Ragam Jenis Makanan Ikan Guppy Untuk Pemula

Makanan ikan guppy – Bagian terpenting dari merawat ikan guppy adalah mengetahui jenis-jenis makanan ikan guppy dan memastikanya mendapat pakan yang tepat. Jenis makanan yang tepat akan memastikan ikan guppy Anda berkembang secara optimal dan tumbuh sehat.

Jika memberikan makanan yang salah, hal tersebut bisa memengaruhi kesehatan dan mungkin berakibat buruk bagi ikan guppy Anda. Walaupun ikan guppy termasuk sangat mudah diberi makan, tetapi Anda harus waspada dengan komposisi makanan yang diberikan.

Ikan guppy tidak membutuhkan banyak perawatan, tetapi mereka membutuhkan tempat yang bersih, ruang yang mumpuni, dan makanan yang cukup untuk dikonsumsi. Jika Anda mampu memberikan ikan guppy tempat yang baik untuk hidup dan diet yang tepat, maka ikan akan tumbuh sehat dan dapat berumur lebih panjang.

Berikut ini adalah berbagai jenis makanan ikan guppy yang dapat Anda berikan.

1. Pelet Tetra Guppy

makanan ikan guppy
https://cdn.mutually.com

Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat khusus hanya untuk ikan guppy. Makanan ikan guppy ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan dapat membantu Anda untuk mempercepat pertumbuhan ikan guppy.

Selain dapat membantu mempercepat pertumbuhan, pakan ini juga bisa mempercantik warna ikan guppy. Harganya sekitar Rp50.000,00 untuk ukuran 50 gr Pelet Tetra Guppy.

2. Pelet Hikari Fancy Guppy

harga makanan ikan guppy
https://pictr.com

Hampir sama seperti Pelet Tetra Guppy, Pelet Hikari Fancy Guppy juga merupakan makanan khusus hanya untuk ikan guppy. Perbedaan kedua produk ini terletak pada kandungan dan harganya. Sebuah makanan yang khusus dibuat untuk jenis ikan tertentu pastinya lebih baik dan efektif untuk digunakan, tepat seperti Pelet Hikari Fancy Guppy ini.

Pelet Hikari Fancy Guppy sangat berguna untuk membantu mempercepat pertumbuhan ikan guppy. Terutama untuk ikan guppy anakan. Sama seperti Pelet Tetra Guppy, pelet ini juga bisa mempercantik warna ikan guppy. Harga Pelet Hikari Fancy Guppy berukuran 50 gr adalah sekitar Rp55.000,00.

3. Artemia

makanan ikan guppy biar cepat besar
https://www.jbl.de

Makanan ikan guppy yang satu ini termasuk salah satu jenis pakan yang terkenal dan terbaik untuk ikan guppy. Anda tidak perlu khawatir soal kuman dan bakteri yang biasa terkandung di dalam makanan untuk ikan, karena artemia bebas dari bakteri dan kuman. Namun, jika dilihat dari segi ekonomis makanan ini memang cukup mahal.

Selain mahal, pembuatan artemia juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Artemia ini terbuat dari telur udang dan memiliki kandungan gizi yang baik bagi ikan guppy. Kandungan gizinya mencakup protein, lemak, serat kasar, kadar abu, dan air.

4. Daphnia

makanan untuk ikan guppy
https://upload.wikimedia.org

Daphnia adalah salah satu jenis makanan ikan guppy yang alami. Daphnia terbuat dari udang-udangan dan mengandung protein yang tinggi. Makanan ikan guppy ini memang berasal dari Amerika, meski begitu Anda tidak perlu khawatir karena pakan ini bisa diimpor ke Indonesia dalam bentuk kultur atau starter.

Starter dapat digunakan untuk menngembangbiakkan daphnia. Diketahui bahwa kandungan protein daphnia cukup tinggi dan bisa mencapai lebih dari 70%.

5. Spirulina

makanan ikan guppy kecil
https://i1.wp.com

Spirulina merupakan salah satu jenis pakan yang terbuat dari ganggang dan sangat bermanfaat untuk warna corak ikan. Penambahan spirulina sebagai makanan ikan guppy dapat membantu menaikkan pertumbuhan rata-rata serta mencerahkan warna ikan. Kandungan gizi spirulina terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan air.

6. Cacing Darah

jenis makanan ikan guppy
https://2.bp.blogspot.com

Walaupun berwarna merah seperti cacing sutra, namun cacing darah atau bloodworm sangat berbeda dengan cacing sutra. Cacing darah merupakan larva serangga dari ordo Diptera (nyamuk) jenis Chironimus. Serangga ini merupakan jenis nyamuk yang hanya menghisap nektar dari tanaman atau bunga. Selain itu, nyamuk jenis ini juga tidak mengigit.

Cacing darah mengandung bahan kering seperti protein, lemak, bahan ekstrak tanpa nitrogen (atau biasa disingkat BETN), dan abu.

7. Pelet Ocean Free Super Guppy

apa makanan ikan guppy
https://s2.bukalapak.com

Pakan ini termasuk salah satu jenis pelet yang mungkin hanya diketahui oleh orang-orang tertentu dan pencinta ikan guppy. Hal ini karena harga pakan ini cukup mahal. Namun, sesuai dengan slogan “ada harga membawa rupa”, makanan yang satu ini sangat berkualitas dan berguna untuk mempercantik warna ikan guppy serta mempercepat pertumbuhannya.

Kandungan protein serta karbohidrat dari makanan ikan guppy yang satu ini sangatlah tinggi. Pakan ini dijual dengan harga sekitar Rp70.000,00 per 65 gramnya.

8. Cacing Sutra

makanan ikan guppy hias
https://1.bp.blogspot.com

Selain cacing darah, Anda juga bisa menggunakan cacing sutra sebagai alternatif makanan ikan guppy. Cacing sutra mengandung lemak dan protein yang sangat baik untuk ikan guppy. Kandungan gizinya terdiri dari protein sekitar 57%, lemak, serat kasar, air, dan abu.

Namun jika berencana ingin memberikan ikan guppy makanan ini, sebaiknya Anda membiarkan cacing sutra tersebut tersimpan di dalam air selama 24 jam. Dengan catatan, Anda mengganti airnya setiap 12 jam sekali. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui mana cacing yang sehat dan kurang sehat.

9. Pelet Super Guppy Color

pakan ikan guppy terbaik
https://s0.bukalapak.com

Pelet yang satu ini masih satu merk dengan Pelet Ocean Free Super Guppy. Perbedaannya terletak pada manfaatnya. Pelet ini bermanfaat untuk mutasi atau mempercantik warna ikan guppy dan membantu menjaga kesehatan ikan guppy dari penyakit ikan serta perubahan suhu.

Pelet ini sangat dianjurkan untuk diberikan pada ikan guppy bagi Anda yang ingin mempercantik ikan guppy yang Anda miliki. Harganya per 65 gr pelet adalah sekitar Rp75.000,00.

10. Jentik Nyamuk

makanan ikan guppy yang bagus
http://1.bp.blogspot.com

Jentik nyamuk banyak mengandung nutrisi yang sangat baik bagi pertumbuhan ikan guppy. Jentik nyamuk yang berukuran kecil dapat menjadi tambahan makanan bagi ikan guppy Anda.

Ingatlah untuk memberikan ikan guppy Anda makanan jentik nyamuk secukupnya. Tujuannya agar ikan guppy Anda tidak kecanduan karena jentik nyamuk kadang sulit didapatkan.

Ikan guppy termasuk jenis ikan omnivora. Mereka akan mengunyah apa saja yang Anda berikan kepada mereka. Selain memperhatikan jenis makanan yang tepat untuk ikan guppy, Anda juga perlu memperhatikan jadwal makannya. Jadwal makan yang optimal untuk ikan guppy adalah sekali atau dua kali sehari.

Jika suatu waktu Anda ingin pergi berlibur, maka tidak perlu khawatir soal makanan mereka karena ikan guppy dapat bertahan hidup tanpa makanan selama sekitar satu minggu. Namun semua tetap bergantung pada usia dan kesehatan, serta suhu air untuk menentukan berapa lama ikan guppy bisa bertahan tanpa makanan.

Jika senang memelihara ikan, mungkin Anda bisa mencoba budidaya ikan guppy. Ikan ini termasuk spesies ikan yang sangat mudah berkembang biak. Mereka juga beradaptasi dengan cepat di lingkungan mereka dan inilah yang membuat mereka sempurna untuk pemula yang ingin melakukan budidaya ikan guppy.

Ikan guppy tidak memerlukan kondisi hidup khusus dan makanan ikan guppy pun mudah ditemukan dan sangat terjangkau, sehingga biaya pemeliharaan mereka juga sangat murah. Budidaya ikan guppy tentunya akan menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Tinggalkan komentar