Cara Memberikan Makanan Ikan Arwana Agar Cepat Besar dan Berwarna Cerah

Makanan ikan arwana – Ikan arwana merupakan jenis ikan air tawar yang biasa dipelihara dalam akuarium karena warna sisik dan bentuk tubuhnya yang cantik. Untuk Anda yang tertarik memelihara atau melakukan budidaya ikan arwana, sebaiknya mengetahui terlebih dulu jenis-jenis makanan ikan arwana.

Ada banyak jenis makanan ikan seperti; cacing, udang, ikan kecil, kutu air, katak, kelabang, jangkrik, belalang, dan pelet. Namun, makanan tersebut tidak semuanya dapat diberikan kepada ikan arwana begitu saja. Untuk mengetahui lebih jelas tentang makanan ikan arwana dan aturan dalam memberikannya, simak ulasan berikut.

Makanan Ikan Arwana untuk Pertumbuhan

Jenis makanan di bawah ini umum digunakan dalam budidaya ikan arwana karena terbukti dapat membuat ikan tumbuh besar lebih cepat, sehingga harga jualnya menjadi lebih tinggi. Selain itu, makanan ikan arwana juga harus mengandung nutrisi yang dapat membuat warna ikan menjadi lebih cerah serta tampak sehat dan lincah.

1. Katak

makanan ikan arwana
https://www.sciencefriday.com

Di habitat aslinya, katak-katak kecil adalah santapan ikan arwana. Karena kemampuannya melompat, ikan arwana dapat memburu katak yang selalu berenang dan bergerak di atas permukaan air.

Katak atau kodok sangat baik bagi pertumbuhan ikan arwana karena kandungan lemak dan protein yang tinggi di dalamnya. Namun, dalam satu hari makanan ikan arwana ini cukup diberikan satu ekor saja. Jika diberi berlebihan, diyakini dapat membuat warna ikan terlihat pudar. Katak dapat diberikan bergantian dengan cicak atau kadal.

Perlu Anda ketahui, katak harus dikarantina selama sepekan sebelum diberikan kepada ikan arwana. Tujuannya agar parasit yang menempel pada tubuh katak menghilang. Jika tidak, parasit dapat menginfeksi ikan arwana dan menyebabkan penyakit.

2. Ikan Kecil

makanan ikan arwana kecil
https://2.bp.blogspot.com

Ikan kecil juga mengandung kalori dan lemak yang cukup tinggi, sehingga baik bagi pertumbuhan ikan arwana. Anda dapat menempatkan ikan kecil hidup di dalam akuarium sebagai pakan agar arwana memburunya sendiri. Namun, Anda juga dapat memberikan ikan kecil yang sudah mati, dengan catatan jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa mengotori air.

Ikan yang cocok untuk makanan ikan arwana adalah anakan ikan mas hidup. Ikan ini baik untuk melatih agresivitas ikan arwana. Namun, pastikan anakan ikan mas yang Anda berikan tidak membawa jamur atau penyakit.

3. Udang

makanan ikan arwana biar cepat besar
http://infopublik.id

Udang adalah makanan ikan arwana yang dapat mempercepat pertumbuhan dan membuat warna ikan terlihat lebih terlihat cantik. Anda boleh memberikan udang air tawar yang masih hidup maupun sudah mati. Boleh juga memberikan udang beku. Untuk udang berukuran besar, bisa diberikan dengan menghilangkan kulit, kepala, dan ekor kemudian dipotong kecil-kecil.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa udang hidup tidak baik jika sering diberikan. Pasalnya tabiat udang yang suka berada di dasar akuarium, membuat pandangan ikan selalu ke bawah. Kebiasaan melihat ke bawah ditakutkan bisa membuat mata ikan menjadi juling.

4. Pelet

makanan untuk ikan arwana
http://www.rumahmesin.com

Pelet mengandung protein dan lemak yang bagus untuk pertumbuhan supaya tubuh ikan terlihat proporsional. Keunggulan pelet yaitu mudah didapatkan dan praktis. Kekurangannya, pelet yang tidak dimakan akan mencemari air di dalam akuarium sehingga menjadi keruh. Selain itu, untuk membiasakan ikan arwana mengonsumsi pelet memerlukan penyesuaian.

5. Kelabang

makanan ikan arwana agar cepat besar
http://www.mongabay.co.id

Kelabang, binatang dengan cangkang keras ini dapat membuat warna ikan terlihat lebih cerah. Sayangnya, binatang ini sulit didapat dan jika ada yang menjualnya pun harganya cukup mahal dibandingkan jenis pakan lain. Karena ikan arwana sangat menyukai daging kelabang, pakan lain akan diabaikan. Maka sebaiknya berikan kelabang hanya sebagai selingan saja.

6. Belalang dan Jangkrik

makanan ikan arwana supaya cepat besar
https://i1.wp.com

Belalang dan jangkrik harus dibuang kakinya sebelum dijadikan pakan ikan arwana. Jika tidak, maka kakinya yang bergerigi dapat menimbulkan luka pada mulut dan perut ikan. Binatang ini termasuk makanan kegemaran ikan arwana, karena selalu ada di permukaan air.

Untuk mendapatkan jangkrik, sebaiknya Anda membeli dari peternak. Sebab, jangkrik liar dikhawatirkan terkontaminasi pestisida atau racun karena habitatnya. Jangkrik hanya dapat bertahan hidup selama kurang lebih 40 hari, sehingga Anda tidak perlu menyimpannya dalam jumlah banyak.

Sebelum jangkrik dijadikan makanan ikan arwana, pelihara terlebih dahulu dengan memberi pakan berupa wortel. Kandungan karoten pada wortel nantinya akan berpengaruh memberikan warna merah atau oranye pada tubuh ikan arwana yang diberi makan jangkrik.

Makanan Ikan Arwana Berdasarkan Usia

Makanan ikan arwana dapat berpengaruh pada warna sisik dan pertumbuhan tubuhnya. Oleh karena itu makanan untuk anakan harus dibedakan dengan dewasa. Pemberian makanan yang berbeda juga bertujuan agar nutrisi di dalam makanan dapat diserap dengan baik.

Makanan Ikan Arwana Anakan

makanan kesukaan ikan arwana
https://s.kaskus.id

Makanan ikan arwana untuk jenis Super Red, Silver, dan Golden Red yang baru berukuran panjang 5cm harus berbentuk kecil dan lunak. Sebabnya, organ pencernaan ikan arwana anakan masih belum dapat bekerja maksimal.

Pakan yang bisa diberikan contohnya, cacing sutra, kutu air, cacing darah, atau artemia. Pakan tersebut memiliki kandungan lemak dan protein untuk pertumbuhan ikan.

Sementara untuk anak ikan arwana yang telah berukuran panjang 10 cm, dapat diberi pakan berukuran lebih besar seperti cacing sutra beku, cacing tanah, pelet kecil, dan jangkrik. Makanan-makanan ini dapat membuat warna sisik terlihat lebih cerah. Selain itu, jangkrik dapat membuat ikan menjadi bergerak lebih aktif dalam berburu.

Makanan Ikan Arwana Dewasa

Makanan ikan arwana dewasa harus mengandung banyak protein untuk pertumbuhan dan kecerahan warna. Makanan ikan yang dapat diberikan untuk jenis Golden Red, Silver, dan Super Red dewasa meliputi makanan berukuran besar seperti katak, kelabang, ikan kecil, jangkrik, dan pelet.

Aturan Memberikan Makanan Ikan Arwana

Memberi makan ikan arwana bisa dikatakan tak terlalu sulit karena banyak ragam pakan bisa ditemukan. Syaratnya, Anda harus memberikan makanan secara teratur, pagi, siang, dan sore hari. Pola pemberian makanan untuk anakan ikan arwana dapat mengikuti jadwal berikut:

• Pukul 07.00 – 08.00: tiga ekor jangkrik atau belalang yang sudah dibuang kakinya.
• Pukul 11.00: satu ekor katak, kadal, atau cicak, boleh juga diganti dengan ikan atau udang.
• Pukul 17.00 – 18.00: sore satu ekor anak katak, dapat diganti udang atau ikan kecil.

Jadwal pemberian pakan untuk ikan arwana dewasa sama dengan anakan. Hanya porsinya yang digandakan. Untuk ikan arwana dengan ukuran belum mencapai 25 cm, Anda perlu memberikan makan 2 atau 3 kali sehari. Sementara, untuk yang berukuran lebih dari 30 inci atau 76 cm, dapat diberi makan sekali saja dalam sehari.

Selain itu, perhatikan makanan kesukaan ikan arwana. Makanan segar yang hidup dan berada di permukaan air lebih disukai karena ikan arwana bisa memburunya seperti di habitat asli.

Pakan yang tenggelam biasanya tidak termakan, karena ikan arwana tidak suka ke dasar akuarium. Jika makanan yang diberikan tidak habis, segera keluarkan dari akuarium agar tidak menimbulkan bau dan kualitas air menjadi tidak sehat.

Demikian penjelasan tentang makanan ikan arwana dan cara memberikannya. Semoga setelah membacanya Anda tidak lagi bingung bagaimana memberikan pakan untuk ikan arwana.

Tinggalkan komentar