Ini Dia, 14 Jenis Ikan Lele dari Indonesia dan Dunia

Jenis ikan lele – Lele atau catfish adalah jenis ikan air tawar yang cukup populer di Indonesia. Ciri khas lele yang paling mudah dikenali adalah tubuhnya yang tidak bersisik dan memiliki sungut panjang di sekitar mulut. Populasinya memang menyebar di seluruh dunia, tapi ada beberapa jenis ikan lele dari perairan Indonesia.

Tak hanya lele lokal, jenis lele yang berhabitat asli di luar negeri juga banyak yang diimpor ke Indonesia, baik untuk konsumsi maupun untuk dipelihara sebagai ikan hias. Namun karena perbedaan iklim dan cuaca, para peternak biasanya melakukan perbaikan genetik dengan cara kawin silang sehingga menghasilkan lele jenis baru.

Jenis Ikan Lele yang Berasal dari Indonesia

https://3.bp.blogspot.com

Salah satu habitat asli ikan lele adalah sungai-sungai yang ada di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh ikan lele yang cukup populer:

jenis Ikan Lele Jawa

https://3.bp.blogspot.com

Lele jawa juga biasa disebut sebagai lele lokal atau lele kampung. Tubuhnya licin dan tidak bersisik, memiliki kepala pipih dan biasanya berwarna hitam. Ikan ini sering disebut sebagai walking catfish. Disebut demikian karena ikan ini memang memiliki kemampuan ‘berjalan’ di daratan saat mencari tempat berair.

Lele jawa termasuk dalam jenis Clarias batrachus dan merupakan lele asli dari Indonesia. Tapi selain Indonesia, lele ini juga mudah ditemukan di beberapa negara Asia lainnya seperti India, Myanmar, Thailand, dan juga Malaysia.

Glass Tail Catfish

https://aquaticmag.com

Glass tail catfish atau Bagrichthys macropterus juga merupakan lele asli dari negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Thailand. Ikan lele ini biasanya hidup di sungai-sungai besar dan berlumpur. Lele ini memiliki warna tubuh yang gelap, tapi seperti namanya, glass tail catfish memiliki sirip dan ekor yang tampak bening.

Asian Banjo Catfish

https://i.pinimg.com

Asian banjo catfish yang memiliki nama ilmiah Acrochordonichthys rugosus merupakan jenis ikan lele yang bisa ditemukan di sungai-sungai di Jawa. Ciri fisiknya adalah memiliki kulit yang kasar dengan tonjolan memanjang yang mirip batang kaktus (tuberkel). Biasanya lele jenis ini berwarna cokelat gelap dengan bercak tak teratur di tubuhnya.

Chocolate Frogmouth Catfish

https://www.ruinemans.com

Ikan ini sangat mudah dikenali karena memiliki kepala yang lebih besar dari tubuhnya. Hampir sama seperti asian banjo catfish, kulit lele ini juga cenderung kasar dan memiliki tonjolan panjang seperti tuberkel. Lele ini biasanya berwarna cokelat, tapi ada pula yang berwarna oranye kecokelatan.

Crystal Eyed Catfish

http://2.bp.blogspot.com

Di Indonesia, lele ini sering disebut dengan nama baung jaksa dan termasuk dalam ikan predator. Lele bernama ilmiah Hemibagrus wyckii tersebut biasanya berwarna hitam dengan sedikit corak putih.

Panjang tubuh ikan lele ini bisa mencapai 80 cm dan dapat ditemukan di perairan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Lele Sangkuriang

https://1.bp.blogspot.com

Lele sangkuriang dihasilkan dari perkawinan silang antara lele dumbo (Clarias gariepinus) generasi kedua (F2) yang berasal dari Afrika dengan lele lokal generasi keenam (F6).

Hal ini dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi demi mendapatkan jenis lele yang lebih unggul dari lele dumbo biasa.

Lele Phyton

http://4.bp.blogspot.com

Hampir sama seperti lele sangkuriang, lele phyton juga hasil dari perkawinan silang antara lele dumbo Thailand dengan dumbo lokal. Dinamakan lele phyton karena bentuk kepalanya yang besar dan memang mirip seperti ular phyton.

Sebelum adanya lele phyton, awalnya banyak peternak lele di Pandeglang yang mengeluh karena lele mereka selalu mati. Setelah diteliti, ternyata lele-lele tersebut tidak tahan dengan cuaca dingin.

Dari sinilah para peternak mencoba melakukan perbaikan genetik. Caranya adalah  dengan menyilangkan lele betina asal Thailand dengan lele dumbo jantan generasi keenam (F6).

Hasilnya, muncul lele phyton yang tergolong sebagai jenis lele varietas unggul, bahkan dianggap lebih baik dibandingkan lele dumbo dan lele sangkuriang. Selain karena tahan terhadap cuaca dingin, budidaya ikan lele jenis ini juga tergolong sangat mudah.

Di Indonesia memang banyak peternak yang melakukan budidaya sekaligus kawin silang antar jenis lele. Tak hanya lele sangkuriang dan lele phyton, beberapa jenis lele hasil kawin silang lainnya adalah lele masamo dan lele mutiara.

Jenis Ikan Lele dari Seluruh Dunia

Jenis lele atau catfish memang sangat beragam dan memiliki keunikannya masing-masing. Beda habitat, beda pula ciri khas yang dimiliki seekor lele. Berikut ini adalah beberapa contoh ikan lele yang berasal dari perairan di seluruh dunia.

Red Tail Catfish

https://www.fishtanksetups.com

Lele ini memiliki nama ilmiah Phractocephalus hemioliopterus dan sering disebut sebagai Red Tail Catfish (RTC). RTC termasuk ikan predator yang berasal dari perairan Amazon di Amerika Selatan.

Seperti namanya, RTC memiliki ciri khas ekor yang berwarna merah. Karena keunikannya inilah RTC sering diperdagangkan sebagai ikan hias air tawar.

Sharptooth Catfish

http://fisheagle.homestead.com

Anda pasti sudah tak asing dengan nama lele dumbo. Dumbo sebenarnya adalah varietas baru hasil persilangan antara lele sharptooth catfish (Clarias gariepinus) jantan asal Afrika dengan lele betina spesies Clarias fuscus yang berasal dari Taiwan.

Lele dumbo sendiri sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 80-an. Budidaya ikan lele dumbo juga terus menjamur karena permintaan pasar yang terus meningkat. Sebagai ikan konsumsi, dumbo lebih disukai daripada lele lokal karena ukuran tubuhnya yang lebih besar.

Leopard Catfish

http://www.theonlinezoo.com

Lele ini sangat mudah dikenali lewat tubuhnya yang memiliki corak seperti macan tutul. Ukuran tubuhnya tidak terlalu besar dengan panjang sekitar 13 cm. Ikan yang juga dijuluki sebagai cuckoo catfish ini berasal dari Afrika dan berhabitat asli di Danau Tanganyika.

Tiger Shovelnose Catfish

https://i.ytimg.com

Inilah jenis ikan lele yang berasal dari Suriname, Amerika Selatan, tapi juga sering ditemukan di  perairan Amazon, Guyana, dan Sungai Orinoko. Ciri fisik yang paling mudah dikenali adalah tubuhnya yang bercorak belang layaknya harimau. Lele ini bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai 1 meter.

Black Driftwood Catfish

https://www.monsterfishkeepers.com

Ikan dengan nama ilmiah Trachycorystes trachycorystes  ini termasuk jenis ikan pemakan segala. Biasanya memiliki warna tubuh hitam atau abu-abu gelap dan berhabitat asli di Brazil, tepatnya di Sungai Amazon.

Electric Catfish

https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net

Dinamakan electric catfish karena ikan ini memang bisa menghasilkan listrik hingga 450 volt. Kemampuannya tersebut biasanya digunakan untuk melindungi diri sekaligus untuk menangkap mangsa. Lele listrik berhabitat asli di perairan Afrika dan memiliki panjang tubuh sekitar 1 meter.

Giant Mekong Catfish

https://i.ytimg.com

Ikan ini berasal dari Sungai Mekong dan memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Giant mekong catfish atau Pangasianodon gigas ini bisa tumbuh hingga sepanjang 3 meter dengan berat puluhan kilogram. Sayangnya, jumlah ikan ini di habitat aslinya terus menurun dan termasuk salah satu jenis ikan yang terancam punah.

Itulah beberapa jenis ikan lele yang dapat ditemukan di tanah air maupun seluruh dunia. Lele memang termasuk jenis ikan yang sangat unik, terutama karena bentuk, warna, hingga ukurannya yang begitu beragam. Tak heran bila ikan ini tak hanya dijadikan sebagai bahan pangan, tapi juga dipelihara sebagai koleksi.

 

Tinggalkan komentar