Berbagai Jenis Ikan Louhan dan Fakta Menarik Tentangnya

Jenis ikan louhan – Bila berbicara tentang ikan hias air tawar, Anda tentu sudah tak asing dengan ikan louhan. Ada banyak jenis ikan louhan yang cukup populer dan memiliki keistimewaan masing-masing. Ciri khas louhan yang paling mudah dikenali adalah adanya benjolan di kepala sehingga ikan ini terlihat seperti jenong.

Tak hanya bagian kepala, louhan juga punya keunikan lain berupa warna-warna yang sangat cantik. Selain itu, tubuhnya juga memiliki corak yang tidak dimiliki oleh jenis ikan lainnya. Karena keindahan fisiknya tersebut louhan pun tergolong ikan hias yang harganya sangat mahal.

5 Fakta Menarik Tentang Jenis Ikan Louhan

jenis ikan louhan
https://i.ytimg.com

Setiap ikan pasti memiliki keistimewaan yang berbeda-beda, begitu pula dengan louhan yang punya karakteristik unik dibandingkan dengan jenis ikan hias yang lain. Jadi sebelum mengenal lebih jauh tentang jenis-jenisnya, ketahui dulu beberapa fakta menarik ikan louhan seperti berikut ini:

1. Louhan adalah Ikan Hibrida

Louhan adalah ikan yang dihasilkan dari persilangan beberapa jenis ikan yang berbeda. Di tahun 1994, ikan trimac cichlids (Cichlasoma trimaculatum), red devil cichlids (Amphilophus labiatus), serta ikan blood parrot cichlid yang merupakan ikan hibrida diketahui telah diimpor ke Malaysia.

Ikan-ikan itulah yang kemudian dipercaya sebagai nenek moyang ikan louhan. Sejak tahun 90-an, persilangan terus dilakukan hingga menghasilkan berbagai jenis ikan louhan yang sudah populer saat ini.

2. Sering Dianggap Pembawa Hoki

Bagi orang Asia, khususnya Taiwan, ikan louhan sering dianggap sebagai ikan pembawa keberuntungan dalam hal feng shui. Louhan diyakini bisa menarik energi positif dan menghilangkan energi negatif dari rumah orang yang memeliharanya. Ikan ini juga dipercaya bisa mendatangkan kesehatan serta kesejahteraan.

3. Warna dan Corak Tubuh yang Berubah

Selain kepalanya yang nong-nong, keunikan lain dari ikan louhan adalah warna dan corak tubuhnya yang terlihat cantik. Tapi tahukah Anda bahwa warna dan corak tersebut bisa berubah?

Perubahan warna dan corak tubuh ikan louhan akan terus terjadi seiring bertambahnya usia ikan tersebut. Barulah ketika louhan sudah benar-benar dewasa, perubahan itu akan berhenti dan menghasilkan warna dan corak yang lebih permanen.

Jadi bila Anda berniat memelihara ikan louhan dan menginginkan warna atau corak tertentu, sebaiknya jangan membeli louhan yang masih kecil karena penampilannya bisa berubah-ubah. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa louhan kecil cenderung jauh lebih murah ketimbang louhan dewasa.

4. Sangat Agresif

Ikan louhan termasuk jenis ikan teritorial dan sangat agresif. Ikan ini bahkan cenderung galak dan menyerang ikan lain yang ada di dekatnya.

Itulah alasan kenapa ikan louhan tidak cocok ditempatkan bersama ikan-ikan lain di dalam satu akuarium yang sama. Lain halnya jika akuarium tersebut berukuran sangat besar dan memiliki volume air hingga ratusan liter.

5. Cara Perawatan yang Mudah

Bagi Anda yang ingin melakukan budidaya ikan louhan atau sekadar memeliharanya, ikan ini termasuk jenis yang mudah dirawat. Louhan adalah ikan yang kuat dan tidak terlalu sensitif dengan kondisi air apapun.

Akan tetapi Anda harus tetap memperhatikan kebersihan air akuarium agar louhan bisa tumbuh dengan baik. Bersihkan akuarium setidaknya dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Untuk urusan makanan, louhan yang tergolong karnivora ini dikenal memiliki nafsu makan yang tinggi. Mereka bisa makan ikan kecil, jangkrik, cacing, udang, atau pelet khusus ikan. Untuk waktunya, makanan bisa diberikan sebanyak 2-3 kali sehari.

Jenis Ikan Louhan yang Sangat Populer di Dunia

Saat ini ada banyak jenis ikan louhan yang lahir dari perkawinan silang. Semuanya memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari bentuk, warna, hingga corak tubuh yang menarik. Berikut ini adalah beberapa jenis louhan yang sudah populer di kalangan para pencinta ikan:

1. Louhan Golden Base

jenis jenis ikan louhan
https://i.ytimg.com

Ikan louhan jenis ini memiliki warna merah kekuningan yang terlihat cantik. Sisiknya dihiasi dengan bintik putih yang terlihat teratur, tetapi ikan ini tidak memiliki bintik hitam seperti yang biasa dimiliki jenis louhan lainnya.

2. Louhan Golden Red

jenis ikan louhan lokal
https://nusabudidaya.com

Ikan ini berasal dari Thailand dan memiliki warna merah yang berpadu dengan warna kuning keemasan. Karena keunikan bentuk dan warnanya yang cantik, louhan golden red dihargai cukup mahal di pasaran. Untuk louhan golden red dewasa, harganya bisa mencapai sekitar 2-3 juta rupiah per ekor.

3. Jenis Ikan Louhan Kamfa

jenis ikan louhan kamfa
https://i.ytimg.com

Ikan ini berasal dari Singapura dan termasuk jenis ikan louhan paling populer di dunia. Louhan kamfa juga sering disebut sebagai louhan golden flower karena warna serta coraknya yang dianggap secantik bunga. Selain itu, tubuhnya juga dipenuhi corak berupa bintik warna putih dan hitam.

4. Jenis Ikan Louhan Cencu

jenis ikan louhan cencu
http://1.bp.blogspot.com

Karateristik louhan cencu yang paling mudah dilihat adalah bintik putih di tubuhnya yang terlihat seperti mutiara, karena itu ikan ini juga sering disebut sebagai louhan mutiara. Bagian kepala louhan cencu biasanya berwarna merah, sedangkan bagian tengah hingga ekor memiliki warna kuning keemasan yang cantik.

5. Louhan Kemalau

jenis ikan louhan terbaik
http://1.bp.blogspot.com

Hampir sama seperti louhan cencu, louhan kemalau juga dipenuhi dengan bintik putih seperti mutiara di sekujur tubuhnya. Louhan kemalau yang tergolong cukup langka ini biasanya berwarna merah cerah, namun warna di bagian ekornya terlihat lebih muda.

6. Louhan Rainbow King

jenis ikan louhan yang bagus
https://i1.wp.com

Sesuai dengan namanya, louhan yang berasal dari Singapura ini memiliki warna yang sangat unik dan mirip dengan pelangi. Karena keunikannya inilah ikan tersebut sering diburu oleh para pencinta louhan, bahkan harganya pun terbilang mahal hingga jutaan rupiah per ekornya.

7. Louhan Super Red Dragon (SRD)

jenis ikan louhan srd
https://i.ytimg.com

Dibandingkan dengan jenis lainnya, louhan SRD memiliki kepala yang lebih jenong, karena itu ikan ini selalu dicari oleh para kolektor louhan. Selain kepalanya yang menonjol, SRD punya paduan warna unik antara merah dan kuning. Tubuhnya juga dihiasi corak bintik warna hitam yang terlihat jelas di sepanjang tubuh.

8. Louhan Super Red Texas (SRT)

jenis2 ikan louhan
https://i.ytimg.com

Walau diberi nama texas, namun ikan ini aslinya berasal dari Thailand. Louhan SRT dihasilkan dari kawin silang antara louhan texas chiclid dan golden red. Ikan ini tergolong mahal karena memiliki warna merah cerah yang cantik. Selain itu tubuhnya memiliki corak bintik putih yang menghiasi bagian kepala hingga ekor.

9. Louhan Super Red Monkey

jenis ikan louhan yang bagus
http://2.bp.blogspot.com

Louhan ini juga dikenal dengan nama red shock atau super red shock (SRS). Ciri khas ikan ini adalah tubuhnya berwarna merah atau oranye, tidak ada corak berupa bintik hitam atau putih seperti jenis louhan lainnya. Walau terkesan polos, louhan red monkey memiliki harga yang sangat mahal, terutama bila tonjolan di kepalanya semakin besar.

10. Louhan Storm

jenis ikan louhan yg bagus
https://elfianpermana010.files.wordpress.com

Tidak seperti kebanyakan louhan, ikan hasil budidaya orang Thailand ini masih kurang begitu populer di Indonesia. Meski demikian louhan storm memiliki ciri khas yang sangat unik, yaitu memiliki paduan warna antara merah, biru, dan warna perak.

Itulah 10 jenis ikan louhan yang ada di seluruh dunia. Bila Anda termasuk pencinta ikan, tak ada salahnya untuk ikut memelihara ikan yang satu ini. Syaratnya, Anda benar-benar paham tentang karakteristik louhan dan tahu betul tentang cara perawatannya.

Tinggalkan komentar