Mengenal Cantiknya Warna-Warni 30 Jenis Lovebird dan Ciri-Cirinya

Jenis lovebird – Bagi para pecinta burung, nama lovebird tentu sudah tidak asing lagi. Burung berparuh bengkok ini dikenal memiliki kicauan yang merdu dan warna-warni yang indah. Karena itulah, sebagian besar jenis lovebird pun diberi nama sesuai warna bulu yang menjadi ciri khasnya.

Lovebird memiliki 6 jenis warna dasar, yaitu merah, biru, kuning, hijau, hitam, dan putih. Dari keenam warna dasar tersebut, lovebird kemudian dinamai sesuai kekhasan yang dimilikinya, seperti warna kepala, mata, sayap, dan sebagainya.

Sejarah dan Asal-Usul Aneka Jenis Lovebird

jenis lovebird
https://www.satwapedia.com

Lovebird merupakan jenis burung dari genus Agapornis. Dalam bahasa Yunani, “aga” yang berarti cinta dan “pornis” yang berarti burung. Jadi, Agapornis berarti burung cinta atau dalam bahasa Inggris disebut lovebird.

Mengapa jenis burung ini dinamakan lovebird? Ternyata, burung cantik ini sering digunakan sebagai lambang cinta dan kesetiaan karena memiliki sifat sangat setia kepada pasangannya. Seekor lovebird tidak akan kawin dengan lovebird lain selain pasangannya sampai salah satunya mati. Wah, so sweet, bukan?

Lovebird bukan merupakan burung asli Indonesia, melainkan berasal dari daratan Afrika. Mereka hidup bebas di alam liar di beberapa wilayah, seperti Madagaskar, Ethiopia, Tanzania, Kenya, Mozambik, Angola, Zimbabwe, Victoria, Zambia, Eritrea, Namibia, dan Malawi.

Di habitat aslinya, burung ini termasuk jenis burung koloni, yaitu hidup secara berkelompok. Mereka tinggal di lubang-lubang pohon atau gua. Namun sayangnya, sebagai burung peliharaan, lovebird seringkali ditangkar secara berpasangan atau dipelihara sendiri-sendiri.

Lovebird masuk ke Indonesia sejak tahun 1995. Saat itu, jumlahnya masih sangat sedikit dan harganya pun murah. Karena warna bulunya menarik, lovebird lebih dianggap sebagai burung hias, tetapi sering dijadikan sebagai burung master untuk burung kicauan.

Semakin lama, lovebird semakin dikenal dan banyak peminatnya. Berbagai jenis lovebird pun mulai menghiasi pasar-pasar burung Indonesia. Sekitar tahun 2000 silam, lovebird menjadi salah satu burung kicauan yang mahal, harganya bisa mencapai 10 juta rupiah.

Orang pun kemudian mengenal lovebird bukan hanya sebagai burung hias, tetapi juga burung yang memiliki kicauan merdu. Semakin panjang kicaraunnya, harganya semakin tinggi. Lomba kicau burung khusus lovebird pun mulai marak diadakan di berbagai tempat.

Di luar negeri, lovebird justru lebih dinikmati keindahan dari segi fisiknya, seperti warna bulu dan bentuk tubuhnya. Bahkan, untuk mengikuti kontes lovebird, burung yang diikutsertakan harus merupakan hasil penangkaran sendiri.

Penangkaran lovebird di luar negeri dilakukan dengan memperhatikan ilmu genetika, tidak dilakukan sembarangan. Hasilnya dapat dilihat, mereka berhasil menciptkakan banyak jenis lovebird baru yang memiliki warna-warni indah.

30 Jenis Lovebird dan Ciri-Cirinya

Selain suarannya yang merdu, daya tarik utama lovebird memang terletak pada warna-warni bulunya. Makin indah warnanya, maka makin tinggi pula harganya. Para peternak pun berlomba-lomba menghasilkan lovebird dengan warna-warna baru dengan menyilangkan jenis berbeda.

Akibat persilangan tersebut, semakin hari semakin banyak jenis lovebird yang bisa kita temui. Namun pada dasarnya, hanya ada sembilan jenis lovebird, yaitu lovebird Madagascar, Abisinia, Fischer, Nyasa, Masked, Muka Salem, Muka Merah, Pipi Hitam, dan Kerah Hitam.

1. Jenis Lovebird Madagascar (Agapornis Cana)

lovebird madagaskar
lovebird madagaskar : http://www.duniabinatang.org

Lovebird Madagascar merupakan lovebird terkecil di antara jenis lainnya. Warna burung ini merupakan kombinasi dari tiga warna, yaitu putih pada kepala dan dada, hijau pada badan, dan hijau tua pada sayapnya. Sesuai namanya, burung ini berasal dai Madagascar, Afrika.

2. Jenis Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)

Lovebird Abisinia
Lovebird Abisinia : https://paradisepark.org.uk

Kebalikan dari lovebird Madagascar, lovebird Abisinia merupakan jenis lovebird yang memiliki ukuran paling besar. Namun, tidak seperti lovebird lain yang berwarna-warni, warna lovebird Abisinia sedikit membosankan karena hanya terdiri dari warna hijau tua dan hitam dengan sedikit warna merah orange di bagian muka.

3. Jenis Lovebird Fischer (Agapornis fischeri)

Lovebird Fischer
Lovebird Fischer : https://cdn8.dissolve.com

Burung ini dinamakan sesuai nama penemunya, yaitu Gustav Fischer, ahli burung dari Jerman. Bulunya berwarna hijau dan oranye terang pada bagian dahi, pipi, dan leher, sementara bagian pantatnya berwarna biru dengan tanda hitam di bagian ekornya. Habitat utama burung ini adalh Tanzania Barat Laut, tetapi dapat ditemukan juga di beberapa tempat lainnya.

4. Jenis Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)

Lovebird Nyasa
Lovebird Nyasa : https://avesexoticas.org

Keindahan lovebird nyasa atau lilian terletak pada warnanya yang sangat beragam. Kepalanya berwarna abu-abu, paruhnya merah, dada berwarna oranye-merah, sedangkan sayapnya berwarna hijau tua. Burung ini berasal dari Afrika, khususnya Zambia, Malawi, dan Rhodesia.

5. Jenis Lovebird Masked/Topeng (Agapornis personata)

Lovebird Masked
Lovebird Masked : https://aviculture.co

Spesies ini berasal dari Tanzania dan dibudidayakan di Kenya. Ciri lovebird Masked terutama terlihat pada bagian mukanya yang berwarna cokelat gelap seperti memakai topeng. Bulu tubuhnya didominasi warna hijau dengan dada berwarna kuning. Pada burung muda, warna bulunya juga lebih terang.

6. Jenis Lovebird Peach Faced/Muka Salem (Agapornis roseicollis)

Lovebird Peach Faced
Lovebird Peach Faced : https://choiron4664.files.wordpress.com

Warna salem atau pink-jingga pada bagian kepala, leher, dan dada merupakan ciri khas lovebird Peach Faced. Sedangkan bagian dahi dan belakang matanya berwarna merah dan tubuh bagian bawahnya berwarna hijau kekuningan dengan ujung sayap berwarna biru. Lovebird Peach Faced banyak ditemukan di selatan Angola, Namibia, dan selatan Afrika.

7. Jenis Lovebird Muka Merah (Agapornis pullaria)

Lovebird Muka Merah
Lovebird Muka Merah : https://i2.wp.com

Dengan warna merah menyala, bagian muka burung ini terlihat sangat mencolok. Kebanyakan burung dari jenis ini memiliki tubuh berwarna hijau kekuningan. Jenis jantan dan betina dapat dibedakan dari warna bulu di bawah sayapnya, yaitu hitam pada jantan dan hijau pada betina.
Populasi terbesarnya terdapat di pantai Afrika tengah sampai bagian barat Ethiopia.

8. Jenis Lovebird Black Cheek/Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)

Lovebird Black Cheek
Lovebird Black Cheek : https://www.mascotarios.org

Si pipi hitam ini memiliki ciri warna hitam menuyerupai kaca mata di bagian pipi, dahi dan mahkota berwarna cokelat kemerahan, serta tubuh didominasi warna campuran hijau dan kuning. Habitat kesukaannya adalah hutan gugur di dekat perairan. Burung ini banyak terdapat di beberapa tempat di Afrika, seperti Zaire, Zimbabwe, dan Zambia.

9. Jenis Lovebird Kerah Hitam (Agapornis swinderniana)

Lovebird Kerah Hitam
Lovebird Kerah Hitam : https://pbs.twimg.com

Lovebird unik ini tergolong langka karena sulit berkembang biak. Bagian lehernya berwarna hitam sehingga terlihat seperti memakai kerah. Jenis lovebird ini jarang dikembangbiakkan karena sulit mendapatkan makanannya yang tidak terdapat di semua negara.

Lovebird kerah hitam terdiri dari tiga jenis, yaitu Agapornis swinderiana swinderianus, Agapornis swinderiana zenkeri, dan Agapornis swinderiana emini. Uniknya, burung yang banyak diburu ini hanya terdapat di bagian benua Afrika yang dilintasi garis ekuator.

10. Jenis Lovebird Pastel

Lovebird Pastel
Lovebird Pastel : https://dl.kaskus.id

Jenis burung yang termasuk dalam jenis lovebird pastel bukanlah lovebird murni, melainkan hasil persilangan. Lovebird dari jenis pastel ini banyak diincar karena warna bulunya yang lembut dan kalem.

Karena merupakan hasil persilangan, lovebird pastel sangat banyak jenisnya, seperti:

  • Pastel biru (pasbir): campuran warna dominan biru laut yang gelap dengan putih.
  • Pastel hijau (pasjo): campuran warna dominan hijau dengan kuning.
  • Pastel kuning (paskun): campuran warna dominan kuning dengan hijau.
  • Pastel violet (pasvio): campuran warna dominan ungu dengan putih.
  • Pastel blue (pasblue): campuran warna dominan biru kehijauan dengan putih.
  • Pastel putih (pasput): campuran warna dominan putih dengan biru.
  • Pastel olive: warnanya seperti lovebird olive tetapi lebih muda.

11. Jenis Lovebird Biru Cobalt

Lovebird Biru Cobalt
Lovebird Biru Cobalt : http://4.bp.blogspot.com

Warna dominan pada burung ini adalah biru kehijauan seperti cobalt. Bagian wajah dan leher berwarna putih, ujung sayapnya hitam, sedangkan pangkal ekornya berwarna biru tua. Kelebihan jenis ini adalah mampu mengeluarkan kicauan yang panjang.

12. Jenis Lovebird Biru Mangsi

Lovebird Biru Mangsi
Lovebird Biru Mangsi : https://scontent-lga3-1.cdninstagram.com

Meski sama-sama berwarna biru, lovebird biru mangsi memiliki warna biru yang berbeda dari lovebird cobalt. Lovebird mangsi memiliki warna biru yang lebih pekat (seperti mangsi atau tinta) dengan sedikit warna putih dan kepala berwarna hitam. Warna kepala yang makin gelap menandakan harga yang tinggi.

13. Jenis Lovebird Batman

Lovebird Batman
Lovebird Batman : https://hargaburung.id

Burung dengan warna dominan hitam ini merupakan jenis lovebird mahal karena sulit mendapatkan anakannya. Semakin gelap warna hitamnya, semakin tinggi harganya. Selain dari galur murni, anakan lovebird batman dapat diperoleh dengan mengawainkan lovebird batman dengan lovebird cobalt.

14. Jenis Lovebird Albino

Lovebird Albino
Lovebird Albino : https://steemitimages.com

Selain lovebird Batman, lovebird albino juga tergolong mahal karena sulit mendapatkan warna albino. Bahkan, hasil perkawinan antara albino jantan dan albino betina pun tidak selalu menghasilkan anakan albino. Ada dua jenis lovebird albino, yaitu mata hitam dan merah.

15. Jenis Lovebird Olive

Lovebird Olive
Lovebird Olive : http://1.bp.blogspot.com

Sesuai namanya, burung ini memiliki warna dominan hijau zaitun yang sedikit lebih gelap dibandingkan hijau standar. Sementara itu, kepala burung ini ada yang berwarna gelap seperti hitam, tetapi ada juga yang berwarna terang seperti perpaduan oranye dan kuning.

16. Jenis Lovebird Parblue

Lovebird Parblue
Lovebird Parblue : https://masterkicau.net

Parblue merupakan kependekan dari partial blue. Burung ini merupakan hasil persilangan yang dilakukan oleh para peternak burung di Eropa. Di awal kemunculannya, burung ini dijual dengan harga fantastis, mencapai puluhan juta rupiah. Warnanya sangat cantik, perpaduan antara biru, kuning, hijau, oranye, dan putih.

17. Jenis Lovebird Blorok

Lovebird Blorok
Lovebird Blorok : https://i0.wp.com

Blorok adalah istilah dalam bahasa Jawa untuk menggambarkan warna burung yang bercampur secara tidak beraturan. Lovebird blorok memiliki lebih dari satu warna dasar karena setiap warna memiliki komposisi yang seimbang. Warna blorok pada lovebird jenis ini didapat secara alamiah, bukan merupakan hasil persilangan.

18. Jenis Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider
Halfsider : https://4.bp.blogspot.com

Lovebird Halfsider termasuk jenis lovebird langka dan sudah pasti harganya pun tinggi. Tidak mudah mendapatkan anakan lovebird Halfsider karena burung ini memiliki gen warna yang sangat unik. Burung ini termasuk jenis blorok namun coraknya memiliki pola khusus.

Perpaduan warna pada halfsider sangat unik, yaitu setengah dadanya berwarna putih dan setengahnya lagi berwarna kuning dan terdapat garis yang jelas di tengah punggungnya. Jadi, jika dilihat dari masin-masing sisi, akan terlihat seperti terdapat dua ekor burung dalam satu sangkar.

19. Jenis Lovebird Lutino

Lovebird Lutino
Lutino : https://ibujemari.com

Ciri burung ini adalah warna bulunya didominasi warna kuning dan oranye kemerahan. Warnanya yang cantik membuat harga lovebird lutino melambung, terutama ketika lovebird masih mernjadi tren baru di Indonesia.

Ada beberapa jenis lovebird lutino, sepert lutino (bulu kuning, mata merah), golden cherry (bulu kuning, mata gelap), lutino albino (bulu putih, mata merah), cinnamon (kecokelatan), dan pied (bercak atau blorok). Jenis lutino yang bagian kepalanya berwarna oranye pekat biasa disebut lutino ngalung.

20. Jenis Lovebird Australian Cinnamon

Lovebird Australian Cinnamon
Australian Cinnamon : https://steemitimages.com

Seperti jenis lovebird pastel, lovebird Australian cinnamon juga memiliki warna yang kalem dan lembut. Namun, leovbird Australian cinnamon memiliki warna yang lebih muda, bahkan sangat muda jika dibandingkan dengan lainnya.

21. Jenis Lovebird Violet

Lovebird Violet
Lovebird Violet : http://www.kelas1m53.com

Burung ini sangat mudah dikenali dari warna tubuhnya yang berwarna ungu violet yang sangat khas. Bagian ujungnya berwarna hitam pekat, sedangkan pada bagian perut, terdapat sedikit warna putih. Karena warnanya sangat unik, anakan lovebird violet juga sangat sulit didapat. Akibatnya, harganya pun cukup mahal.

22. Jenis Lovebird Biola

Lovebird Biola
Lovebird Biola : https://s.kaskus.id

Inilah salah satu jenis lovebird idola para pecinta burung kicau. Selain warna bulunya yang eksotis, kicauannya juga sangat indah. Jangan kaget kalau mendapati burung ini dijual dengan harga hingga 30 juta rupiah. Sama seperti jenis mahal lainnya, harga tinggi tesrebut disebabkan kelangkaannya.

23. Jenis Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan
Lovebird Dakocan : http://www.kelas1m53.com

Ciri lovebird dakocan adalah memiliki wara dominan kuning dan hijau. Pada bagian antara pangkal leher dan tubuhnya terdapat sedikit warna oranye. Lovebird dakocan berasal dari pedalaman utara Tanzania dan Kenya.

24. Jenis Lovebird Dakori

Lovebird Dakori
Lovebird Dakori : https://i1.wp.com

Lovebird dakori memiliki tiga warna dominan, yaitu hijau pada bagaian tubuh, kuning di bagian dada, dan hitam pada bagian kepalanya. Meskipun warnanya memiliki kemiripan dengan lovebird dakocan, harganya jauh lebih mahal.

25. Jenis Lovebird Euwing

Lovebird Euwing
Lovebird Euwing : https://i1.wp.com

Nama ‘euwing’ atau ‘ewing’ merupakan kependekan dari eumelamin dan wing. Burung ini merupakan hasil persilangan antara lovebird lutino fischeri dengan lovebird hijau standar. Eksperimen tersebut dilakuakn oleh Piet Verhijde, seorang penangkar lovebird asal Belanda, pada tahun 2004.

Keunikan lovebird euwing terutama terdapat pada bagian sayapnya yang memiliki corak hitam dan kuning. Peningkatan warna gelap eumelanin pada kedua sayapnya membentuk huruf “V” di bagian punggung.

26. Jenis Lovebird Pale Fallow

Lovebird Pale Fallow
Lovebird Pale Fallow : http://i40.servimg.com

Inilah salah satu jenis lovebird baru yang tengah booming. Keunikan lovebird pale fallow adalah memiliki mata, bulu kaki, dan kuku berwarna merah terang. Harganya? Jangan terkejut, harga burung ini bisa tembus 50 juta per ekor!

27. Jenis Lovebird Misty

https://i.ytimg.com

Burung ini merupakan hasil mutasi dominan yang mengakibatkan terjadinya pengurangan pigmen eumelanin (pigmen melanin sejati, pemberi warna hitam) dalam jumlah kecil. Hasilnya, warna burung ini memang seperti kabut (misty), tampak lusuh, tetapi jika terkena cahaya akan memancarkan warna kemerahan.

28. Jenis Lovebird Slaty

http://2.bp.blogspot.com

Lovebird slaty memiliki warna bulu hampir sama seperti lovebird cobalt, tetapi warna birunya lebih pudar. Teradapat dua jenis lovebird slaty, yaitu slaty fischery dan slaty perso. Burung ini termasuk ke dalam jenis lovebird paruh putih.

29. Jenis Lovebird Merah

http://4.bp.blogspot.com

Meski namanya lovebird merah, kebanyakan burung ini tidak seluruhnya berwarna merah, tetapi diselingi warna jingga, kuning, dan putih. Harganya cukup tinggi karena untuk mendapatkan burung hasil mutasi ini sangat sulit, apalagi yang benar-benar seluruhnya berwarna merah.

30. Jenis Lovebird Impor Holland dan Taiwan

https://pbs.twimg.com

Ada perbedaan selera antara penggemar lovebird di Indonesia dan di luar negeri. Di Indonesia kebanyakan orang lebih menyukai lovebird yang bersuara merdu, sedangkan pecinta lovebird di luar negeri sebaliknya, lebih menyukai warnanya. Itulah sebabnya, lovebird impor, terutama yang berasal dari Belanda dan Taiwan bertubuh lebih gemuk.

Selain 30 jenis di atas, masih ada jenis lovebird lainnya. Namun perlu diingat, tidak semua jenis bisa dipelihara dan ditangkarkan. Ada juga jenis yang dilindungi oleh negara habitat asalnya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda lebih mengenal lovebird, burung cantik bersuara merdu.

Sumber artikel
– https://informasiunggas.blogspot.com/2017/09/sejarah-burung-lovebird.html
– https://www.hewan.id/lovebird/jenis-lovebird.html
– https://informasiunggas.blogspot.com/2017/09/jenis-burung-lovebird.html
– https://burungnya.com/20-jenis-lovebird-tercantik-lengkap-gambarnya/

Tinggalkan komentar