9 Cara Ternak Lovebird yang Mudah & Praktis untuk Pemula

Cara ternak lovebird –┬áUkuran yang mungil, warna bulu yang indah, dan suara yang merdu membuat lovebird banyak disukai, baik untuk dipelihara maupun diternakkan. Karena perawatannya mudah, cara ternak lovebird juga tidak sulit. Anda yang pemula pun bisa sukses menjadi peternak burung cinta ini.

Mengenal Sifat Dasar Lovebird

cara ternak lovebird koloni
https://burunglovebird.net

Sampai saat ini, lovebird memiliki jenis yang sangat banyak. Setiap jenis memiliki ciri-ciri dan karakter sendiri. Namun, ada beberapa karakter yang merupakan sifat dasar yang dimiliki lovebird, apa pun jenisnya. Pengetahuan tentang sifat dasar dan cara ternak lovebird yang benar merupakan dua kunci sukses beternak lovebird.

Adapun sifat dasar lovebird adalah:

  1. Hidup secara berkelompok membentuk koloni sehingga sangat disarankan untuk memelihara beberapa ekor sekaligus. Lovebird yang kesepian akan mengalami stres, bahkan mati.
  2. Sangat mudah beradaptasi dengan perubahan iklim, cuaca, atau lingkungan. Meskipun lebih menyukai suhu sejuk, lovebird mampu bertahan saat kemarau.
  3. Memiliki sifat petarung dan suka menjerit.
  4. Mudah dijinakkan, terutama bila dirawat sejak masih anakan.
  5. Karena sudah ratusan tahun ditangkarkan, lovebird tidak mudah stres.
  6. Berahi mudah naik, baik karena melihat lovebird lain, pakan yang kurang tepat, atau penjemuran yang berlebihan.

Cara Ternak Lovebird yang Benar dengan 9 Langkah Mudah

Animo yang tinggi masyarakat terhadap lovebird ini merupakan peluang yang bagus untuk menjalankan usaha ternak lovebird. Siapkan sedikit modal dan lakukan 9 langkah cara ternak lovebird berikut ini agar usaha ternak lovebird bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

1. Menyiapkan Kandang lovebird

cara ternak lovebird
http://royalwingsaviary.com

Langkah pertama untuk mulai beternak lovebird tentu saja adalah menyiapkan kandang yang memadai. Syarat kandang yang baik untuk ternak lovebird adalah ukurannya cukup luas, sehingga lovebird merasa nyaman.

Bahan pembuat kandang harus Anda perhatikan. Lovebird memiliki kebiasaan menggigiti sangkar yang terbuat dari kayu dan paruhnya cukup kuat untuk mematahkan. Karena itu, kandang sebaiknya dibuat dari besi agar lovebird tidak kabur.

Saat pertama kali dibeli, lovebird jantan dan betina harus ditempatkan terpisah agar tidak bertarung. Jadi, Anda harus menyiapkan dua buah kandang atau satu kandang yang dilengkapi sekat pemisah.

Kandang lovebird juga harus dilengkapi gelodok atau tempat lovebird bertelur. Gelodok dibuat dari kayu keras dengan ukuran 20 x20x25cm. Di sekitar gelodok, siapkan daun-daun kering, ranting kecil dan serut kayu. Benda-benda tersebut nantinya akan digunakan oleh lovebird untuk menghias sarangnya.

2. Memilih Sepasang Indukan lovebird

cara ternak lovebird pemula
https://i.ytimg.com

Setelah kandang siap, cara ternak lovebird yang kedua yaitu belilah minimal sepasang calon indukan lovebird jantan dan betina dari jenis yang ingin dikembangbiakkan. Pilihlan lovebird yang sehat dan berkualitas karena akan menentukan kualitas hasil anakannya juga. Lalu, tempatkan lovebird jantan dan betina dalam kandang berbeda atau dalam satu kandang bersekat yang sudah disiapkan.

Pada proses perkawinan, peran lovebird jantan akan lebih dominan. Karena itu, sebaiknya pilih lovebird jantan yang usianya lebih tua daripada usia betinanya. Untuk mengetahui usia lovebird, Anda bisa menanyakannya kepada penjual.

Ada jenis lovebird yang mudah dibedakan jenis kelaminnya, ada juga yang sulit. Namun secara umum, Anda bisa membedakan lovebird jantan dan betina dari ciri-cirinya berikut ini:

a. Ciri-Ciri Lovebird Jantan:

  • Ciri fisiknya adalah: tubuhnya lebih ramping, ekornya lebih runcing, paruhnya lebih kecil dan runcing, lubang hidungnya berbentuk oval memanjang, ujung sayapnya menyatu dan membentuk huruf V, tulang pubisnya lebih keras dan menyempit jika diraba.
  • Warna bulunya lebih kontras dan mencolok, tetapi bentuknya kurang tegas.
  • Saat bertengger, posisi kakinya lebih rapat.

b. Ciri-Ciri Lovebird Betina:

  • Ciri fisiknya adalah: tubuhnya lebih besar dan berat, ekornya lebih rata, paruhnya lebih besar dan lebar, lubang hidungnya berbentuk bulat, ujung sayapnya tidak menyatu dan membentuk huruf U, tulang pubisnya lebih lunak, elastik, dan berjarak.
  • Warna bulunya cenderung lebih kusam dari pada lovebird jantan.
  • Saat bertengger, posisi kakinya lebih renggang.

3. Mempersiapkan Lovebird Hingga Siap Kawin

cara ternak lovebird lengkap
http://www.sexadodeaves.com

Saat membeli pasangan lovebird yang akan dijadikan indukan, jangan lupa tanyakan umur lovebird tersebut. Hal ini penting untuk mengetahui apakah pasangan tersebut sudah siap untuk kawin atau belum.

Biasanya, lovebird baru siap dikawinkan jika sudah berumur minimal 1 tahun. Jika pasangan lovebird yang Anda beli belum siap kawin karena usianya belum cukup, Anda perlu mempersiapkannya lebih dulu dengan cara merawatnya dengan baik dan memberikan makanan yang tepat.

Ketika usia lovebird sudah mencapai 1 tahun, perhatikan tanda-tanda yang diperlihatkan oleh lovebird. Lovebird jantan yang siap kawin akan terlihat sering menggosok-gosokkan pantatnya pada sangkar. Sedangkan lovebird betina yang siap kawin akan sering merentangkan sayap dan mengangkat ekornya.

Jika tanda-tanda tersebut sudah terlihat, segera kawainkan pasangan lovebird tersebut. Jika terlalu lama tidak dikawinkan, bisa jadi lovebird tersebut justru akan susah kawin, yang artinya proses pengembangbiakan menjadi gagal. Anda tentu tidak mau hal tersebut terjadi, bukan?

4. Menjodohkan Burung Lovebird

cara ternak lovebird yang benar
https://ssl.c.photoshelter.com

Apa yang harus dilakukan jika pasangan lovebird sudah menunjukkan tanda-tanda siap kawin? Segera jodohkan kedua lovebird tersebut. Caranya adalah dengan mempertemukan mereka dalam satu kandang.

5. Memisahkan Lovebird

cara ternak lovebird koloni yang benar
http://royalwingsaviary.com

Jika membeli lovebird lebih dari sepasang untuk diternakkan, Anda harus menyiapkan lebih banyak kandang. Setiap pasangan lovebird yang sudah siap kawin harus dipisahkan dalam kandang yang berbeda. Jadi, satu kandang hanya berisi satu pasang lovebird.

6. Memberi Makan lovebird

cara ternak lovebird untuk pemula
http://1.bp.blogspot.com

Setelah pasangan lovebird ditempatkan dalam kandangnya masing-masing, berilah pakan yang bagus secara teratur. Pemberian pakan yang baik akan membuat lovebird cepat bertelur. Pakan yang disarankan adalah milet, apel merah, tauge, kangkung, dan biji-bijian.

  • Milet Merah dan Putih
    Lovebird termasuk burung yang agak pemilih dalam hal makanan. Untungnya, milet merah dan putih yang merupakan makanan kegemaran burung kicau juga disukai lovebird. Milet berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh lovebird dan memperindah kicauan. Berikan dua kali sehari di waktu pagi dan sore hari.
  • Buah Apel Merah
    Lovebird termasuk jenis burung yang menyukai sayur dan buah-buahan. Salah satunya adalah apel merah yang kandungan nutrisinya lebih tinggi dibandingkan jenis apel lainnya. Sebelum diberikan pada lovebird, cucilah buah apel lebih dulu agar bersih dari sisa pestisida dan bibit penyakit.
  • Tauge
    Berikan tauge sebagai makanan tambahan untuk lovebird. Selain menjaga kesehatan, tauge bermanfaat untuk meningkatkan Berahi lovebird. Namun perlu diingat, jangan memberikan tauge secara berlebihan.
  • Kangkung
    Untuk lovebird, berikan jenis kangkung darat karena lebih higienis dibandingkan kangkung air. Berikan hanya daunnya saja dengan cara dicuci dan diangin-anginkan lebih dulu. Kangkung yang sudah lebih dari 4 jam tidak dimakan harus dibuang.
  • Biji-Bijian
    Beberapa jenis biji-bijian yang baik untuk diberikan pada lovebird adalah jagung manis, oat, biji kenari, biji bunga matahari, dan biji sawi. Jagung manis mengandung vitamin B dan C, asam folat, dan beta karoten yang bermanfaat menjaga kesehatan mata dan tubuh lovebird.

Untuk biji-bijian ada cara khusus untuk memberikannya kepada lovebird Anda. Caranya adalah dengan direbus lebih dahulu agar mudah dicerna.

Biji oat memiliki kadar karbohidrat, kalori, dan protein yang tinggi. Berikan biji oat 3 kali seminggu sebagai makanan selingan. Berikan oat sejak masih anakan agar lovebird terbiasa. Biji oat dipercaya bisa mempercantik bulu lovebird. Sementara itu, biji kenari bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan lovebird dan membuat suara kicauannya semakin bagus.

7. Mengamati Proses Perkawinan dan Bertelur

cara ternak lovebird yg baik
https://wikicau.com

Setelah pasangan lovebird berhasil menjalani proses perkawinan dan lovebird betina sudah bertelur, amati keadaannya dari jauh. Jangan terlalu sering memeriksa kandang karena lovebird akan merasa terganggu.

Perlu Anda ketahui, tidak semua lovebird betina mau mengerami telurnya. Jika menemukan lovebird yang seperti ini, tak perlu bingung. Anda bisa mengatasinya dengan cara meletakkan sangkarnya dengan sangkat lovebird betina lain yang sedang mengerami telurnya. Erangan betina lain yang sedang mengerami telur akan memancing betina tersebut untuk mengerami juga.

8. Memisahkan Anakan dari Induk Lovebird

cara ternak lovebird warna
https://i0.wp.com

Setelah telur menetas, biarkan bayi lovebird tetap berada di sangkar yang sama dengan induknya. Setelah berumur 14 hari, anak lovebird akan mulai keluar dari sarangnya. Pada saat itulah, anak lovebird harus dipisahkan dari induknya. Siapkan kandang khusus untuk anak lovebird yang dilengkapi lampu 5 watt untuk menjaga anak lovebird tetap hangat.

9. Merawat Anak Lovebird

cara ternak lovebird sukses
https://www.birdsnall.com

Anak lovebird yang masih kecil belum bisa makan sendiri. Untuk memberinya makan, Anda harus membantunya dengan cara menyuapi atau meloloh. Siapkan jarum suntikan, lalu gantilah jarumnya dengan selang kecil yang lentur atau karet pentil untuk menyuapkan makanan ke mulut anakan lovebird.

Makanan yang bisa diberikan untuk anakan lovebird bubur pelet, yaitu pelet yang diseduh dengan air hangat dan dihancurkan sampai berbentuk bubur. Selain pelet, Anda juga bisa memberikan bubur bayi. Anakan lovebird harus disuapi setiap 4 jam sekali.

Selain meloloh, berikan perhatian ekstra pada anakan lovebird. Misalnya, dengan mengajaknya bermain di luar kandang, memanggil dengan nama kesayangan, dan sebagainya. Perhatian lebih dan perawatan yang penuh kasih sayang akan membuat lovebird cepat jinak.

Tips dan Trik Cara Ternak Lovebird Supaya Cepat Bertelur

cara ternak lovebird biar cepat nelur
https://upload.wikimedia.org

Dalam beternak lovebird, tentu Anda mengharapkan agar lovebird yang Anda pelihara cepat bertelur. Ternyata, ada tips dan trik khusus dalam cara ternak lovebird untuk membuat burung cepat menghasilkan telur.

Lovebird betina yang sudah dewasa akan menghasilkan sel telur secara teratur. Jika terjadi perkawinan, sel telur akan dibuahi sel sperma dari burung jantan. Hal ini ditandai adanya bakal calon embrio berupa noktah hijau pada permukaan kuning telur. Selanjutnya, telur akan dibungkus oleh cangkang dan dikeluarkan dalam bentuk telur yang biasa kita lihat.

Jika tidak terjadi pembuahan, telur akan keluar dengan bentuk yang sama, tetapi di dalamnya tidak terdapat bakal calon embrio. Jika dierami, baik oleh induknya atau dengan bantuan incubator, telur ini tidak akan pernah menetas. Telur ini disebut telur infertil.

Untuk mempercepat lovebird bertelur dan memperkecil kemungkinan terjadinya telur infertil atau telur yang tidak subur tersebut, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Memilih Indukan yang Tepat

Terkadang, kita menjumpai lovebird yang sulit bertelur. Kesulitan untuk menghasilkan telur bisa disebabkan beberapa faktor, seperti:

  • Lovebird betina merupakan lovebird semi-klep, atau keturunan pertama hasil persilangan antara lovebird klep dengan lovebird non-klep. Lovebird seperti ini biasanya akan menghasilkan telur infertil atau telur tanpa embrio atau bahkan tidak bisa bertelur sama sekali.
  • Pada beberapa jenis, lovebird jantan dan betina memiliki penampakan fisik yang sama sehingga sulit dibedakan. Bukan tidak mungkin burung yang seolah-olah berjodoh ternyata berjenis kelamin sama sehingga tidak mungkin menghasilkan telur.
  • Umur induk lovebird, terutama lovebird betina, tidak diketahui sehingga kemungkinan belum cukup dewasa ketika dijodohkan dan belum dapat bertelur.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus berhati-hati dalam memilih calon indukan lovebird, khususnya lovebird betina. Pilihlah jenis lovebird non-klep yang berumur 5 sampai 7 bulan atau lovebird klep yang berumur 8-12 bulan.

2. Memasang Lampu Full Spektrum

Yang dimaksud lampu full spektrum adalah jenis lampu yang memiliki spektrum cahaya mendekati spektrum matahari. Seperti diketahui, cahaya matahari memiliki manfaat untuk tubuh makhluk hidup, termasuk lovebird.

Tempatkan lampu full spectrum ini di bagian atas kandang penangkaran. Karena memiliki suhu warna 5.500 Kelvin, lampu ini akan memberikan kenyamanan secar visual, suasana tenang, dan kandang tetap sejuk. Gunakan juga lampu jenis ini untuk kandang yang jarang terkena cahaya matahari pagi.

Pencahayaan di kandang penangkaran harus diatur dengan baik agar lovebird tetap berkembang dengan siklus yang normal. Lovebird membutuhkan waktu istirahat minimal 10 jam. Artinya, kandang harus berada dalam keadaan gelap selama waktu tersebut.

3. Membuat Gelodok yang Benar

cara jitu ternak lovebird
http://1.bp.blogspot.com

Gelodok untuk tempat lovebird bertelur harus dibuat dengan tepat karena akan memengaruhi proses bertelur. Ukuran gelodok harus pas untuk ukuran lovebird, tidak terlalu besar seperti gelodok untuk nuri atau terlalu kecil seperti gelodok untuk parkit.

Lengkapi gelodok dengan lubang pintu yang diameternya disesuaikan dengan ukuran tubuh lovebird. Jangan lupa untuk memasukkan ranting dan serutan kayu bersih ke dalam gelodok dengan ketebalan 2,5cm. Lovebird umumnya akan membuang sebagian dari serutan kayu yang sudah disediakan, saat menata ulang sarangnya.

4. Menempatkan Pasangan Lovebird Lain dalam Satu Ruangan

Inilah alasan lain mengapa sebaiknya Anda membeli lebih dari sepasang lovebird. Suara erangan lovebird betina yang sedang bertelur dapat memancing pasangan lovebird lain untuk cepat kawin dan bertelur. Tempatkan pasangan lovebird dalam satu ruangan, tetapi dalam kandang berbeda.

5. Mengatur Pola Makan Burung Lovebird

cara ternak lovebird di tempat panas
https://i0.wp.com

Dalam penangkaran lovebird, mengubah pola makan agar lovebird cepat bertelur sudah biasa dilakukan. Pengubahan pola makan dilakukan dengan mengganti makanan yang biasa diberikan dengan makanan tertentu yang diketahui mampu meningkatkan Berahi lovebird, seperti biji kuaci, tauge, dan kangkung.

6. Memberikan Suplemen

Pemberian suplemen pada lovebird memiliki beberapa manfaat. Pada lovebird dewasa, suplemen dapat meningkatkan Berahi, baik pada lovebird jantan maupun betina. Selain itu, suplemen juga bisa memperbesar kemungkinan telur menetas. Sedangkan pada lovebird anakan yang baru menetas, suplemen bisa meningkatkan kesehatan.

7. Menjaga Kebersihan Minuman Burung lovebird

cara ternak lovebird kandang kotak
https://cdn.shopify.com

Air untuk minum lovebird harus diganti setiap hari agar tetap bersih. Jika air sumur terlalu kotor atau berbatu besi maupun lumpur, gunakan air galon isi ulang. Kebersihan air minum sangat memengaruhi kesehatan lovebird.

Jangan lupa untuk membersihkan tempat minumnya secara rutin. Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk menggosok tempat minum sampai bersih. Setelah itu, bilas dengan air bersih dengan cara disiram maupun disemprot dengan sprayer.

Bagi para pemula, cara ternak lovebird seperti diuraikan di atas merupakan cara sederhana yang mudah diterapkan dengan modal kecil. Anda juga bisa mencoba cara lain jika ingin lovebird cepat berproduksi, yaitu dengan membeli lovebird yang sudah berproduksi sebelumnya. Meskipun harganya lebih mahal, cara ini bisa menghemat waktu pengembangbiakan.

Sumber artikel
– https://www.vemale.com/tips-and-tricks/113329-cara-ternak-lovebird-kln.html
– https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-burung-lovebird
– https://www.hewanpeliharaan.org/love-bird/cara-ternak-lovebird/
– https://www.jalaksuren.net/cara-ternak-lovebird-agar-cepat-bertelur/
– https://hargaburung.id/makanan-burung-lovebird/
– http://www.cherewed.com/2017/06/manfaat-pemberian-toge-untuk-burung.html
– https://omkicau.com/2013/05/05/nutrisi-dan-manfaat-kangkung-untuk-lovebird/

Tinggalkan komentar