keesokan paginya mereka sudah berjodoh. Namun, Anda tetap perlu mengawasi kandang karena pertarungan antar kenari masih mungkin terjadi kapan saja.

Setelah disatukan, perhatikan tingkah laku keduanya. Jika mereka terlihat saling menyuapkan makanan, hal itu merupakan pertanda mereka siap untuk kawin. Anda bisa membiarkan keduanya tetap berada dalam satu kandang.

Keesokan harinya, sekitar pukul 7 sampai 9 pagi, kenari jantan dan betina dipisahkan kembali. Kemudian, di sore harinya, masukkan kembali kenari jantan ke dalam sangkar betina. Lakukan hal ini setiap hari hingga si betina bertelur. Saat sudah bertelur, hentikan proses penjemuran kenari betina karena hal ini dapat merusak telur kenari.

Cara menjodohkan kenari seperti ini berlaku untuk kenari betina yang baru pertama kali bertelur. Sedangkan untuk kenari betina yang sudah pernah berproduksi, penyatuan dengan kenari jantang cukup dilakukan selama 1 jam.

Jika kenari jantan dan betina terlihat rukun, persiapkan sarang untuk kenari bertelur. Jika sarang terlihat kotor, segera ganti dengan yang bersih. Saat sudah siap bertelur, kenari akan membentuk sarangnya menjadi bundar dan rapi. Biasanya, 1 minggu kemudian, kenari akan bertelur.

Anda juga harus tahu kebiasaan unik lalin kenari betina dalam mempersiapkan sarangnya. Kenari betina akan mencabuti bulu-bulu halus dari tubuhnya sendiri maupun dari tubuh si jantan untuk menghias sarangnya. Jadi, jika Anda menemukan bulu-bulu di dalam sarang, hal itu merupakan pertanda bahwa tak lama lagi kenari betina akan bertelur.

Untuk menghindari risiko burung terluka akibat dicabuti bulunya, letakkan kapas halus secukupnya ke dalam sarang. Kapas ini berfungsi sebagai pengganti bulu halus burung. Selain itu, menempatkan kapas di dalam sarang juga dapat membantu mempercepat proses bertelur.

6. Cara Mengoptimalkan Proses Pengeraman Telur

cara ternak kenari agar cepat bertelur
http://www.infopeternakan.com

Sekali bertelur, kenari betina bisa menghasilkan 3-4 butir telur. Kenari betina akan mengerami telurnya selama 12-13 hari sampai menetas. Lamanya waktu yang dibutuhkan telur hingga menetas dipengaruhi oleh cuaca. Untuk menetas, telur membutuhkan lingkungan yang hangat.

Agar proses pengeraman telur bisa berjalan lebih optimal, Anda bisa memasang lampu dengan kekuatan 5 watt di sangkar kenari. Dengan begitu, sangkar akan terasa lebih hangat. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang dan memberikan makanan dan minuman pada kenari betina agar kebutuhan nutrisinya selalu tercukupi.

Makanan yang disukai kenari adalah biji-bijian, sayuran, dan buahan. Contoh biji-bijian yang bisa diberikan antara lain biji kenari, biji sawi, dan milet. Sedangkan sayuran dan buah yang baik untuk diberikan adalah sawi hijau, sawi putih, mentimun, dan apel.

Selama proses pengeraman, sebaiknya kenari jantan dan betina tetap ditempatkan dalam satu sangkar. Tujuannya adalah agar si betina tetap berada di sarang untuk mengerami telurnya. Kenari betina tidak perlu keluar dari sarang untuk makan karena kenari jantan akan menyuapinya. Tetapi, jika terdapat lebih dari satu kenari betina, pejantan sebaiknya dipisah.

7. Cara Merawat Anakan Kenari

cara ternak kenari yg baik dan benar
http://1.bp.blogspot.com

Di hari ke-14, biasanya telur-telur kenari akan menetas secara bergantian, satu telur dalam sehari. Sebaiknya, segera pindahkan induk kenari jantan agar proses pemberian makanan oleh induk kenari betina kepada anak-anaknya tidak terganggu. Namun, jika proses pelolohan berjalan baik, induk kenari jantan bisa tetap dibiarkan tinggal di dalam sangkar yang sama.

Untuk menjaga kesehatan anak-anak kenari, jagalah kebersihan kandang dengan cara membersihkannya sesering mungkin. Perhatikan juga ketersediaan makanan dan minuman di dalam kandang. Jangan sampai kenari-kenari kehabisan makanan dan minuman.

Bagaimanapun juga, tidak ada cara tenak kenari yang baku dan berlaku sama untuk semua peternak. Ada faktor lain yang memengaruhi kesuksesan ternak kenari, terutama pengalaman. Makin sering Anda mempraktikkannya, maka peluang sukses yang bisa diraih makin besar.

Sumber artikel
– http://burungdanhewan.blogspot.com/2013/01/burung-kenari-dan-asal-usulnya.html
– https://satujam.com/cara-ternak-kenari/
– http://www.kenarimania.com/2015/04/cara-ternak-kenari.html

Tinggalkan komentar