Inilah Ciri Khas dan Harga 5 Jenis Cucak ijo yang Populer di Pasaran

Jenis cucak ijo – Cucak ijo terkenal sebagai salah satu burung kicau yang andal. Tak heran, para kicau mania banyak mencari burung yang satu ini. Ada banyak jenis cucak ijo di pasaran yang dapat menjadi pilihan. pun berbeda setiap jenisnya pun berbeda.

jenis cucak ijo
https://4.bp.blogspot.com

Secara umum, cucak ijo merupakan burung berpostur tubuh sedang. Panjangnya mencapai 22 sentimeter, dari paruh hingga ekornya. Warna bulunya adalah dominan hijau, itulah mengapa ia dipanggil dengan nama cucak ijo.

Burung ini merupakan burung asli Indonesia. Habitatnya tersebar di Pulau Sumatra, Kalimantan, Bali, Jawa, hingga Kepulauan Natuna. Cucak ijo biasanya hidup pada puncak-puncak pohon yang tinggi. Ia sangat menyukai pohon berdaun lebat. Habitatnya banyak terdapat pada hutan bakau, hutan ,primer dan hutan sekunder.

Cucak ijo termasuk burung omnivora. Meskipun makanan kegemaran utamanya adalah pisang, namun ia juga sangat menikmati saat diberi makan kroto atau anak semut dan serangga kecil lainnya.

Cucak ijo yang berkualitas bagus memiliki beberapa ciri tertentu. Postur tubuh yang tegap, bentuk kepala cepak dengan ekor mengepak ke bawah, menandakan burung dalam kondisi sehat. Selain itu lihat pula warna bulunya. Cucak ijo yang bagus memiliki warna hijau yang ‘matang’ dan nampak mengkilap. Warna bagian dagu atau daerah di bawah paruh juga terlihat hitam pekat.

Kicauan cucak ijo yang sehat akan terdengar merdu dan sangat nyaring. Saat berkicau ia juga akan aktif menggerak-gerakkan ekornya. Kualitas suara dari cucak ijo dapat juga Anda lihat dari paruhnya. Jika paruh si burung berbentuk tebal dan lebih panjang dari burung lain yang seumur, bisa dipastikan ia memiliki suara nyaring yang bagus.

Dibandingkan dengan burung betina, banyak orang lebih memilih untuk memelihara burung jantan. Soalnya, kualitas burung jantan lebih bagus dan lebih andal untuk diikutkan lomba kicau.

Jenis Cucak ijo

Ada banyak jenis cucak ijo di pasaran tanah air. Namun dalam ulasan ini, kita hanya akan membahas lima jenis yang paling populer. Berikut ini adalah lima jenis cucak ijo terpopuler serta harganya di pasaran:

1. Cucak Ijo Mini

Sesuai dengan namanya, cucak ijo mini memang berukuran tubuh kecil. Panjang tubuh dari paruh hingga ekornya tidak lebih dari 17 sentimeter. Warna hijau pada bulu cucak ijo mini lebih ‘matang’ atau lebih gelap dibanding jenis yang lain. Tidak ada warna biru pada bagian pipi burung ini.

jenis cucak ijo mini
https://malangtoday.net

Meski paling kecil, namun cucak ijo mini memiliki suara nyaring dan merdu. Sayangnya, ia memiliki volume suara yang tidak konsisten. Sesekali terdengar kencang, tapi kadang suaranya pelan. Meski begitu tetap saja bagi para penggemarnya, cucak ijo mini memiliki suara yang lebih menarik dibandingkan dengan jenis lainnya.

Cucak ijo mini juga lebih mudah dimaster, karena ia pandai dalam menirukan suara burung yang lain. Di pasaran, jenis ini dibanderol dari harga mulai Rp300.000,00 untuk burung betina, dan Rp500.000,00 untuk jantan.

Habitat cucak ijo mini banyak dijumpai di Sumatra dan Kalimantan. Bahkan ia termasuk salah satu burung kicau populer di pasar burung kedua wilayah tersebut. Itulah mengapa, Anda akan sedikit susah menemukannya di Jawa.

2. Cucak Ijo Sumatra

Jenis cucak ijo sumatra memiliki ciri khas yang membuatnya mudah dikenali. Pada bagian dada cucak ijo sumatra, terdapat bulu dengan warna kuning keemasan. Warna kuning juga terdapat di bagian atas kepalanya. Selain itu, warna biru nampak menutupi sedikit bagian pipinya.

jenis cucak ijo yang paling bagus
https://omkicau.com

Ciri khas lain adalah bentuk tubuhnya yang sedikit bulat alias tambun. Ukuran tubuh cucak ijo sumatra lebih kecil dari cucak ijo kalimantan, namun tetap lebih besar dari cucak ijo mini. Panjang badannya sekitar 20 sentimeter.

Seperti namanya, habitat asli jenis cucak ijo ini adalah di Pulau Sumatra. Kelebihan yang membuatnya banyak dicari adalah suara kicauannya yang lebih bervariasi dibandingkan dengan jenis cucak ijo lain.

Sifatnya yang atraktif dan responsif juga menjadi hiburan tersendiri. Satu lagi ciri khas yang membedakannya dengan jenis lain adalah jambulnya akan terlihat berdiri ketika ngentrok. Di pasaran tanah air, harga cucak ijo sumatra adalah mulai dari Rp600.000,00 untuk burung dewasa, dan Rp1.000.000,00 untuk yang sudah berprestasi.

3. Cucak Ijo Kalimantan

Berbeda dari jenis yang lain, warna bulu pada cucak ijo kalimantan akan berangsur nampak lebih muda menjadi warna hijau terang seiring ia tumbuh dewasa.

jenis cucak ijo kalimantan
https://i.ytimg.com

Hal lain yang menarik dalam pertumbuhannya adalah ukuran tubuh cucak ijo ini akan mengecil saat dewasa. Ekornya juga akan menjadi lebih kaku dan memendek.Selain itu, tidak nampak warna biru pada bagian wajahnya.

Cucak ijo kalimantan terkenal dengan sifatnya yang tangguh dan kompetitif saat berlomba. Suara kicauannya juga terdengar ngerol lebih panjang, meskipun monoton alias tidak banyak variasi. Harganya di pasaran mulai dari Rp650.000,00 untuk burung dewasa. Sedangkan jika sudah berprestasi harganya dibanderol dari Rp1.000.000,00.

4. Cucak ijo Banyuwangi

Jenis cucak ijo ini sering juga disebut cucak ijo jawa timur, karena berasal dari Banyuwangi Jawa Timur. Jenis ini disebut sebagai jenis terbaik, karenanya ia dibanderol dengan harga paling mahal di antara jenis cucak ijo yang lain.

Di pasaran tanah air, cucak ijo banyuwangi dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.000.000,00 untuk burung dewasa. Jauh bukan dari jenis sebelumnya?! Sedangkan jika sudah meraih prestasi, harga Cucak ijo Banyuwangi akan naik menjadi mulai dari Rp1.500.000,00 hingga Rp5.000.000,00 per ekornya.

Lalu apa yang membuatnya berharga lebih mahal? Ada dua hal utama penyebabnya, yaitu suara dan postur tubuh cucak ijo ini. Tentang suara, burung jenis ini disebut-sebut memiliki kicauan yang lebih merdu dibandingkan cucak ijo lain. Ia juga tampak lebih atraktif saat berkicau.

Sama seperti cucak ijo sumatra, saat ngentrok jambul cucak ijo banyuwangi juga akan terlihat berdiri. Burung ini juga sangat reaktif. Jika mendengar suara rangsangan siulan dari burung lain, cucak ijo banyuwangi akan langsung mengeluarkan suara merdunya.

jenis cucak ijo banyuwangi
https://i.ytimg.com

Warna bulunya hijau pekat. Tidak tampak semburat kekuning-kuningan pada bulunya. Namun justru warna inilah yang menjadi daya pikat burung ini. Postur tubuhnya pun nampak lebih besar, panjang, dan gagah, dibanding jenis yang lain.

5. Cucak Ijo Rante

Terakhir adalah cucak ijo rante. Ia berasal dari sekitar pulau Sumatra. Ia juga populer disebut penggemarnya dengan cucak rante. Ukuran tubuhnya hampir sama dengan cucak ijo mini, namun warna bulunya sama sekali berbeda.

Jika cucak ijo mini memiliki warna hijau matang di sekujur badannya, cucak ijo rante punya banyak variasi warna. Pada bagian kepalanya, Anda akan mendapati warna hijau terang bahkan cenderung kuning.

jenis cucak ijo yg bagus
http://vitaminburung.com

Warna bulu pada badannya adalah hijau terang. Ia juga memiliki paduan warna ungu berbentuk garis-garis atau disebut strip malar pada bagian kiri dan kanan lehernya. Warna biru juga tampak menghiasi bagian wajah dan sedikit di bagian dahi.

Cucak Rante juga dikenal memiliki suara nan merdu dan bervariasi. Namun harganya di pasaran termasuk yang paling murah di antara semua jenis cucak ijo. Ia dibanderol mulai dari Rp200.000,00 hingga Rp350.000,00 saja.

Itulah lima jenis Cucak ijo yang populer di pasar tanah air. Informasi harga di atas sebagai panduan saja untuk Anda berbelanja. Harga yang dicantumkan sewaktu-waktu dapat berubah. Jangan lupa bahwa kualitas Cucak ijo juga akan tergantung pada bagaimana kita merawatnya. Jadi, berikan perawatan terbaik saat memeliharanya nanti, ya!

Tinggalkan komentar