Memilih Makanan yang Tepat untuk Budidaya Ikan Gabus

Makanan ikan gabus –┬áBanyaknya manfaat yang terkandung dalam ikan gabus membuat banyak orang mencoba peruntungan untuk melakukan budidaya ikan gabus. Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa banyaknya sungai yang tercemar membuat keberadaan ikan gabus menjadi langka. Orang-orang berlomba melakukan budidaya ikan gabus dan mencari makanan ikan gabus yang tepat.

Bagi para peternak ikan gabus, mencari makanan ikan gabus yang sesuai tentunya menjadi salah satu hal yang sangat penting. Hal ini karena pakan yang baik dan kolam yang sesuai tentunya akan dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan gabus. Jika pakannya cocok dan kolamnya sesuai, maka akan dihasilkan ikan gabus yang besar-besar.

Terlebih lagi, jika membahas soal kolam, ikan gabus bisa hidup hampir di segala jenis kolam. Ikan ini cukup mudah dibudidayakan karena daya tahan tubuhnya tidak jauh berbeda dengan ikan lele.

Ikan gabus dapat hidup dengan baik dalam kolam beton, kolam tanah, maupun kolam terpal. Air yang tidak tercemar akan menjadi faktor utama ikan gabus dapat hidup dengan baik dalam kolam tersebut.

Jenis-jenis Makanan Ikan Gabus Sebagai Pakan Alternatif :

Jika Anda berencana ingin memulai usaha budidaya ikan gabus atau sudah menjadi pengusaha budidaya ikan gabus, tentunya mengetahui beberapa pilihan makanan ikan gabus merupakan hal yang sangat penting. Berikut beberapa jenis alternatif makanan ikan gabus:

1. Keong Sawah

makanan ikan gabus
http://www.faunadanflora.com

Di habitat aslinya, ikan gabus biasanya memakan ikan kecil serta keong. Untuk itu, Anda dapat memberikan keong sebagai salah satu pilihan makanan ikan gabus. Banyaknya protein yang terkandung dalam keong akan mempercepat pertumbuhan ikan gabus.

Jika Anda memberikan keong sebagai makanan ikan gabus, tentunya mereka akan memakan keong tersebut dengan lahap. Namun, pastikan Anda telah menggiling daging keong terlebih dahulu sebelum memberikannya pada ikan gabus. Jika Ikan gabus Anda sudah cukup besar, Anda dapat memberikan daging keong utuh sebagai pakan.

2. Ikan Rucah

makanan ikan gabus peliharaan
http://1.bp.blogspot.com

Anda dapat memperoleh ikan Rucah untuk pakan ikan gabus Anda dengan mudah di tempat pelelangan ikan. Harga ikan rucah sangat murah karena tidak banyak orang yang senang memakan ikan jenis ini. Alasannya adalah karena ikan ini memiliki duri yang cukup banyak. Padahal ikan rucah memiliki kandungan protein dan kalsium yang cukup tinggi.

Murahnya harga ikan rucah dan kandungan protein serta kalsiumnya yang tinggi, membuatnya menjadi pilihan yang sangat tepat sebagai alternatif makanan ikan gabus. Anda dapat memberikan ikan-ikan rucah ini pada ikan gabus dalam keadaan utuh maupun sedikit dipotongi jika ukuran ikan rucah terlalu besar.

3. Udang

makanan ikan gabus agar cepat besar
https://www.pertanianku.com

Jika ikan gabus yang Anda ternak tampak kehilangan nafsu makan, maka Anda dapat memberikan udang sebagai pancingan. Daging udang memiliki banyak sekali kandungan yang baik bagi pertumbuhan ikan gabus.

Pemberian daging udang yang digiling halus dapat membantu menyelesaikan masalah kurangnya nafsu makan pada ikan gabus. Udang pun bisa membuat mereka menghabiskan makanannya kembali. Sifat ikan gabus yang merupakan karnivora, membuatnya sangat tertarik dengan berbagai pakan yang mengandung protein hewani tinggi.

Walaupun udang sangat bagus sebagai makanan ikan gabus, tapi sebaiknya Anda tidak memberikannya sebagai pakan setiap hari. Harga udang yang relatif mahal tentunya akan menyebabkan pembengkakan biaya produksi jika dilakukan secara terus menerus. Oleh sebab itu, berikanlah udang sebagai makanan hanya pada saat-saat dibutuhkan saja.

4. Bekicot

makanan ikan gabus liar
https://i.ytimg.com

Tahukah Anda bahwa bekicot memang sudah menjadi pakan alternatif bagi beberapa ikan? Bahkan, bau amis pada daging bekicot yang dicincang dapat menarik perhatian ikan gabus dan membuat mereka ingin segera memakannya. Tingginya kandungan protein yang dimiliki bekicot dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan gabus.

5. Cacing Sutra

pakan ikan gabus anakan
https://s1.bukalapak.com

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Salah satu makanan favorit ikan air tawar adalah cacing sutra. Selain menjadi makanan favorit ikan air tawar termasuk ikan gabus, cacing sutra juga memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi. Hal ini tentunya sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan ikan gabus.

Harga cacing sutra pun relatif terjangkau dan cukup mudah dibudidayakan. Jika Anda berencana memberikan cacing sutra sebagai makanan ikan gabus yang Anda ternak, ada baiknya Anda mempertimbangkan cara pemerolehan cacing sutra tersebut. Ingin membelinya langsung dari pebudidaya cacing sutra atau membudidayakannya sendiri.

6. Pelet

pakan ikan gabus di kolam
http://3.bp.blogspot.com

Selain memberikan pakan alami, Anda juga dapat memberikan ikan gabus pakan buatan berupa pelet. Namun, jika ingin menggunakan pelet sebagai salah satu makanan ikan gabus, Anda harus membiasakan ikan gabus yang diternak untuk memakan pelet sejak dari anakan.

Anda juga bisa membeli bibit ikan gabus yang telah dibiasakan memakan pelet, sehingga tidak perlu kesulitan lagi untuk melakukan pembiasaan. Jika Anda telah memutuskan untuk budidaya ikan gabus dengan pakan pelet, maka berikan pakan pelet pada ikan gabus secara rutin agar mereka terbiasa.

Pada umumnya, ikan gabus yang ditangkap dari alam tidak mau memakan pelet. Oleh karena itu diperlukan pembiasaan dan pemberian makan pelet yang teratur agar mereka terbiasa. Anda juga harus memastikan jika pelet yang diberikan mengandung protein yang tinggi agar dapat mempercepat pertumbuhan ikan gabus.

Selain membeli pelet dari toko peternakan, Anda juga dapat membuat pelet sendiri. Pembuatan pelet sendiri akan memudahkan Anda untuk mengatur komposisi kandungan yang dibutuhkan ikan gabus agar dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, cara pembuatan pelet pun tidak terlalu sulit.

7. Cacing Tanah

makanan kesukaan ikan gabus
makanan kesukaan ikan gabus

Selain cacing sutra, Anda juga dapat memberikan cacing tanah sebagai makanan ikan gabus. Ciri khas bau amis dan menyengat yang dimiliki oleh cacing tanah dapat menarik perhatian ikan-ikan predator seperti ikan gabus.

Cacing tanah juga merupakan pakan alami bagi ikan gabus dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga sangat baik bagi pertumbuhan ikan. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh cacing tanah dengan mudah di toko pakan ikan.

Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang rakus. Oleh karena itu, jika Anda merupakan seorang peternak ikan gabus atau ingin beternak ikan gabus, perhatikanlah soal jam pemberian makanan dengan teliti.

Anda harus mengontrol dan mengatur jam pemberian makan ikan gabus dengan baik. Jika telat diberi pakan, maka ikan gabus akan saling memangsa satu sama lain.
Jika ikan gabus saling memangsa, maka akan banyak ikan gabus yang mati dan tentunya hal itu akan sangat merugikan Anda sebagai peternak. Komposisi makanan ikan gabus yang ideal adalah mengandung karbohidrat 10%, protein 15%, dan lemak 15%.

Selain memberikan pakan dengan komposisi yang ideal, Anda juga harus memberikan makanan ikan gabus dalam jumlah tepat. Jika memberikan pakan terlalu banyak, maka akan menurunkan kualitas air. Namun, jika pakan yang diberikan terlalu sedikit, maka ikan akan menjadi kanibal. Selain itu, pertumbuhan ikan gabus menjadi tidak seragam.

Tinggalkan komentar