4 Jenis Pakan/Makanan Ikan Gurame Terbaik

Makanan ikan gurame – Kalau Anda adalah penggemar kuliner ikan, pasti familier dengan olahan gurame. Karena peminat yang banyak, maka ikan gurame punya peluang pembudidayaan yang besar. Untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas, makanan ikan gurame menjadi fokus para pembudi daya. Makin berkualitas seekor gurame, maka makin mahal pula harganya.

Di pasaran, harga ikan gurame per kilo dibanderol dari mulai Rp40.000,00. Cukup tinggi untuk ukuran harga ikan air tawar. Gurame juga termasuk ikan yang besar ukurannya, sehingga takaran sekilo hanya bisa hanya berisi satu ekor ikan.

makanan ikan gurame
http://eduagroindonesia.com

Harga tersebut adalah harga gurame segar dalam keadaan mentah. Untuk gurame matang bisa dijual dengan harga dua kali lipat bahkan lebih, tergantung dari jenis menu dan penjualnya. Namun meski cukup menguras kantung, gurame tetaplah menjadi primadona para pencinta kuliner.

Tak berlebihan memang ketika menjadikan ‘ikan mahal’ ini sebagai favorit. Meminjam istilah Pak Bondan, ikan ini bisa dibilang paling “Mak Nyuss!” di kalangan ikan air tawar. Dagingnya yang tebal, lembut, legit, dan gurih sangat memanjakan lidah.

Ikan gurame juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lain, seperti: lele, nila, dan ikan mas. Karena kadar proteinnya inilah, gurame baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Mahalnya harga ikan gurame juga disebabkan karena waktu budi dayanya yang tak singkat. Untuk menghasilkan gurame yang siap panen, dibutuhkan waktu berkisar antara delapan hingga sepuluh bulan.

Makanan Ikan Gurame Terbaik

Makanan terbaik yang dimaksud adalah pakan yang banyak mengandung nutrisi, agar ikan gurame cepat besar. Selain ukurannya yang cepat besar, saat panen pun menghasilkan ikan gurame yang berkualitas.

Gurame termasuk ikan omnivora. Ikan ini bisa memakan daun-daunan, layaknya vegetarian. Namun, gurame juga tidak menolak anak semut (kroto) dan ikan-ikan kecil lain, seperti ikan teri atau ikan rucah. Kekinian, banyak petani yang membuat pakan organik sendiri. Di samping lebih aman untuk ikan gurame, pakan organik juga menghemat biaya.

Kelengkapan nutrisi yang mesti ada pada makanan ikan gurame adalah protein nabati dan protein hewani secara seimbang. Asupan yang cukup dari kedua jenis protein tersebut membuat ikan gurame cepat besar. Pertumbuhan yang masif tentu saja akan menguntungkan petani karena dapat mempercepat masa panen.

Berikut adalah daftar empat jenis makanan ikan gurame terbaik. Pakan ini tidak saja membuat gurame cepat besar, tapi juga berkualitas.

1. Daun-Daunan

Layaknya hewan herbivora yang hidup di darat, gurame pun sangat menikmati memakan daun-daunan. Terbukti, jika Anda memberikannya daun talas atau daun sente/santhe, seberapa pun banyaknya, dalam waktu singkat dedaunan tersebut akan habis.

Ada aturan tersendiri saat Anda ingin memberikan makanan berupa daun-daunan ini kepada ikan gurame. Untuk daun yang banyak mengandung getah, hendaknya dijemur atau dilayukan terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan untuk menetralisasi racun yang terdapat pada getah daun, sehingga aman saat dimakan oleh ikan gurame. Metode ini jamak dipakai oleh petani-petani gurame di Jawa Barat. Perlu diingat bahwa, daun yang mengandung banyak getah diantaranya adalah daun singkong dan daun talas.

Demi kesehatan ikan gurame, Anda disarankan untuk menanam sendiri daun-daun pakan tersebut. Tujuannya agar mereka terbebas dari pestisida. Selain itu, Anda juga dapat menghemat biaya. Kelebihan lainnya, gurame bisa mendapatkan daun-daunan segar saat mereka makan nanti.

Beberapa jenis daun-daunan lain yang digemari oleh ikan gurame adalah daun kangkung, caisim, genjer, selada air, daun pisang, daun lamtoro, dan azolla. Daun pepaya kurang direkomendasikan karena daun tersebut disinyalir dapat merusak kantung telur pada gurame betina.

makanan ikan gurame biar cepat besar
https://i.ytimg.com

Cara pemberian makanan ikan gurame dari daun-daunan ini cukup mudah. Untuk daun yang tidak banyak mengandung getah, Anda cukup mencuci bersihnya, kemudian langsung ditebarkan di kolam gurame. Lain halnya dengan daun yang berukuran besar seperti daun pisang, sebaiknya dipotong-potong terlebih dulu.

2. Jagung Rebus

Makanan ikan gurame ini selain mengandung cukup protein nabati juga memiliki khasiat yang lain. Jagung rebus terbukti berkhasiat dalam mempercepat kematangan telur ikan atau gonade. Jika awalnya telur matang pada usia 45-60 hari, dengan pemberian jagung rebus secara intensif dapat matang pada usia 25-30 hari.

Percepatan dalam waktu kematangan telur tersebut juga pada akhirnya berdampak pada lamanya waktu pemijahan. Makin cepat telur matang, maka makin pendek waktu pemijahan. Dengan demikian juga mempercepat waktu panen, sehingga dapat menghemat banyak biaya.

Adapun takaran jagung rebus yang direkomendasikan adalah sebesar 3-5 persen dari berat badan ikan induk. Cara pemberian pakannya pun cukup mudah:

– Sediakan tempat berupa anyaman bambu berukuran 0,5×0,5m.
– Letakkan jagung rebus sesuai takaran di atas.
– Tenggelamkan tempat pakan tersebut sedalam 15cm dari permukaan kolam.

Pilihlah spot atau lokasi di mana ikan banyak berkumpul, di situlah lokasi paling strategis untuk menenggelamkan tempat pakan. Berikan jarak sekitar setengah meter dari tepi kolam.

3. Pelet

Selayaknya manusia, pelet merupakan makanan pokok untuk ikan gurame. Pelet berbentuk butiran-butiran yang terbuat dari gilingan campuran tepung dan ikan atau daging. Karena itu pelet mengandung protein hewani.

makanan ikan gurame yang bagus
http://www.rumahmesin.com

Saat membeli pelet, pilihlah pelet yang terapung. Ini untuk memudahkan ikan dalam memakannya. Sesuaikan juga ukuran pelet dengan besarnya mulut ikan. Nilai gizi sepatutnya menjadi perhatian Anda saat membeli pelet.

Perlu diketahui bahwa, pelet biasanya diberikan pada ikan gurame yang masih kecil atau disebut dengan benih. Takaran pelet yang direkomendasikan adalah 2% dari total bobot benih dalam satu kolam.

Berikan pelet sebanyak dua kali sehari, pada pagi dan sore. Ingatlah untuk tidak memberikan makanan secara berlebihan. Setiap satu kali sesi makan, perkirakan saja cukup untuk memenuhi 80% dari total kondisi kenyang ikan.

Bagaimana cara mengetahui kondisi tersebut? Perhatikan saja perilaku ikan. Jika mereka sudah mulai menjauhi makanan, itu tandanya mereka sudah cukup kenyang. Jadikan kondisi tersebut sebagai tolak ukur untuk menghitung takaran pelet pada sesi makan berikutnya.

Hindari memberikan makanan ikan gurame secara berlebihan. Selain boros, juga ada efek samping yang mengkhawatirkan. Makanan yang mengendap di dasar kolam dikhawatirkan menjadi tumpukan racun yang berbahaya bagi ikan.

Saat memberikan pelet pun, Anda tidak perlu menebarkannya di seluruh penjuru kolam. Sebarkan saja sedikit demi sedikit pada satu titik kolam. Pilihlah lokasi dimana ikan banyak berkumpul.

4. Hewan-Hewan Kecil

Jenis makanan ikan gurame terakhir adalah kelompok hewan-hewan kecil. Seperti namanya, jenis makanan ini mengandung banyak protein hewani. Jenis hewan kecil yang dapat diberikan pada ikan gurame adalah sebagai berikut:

  • Ikan teri
  • Ikan runcah
  • Keong
  • Siput
  • Cacing tanah
  • Belalang
  • Limbah udang
  • Anak semut (kroto)

Cara pemberiannya cukup mudah. Lemparkan saja pakan tersebut ke dalam kolam, maka ikan gurame akan langsung melahapnya. Namun ingat, kelompok pakan ini sebaiknya diberikan hanya kepada ikan gurame dewasa saja.

Demikianlah ulasan tentang makanan ikan gurame terbaik, yang dapat memberikan hasil ikan terbaik pula. Terakhir, sebagus apa pun makanan yang kita berikan, jika ikan gurame tidak dirawat secara optimal, hasilnya pun tidak akan baik. Jadi, konsistensi adalah kunci utama budi daya.

Tinggalkan komentar