8 Jenis Kucing Persia yang Paling Populer di Dunia

Jenis kucing persia – Sudah sejak lama kucing Persia menjadi ras kucing yang paling banyak dipelihara di seluruh dunia. Seiring dengan kepopulerannya, kucing ini pun semakin banyak dikembangbiakkan. Sampai sekarang, ada banyak jenis kucing persia yang merupakan hasil persilangan antar ras.

Ciri-Ciri Jenis Kucing Persia yang Bagus

jenis kucing persia
https://www.hewan.id

Jika Anda pergi ke pet shop atau cattery/breeder, mungkin Anda akan bingung memilih karena semua jenis kucing Persia terlihat lucu dan menarik. Nah, agar tidak salah memilih, Anda perlu tahu cara memilih kucing Persia yang bagus, yaitu yang memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Kepala: besar, lebar, dan bulat, dengan rahang lebar, hidung pesek, dan pipi tembam. Jika dilihat dari samping, dahi, hidung, dan dagu membentuk garis tegak lurus.
  2. Telinga: berukuran kecil, ujungnya bulat dengan dasar melebar, tidak terlalu tinggi dan miring ke depan, dan jarak antara keduanya lebar.
  3. Mata: berbentuk bulat, besar, dan lebar, serta memiliki warna yang berhubungan dengan warna bulunya.
  4. Tubuh: cobby (dada, perut, dan punggung membulat).
  5. Kaki: pendek, berbulu tebal, kuat, lurus, cakarnya besar, rapi, dan bulat.
  6. Ekor: pendek dan lurus, berbulu tebal, proporsional terhadap badan, ujung membulat.
  7. Bulu: baik berbulu panjang maupun pendek, pilihlah kucing yang bulunya tebal, mengilat, dan menutupi seluruh badan. Bulu terdiri dari tujuh variasi warna, yaitu solid, silver and golden, shaded and smoke, tabby, particolor, bicolor, dan Himalayan.
  8. Sifat: mudah disayangi, tenang dan betah duduk atau tidur di satu tempat dalam waktu lama.

8 Jenis Kucing Persia dan Ciri-Cirinya

Setiap jenis kucing Persia memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda. Mulai dari ukuran tubuh, warna, ketebalan, dan panjang bulu, warna dan bentuk bola mata, hingga bentuk hidungnya. Begitu juga dengan kebiasaan dan perilakunya, ada yang sangat tenang, ada juga yang lebih aktif.

1. Kucing Persia Peaknose

Kucing Persia Peaknose
https://www.hewan.id

Bisa dikatakan, kucing Persia Peaknose inilah kucing Persia yang sebenarnya. Kucing inilah yang pertama kali ditemukan di Persia dan kemudian dikembangkan di Amerika dan Inggris. Mungkin, ini juga yang menyebabkan Peaknose menjadi jenis kucing Persia termahal di dunia.

Peaknose pertama kali dikenal sebagai kucing hias di Amerika. Hidungnya yang menjorok ke dalam dan letaknya segaris dengan mata justru menjadi daya tarik karena wajahnya jadi terlihat lucu.

Badan yang montok dan pembawaan yang tenang membuat kucing ini semakin disukai. Namun, Anda harus rajin membersihkan wajahnya setiap hari agar terhindar dari penyakit.

2. Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya
https://www.hewan.id

Ada dua pendapat mengenai sejarah kucing Persia Himalaya. Ada yang mengatakan, kucing Persia jenis ini sudah ada sejak lama. Namun, pendapat lain mengatakan, kucing Persia Himalaya baru dikenal di benua Eropa sekitar tahun 1950 dengan nama Colour Point Persian.

Kucing ini sangat unik dan istimewa dengan ciri tubuhnya besar dan kuat, beratnya bisa mencapai 6 kg. Kepala kucing ini berbentuk bulat dengan hidung pesek, telinga pendek, dan mata besar berwarna biru. Kucing Persia dapat hidup hingga 15 tahun, bahkan bisa lebih dari itu.

Jenis kucing Persia Himalaya dapat dengan mudah dikenali dari warna bulunya. Pada bagian kepala, bulunya berwarana putih kecokelatan dengan bagian telinga berwarna lebih gelap. Bulu yagn melapisi kakinya sangat lebat dan berwarna lebih gelap dibandingkan warna tubuhnya.

3. Kucing Persia Medium

Kucing Persia Medium
https://www.hewan.id

Banyak yang meyakini bahwa kucing Persia Medium merupakan hasil persilangan antara kucing Persia dengan kucing ras lain yang berhidung mancung. Itu sebabnya, kucing Persia Medium ini memiliki hidung yang lebih mancung dibandingkan jenis kucing Persia lainnya.

Kucing Persia Medium terdiri dari dua jenis, yaitu shor thair yang berbulu pendek dan long hair yang berbulu panjang. Kelebihan kucing ini adalah harganya murah, mudah perawatannya, dan memiliki kemampuan beradaptasi yang lebih baik seperti kucing lokal.

4. Kucing Persia Tradisional atau Doll-Face

Kucing Persia Tradisional
https://upload.wikimedia.org

Seperti namanya, kucing Persia jenis ini memang mirip dengan boneka kucing, yaitu wajahnya terlihat datar tanpa ekspresi. Tidak seperti jenis kucing Persia pada umumnya, kucing ini memiliki hidung normal, tidak terlalu pesek. Tingkahnya pun lebih lincah dan suka bermain.

Kalau Peaknose adalah kucing Persia asli, maka Doll-Face ini merupakan keturunan kedua. Artinya, kucing ini merupakan hasil perkawinan antara dua kucing Persia murni. Oleh sebab itu, kucing ini tidak disebut original, melainkan tradisional.

5. Kucing Persia Exotic Shorthair

Kucing Persia Exotic Shorthair
http://milburyexotics.com

Meski lembut dan tenang, kucing Exotic Shorthair lebih aktif, serba ingin tahu, senang bermain, dan mudah berteman dengan kucing lain bahkan anjing. Namun, di sisi lain, kucing ini juga memiliki sifat manja, tidak mau ditinggal sendiri, dan loyal kepada pemiliknya.

Ciri khusus kucing ini adalah bulunya pendek, tidak seperti layaknya jenis kucing Persia lain. Tubuhnya berukuran sedang, berekor pendek, tebal, dan ujung membulat. Jarak antar telinganya lebar, matanya bulat dan mudah mengeluarkan air mata sehingga harus rajin dibersihkan.

6. Kucing Persia Smoke

Kucing Persia Smoke
https://smashingdownloads.com

Dilihat dari fisiknya, jenis kucing Persia Smoke memiliki ciri yang sangat mirip dengan kucing Persia Doll-Face, kecuali warna bulu dan matanya. Kucing Persia Smoke memiliki ciri khusus yaitu hanya memiliki satu warna bulu yang solid.

Saat kucing bergerak atau bulunya tertiup angin, akan muncul warna putih keperakan di bawah warna tubuhnya yang solid sehingga terlihat seperti kepulan asap. Itulah sebabnya, kucing ini dinamakan kucing Persia Smoke. Kucing ini semakin unik karena memiliki mata berwarna tembaga yang sangat indah.

7. Kucing Persia Chincilla

Kucing Persia Chincilla
http://s1.1zoom.net

Meski sebenarnya termasuk salah satu jenis kucing Persia, di beberapa negara, kucing Persia Chincilla dianggap sebagai ras kucing tersendiri. Alasannya, kucing ini memiliki warna bulu yang sangat berbeda, yaitu perak, dan hidung yang lebih mancung.

Kucing Chincilla merupakan hasil kawin silang antara kucing Persia black smoke dengan kucing Persia berwarna tabby silver. Bulu kucing ini panjang dan halus, terdapat surai yang mengembang di bagian leher, bulu lapisan bawahnya lembut, dan bulu ekornya mengembang.

Dibandingkan kucing Persia jenis lain, berat tubuh kucing Chincilla lebih ringan. Karena itu, sebaiknya dijauhkan dari anak yang masih sangat kecil atau dari anjing piaraan. Tapi jangan salah, meskipun tubuhnya kecil, kucing ini lebih tahan terhadap udara dingin dan jarang sakit.

8. Kucing Persia Flatnose

Kucing Persia Flatnose
https://www.hewan.id

Kucing Persia Flatnose termasuk jenis kucing Persia yang paling banyak disukai catlover alias pecinta kucing. Alasannya, apa lagi kalau bukan wajahnya yang lucu. Hidungnya tampak datar, rata dengan muka, meskipun tidak sepesek jenis Peaknose.

Tak hanya wajahnya yang lucu, kucing ini juga lincah dan senang diajak bermain sehingga bisa menghibur pemiliknya. Ditambah lagi, bentuk tubuhnya sedikit gemuk dengan bulu yang panjang dan lebat, serta mata bulat kecil yang cantik.

Nah, sekarang Anda sudah mengenal lebih jauh beberapa jenis kucing Persia yang paling banyak dicari di dunia. Setelah memutuskan jenis yang akan dipilih, jangan lupa untuk merawat kucing Persia milik Anda dengan baik dan penuh kasih sayang.

Sumber artikel
– http://kliping.co/jenis-kucing-persia/
– https://maniakucing.com/kucing-persia/
– https://www.meongku.com/kucing-persia/
– https://kucingpedia.com/kucing-persia-himalaya/#a
– https://kucingpedia.com/kucing-persia-peaknose/#a
– https://www.satwapedia.com/alasan-kenapa-kucing-persia-peaknose-paling-diminati/
– https://www.satwapedia.com/kucing-persia-medium/
– https://tekoneko.net/jenis-kucing-persia/
– https://kucingpedia.com/kucing-persia-flatnose/#a

Tinggalkan komentar