Mengenal Jenis-jenis Makanan Ikan Louhan dan Cara Pemberiannya

Makanan ikan louhan – Ikan louhan adalah primadona di kalangan para pencinta ikan hias air tawar. Ikan yang terkenal mahal ini memang terlihat cantik dengan dahi kepalanya yang menonjol. Bila Anda ingin memelihara ikan ini, maka pahami dulu tata cara perawatannya, termasuk mengetahui jenis-jenis makanan ikan louhan.

Louhan termasuk ikan yang bisa melahap makanan apapun. Pakan untuk louhan sebenarnya tidak jauh berbeda dari ikan jenis lainnya, begitu pula cara dan waktu pemberian makanannya.

Akan tetapi agar pertumbuhannya maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Khususnya, bila Anda ingin melakukan budidaya ikan louhan.

Jenis Makanan Ikan Louhan

Seperti kebanyakan ikan lainnya, makanan untuk ikan louhan terdiri dari dua macam jenis, yaitu makanan alami dan buatan pabrik. Makanan alaminya adalah serangga atau hewan-hewan kecil, sedangkan makanan pabrikan biasanya berupa pelet.

1. Makanan Ikan Louhan Buatan Pabrik (Pelet Ikan)

Makanan ikan louhan
https://i1.wp.com

Pelet adalah makanan wajib bagi ikan louhan. Pasalnya, pelet sudah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan.

Selain itu, banyak produk pelet di pasaran yang diklaim bisa menambah keunikan louhan. Sebagai contoh, untuk memperbesar tonjolan di kepala, membuat pigmen tubuhnya lebih merah, atau merangsang pembentukan corak mutiara di tubuh ikan.

Perlu Anda pahami bahwa ikan louhan membutuhkan makanan dengan kandungan protein sebanyak 45-70%, lemak 3-6%, serta kandungan serat sebanyak 2-4%. Serat adalah komponen makanan yang sulit dicerna oleh ikan louhan, jadi pastikan memilih makanan dengan kandungan serat yang rendah.

Dari berbagai macam produk dan merk pelet yang beredar di pasaran, Anda juga harus teliti dengan komposisi bahannya. Pastikan makanan ikan louhan mengandung nutrisi yang memang dibutuhkan, termasuk mengandung spirulina, xantofil, serta astaxanthin  yang bisa memengaruhi warna ikan.

2. Makanan Ikan Louhan Alami

Makanan alami untuk ikan louhan adalah hewan-hewan kecil seperti serangga, cacing, atau hewan-hewan laut. Namun makanan alami yang dianggap baik bagi louhan adalah hewan yang memiliki astaxanthin (pigmen merah).

Alasannya adalah karena makanan seperti ini diyakini bisa membuat warna tubuh louhan menjadi lebih jelas dan bagus. Berikut adalah beberapa contoh makanan alami untuk ikan louhan:

Cacing Sutra

makanan ikan louhan biar jenong
https://ecs7.tokopedia.net

Cacing sutra adalah makanan yang paling sering diberikan pada ikan, termasuk pada louhan. Cacing ini berukuran kecil dan sangat lembut, sehingga mudah dimakan dan dicerna. Cacing sutra juga dianggap bagus untuk pertumbuhan louhan karena mengandung protein yang cukup tinggi.

Cacing Darah

makanan ikan louhan biar merah
https://pinkyrexa.files.wordpress.com

Walau dinamakan cacing, hewan ini sebenarnya adalah larva dari salah satu jenis nyamuk. Tapi karena penampilannya yang mirip cacing dan berwarna merah, pakan ini akhirnya disebut cacing darah atau bloodworm.

Cacing darah adalah salah satu jenis pakan yang sangat populer di kalangan para pencinta ikan. Di pasaran, cacing darah biasanya dijual setelah dibekukan agar louhan lebih mudah memakannya. Karena itulah makanan ikan louhan yang satu ini kerap disebut sebagai cacing beku.

Ulat Hongkong

pakan ikan louhan terbaik
https://i.ytimg.com

Salah satu jenis makanan yang juga sering diberikan pada ikan louhan adalah ulat hongkong. Ulat ini berukuran kecil dan pastinya memiliki kandungan gizi yang bagus untuk ikan.

Artemia

makanan ikan louhan kecil
https://farming.id

Artemia cocok dijadikan makanan untuk anakan ikan louhan. Artemia sendiri adalah sejenis udang laut yang berukuran sangat kecil. Karena kandungan nutrisinya yang tinggi dan mudah dicerna, artemia sering dijadikan pakan ikan maupun udang, khususnya dalam usaha pembenihan.

Udang

makanan ikan louhan supaya cepat besar
http://news.kkp.go.id

Udang termasuk hewan yang kaya protein sehingga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk louhan. Kandungan gizinya yang tinggi dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan ikan, sekaligus memperbesar tonjolan di kepala louhan.

Jangkrik

makanan ikan louhan biar cepat besar
https://4.bp.blogspot.com

Sama seperti udang, jangkrik juga merupakan pakan alami yang sudah umum dipakai untuk mempercepat pertumbuhan ikan. Jangkrik memiliki protein yang cukup tinggi dan dianggap bisa meningkatkan ukuran jenong pada kepala ikan louhan.

Kelabang

pakan ikan louhan yang bagus
https://i.ytimg.com

Walau tidak terlalu umum, ada sebagian orang yang memberi makan ikan louhan dengan kelabang. Mengingat kelabang adalah hewan yang cukup berbahaya, pastikan ikan louhan yang diberi makan sudah dewasa atau berukuran besar.

Cara Memberikan Makanan Ikan Louhan

Cara Memberikan Makanan Ikan Louhan
Cara Memberikan Makanan Ikan Louhan

Bagi Anda yang ingin memelihara atau melakukan budidaya ikan louhan, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar louhan bisa tumbuh dengan maksimal. Berikut adalah beberapa cara yang tepat untuk memberikan makanan pada ikan louhan:

1. Jenis Makanan Tergantung Usia

Seperti yang sudah diketahui, ada banyak jenis makanan yang bisa diberikan pada louhan. Namun, jenis pakan harus disesuaikan dengan ukuran atau usia ikan itu sendiri.

Untuk benih atau louhan yang masih kecil, makanan yang baik adalah makanan yang lembut dan mudah dicerna, misalnya artemia, cacing sutra, cacing darah, dan juga pelet berukuran kecil. Karena ikan kecil juga dalam tahap pertumbuhan, memberikan makanan dengan kandungan protein tinggi juga sangat disarankan.

Di sisi lain untuk louhan dewasa, pelet harus tetap diberikan sebagai makanan utama. Sesekali, Anda bisa menambagkan asupan berupa pakan alami.

2. Beri Makanan yang Beragam

Sama seperti manusia, ikan pun bisa bosan bila jenis makanannya selalu monoton. Bila sudah bosan, louhan biasanya tidak mau menyentuh makanannya lagi alias mogok makan. Kondisi seperti ini harus diwaspadai karena louhan bisa kekurangan nutrisi dan pertumbuhannya juga akan terganggu.

Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya hindari memberikan satu jenis makanan saja secara terus-menerus. Bila pelet adalah makanan pokok bagi ikan louhan, maka pakan alami bisa dibilang sebagai camilan yang harus sesekali diberikan.

Untuk makanan alami pun sebaiknya jangan hanya satu jenis. Pastikan Anda memberikan pakan berupa cacing, jangkrik, atau udang secara bergantian agar louhan tidak cepat bosan.

3. Waktu dan Jumlah Makanan yang Diberikan

Makanan ikan louhan biasanya diberikan sekitar 2-3 kali dalam sehari. Untuk masalah jumlah, hal ini tergantung pada beberapa faktor, mulai dari ukuran ikan, usia ikan, ukuran akuarium, serta kondisi air yang ada di dalamnya.

Misalnya Anda memiliki louhan dengan ukuran sekitar 20cm dan akan diberi pelet ukuran medium, maka jumlah yang diberikan untuk satu kali makan adalah sekitar 8-10 butir. Bila dalam sehari diberi makan dua kali, maka jumlah total pelet yang diberikan dalam satu hari adalah 16-20 butir.

Jumlah makanan tersebut sudah dianggap cukup untuk louhan. Akan tetapi bila Anda ingin agar louhan tumbuh lebih besar lagi, silakan meningkatkan jumlah makanan sebanyak 50%.

Meski begitu, menurut orang-orang yang sudah berpengalaman dalam budidaya ikan louhan, jumlah makanan yang tepat adalah 2% dari berat badan ikan tersebut.

4. Jangan Berlebihan Memberi Makan

Mengingat louhan memiliki nafsu makan yang tinggi, tak sedikit orang yang memberikan makanan dengan jumlah yang sangat banyak. Padahal tindakan ini justru harus dihindari.

Bila pakan diberikan terlalu banyak, maka akan ada beberapa makanan yang tidak termakan dan malah mengotori akuarium. Kondisi tersebut pasti akan mengganggu pertumbuhan ikan louhan.

Dari penjelasan di atas, Anda pasti sudah paham tentang bagaimana cara merawat ikan louhan dengan baik dan benar. Makanan ikan louhan memang menjadi salah satu kunci penting dalam hal perawatan. Jadi, pastikan Anda memberi pakan sesuai dengan waktu dan jumlah yang dibutuhkan.

Tinggalkan komentar