Cara Jitu Mengetahui Ciri-Ciri Murai Batu Medan yang Bagus

Ciri-ciri murai batu medan – Tidak bisa dimungkiri, murai batu merupakan burung yang paling banyak dicari karena kicauannya yang khas dan kuat. Burung dengan nama latin Copsychus Malabaricus ini memiliki warna yang dominan hitam dan bersifat pertarung. Ibarat ikan cupang, ciri-ciri murai batu medan umumnya akan menunjukkan naluri teritorial dan bersikap agresif ketika bertemu dengan sesamanya.

Bagi Anda yang pemula, simak tulisan ini supaya bisa membedakan mana ciri-ciri murai batu medan yang berkualitas. Jangan sampai Anda merogoh kocek yang tinggi namun tidak sepadan dengan kualitas si burung.

Ciri-Ciri Murai Batu Medan yang Berkualitas

Ciri-ciri murai batu medan
https://www.sarahbeekmans.com

Burung murai, terutama jenis Batu Medan juga dikenal sering menjuarai kontes kicau karena kemampuan fisiknya yang lebih unggul dari murai lain. Makin sering menang, harga yang ditawarkan pun makin tinggi dan sangat dicari oleh para kolektor.

Kini murai Batu Medan makin sulit untuk didapatkan. Terutama jika Anda tinggal di luar daerah asalnya. Sebagian besar murai Batu yang ada di Indonesia, berasal dari daerah Sumatera. Namun, yang paling banyak dicari adalah murai Batu asal Medan karena dinilai paling bandel saat sedang unjuk kebolehan pada setiap perlombaan.

Lalu, bagaimana caranya Anda bisa mengetahui mana burung murai Batu Medan yang punya kualitas terbaik?

1. Ciri Postur dan Gestur Burung Murai Batu Medan

Ciri-ciri murai batu medan yang berkualitas biasanya punya ukuran tubuh yang lebih besar. Anda bisa membandingkan burung yang satu dengan yang lain pada usia yang sama.

Selain itu, untuk bisa menentukan apakah burung tersebut dalam kondisi baik, kita bisa lihat dari keaktifannya. Gerakan murai Batu Medan yang baik adalah sigap atau tidak lamban ketika ada lawan.

2. Bentuk Kepala Murai Batu Medan

Meski serupa, tapi ciri-ciri murai batu medan yang baik adalah memiliki bentuk kepala yang tidak terlalu bulat dan cenderung pipih. Dengan bentuk seperti itu ketika kontes, burung akan mudah bergerak dan tidak cepat lelah.

3. Mata Murai Batu Medan

Selain mata yang jernih, pilihlah burung dengan bentuk yang bulat penuh seperti agak melotot. Ciri-ciri murai batu medan yang satu ini kerap terlewat oleh para pemula. Padahal jenis mata seperti ini dapat menunjang ekspresi dan penampilan burung saat sedang melakukan atraksi di dalam kontes.

4. Panjang Leher Murai Batu Medan

Ciri-ciri murai Batu Medan yang baik juga bisa kita lihat dari bentuk dan panjang lehernya. Biasanya burung dengan leher panjang akan menghasilkan kicauan yang panjang, lantang, dan bersambungan. Dengan leher yang panjang juga, murai Batu akan lebih tampak menarik saat mengangguk-anggukkan kepalanya.

5. Bentuk dan Panjang Ekor Murai Batu Medan

Ekor adalah pedoman utama untuk melihat ciri-ciri murai batu medan yang asli dan berkualitas. Murai batu Medan memiliki panjang ekor rata-rata 25-30cm. Jika akan mengikuti kontes, sebaiknya Anda memilih burung dengan ukuran yang tidak terlalu panjang. Hal ini karena burung dengan ekor yang terlalu panjang, akan cepat lelah karena terpaan angin.

Selain itu, ciri-ciri murai batu medan yang bisa memenangkan kontes pun kita bisa lihat dari ekornya. Caranya adalah dengan mengecek keaktifan burung, lalu perhatikan apakah ia mampu mengangkat ekornya hingga menyentuh kepalanya (seperti bentuk kalajengking).

Tidak jarang peserta lomba harus rela memotong bulu ekor murai batu Medan mereka supaya tidak terlalu panjang. Padahal, nilai ekor murai per sentimeter sangat berharga. Tidak main-main, harga burung bisa memiliki selisih 1 juta atau lebih per sentimeter ekornya.

6. Warna Kombinasi pada Kepala, Tubuh, dan Ekor

Murai Batu memiliki kombinasi warna yang rata-rata sama, yakni: hitam, coklat, dan putih. Namun untuk ciri-ciri murai batu medan, kita bisa lihat dari pola ekornya. Pola kombinasi warna ekor murai Batu Medan berbentuk melengkung seperti huruf U setengah. Ciri khas lain burung ini adalah, warna hitam yang semu kebiruan jika terkena pantulan sinar matahari.

7. Bentuk Paruh dan Suara Kicauan

Ciri-ciri murai batu medan yang memiliki suara bagus, bisa terlihat dari bentuk paruhnya. Pilihlah paruh murai Batu yang lancip dan terbuka lebar saat berkicau. Karena dengan bentuk paruh tersebut, biasanya suara kicau yang dihasilkan akan lantang dan bertenaga.

8. Warna dan Struktur pada Kaki

Bentuk kaki murai batu Medan yang asli bisa dilihat dari warna merahnya yang berkombinasi dengan warna coklat tua atau kehitaman. Ciri-ciri murai batu medan lainnya bisa dilihat dari kontur kakinya yang berlekuk-lekuk seperti cekungan pada buah belimbing.

Kriteria Murai Batu Medan yang Bisa Menjuarai Kontes Kicau Burung

Jika Anda sudah berhasil memilih burung dengan ciri-ciri murai batu medan yang berkualitas, tentu kini saatnya mengikutsertakannya ke kontes. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana kriteria penilaian supaya murai batu Medan Anda dapat mendapatkan nilai yang tinggi:

1. Irama Kicauan

Poin pertama yang dinilai para juri kontes murai batu adalah lewat irama kicauan. Irama yang dimaksud adalah alunan yang beraturan, naik turun nada atau tinggi rendah nada. Semakin banyak variasi lagu maka semakin tinggi pula nilainya. Artinya, jenis bunyi kicauan tidak monoton, sehingga selalu ditunggu-tunggu improvisasi berikutnya.

2. Mutu atau Kualitas Suara

Selain dari kekayaan nada, ciri-ciri murai batu medan yang bisa memenangkan kontes kicau harus mampu mempertahankan ritme selama mungkin. Maksudnya, suara kicauan harus panjang tanpa jeda. Makin lama durasi kicauan, maka nilai akan makin tinggi.

3. Kekuatan atau Volume Suara

Untuk bisa mendapatkan perhatian juri, maka suara kicau burung haruslah kencang. Ciri-ciri murai batu medan juara adalah mereka yang mampu menghasilkan kicauan seperti tembakan, terdengar keras, kasar dan tajam.

4. Atraksi atau Gaya Fisik

Selain fisik yang mulus dan sehat, gaya pada saat berkicau juga menjadi penilaian juri. Ciri-ciri murai batu medan juara adalah yang aktif, misalnya: mengangguk-anggukkan kepala, menaikkan ekor hingga menyentuh kepala dan bergeser-geser pada tenggerannya.

5. Daya Tahan

Dari semua kriteria diatas, ciri-ciri murai batu medan yang bisa menjuarai kontes kicau adalah yang bisa menjaga performanya. Artinya, murai Batu mampu mempertahankan penampilan terbaiknya dari awal hingga akhir. Persentase agar murai dapat nilai tinggi atau bahkan menjuarai kontes adalah tidak kurang dari 80% (waktu diam hanya sekitar 20%).

Untuk bisa mendapatkan murai jagoan, terdapat kiat-kiat yang harus diperhatikan. Ketelatenan yang harus dijaga meliputi pemenuhan kebutuhan harian, melatih murai bersuara (diperdengarkan suara burung atau diajak bersiul), serta pemilihan pakan berkualitas. Tapi ingat, jangan sampai ambisi kita menjadi juara sampai membuat burung murai sakit atau bahkan stres.

Cara terbaik untuk bisa menjadi juara adalah dengan mempelajari cara para jawara diperlakukan oleh pemiliknya saat ada kontes kicau. Bergabunglah dengan komunitas hobi murai Batu. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan pelajaran dari pengalaman-pengalaman anggota komunitas.

Demikian penjelasan tentang ciri-ciri murai batu medan yang berkualitas beserta gambaran singkat tentang poin penilaian kontes kicau burung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat terutama bagi Anda yang baru saja akan naik level dari penikmat burung murai batu menjadi penangkarnya. Selamat menyeleksi.

Sumber artikel
-http://www.tribunnews.com/bisnis/2015/09/17/peluang-usaha-omzet-rp-70-jutabulan-dari-budidaya-burung-murai-batu
-https://www.sarahbeekmans.com/blog/wp-content/uploads/2018/05/Chirping-Bird-Burung-murai-batu-medan.jpg

Tinggalkan komentar