Inilah Jenis-Jenis Kenari Terpopuler di Indonesia

Jenis-jenis kenari – Burung kenari termasuk jenis burung kicau yang banyak dicari. Tidak hanya di Indonesia, kenari juga memukau para kicau mania di seluruh dunia. Tak heran banya yang menyukai burung ini. Selain penampilannya yang memesona, jenis-jenis kenari pun beragam. Sungguh mengundang untuk mengoleksi semuanya.

Kenari sendiri sebenarnya bukan burung lokal. Ia berasal dari Kepulauan Canary, yang terletak di Samudera Atlantik, tepatnya ke arah timur laut dari Afrika. Jadi, nama Kenari diambil dari pulau asalnya tersebut. Kebetulan saja nama tersebut serupa dengan buah kenari di Indonesia, tapi tak ada hubungannya.

jenis kenari
https://i1.wp.com

Kenari terkenal dengan suara siulannya yang merdu dan mengalun. Siulan kenari juga memiliki banyak variasi. Namun yang paling menarik, burung yang memiliki siulan keras ini mampu bersiul sepanjang 30 detik dalam satu tarikan nafas. Hebat, bukan?

Burung kenari umumnya memiliki ukuran tubuh yang kecil. Panjangnya hanya berkisar antara 11 hingga 15 sentimeter saja. Dengan ukuran tersebut, Anda tidak memerlukan sangkar yang besar untuk memeliharanya.

Burung pemakan biji-bijian ini termasuk burung kicau yang mudah dirawat. Ditambah lagi, kenari mudah dimaster dengan suara burung lain, karena ia adalah peniru suara yang pandai. Kenari juga mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya, sehingga ia tidak mudah stres.

Karakter lain kenari yang membuatnya memiliki banyak penggemar adalah mudah dijinakkan serta gampang dikembangbiakkan. Selain dikawinkan dengan burung kenari lain, banyak juga dilakukan rekayasa genetika dengan melakukan perkawinan silang dengan varietas lain. Jenis-jenis kenariyang banyak dan beragam di pasaran adalah hasil dari kawin silang ini.

Ciri dan Harga Kenari Terpopuler di Indonesia Berdasarkan Jenisnya

Lalu apa sajakah jenis-jenis Kenari tersebut? Setidaknya ada 21 jenis Kenari yang ada di pasar dunia. Namun, artikel ini hanya akan mengulas kenari yang populer di Indonesia saja. Berikut di antaranya:

1. Kenari Yorkshire

Kenari yorkshire disebut sebagai kenari nomor satu yang paling banyak dicari di Indonesia. Predikat tersebut memang layak disandang jenis kenari ini. Sulit untuk tidak terpesona pada tubuh gagah dan suaranya yang keras.

Kenari Yorkshire
Kenari Yorkshire : http://1.bp.blogspot.com

Sesuai namanya, ia disinyalir berasal dari daratan Inggris tepatnya kota Yorkshire. Namun, sebenarnya kenari yorkshire adalah hasil persilangan antara kenari lancashire dan kenari belgia. Di pasaran, ia juga terkenal dengan nama kenari YS.

Ciri kenari YS adalah postur tubuhnya besar, gagah, dan memiliki dada bidang. Bila diperhatikan dengan saksama, bentuk tubuhnya seperti wortel terbalik. Ia juga memiliki mata yang sangat tajam dan kaki yang panjang.

Kenari YS juga dikenal memiliki bulu yang cantik. Bulunya sangat rapat dan nampak mengkilat. Namun hal yang paling menarik kicau mania dari kenari ini adalah, kicauannya. Kenari YS memiliki kicauan yang paling keras di antara jenis kenari lain. Kenari YS juga termasuk burung yang aktif bergerak dan tergolong agresif.

Harga Kenari ini dibanderol mulai dari 3 juta rupiah di pasar tanah air. Harganya akan bertambah bahkan berlipat jika si kenari pernah mengikuti lomba kicau dan mendapatkan gelar kejuaraan.

2. Kenari Roller

Jika kenari yorkshire terkenal karena postur tubuhnya, maka kenari roller lebih dikenal karena suara kicauannya yang khas. Para kicau mania menyebut kicauan kenari ini dengan istilah ngerol. Kicauan ini disebut-sebut sebagai yang terbaik di antara semua jenis kenari.

Kenari Roller
Kenari Roller : http://2.bp.blogspot.com

Saat kenari roller berkicau, Anda akan melihat bagian dagunya menggembung. Kenari roller juga tidak perlu membuka mulutnya saat berkicau. Ini yang membuatnya menjadi salah satu burung penyanyi yang andal.

Ukuran tubuh kenari roller juga cukup mungil. Panjang tubuhnya hanya 7,5 sentimeter. Mayoritas kenari ini memiliki warna bulu kuning dan hijau dengan garis-garis pada punggungnya. Kenari Roller aslinya berasal dari Jerman dan dewasa ini banyak dikembangbiakkan di tanah air. Ia dibanderol dengan harga mulai dari Rp750.000,00.

3. Kenari Waterslager

Kenari asal Belgia ini juga memiliki suara kicauan yang merdu dan khas. Seperti namanya, ia mampu mengeluarkan suara berkicau menyerupai suara tetesan air. Bahkan tidak hanya itu, suaranya juga bisa menyerupai suara seruling dan bunyi bel berdenting. Namun, suara tersebut tidak senyaring kicauan kenari yang lain.

Kenari Waterslager
Kenari Waterslager : http://4.bp.blogspot.com

ukuran tubuh kenari waterslager adalah sepanjang 17 sentimeter. Ciri khas pada fisiknya adalah pada kepalanya yang berbentuk mengerucut dengan paruh tebal. Matanya hitam mengilap menambah pesona burung ini. Warna bulu lembutnya adalah dominan kuning.

Kekhasan lain adalah bulu pada bagian belakang tubuh yang akan berdiri jika si waterslager sedang dalam mood yang bagus alias bahagia. Kenari ini dibanderol mulai dari Rp850.000,00 di pasaran tanah air.

4. Kenari Border

Konon kenari border berasal dari perbatasan Inggris dan Skotlandia. Dibandingkan dengan jenis yang lain, bentuk tubuh kenari border terbilang unik. Kenari ini bertubuh bulat dengan bulu-bulu lembut.

Kenari Border
Kenari Border : http://hargaburung.id

Ukuran tubuhnya sekitar 14 sentimeter. Perilakunya tergolong kalem, pendiam, dan cenderung pemalu. Namun, bunyi siulannya tak kalah dengan burung kicau yang lain. Kicauannya juga khas karena memiliki pola bergelombang.

Di tanah air, burung yang dijadikan contoh untuk ikon tokoh kartun Tweety ini dibanderol mulai dari Rp900.000,00. Ada satu tips khusus untuk perawatannya sehari-hari. Karena sifatnya yang pemalu, agar dia tidak stres, sebaiknya jangan didekatkan dengan jenis burung lovebird atau parkit.

5. Kenari Melayu

Ini dia jenis kenari lokal, asli dari Indonesia. Kenari melayu sering juga disebut dengan kenari gunung. Ia banyak terdapat di pulau Jawa terutama di daerah pegunungan. Gunung Gede, Pangrango, Lawu, dan Tengger adalah habitat terbanyak kenari ini. Karenanya, ia banyak pula disebut dengan Java Greenfinch.

Kenari Melayu
Kenari Melayu : http://www.singing-wings-aviary.com

Kicauannya cenderung berdurasi pendek dengan suara bergemerincing. Kicauan tersebut berbunyi nyaring terutama saat ia terbang. Ukuran tubuhnya juga terbilang kecil, hanya sepanjang 11 sentimeter.

Warna bulu kenari melayu adalah perpaduan warna kuning dan abu-abu. Sama seperti kenari jenis border, sifatnya juga pemalu. Karenanya ia lebih suka hidup sendirian ketimbang bersama kelompoknya. Di tanah air, harga kenari melayu mulai dari Rp450.000,00.

6. Kenari Gloster

Inilah satu-satunya kenari yang berasal dari mancanegara. Kenari gloster berasal dari Inggris. Ia memiliki ciri fisik yang sangat khas sehingga mudah dikenali, yaitu adanya jambul yang menyerupai topi di atas kepala hingga menutupi matanya.

Kenari Gloster
Kenari Gloster ; https://i.ytimg.com

Ukuran tubuh Kenari ini juga tergolong kecil. Panjangnya hanya sekitar 11,5 sentimeter. Warna bulu pada badannya adalah kuning kehijauan dengan ekor berwarna putih kehijauan. Bentuk tubuhnya juga khas, yaitu buncit dan pendek.

Burung yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp500.000,00 ini berkarakter lincah, aktif, dan gampang dibudidayakan. Namun Anda perlu berhati-hati saat merawatnya, karena ia termasuk burung yang mudah stres.

7. Kenari Spanish Timbrado

Sesuai namanya, kenari ini berasal dari Spanyol. Ia merupakan jenis kenari yang berdarah murni, bukan hasil perkawinan silang dengan varietas burung yang lain. Ciri khas dari spanish timbrado adalah bersuara nyaring, jernih, dan mampu berkicau dengan 12 nada yang berbeda. Di pasaran harganya dibanderol mulai dari Rp900.000,00.

Kenari Spanish Timbrado
Kenari Spanish Timbrado : http://www.hoobly.com

Hampir mirip dengan kenari yorkshire, spanish timbrado juga memiliki postur tubuh tegap dan kuat. Ciri lain adalah ia memiliki ekor berbentuk huruf ‘V’. Jika yorkshire memiliki bulu yang berwarna-warni, spanish timbrado lebih didominasi warna gelap, yaitu abu-abu dan hitam.

Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis kenari yang paling banyak dicari oleh kicau mania Indonesia. Anda paling suka yang mana? Setelah memiliki salah satu dari mereka, jangan lupa untuk merawatnya dengan telaten, ya!

Tinggalkan komentar