Kenali Ciri-Ciri Kucing Hamil Usia 1,2,dan 3 Bulan

Ciri-ciri kucing hamil –┬áPastinya sangat menyenangkan apabila Anda memiliki peliharaan kucing betina yang sedang hamil karena akan memberikan keturunan sehingga jumlah kucing peliharaan akan bertambah banyak. Ketahui ciri-ciri kucing hamil usia 1,2,dan 3 bulan dengan mudah agar Anda dapat memberikan cara perawatan yang lebih intensif.

Kucing yang hamil ternyata tidak hanya memiliki bentuk fisik lebih besar, tetap juga ada banyak tanda-tanda kehamilan yang lainnya yang harus dikenali seperti perubahan nafsu makan dan tingkah lakunya. Apabila Anda sudah mengenali beberapa tanda-tandanya maka dapat menjaga kehamilan si kucing tersebut.

Apabila Anda sudah mengetahi kucing tersebut sedang hamil maka rawatlah dengan lembut dan penuh kasing sayang agar kucing lebih merasa disayangi dan nyaman dengan kondisinya saat hamil.

Ciri-Ciri Kucing Hamil Usia 1,2,dan 3 Bulan dari Perilakunya

Mengenal ciri-ciri kucing hamil dari perilakunya merupakan suatu hal yang penting karena jika kehamilannya tidak diketahui ditakutkan kondisi janinnya tidak dapat berkembang dengan baik akibat kurangnya perawatan yang diberikan, untuk lebih jelasnya mari simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Nafsu Makan Meningkat

Salah satu ciri-ciri kucing hamil muda dapat dilihat dari perilakunya yaitu nafsu makan meningkat. Apabila Anda biasa memberikan makan tiga kali sehari, tetapi dalam waktu dekat kucing terus merasa kelaparan maka dapat diperkirakan bahwa kucing betina tersebut sedang hamil.

Biasanya kucing yang sedang hamil memang selalu ingin makan, oleh karena itu apabila sudah memastikan bahwa kucing yang dipelihari hamil maka siapkan porsi makan yang lebih banyak. Tambahkan makanan yang banyak mengandung protein agar kucing lebih banyak menerima gizi agar kesehatannya lebih terjaga.

2. Lebih Manja dan Lembut

Biasanya perilaku yang menandakan ciri-ciri kucing sedang hamil yaitu lebih manja dan lembut. Walaupun, pada aktivitas biasanya kucing juga memiliki tingkah laku jinak penuh kelembutan tetapi ketika hamil kucing memang aka semakin terlihat manja dengan sikap lembutnya.

Nah, berikanlah kasih sayang yang lebih kepada kucing agar mendapatkan perhatian yang lebih sehingga kucing akan lebih merasa nyaman.

3. Siklus Birahi yang Tiba-Tiba Berhenti

Sebagai pemiliki kucing hamil Anda seharusnya mengetahui siklus birahi kucing Anda, biasanya kucing mengalami proses birahi setiap enam bulan sekali. Jika ada bulan tersebut tidak menunjukan sikus birahi si kucing, maka dapat dipastikan bahwa kucing sedang hamil.

Ciri-ciri kucing sedang mengalami birahi yaitu sering mengeong dengan keras dan sangat panjang untuk memanggil kucing jantan. Apabila, kucing peliharaan Anda sudah tidak menunjukan siklus birahi tersebut dalam jangka waktu yang lama maka bisa mengecek kondisi fisiknya untuk memastikan bahwa kucing sedang hamil.

4. Muntah

ciri-ciri kucing hamil
https://kucingpedia.com

Ternyata tak berbeda dengan ciri-ciri manusia yang sedang hamil, kucing ketika masih hamil muda usia 1,2,3 bulan ternyata juga seringkali muntah. Nah, dengan demikian maka sebaiknya Anda berikan perhatian yang lebih intensif kepada si kucing agar tidak pusing.

Apabila Anda tetap memberikan perhatian dan kasih sayang yang lebih maka kucing akan tetap nyaman walaupun harus merasakan gejala muntah-muntah saat sedang hamil.

5. Sering Tidur

ciri kucing hamil 1 minggu setelah berhubungan
https://www.catlovers.id

Ketika hamil muda usia 1,2, dan 3 bulan ternyata kucing juga lebih sering tidur. Sebaiknya Anda tak perlu melarang atau mencegah kucing untuk tidur agar kenyamanannya tetap didapatkan karena kucing yang hamil juga lebih sensitif. Jadi, janganlah sesekali mengganggunya ketika kucing sedang tidur.

Saat hamil kucing tentunya lebih senang tidur dibandingkan harus bermain-main. Oleh karena itu, bagi waktu kucing lebih banyak untuk tidur atau istirahat di dalam kandang daripada untuk bermain keluar kandang.

6. Bersarang

Bahkan, kucing yang sedang hamil juga akan lebih suka bersarang di dalam kandang. Apa yang dimaksudkan bersarang? Jadi kucing yang sedang hamil seringkali mencari berbagai kain untuk dijadikan sebagai tempat bersarang.

Wah, tentunya tak mengherankan jika kucing memang ingin mendapatkan kasih sayang dari pemiliknya. Untuk dirinya sendiri si kucing juga ingin selalu tinggal dalam sarang yang penuh dengan kehangatan.

7. Bersikap Lebih Sensitif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu ciri kucing sedang hamil yaitu memiliki sikap yang lebih sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih menyayangi kucing Anda ketika sedang hamil. Berikanlah perhatian yang lebih agar kucing tetap merasa disayangi dalam kondisinya yang sedang hamil.

8. Pendiam

ciri-ciri kucing hamil muda
https://pixabay.com

Biasanya kucing yang sedang hamil juga memiliki sikap atau perilaku menjadi lebih pendiam. Nah, bagi Anda pemiik kucing yang sedang hamil maka janganlah heran jika perubahannya lebih bersikap menjadi pendiam. Tetaplah bersikap baik dengan memberikan kasih sayang yang dapat membuat kucing menjadi lebih nyaman dengan keadaannya yang sedang hamil.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri kucing hamil dalam usia muda dari perilakunya. Nah, ternyata ada pula ciri-cirinya yang bisa diketahui dari fisiknya. Untuk lebih jelasnya ketahui informasinya berikut ini.

Ciri-Ciri Kucing Hamil Secara Fisik

Mengetahui kucing hamil secara fisik pastinya dianggap lebih mudah dibandingkan dari beberapa sikap ataupun perilakunya. Inilah perubahan fisik kucing hamil yang dapat diketahui dengan sangat mudah.

1. Perut Besar

ciri ciri kucing hamil tua
http://okdogi.com

Ciri-ciri fisik kucing yang sedang hamil yaitu memiliki perut membesar, terkadang banyak orang menganggapnya kucing bertambah gemuk karena memang bertambah sehat. Namun, ternyata perut besar juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa kucing sedang dalam kondisi sedang hamil.

2. Puting Membesar dan Kemerahan

ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan
http://ilmuveteriner.com

Untuk mengetahui salah satu ciri-ciri kucing hamil secara fisik yaitu dengan melihat puting susunya menjadi membesar dan berwarna kemerahan. Tentunya, cara memperhatikannya sangat mudah bukan? cek dengan cara melihat putingnya.

3. Bulu Kucing Rontok

ciri ciri kucing hamil tua
https://lovepurrscat.blogspot.com

Ternyata bulu kucing yang rontok juga menjadi salah satu tanda bahwa kucing tersebut sedang dalam kondisi hamil. Biasanya bulu yang rontok terkadang malah dianggap sebagai suatu masalah karena si pemilik kucing harus lebih memberikan perawatan yang lebih intensif.

4. Keluar Air Susu

Ketika kucing sedang hamil biasanya sudah mulai keluar air susunya ketika sudah mau melahirkan. Nah, apabila Anda melihat kucing mengeluarkan air susu hal tersebut memang sudah menjadi hal pertama yang menjawab bahwa kucing tersebut memang sedang hamil.

5. Punggung Melengkung

Selanjutnya, tanda fisik dari kucing yang sedang hamil yaitu punggungnya memililki perubahan menjadi melengkung. Untuk memastikan salah satu bentuk fisiknya memang diperlukan perhatian khusus. Bagian punggung tentunya bukanlah pusat perhatian ketika memperhatikan kondisi fisik si kucing.

6. Perut Membulat

Perut yang membulat juga ternyata menjadi salah satu pertanda secara fisik yang menunjukkan bahwa kucing sedang dalam keadaan hamil, tentunya perubahan tersebut juga disertai dengan perut membesar.

Secara fisik ataupun perilakunya memang dapat diketahui dengan mudah. Setelah Anda mengetahui tanda-tanda kucing hamil tersebut maka berikanlah perawatan yang lebih intensif kepada kucing dan janinnya.

Nah itulah ciri-ciri kucing hamil, untuk itu setelah Anda membaca artikel ini pastinya Anda harus memberikan perhatian yang khusus kepada kucing kesayangan Anda. Semoga artikel dari hewanpeliharaan.info bisa bermanfaat buat Anda.

Tinggalkan komentar