Kenali Dulu Ciri Kucing Persia Asli Sebelum Membelinya [OKE]

Kucing Persia asli – Memiliki kucing Persia sebagai binatang peliharaan memang sangat menyenangkan. Bentuk dan tingkahnya yang lucu bisa menghilangkan rasa lelah, jenuh, bahkan stres. Tapi, hati-hati saat akan membelinya. Pastikan Anda sudah tahu ciri-ciri kucing Persia asli agar tidak kena tipu.

Salah satu ciri khas kucing Persia adalah berbulu lebat, panjang, dan indah. Tapi jangan salah, kucing Persia bukan satu-satunya kucing berbulu panjang. Itulah sebabnya, Anda harus tahu cara membedakan kucing Persia yang asli dengan kucing jenis lainnya.

Untuk dapat mengetahui keaslian kucing Persia, Anda perlu memperhatikan bagian-bagian tubuh kucing. Kucing Persia memiliki bentuk kepala, muka, kaki dan cakar, serta bulu yang khas. Begitu juga dengan sifat atau perilakunya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut.

1. Kepala dan Wajah Kucing Persia Asli

Kepala dan Wajah Kucing Persia Asli
http://www.cat-breeds-encyclopedia.com

Bentuk kepala kucing Persia asli sangat mudah dikenali. Ukurannya lebih besar dibandingkan kucing pada umumnya, wajahnya juga lebih lebar dengan pipi yang berisi. Keunikan wajahnya merupakan kombinasi antara telinga, hidung, dan mata yang sangat khas.

Telinga kucing Persia relatif kecil, tipis, dan bulat. Hidungnya kecil, pesek, melebar, selalu mendongak ke atas, dan pada bagian pangkalnya terdapat garis belahan. Matanya bulat lebar dengan warna bola mata tergantung warna bulunya.

2. Kaki dan Cakar Kucing Persia Asli

Kaki dan Cakar Kucing Persia Asli
https://cdn.pixabay.com

Kaki kucing Persia asli pendek tetapi kuat karena tulangnya besar. Baik kaki depan maupun belakang berbentuk lurus dan ditutupi bulu yang juga tebal dan biasanya memiliki warna berbeda dengan tubuhnya. Pijakan kakinya kuat karena memiliki telapak kaki yang lebar dan datar.

Kucing Persia asli juga bisa dikenali dari cakarnya yang berbentuk bulat, runcing, dan kokoh. Jumlah cakar atau jari pada kaki kucing Persia tidak sama, yaitu lima pada kaki depan dan empat pada kaki belakang.

3. Bulu Kucing Persia Asli

Bulu Kucing Persia Asli
http://www.golfian.com

Keistimewaan lain kucing Persia asli terletak pada bulunya. Bulu kucing Persia tidak hanya panjang dan lebat, tetapi juga terlihat mewah dan mengkilap. Hal ini yang membuat cara merawat kucing Persia tidak bisa dilakukan sembarangan.

Pada jenis longhair, panjang bulunya bisa mencapai 15 cm, sedangkan pada jenis exotic shorthair lebih pendek. Namun keduanya terasa lembut jika disentuh, mengembang, dan menutupi seluruh tubuh, kecuali wajahnya.

4. Ekor Kucing Persia Asli

Ekor Kucing Persia Asli
http://www.thecatsbreeds.net

Sama seperti badannya, ekor kucing Persia asli juga memiliki bulu yang tebal. Bentuknya lebih lurus, pangka ekor tidak kaku, dan letaknya lebih rendah dari punggungnya. Ukuran ekor mengikuti ukuran tubuh kucing dengan panjang kurang lebih setengah dari panjang tubuhnya.

5. Bentuk Tubuh Kucing Persia Asli

Bentuk Tubuh Kucing Persia Asli
https://www.askideas.com

Bentuk badan kucing Persia asli dikenal dengan istilah cobby. Ciri kucing bertubuh cobby adalah badan berbentuk bulat dan gemuk, dada dan pundak lebar, perut bagian belakang lebih rendah, dan keempat kakinya pendek.

Bentuk tubuh yang serba bulat inilah yang membuat kucing Persia semakin menggemaskan dan tampak seperti boneka.

6. Sifat Kucing Persia Asli

Sifat Kucing Persia Asli
https://www.publicdomainpictures.net

Kucing Persia memang sangat cocok dijadikan kucing peliharaan di dalam rumah karena karakternya tenang, kalem, dan suaranya lembut. Kucing Persia asli lebih suka berada di dalam ruangan dengan suasana yang tenang.

Jika diletakkan dalam posisi tertentu, biasanya dia akan betah dan baru akan berubah posisi setelah jangka waktu lama.

7. Warna Kucing Persia Asli

Selain bentuknya yang lucu, kucing Persia juga memiliki warna bulu yang beraneka macam sehingga membuatnya semakin menarik. Warna bulu yang berbeda-beda ini membuat Anda memiliki banyak pilihan. Anda bisa memilih jenis dan warna kucing yang sesuai selera.

Warna bulu kucing Persia asli dapat dibedakan menjadi 7 jenis warna, yaitu solid colors, silvers and golds, shaded and smoke, tabby color, Himalayan, bicolor, dan parti-color. Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis warna tersebut.

a. Kucing Persia Solid Colors (Warna Tunggal)

warna kucing persia
http://best-wow-guide.info

Yang dimaksud solid colors atau warna yang solid adalah jika bulu kucing hanya terdiri dari satu warna, tanpa ada campuran warna lain. Warna solid yang biasa dijumpai pada kucing Persia asli adalah hitam, putih, biru, merah, krem, cokelat, dan ungu.

b. Kucing Persia Silvers and Golds (Warna Perak dan Emas)

kucing persia asli
http://patilim.com

Warna silver and gold pada kucing Persia asli biasanya terdapat pada jenis Chinchilla. Silver Chinchilla memiliki bulu berwarna perak dan putih, sedangkan Golden Chinchilla memiliki bulu berwarna krem keemasan.

Baik warna perak dan emas ini terdapat pada tubuh kucing bagian bawah. Sedangkan kepala, telinga, tubuh bagian samping dan belakang, dan ekornya, ujung bulu kucing berwarna hitam (tipping). Bagian yang berwarna hitam adalah seperdelapan dari panjang bulunya.

c. Kucing Persia Shaded and Smoke (Pola Asap)

ciri-ciri kucing persia asli
https://smashingdownloads.com

Shaded and smoke menggambarkan warna bulu kucing Persia asli yang terlihat seperti kepulan asap saat kucing bergerak atau bulunya tertiup angin. Hampir 50%-80% bulunya berwarna solid, baik biru, hitam, krem, maupun merah. Sisanya berwarna putih keperakan, yaitu pada bulu yang terletak di lapisan bawah.

Jenis bulu shaded dan smoke memiliki beberapa warna dasar, seperti hitam (shaded silver, shaded golden, black smoke), merah (shaded atau shell cameo), biru (blue smoke), biru-krem (blue cameo smoke), dan tortoiseshell.

d. Kucing Persia Tabby Color (Pola Garis)

ciri kucing persia asli
https://catpedia.net

Tabby color merupakan perpaduan beberapa warna dengan tingkatan berbeda. Perpaduan ini menghasilkan pola bergaris atau bergaris dan bergelombang. Kucing Persia asli yang memiliki warna tipe tabby adalah dari jenis calico atau tortoise-shell.

Terdapat beberapa variasi warna tabby yang tergantung pada warna dominannya, seperti classic tabby, silver tabby, red tabby, brown tabby, blue tabby, cream tabby, cameo tabby, dan spotted tabby. Sedangkan berdasarkan coraknya, tabby color dibedakan menjadi tiga, yaitu:

– Mackerel tabby, yaitu pola seperti harimau, dengan beberapa bulu berpola garis melengkung 90 derajat di sepanjang tulang belakang dan di seluruh tubuh.

– Marmer tabby, yaitu bulu dengan corak berupa garis-garis lebar melengkung di bagian atas tubuh.

– Patched tabby, yaitu pola berupa bintik-bintik pada bulu kucing yang merata di seluruh tubuh sehingga tampak seperti pola “tambalan”.

e. Kucing Persia Himalayan Color

Kucing Persia Himalayan
http://www.cat-breeds-encyclopedia.com

Kucing Persia Himalaya adalah salah satu jenis kucing Persia asli yang sangat populer. Warna bulunya sangat khas, yaitu berpola color point yang artinya terdapat warna hitam pada bagian tertentu dari tubuh kucing (ekor, kaki, telinga, dan wajah), sedangkan bagian lainnya berwarna putih.

f. Kucing Persia Bicolor (Dua Warna)

kucing persia dua warna
https://dollfacepersiankittens.com

Pada kucing Persia asli yang berwarna bicolor, terdapat perpaduan dua warna bulu. Beberapa contoh jenis kombinasi warna bicolor ini adalah hitam dan putih, merah dan putih, krem dan putih, calico, dan dilute calico.

g. Kucing Persia Parti-Color (Banyak Warna)

kucing persia banayk warna
http://best-wow-guide.info

Fakta unik dari tipe warna ini adalah seluruh kucing Persia asli yang memiliki warna parti-color merupakan kucing betina. Jadi, untuk berkembang biak, kucing berwarna parti-color harus kawin dengan kucing dari tipe warna berbeda.

Ternyata cukup banyak juga bagian-bagian tubuh kucing Persia yang harus diperhatikan saat akan membelinya. Jika ciri-ciri di atas tidak ditemukan, bisa jadi kucing tersebut bukanlah kucing Persia asli, melainkan kucing ras palsu.

Sumber artikel
– https://www.meongku.com/ciri-ciri-kucing-persia-yang-perlu-kamu-ketahui/
– https://www.satwapedia.com/mengenali-ciri-ciri-kucing-persia-yang-asli/
– http://fazmihouse.blogspot.com/2011/02/warna-dan-corak-bulu-kucing-persia.html
– http://hewandanternak.blogspot.com/2014/02/ciri-ciri-kucing-persia-asli-dan-palsu.html
– https://www.tipsmerawatkucing.com/2018/04/ciri-kucing-persia-asli-dan-palsu.html

Tinggalkan komentar