5 Jenis Kucing Anggora Terpopuler di Dunia

Jenis kucing Anggora – Berbulu halus dan panjang, Anggora menjadi salah satu jenis kucing ras yang paling banyak dipelihara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain karena kecantikan tampilannya, jenis kucing Anggora dikenal mempunyai banyak penggemar.

Padahal selayaknya kucing ras, harga kucing Anggora bisa menyentuh angka jutaan. Nominal ini belum termasuk biaya perawatan bulanan dan kebutuhan aksesoris pemeliharaan kucing Anggora yang juga terbilang mahal.

jenis kucing Anggora
https://1.bp.blogspot.com

Akan tetapi bagi para pencinta kucing ras, faktor biaya bukanlah halangan untuk meminang kucing Anggora kesayangan. Ada beberapa jenis kucing Anggora yang populer dan paling banyak di cari, tidak hanya di tanah air, tapi juga di berbagai belahan dunia.

Namun, sebelum membahas mengenai jenis-jenis kucing Anggora, kami akan sedikit mengulas sejarah berikut ciri-ciri dari kucing Anggora asli. Selamat menyimak.

Sejarah Jenis Kucing Anggora

Jenis kucing Anggora disebut sebagai ras kucing tertua. Hal ini disebabkan Anggora pertama diketahui berasal dari abad ke-15 di salah satu kota di Turki, bernama Ankara. Nama kota inilah yang menjadi asal mula penyebutan ‘Anggora’. Alih-alih populer dengan nama Ankara, justru lebih banyak orang mengenal sebutan Anggora atau Turkish Angora.

Ada hal yang menarik terkait sejarah kucing ras yang satu ini. Pasalnya, sejarah mencatat bahwa kucing yang dipelihara Nabi Muhammad saw. pun berasal dari jenis kucing Anggora. Kucing bermata biru yang dipelihara oleh Nabi itu dikenal dengan nama Muezza.

Sejarah Kucing Anggora
https://i.redd.it

Ciri Fisik dari Jenis Kucing Anggora

Berbeda dengan kucing domestik atau yang kerap disebut sebagai ‘kucing kampung’, jenis kucing Anggora punya ciri-ciri yang khas. Berikut ini adalah ciri fisik dari kucing Anggora asli.

1. Bentuk dan Warna Mata

Kucing Anggora murni diketahui mempunyai mata yang berwarna biru dengan bentuk menyerupai almond. Meski begitu, ada pula kucing Anggora peranakan yang mempunyai mata berwarna kuning. Bahkan ada pula yang memiliki warna mata yang berbeda satu dengan yang lain. Di mana satu mata berwarna biru dan yang lain berwarna kuning.

2. Kepala

Sebenarnya bentuk kepala kucing Anggora bisa dikatakan sangat mirip dengan kepala kucing domestik lain. Serupa dengan kucing kampung, bentuk kepala jenis kucing Anggora adalah segitiga terbalik di mana bagian puncak kepala lebih lebar kemudian mengecil hingga ke dagu. Bulu-bulu di bagian kepalanya pun tidak terlalu panjang, meski tetap lebat.

3. Bentuk Hidung

Bila jenis kucing Persia dikenal karena hidungnya yang pesek, tidak demikian dengan jenis kucing Anggora. Justru kucing ras ini dikenal memiliki bentuk hidung yang mancung. Bentuk hidung ini mendukung tampilan wajah yang cenderung lonjong, sehingga wajah kucing ini terlihat lebih menarik.

4. Bentuk Daun Telinga

Bagian tubuh yang satu ini juga sering dikatakan menyerupai kucing kampung. Soalnya, ukuran daun telinga kucing Anggora terbilang cukup lebar. Daun telinga kucing ini berbentuk segitiga dengan bagian pangkal yang melebar. Jarak antar kedua daun telinga berdekatan. Bagian telinga ini juga tidak banyak ditutupi bulu.

5. Postur Tubuh

Tubuh kucing Anggora dikenal tegap. Jenis kucing ini berukuran medium dengan tubuh relatif langsing dan bobot sekitar 5 sampai 9 pon di usia dewasa.

Jenis Kucing Anggora Terpopuler di Dunia

Jenis kucing Anggora dibedakan berdasarkan variasi corak warna tubuhnya. Meski ada sangat banyak variasi warna tubuh, akan tetapi ada lima jenis warna yang cenderung mendominasi pasaran dan paling disukai oleh para pencinta Anggora.

1. White Turkish Anggora

White Turkish Anggora
http://dompict.com

Sesuai namanya, kucing Anggora ini mempunyai bulu yang sepenuhnya berwarna putih bersih. Baik bulu di bagian tubuh, kaki, dan kepalanya, semua berwarna putih. White Turkish Anggora termasuk dalam kategori kucing Anggora dengan warna bulu solid atau tunggal.

Meski warna bulu putih adalah yang lazim ditemukan, warna lain seperti hitam dan biru juga bisa Anda temukan. Tentu saja, harga kucing Anggora dengan warna unik seperti biru akan lebih mahal ketimbang warna putih.

2. Tabby Anggora

Tabby Anggora
https://www.askideas.com

Ciri khas dari corak tabby dari Anggora adalah garis-garis berlekuk yang menunjukkan perbedaan warna gelap dan terang yang kontras. Corak garis biasanya akan membingkai area mata dan leher kucing, sedangkan garis memanjang terlihat di bagian dahi serta pipi jenis kucing Anggora ini.

Corak yang terlihat seperti gelang-gelang tampak mengelilingi bagian kaki dari kucing Tabby Anggora. Bahkan corak yang menyerupai gelang ini biasanya muncul sampai ke bagian ekor.

Pada bagian punggung dari Tabby Angora akan terlihat pola serupa kupu-kupu yang membatasi bagian leher dengan tubuh kucing. Lalu di bagian perut Tabby Angora Anda dapat melihat corak yang bentuknya mirip kancing dengan warna yang gelap.

3. Tortoiseshell Turkish Anggora

Tortoiseshell Turkish Anggora
http://www.breeds.traditionalcats.com

Corak pada jenis kucing Anggora ini tampak berupa pola warna yang bercampur antara hitam, krem, putih, dan merah atau jingga. Biasanya, corak acak ini tampak jelas di bagian wajah dan punggung kucing, sedangkan pada bagian kaki dan perutnya berwarna putih atau krem.

Namun, ada pula yang tubuhnya dipenuhi corak dengan hanya sedikit percikan warna putih. Berbeda dengan jenis White Turkish Angora, warna mata kucing jenis tortoiseshell ini umumnya hijau atau kuning.

Pola ini cukup disukai karena meski warna bulu terlihat saling menumpuk dan acak-acakan, penampilan kucing justru jadi unik dan makin cantik. Apalagi bila bagian wajah juga sebagian ditutupi corak warna ini.

4. Calico Anggora

Calico Anggora
https://www.cat-breeds-encyclopedia.com

Meski sama-sama memiliki corak yang dihasilkan dari kombinasi warna hitam, merah (jingga), putih, hingga krem, Calico Angora mempunyai pola yang tidak bertumpuk. Warna-warna pada tubuh Calico Angora terlihat berkelompok, sehingga Anda bisa melihat pemisahan pola warna dengan jelas.

Mirip dengan tortoiseshell, bagian kaki dan perut Calico Angora kebanyakan berwarna putih dan tidak bercorak. Namun, ada pula sebagian kucing jenis ini yang memiliki corak warna atau warna solid pada bagian kaki. Hal tersebut membuat kucing seakan-akan mengenakan kaus kaki.

5. Bicolor Anggora

Bicolor Anggora
https://upload.wikimedia.org

Dari nama jenisnya, Anda mungkin sudah bisa menebak seperti apa corak warna yang dimiliki oleh kucing Anggora yang satu ini. Bicolor merujuk pada kombinasi dua warna saja pada tubuh kucing Anggora.

Kombinasi yang populer adalah hitam-putih, biru-putih, merah (jingga)-putih, dan krem-putih. Uniknya, hampir semua jenis Bicolor Angora memiliki bagian lengan, kaki, dada, dan perut yang berwarna putih.

Kelima jenis kucing Anggora tadi punya keunikan penampilan masing-masing. Setiap corak tentu memiliki penggemarnya tersendiri. Bahkan, tak jarang pencinta kucing Anggora mengawinkan jenis corak berbeda untuk mendapatkan penampilan kucing Anggora yang lebih cantik dan unik.

Mungkin saja kucing Anggora yang Anda kawinkan kemudian menghasilkan keturunan dengan corak yang jauh lebih atraktif. Lihat saja popularitas jenis kucing Anggora yang berhasil menjadi celebgram di media sosial. Jumlahnya sangat banyak.

Namun, apa pun jenis kucing Anggora yang Anda pelihara, kuncinya hanya satu. Pemeliharaan yang optimal, dibarengi dengan perhatian dan kasih sayang. Kucing Anggora Anda pasti akan tumbuh sehat dan bahagia.

Sumber artikel
-https://maniakucing.com/ciri-ciri-kucing-anggora-asli/
-https://www.cat-breeds-info.com/cat-colors-turkish-angora-cats.html
-https://cattime.com/cat-breeds/turkish-angora-cats#/slide/1
-https://www.cat-breeds-info.com/cat-colors-turkish-angora-cats.html

Tinggalkan komentar