Ingin Memelihara Arwana? Kenali Dulu Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Perkiraan Harganya

Jenis ikan arwana – Ingin Memelihara Arwana? Kenali Dulu Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Perkiraan Harganya di bawah ini…

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dipelihara sebagai ikan hias karena warna sisiknya yang cantik. Keberadaan ikan arwana diketahui pertama kali oleh Muller dan Schiegle pada tahun 1845 di pedalaman Kalimantan Barat. Selanjutnya, berbagai jenis ikan arwana mulai didapati di wilayah Sumatera dan Papua.

Ikan bernama latin Scleopages sp. ini memiliki nama lain arwana, siluk, kayangan, peyang, barramundi, saratoga, tangkalese, dan kelesa. Varietas ikan arwana selalu mengalami perkembangan seiring riset di bidang pemuliaan yang terus dilakukan oleh ilmuwan dan peternak.

Harga yang cukup fantastis menjadikan penggemar ikan ini menetapkan arwana sebagai simbol status sosial dan ekonomi. Jika Anda tertarik memelihara arwana, ketahui dulu jenis-jenis ikan arwana beserta perkiraan harganya di bawah ini.

1. Jenis Ikan Arwana Super Red atau Arwana Merah

https://s.kaskus.id

Jenis ikan arwana super red merupakan ikan endemik Indonesia yang terkenal paling mahal di Asia. Ikan ini bisa didapati di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum, Kalimantan Barat. Saat ini, arwana super red sudah dibudidayakan sehingga semakin mudah untuk mendapatkannya.

Ada lebih dari satu varian dari ikan arwana merah, yaitu: ikan arwana merah emas (golden-red), ikan arwana merah darah (red-blood), ikan arwana merah-orange (orange-red), dan ikan arwana merah cabai (chili-red). Ikan arwana super red cenderung lebih dekat ke merah cabai dan merah darah, sementara yang lain termasuk arwana merah biasa.

Warna merah pada bagian ekor, sirip, dayung, dan sungut akan muncul pada usia 3-4 tahun. Ketika panjangnya mencapai 25 cm, maka akan muncul warna mengkilap di pinggir sisiknya.

Agar warna merahnya cepat keluar, ikan arwana biasa diberikan pakan khusus dan ditempatkan di kolam yang terkena sinar matahari langsung. Harga arwana super red ini dibanderol sekitar 4 juta rupiah.

2. Jenis Ikan Arwana Cross Back Golden  atau X Back Golden

https://3.bp.blogspot.com

Arwana cross back golden berasal dari Malaysia dan merupakan salah satu jenis ikan arwana golden. Setelah dewasa, ikan ini memiliki cincin yang melingkar melewati punggung sehingga dinamakan x-back. Jenis ikan arwana ini terdiri dari warna dasar biru, ungu, emas, dan perak.

Ada mitos yang mengatakan bahwa ikan ini membawa keberuntungan. Oleh karena itu, wajar jika harganya cukup mahal karena banyak dicari dan sulit ditemukan. Harga ikan ini berkisar antara 10 hingga 25 juta rupiah.

3. Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden atau Golden Red

https://i0.wp.com

Jenis ikan arwana red tail golden merupakan ikan arwana yang agresif. Asalnya dari kawasan Pekanbaru, Riau. Seperti cross back golden, ikan arwana ini juga memiliki warna dasar berbeda seperti biru, hijau, dan emas. Ukuran tubuhnya dapat berkembang lebih besar dari cross back golden. Kekurangannya terletak pada warna sisik yang tidak melewati punggung.

Ikan yang termasuk dalam keluarga Osteoglossidae ini dijumpai di benua Asia, Afrika, Australia, dan bagian selatan Amerika. Menurut sebuah studi, ikan arwana ini telah ada sejak 220 juta tahun lalu, sehingga bisa dikatakan daya tahannya sangat kuat. Satu ekor ikan arwana ini dijual dengan harga rata-rata 3 juta rupiah untuk ukuran panjang 25cm.

4. Jenis Ikan Arwana Silver atau Arwana Brazil

http://1.bp.blogspot.com

Jenis ikan arwana silver ini berasal dari Brazil, tapi kini telah dikembangbiakkan di Indonesia. Ikan arwana ini termasuk yang mudah didapatkan, sehingga harganya pun relatif terjangkau. Ukuran tubuh ikan ini dapat mencapai panjang 90 cm pada usia dewasa.

Ciri fisiknya berupa tubuh dan sirip yang panjang. Bagian tengah badan hingga ujung ekor terlihat indah ketika berenang. Ikan ini bersifat agresif dan dapat melompat, sehingga cukup merepotkan untuk melakukan budidaya ikan arwana silver di akuarium.

5. Jenis Ikan Arwana Banjar

https://i2.wp.com

Ikan arwana ini berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Jenis ikan arwana Banjar mempunyai ciri bentuk kepala membulat. Mempunyai sirip berwarna oranye pucat dengan ekor kuning atau oranye. Jika dilihat sekilas, mirip ikan arwana merah muda.

Meski hampir serupa, ikan ini memiliki strain yang berbeda dari ikan arwana merah. Harga ikan ini rata-rata hanya Rp500.000,00 saja.

6. Jenis Ikan Arwana Jardini atau Arwana Irian

http://www.majalahikan.com

Jenis ikan arwana jardini sebenarnya berasal dari Australia. Namun, jenis ini mudah ditemukan di kawasan Papua khususnya di Merauke, sehingga disebut Arwana Irian. Terdapat dua warna dasar yaitu warna gelap (Scleropages jardini) dan warna terang (Scleropages leichharti).

Warna dasarnya kecokelatan dengan bintik-bintik keemasan pada bagian tengah sisik, kepala, sirip, dan ekor. Harga ikan ini diperkirakan sekitar 5 juta rupiah per ekor.

7. Jenis Ikan Arwana Golden Pino atau Arwana Hijau

http://bahasikan.com

Jenis ikan arwana golden pino tersebar di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Kamboja, dan Thailand.Warna arwana ini didominasi hijau keperakan dengan sirip ekor abu-abu kehijauan.Bentuk kepala dan mulutnya lebih besar dan membulat.

Ikan ini bersifat predator ketika usia dewasa, namun cukup mudah dalam perawatannya. Karena tampilannya yang tidak terlalu menarik, harganya pun tidak mahal, hanya sekitar Rp1 juta.

8. Jenis Ikan Arwana Black Golden

https://i.ytimg.com

Jenis ikan arwana black golden mudah dijumpai di semenanjung Malaysia seperti Johor, Perak, dan Terengganu. Ciri fisiknya: berwarna emas dengan sisik tebal berwarna hitam. Karena tergolong ikan arwana yang langka, maka harga jualnya lebih tinggi daripada jenis yang lain.

9. Jenis Ikan Arwana Afrika atau African Arwana

https://www.satwapedia.com

Jenis ikan arwana afrika merupakan ikan endemik Afrika bagian timur seperti Gambia, Senegal, dan Kamerun. Bentuk tubuhnya hampir serupa dengan arwana Silver dengan warna abu-abu menyala, tetapi dengan ukuran kepala yang lebih kecil. Makanan kesukaannya adalah ikan, udang, dan cacing hidup. Di pasaran, harganya ditaksir sekitar 4 juta rupiah.

10. Jenis Ikan Arwana Arapaima Gigas

https://www.tnaqua.org

Arapaima Gigas adalah jenis ikan arwana terbesar di dunia. Berasal dari lembah Amazon di Amerika Selatan, ukuran panjangnya dapat mencapai 3 meter dengan berat sampai 200 kg. Ikan ini bernapas dengan cara menghirup udara secara langsung, sehingga perlu timbul ke permukaan air setiap 5 sampai 20 menit sekali.

Arapaima Gigas termasuk spesies dilindungi karena populasinya semakin langka di tempat asalnya. Di Indonesia sendiri, arwana Arapaima Gigas tidak diperjualbelikan secara bebas.

11. Jenis Ikan Arwana Scleropages Leichardti

https://www.satwapedia.com

Jenis ikan arwana ini berasal dari Queensland, Australia, tepatnya di wilayah Sungai Saratoga. Dengan warna hitam kekuningan, ikan ini tidak memiliki warna yang terlihat begitu menarik, tetapi masih terlihat indah dijadikan penghias akuarium.

Pada usia dewasa, panjangnya dapat mencapai 100 cm. Anda dapat memiliki ikan arwana Sleropages Leichardti dengan harga pada kisaran 5 juta rupiah.

12. Jenis Ikan Arwana Hitam

https://www.satwapedia.com

Jenis ikan arwana hitam berasal dari Amerika Selatan dan termasuk dalam famili Osteoglossum. Warnanya tidak mencolok seperti ikan arwana yang lain, melainkan abu-abu kehitaman. Meski tidak terlalu populer, harga lumayan mahal yaitu 2 juta rupiah per ekor.

Itulah beberapa jenis ikan arwana beserta perkiraan harganya. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar