Jenis-Jenis Ikan Guppy yang Terkenal di Indonesia dan di Dunia

Jenis ikan guppy – Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan air tawar yang dapat ditemukan di danau dan sungai. Ikan ini termasuk ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Bahkan, ikan guppy juga dapat bertahan hidup di air payau yang memiliki kadar garam yang tinggi. Jenis ikan guppy pun bermacam-macam dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Penggemar ikan guppy pun sangat banyak, baik di Indonesia maupun dunia. Ikan jenis ini sangat populer karena keindahannya.Ikan guppy memiliki berbagai warna yang unik. Ada lebih dari 35 jenis ikan guppy di seluruh dunia.

Encyclopedia of Britannica menyatakan bahwa ikan guppy milik keluarga Poeciliidae yang terdiri dari tiga spesies seperti Poecilia reticulates yang dikenal sebagai Lebistes reticulatus. Ikan ini memiliki ukuran mencapai 5 cm. Walaupun begitu, ikan ini terlihat besar karena panjang dan lebar ekornya.

Hasil persilangan dari ikan guppy akan menghasilkan ikan yang unik dan bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Jenis ikan guppy yang terkenal di dunia seperti ikan guppy cobra, ikan guppy albino, ikan guppy red dragon, ikan guppy moscow red lace snakeskin, dan masih banyak lagi.

Berikut kami jelaskan beberapa jenis ikan guppy yang cukup terkenal baik di dunia maupun di Indonesia.

1.   Platinum Half Moon

https://guppydreams.files.wordpress.com

Jenis ikan guppy yang paling mahal dan tercantik adalah platinum half moon. Pola gradasi warna pada jenis ikan guppy yang satu ini memang sangat indah. Seperti namanya, ikan guppy ini memiliki warna platinum perak dari kepala hingga ekor, dan bagian tengahnya berwarna perak kehitaman. Jenis sirip ekor ikan ini hampir sama dengan ikan guppy jenis young pair champion purple.

2.   Guppy Black Moscow

https://i.ebayimg.com

Ikan guppy jenis ini sudah cukup lama dikembangbiakan oleh orang-orang yang melakukan budidaya ikan guppy, sehingga termasuk dalam salah satu varian ikan guppy lokal. Harga ikan ini di pasaran cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 per ekor untuk yang berukuran anakan.

3.   Guppy Veil Tail

https://1.bp.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, ikan guppy yang satu ini memiliki ekor yang menyerupai kerudung. Bentuk sirip punggung atau sirip dorsal (dorsal fin) ikan guppy jenis ini ramping serta meruncing.  Ujung dari sirip punggung ini memanjang hingga pada bagian sepertiga ekor. Adapun ekor dari ikan guppy ini membentuk sudut 45 derajat atau serupa dengan segitiga sama kaki.

4.   Young Pair Champion Purple

Young Pair Champion Purple termasuk salah satu jenis ikan guppy yang paling mahal dan sangat cantik. Mendengar namanya saja sudah menggambarkan betapa mewah jenis ikan guppy yang satu ini. Ikan guppy akan menjadi sangat mahal ketika jenisnya sangat langka dan memiliki corak warna yang indah.

Berbeda dengan pola ikan guppy biasa yang memiliki bintik-bintik warna, ikan guppy yang satu ini memiliki gaya polos. Di pasar, ikan guppy jenis ini dijual dengan harga sekitar USD 80 per ekor.

5.   Yellow Metal Lace

https://i.ytimg.com

Siapapun yang melihat ikan gupppy yellow metal lace untuk pertama kalinya pasti akan sangat terkesima karena kecantikannya kemudian ingin memelihara ikan ini di rumah. Ikan guppy jenis yellow metal lace ini hampir sama dengan silver race, perbedaannya terletak pada skema warnanya.

Jenis ikan guppy ini memiliki warna kuning yang sangat indah, dari kepala sampai ke ekor. Jadi, tidak salah jika ikan guppy termasuk salah satu jenis yang paling mahal dan cantik.

6.   Guppy Red Mozaik

https://i.ytimg.com

Ciri khas dari jenis ikan guppy ini adalah memiliki corak warna mozaik dari bagian tubuh hingga ke ekor. Walaupun ukuran siripnya tidak terlalu besar, namun warnanya sangat cantik. Harga ikan guppy red mozaik anakan adalah sekitar Rp8.000,00 per ekor.

7. Silver Lace

https://4.bp.blogspot.com

Sangat menarik untuk melihat skema warna pada tubuh ikan guppy berjenis silver lace ini. Warna ikan guppy silver lace menyerupai lukisan abstrak berwarna putih. Jenis ikan guppy yang satu ini termasuk sangat langka dan sulit untuk ditemukan.

Kelangkaanya inilah yang membuat ikan guppy jenis ini sangat mahal dan siapa pun yang dapat memilikinya pasti sangat beruntung. Perkiraan harga di pasar untuk satu ikan ini adalah sekitar USD 35 per ekor.

8.   Dragon Big Ear

http://2.bp.blogspot.com

Cara untuk membedakan jenis ikan guppy ini dengan jenis dragon lain adalah dengan melihat bagian telinganya. Jenis guppy dragon big ear punya kombinasi warna tubuh yang berbeda pada tubuhnya. Bagian kepala hingga tengah tubuh ikan guppy ini berwarna perak, sedangkan bagian tengah hingga ekor berwarna oranye dengan corak hitam.

9.   Albino

https://1.bp.blogspot.com

Apakah Anda cukup akrab dengan kata albino? Ya, kelainan warna genetik atau albino dapat dialami oleh hewan dan manusia, termasuk ikan guppy. Namun, ikan guppy albino ini sangat langka dan sulit ditemukan. Itu sebabnya, harga guppy albino sangat mahal. Harga jenis ikan guppy albino berkisar USD 40 untuk satu ekor ikan.

10. Guppy Super Red

https://s4.bukalapak.com

Sesuai dengan namanya, Super Red, jenis ikan guppy ini memiliki warna merah yang menyelimuti seluruh bagian tubuhnya dan terlihat sangat cantik. Ciri khas inilah yang membuat para pencinta ikan guppy banyak memburunya, sehingga harga jual ikan ini pun cukup tinggi. Harga ikan guppy super red dewasa mencapai Rp50.000,00 per ekor.

11. Blue Grass

https://www.topikanguppy.com

Hampir sama dengan guppy lace, jenis blue grass memiliki corak warna yang sangat indah. Ciri khas ikan ini ada pada ekornya. Bagian kepala hingga pangkal ekornya berwarna kuning, sementara bagian sirip dan ekornya berwarna biru yang dipadukan dengan bintik-bintik hitam.

Ikan guppy tampil dalam berbagai warna, pola, serta jenis ekor yang berbeda. Ikan ini memiliki kombinasi pola, warna, dan bentuk yang sangat beragam. Pelaku budidaya ikan guppy pun terus mencoba untuk mengembangkan varietas baru melalui proses pembiakan selektif, sehingga sangat sulit untuk memiliki daftar lengkap dari jenis-jenis ikan guppy.

Banyaknya variasi ikan guppy, membuat penggemar ikan ini tak bakal kehabisan corak favorit. Apalagi, Anda juga dapat mencoba mengembangbiakkan ikan ini dengan melakukan budidaya ikan guppy sampai bisa menghasilkankan varietas guppy yang baru.

Hebatnya lagi, bila ternyata Anda berhasil menemukan variasi guppy yang baru dan unik, maka ada peluang untuk menjualnya. Anda pun mendapatkan peluang penghasilan tambahan baru. Namun, pastikan Anda memperkirakan harga yang tepat untuk hasil persilangan ikan guppy yang sedang dibudidayakan.

Jenis ikan guppy di Indonesia dan di seluruh dunia memang sangat banyak. Masing-masing jenis memiliki ciri khasnya dan keistimewaan tersendiri, yang memengaruhi harga jualnya. Meski begitu, perawatan ikan guppy pun tidak terlalu sulit. Jadi, bila Anda tertarik, memelihara ikan guppy atau mungkin membudidayakannya adalah keputusan yang tepat.

Tinggalkan komentar