Mengenal Jenis Ikan Mas Koki di Indonesia dan Dunia Beserta Ciri-cirinya

Jenis ikan mas koki – Bagi Anda yang masih awam tentang ikan mas koki, mungkin akan mengira hanya ada satu jenis ikan mas koki. Padahal, terdapat banyak jenis ikan mas koki yang dapat ditemukan di Indonesia dan belahan dunia lain.

Jenis ikan mas koki berasal dari ikan koki yang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar dari famili Cyprinidae dan ordo Cypriniformes. Hasil dari domestikasi dan budidaya ikan ini adalah varietas Carassius auratus auratus yang bermutasi menjadi bulat dengan ekor ganda dan disebut sebagai ikan mas koki.

Jenis Ikan Mas Koki Terpopuler di Dunia

Setidaknya ada 15 jenis ikan mas koki yang populer di Indonesia dan dunia, yaitu:

1. Jenis Ikan Mas Koki Ranchu

jenis ikan mas koki
https://i0.wp.com

Ikan mas koki Ranchu dianggap sebagai raja ikan mas di Jepang karena tidak mempunyai sirip punggung. Hal ini menjadikannya berbeda dengan jenis ikan mas koki yang lain. Asal usul ikan mas koki Ranchu berasal dari perkawinan silang antara ikan mas koki Lionhead yang berbeda jenis.

Ada banyak pilihan warna untuk jenis ikan ini antara lain: merah-putih, hitam-putih, hitam-merah, putih, merah, oranye, kepala merah, hitam, dan kuning pucat. Ikan mas koki Ranchu termasuk langka dan paling diburu oleh para kolektor.

2. Jenis Ikan Mas Koki Bubble Eye/Suihogan Goldfish

jenis jenis ikan mas koki
http://4.bp.blogspot.com

Ikan mas koki Bubble Eye atau Mata Gelembung memiliki ciri khas mata mengarah ke atas dengan kantung berisi cairan menggelembung di bawahnya. Berasal dari Tiongkok, ikan ini unik karena bentuk matanya yang seperti balon dan tidak memiliki sirip punggung.

Dengan perawatan yang baik, ikan ini dapat membesar hingga ukuran tubuhnya mencapai 6-8 inci. Karena gelembung matanya dikhawatirkan mudah pecah, Anda harus berhati-hati dalam merawatnya.

3. Jenis Ikan Mas Koki Oranda

jenis ikan mas koki dan harga
https://ferboesrichardson.files.wordpress.com

Ikan mas koki Oranda mempunyai ciri khas tudung kepala menonjol yang memenuhi seluruh bagian kepala kecuali pada mata dan mulut. Selain itu, ikan mas koki Oranda juga dikenali dari bentuk badannya yang besar dengan empat ekor panjang yang dimilikinya.

Ikan mas koki Oranda tergolong jenis ikan mas koki yang paling populer dan paling mahal dibandingkan jenis yang lain. Harga ikan mas koki Oranda diperkirakan berkisar antara 500 ribu hingga 5 juta rupiah.

4. Jenis Ikan Mas Koki Ryukin

jenis ikan mas koki termahal
https://www.hewan.id

Ikan mas koki Ryukin dapat dikenali dari bentuk tubuhnya yang bungkuk dan pendek, memiliki moncong lancip, sirip punggung tegak, dua buah sirip dada, dua sirip anus, dan ekor kembar yang menyerupai bunga. Panjang ekornya dapat melebihi tubuhnya dan tampak mekar.

Terdapat berbagai pilihan warna seperti marun, merah putih, belacu, dan metalik. Jika dirawat dengan baik, ikan mas koki yang dikenal sebagai Ribbontail atauVeiltail ini mampu tumbuh hingga sepanjang 10 inci.

5. Ikan Mas Koki Black Moor

jenis ikan mas koki dan harganya
https://1.bp.blogspot.com

Ikan mas koki Black Moor dikenal juga sebagai Teleskop, Popeye, dan Kuro Demekin di Jepang. Sementara di Tiongkok ikan ini disebut sebagai ikan mas koki Mata Naga.

Jenis ikan mas koki ini memiliki ciri-ciri berwarna hitam dengan sedikit kuning keemasan dan matanya besar dan menonjol keluar. Panjang tubuhnya antara 4-8 inci dan dapat bertahan hingga usia 15 tahun dengan perawatan standar.

6. Ikan Mas Koki Calico

jenis jenis ikan mas koki dan harganya
http://www.fishtanksandponds.co.uk

Ikan Mas Koki Calico atau Nacreous memiliki daya tarik berupa warna sisik yang transparan dengan campuran metalik yang berkilau.Corak warnanya juga bervariasi seperti bercak-bercak merah, abu-abu, kuning, dan hitam dengan bercak biru dan hitam pada tubuhnya.Panjang tubuh ikan ini dapat mencapai 12 inci jika dipelihara dengan baik.

7. Jenis Ikan Mas Koki Komet

jenis ikan mas koki kontes
https://c1.staticflickr.com

Ikan mas koki Komet adalah jenis yang paling banyak ditemukan di pasar atau toko ikan hias. Budidaya ikan mas koki yang berasal dari Amerika Serikat ini terbilang mudah, sehingga populasinya tersebar luas.

Ciri khas ikan mas koki ini dapat dikenali dari ukurannya kecil dengan ekor panjang dan bercabang. Jika dirawat dengan baik, usianya dapat mencapai 10 sampai 15 tahun dengan panjang tubuh hingga 12 inci.

8. Ikan Mas Koki Butterfly Tail

jenis ikan mas koki terbaik
https://i0.wp.com

Ikan mas koki Butterfly Tail termasuk jenis ikan mas koki yang langka. Ikan yang berasal dari Jepang ini mampu memikat pandangan dengan ekornya yang menyerupai kupu-kupu. Bukan hanya itu, tampilan warna merah pada sirip, insang, dan moncongnya pun terlihat menarik. Di negara asalnya, Butterfly Tail yang juga dikenal sebagai Rokuri, bisa tumbuh hingga 9 inci.

9. Ikan Mas Koki Telescope Eye

jenis ikan mas koki yang bagus
https://desktophdwallpaper.org

Ikan mas koki Mata Teleskop mempunyai mata yang besar dan menonjol keluar setelah usianya lebih dari 3 bulan. Variasi warna ikan ini bermacam-macam seperti: merah-putih, hitam-putih, biru, cokelat, lavender, cokelat-biru, dan hitam. Penglihatan jenis ikan mas koki ini agak terganggu, sehingga pergerakannya tidak lincah.

10. Jenis Ikan Mas Koki Mutiara

jenis ikan mas koki mutiara
https://i.ytimg.com

Ikan mas koki Mutiara atau Chinshurin dalam bahasa Jepang, berbentuk bulat dengan sisik-sisik yang timbul seperti mutiara, sedangkan siripnya seperti ikan koki Ekor Kipas. Perawatan dan budidaya ikan mas koki Mutiara ini tidak sulit. Makanannya pun mudah didapat, yaitu: pelet dan cacing sutra.

11. Ikan Mas Koki Fantail

jenis-jenis ikan mas koki lengkap
https://images.fineartamerica.com

Ikan mas koki Fantail adalah jenis ikan mas koki yang berbentuk bulat telur dengan sirip punggung yang tegak. Ukuran ekor ikan ini lebih panjang dari tubuhnya dan menjuntai ke bawah serta tidak memiliki bonggol bahu.

12. Ikan Mas Koki Choten Gan

Jenis Ikan Mas Koki Choten Gan
http://www.fishtanksandponds.co.uk

Ikan mas koki Choten Gan atau Celestial Eye mempunyai mata yang unik karena menghadap ke atas. Mungkin sebab itu, ikan ini juga disebut Mata Langit. Selain matanya, ciri khas yang lain adalah bentuk tubuh yang seperti torpedo dan tidak mempunyai sirip punggung. Diyakini ikan ini berasal dari Tiongkok dan Korea.

13. Ikan Mas Koki Lionhead

Jenis Ikan Mas Koki Lionhead
https://4.bp.blogspot.com

Jenis ikan mas koki ini adalah yang paling terkenal di Jepang. Ciri khas ikan mas koki Lionhead adalah benjolan pada seluruh bagian kepala seperti rambut singa. Tubuhnya pendek dan tidak mempunyai sirip pada punggungnya.

Bagian punggung ikan ini terlihat cembung dengan ekor yang melengkung. Sirip dada dan sirip perutnya berukuran kecil, sedangkan bagian ekor pendek dan mekar seperti telapak tangan.

14. Ikan Mas Koki Hanafusa

Jenis Ikan Mas Koki Hanafusa
https://cdn.shopify.com

Ikan mas koki Hanafusa atau ikan mas koki Pompom mempunyai daging tumbuh di pada kedua sisi kepalanya. Daging tumbuh ini dapat membesar hingga melewati bagian bawah rahangnya.

15. Jenis Ikan Mas Koki Panda Moor

Jenis Ikan Mas Koki Panda Moor
https://4.bp.blogspot.com

Ikan mas koki Panda Moor hampir serupa dengan jenis ikan mas koki Black Moor, yang berbeda hanya pola warnanya. Ikan ini mempunyai warna dengan paduan hitam dan putih seperti panda.

Beberapa dari jenis ikan mas koki di atas merupakan hasil budidaya dengan domestikasi. Budidaya ikan mas koki melalui domestikasi atau penjinakan dilakukan dengan pemeliharaan ikan di kolam. Hal ini bertujuan agar produksinya meningkat.

Setelah mengetahui bermacam jenis ikan mas koki, Anda pun dapat memilih mana yang akan melengkapi koleksi ikan hias pribadi atau untuk dibudidayakan. Apa pun jenisnya, Anda harus mengetahui dulu tata cara pemeliharannya.

Tinggalkan komentar