Jenis Makanan Ikan Mas Koki Berkualitas untuk Usaha Budidaya

Makanan ikan mas koki berkualitas tidak hanya membuat ikan merasa kenyang. Melainkan juga mempercepat pertumbuhan dan membuat warnanya lebih cantik. Ikan mas koki yang besar serta memiliki warna yang indah tentu harga jualnya jadi lebih tinggi. Jika Anda menginginkan informasi seputar makanan ikan mas koki yang berkualitas, maka simak artikel ini sampai usai.

Pola Pemberian Makanan Ikan Mas Koki

Sebagai ikan omnivora, ikan mas koki mau memakan apa saja, termasuk tanaman hias di dalam akuarium. Karena sifatnya yang tak dapat lepas dari pakan, Anda perlu menerapkan pola pemberian makanan yang tepat. Pola ini meliputi: cara pemberian pakan, pemilihan jenis pakan, dan kandungan nutrisi di dalamnya.

Jenis Makanan Ikan Mas Koki

Jenis makanan ikan mas koki terbagi menjadi pakan kering dan pakan hidup. Untuk lebih memahaminya, berikut adalah ulasan mengenai kedua jenis pakan ikan mas koki.

Pakan Kering

makanan ikan mas koki
https://www.rumahmesin.com

Pakan kering merupakan makanan ikan mas koki yang paling umum diberikan karena mudah didapatkan di toko ikan hias atau toko makanan hewan. Ada dua contoh pakan kering yang biasa digunakan yaitu, pelet dan serpihan. Pakan pelet sesuai untuk ikan mas koki dewasa karena dibuat sesuai dengan bentuk mulut ikan koki.

Pelet yang paling tepat untuk makanan ikan mas koki adalah pelet lele dan pelet udang. Pelet udang mengandung tepung udang yang memiliki kandungan mineral untuk membantu mencerahkan warna ikan. Sementara pelet lele mengandung protein hewani yang baik untuk pertumbuhan ikan.

Pelet akan tenggelam ke dasar akuarium, sementara serpihan mengambang di permukaan air. Baik pelet maupun serpihan memiliki keunggulan yang sama, yaitu praktis dan cukup sehat. Kekurangannya, serpihan yang tidak dimakan dapat mengotori akuarium.

Adapun untuk ikan mas koki yang berusia kurang dari 20 hari dapat diberikan makanan berbentuk tepung halus. Nutrisi di dalam pakan kering kurang dapat memenuhi kebutuhan ikan, sehingga tidak cocok dijadikan pakan utama.

Untuk pemberian pakan kering sebaiknya pakan direndam terlebih dahulu agar kandungan udaranya menghilang. Karena jika terlalu banyak menelan udara, maka ikan bisa mengalami masalah pada gelembung renang.

Pakan Hidup

Makanan ikan mas koki berupa pakan hidup memiliki kandungan protein yang lengkap. Pakan hidup juga merupakan makanan kesukaan ikan. Beberapa jenis pakan hidup antara lain:

1. Cacing Sutra

makanan kesukaan ikan mas koki
http://www.infopeternakan.com

Pakan ini tergolong ekonomis sebagai makanan ikan mas koki. Pemberian cacing sutra terbukti dapat menjadikan warna ikan mas koki lebih menarik.

Cacing sutra atau cacing rambut memiliki ciri berwarna merah dan hidup bergerombol. Biasanya cacing sutra hidup di dasar aliran air yang jernih seperti sungai atau saluran irigasi. Sepintas jika dilihat saat di dalam air, cacing ini terlihat seperti helaian rambut.

Cacing sutra sesuai untuk ikan mas koki muda, sebab di dalam tubuhnya terkandung nutrisi untuk pertumbuhan ikan. Sebaliknya, untuk ikan mas koki yang sudah siap dipijahkan tidak cocok diberikan cacing sutra. Sebab kandungan lemak di dalamnya dapat menyumbat saluran telur pada induk yang akan dipijah.

Cara pemberian makan dengan cacing sutra memerlukan perhatian khusus. Mula-mula cacing yang ditangkap harus direndam dengan air bersih terlebih dahulu hingga kotorannya hilang. Cacing yang tidak dimakan mesti dikeluarkan dari akuarium agar tidak berkembang biak dan mengganggu suplai oksigen di dalamnya.

Untuk berhemat, Anda pun bisa mengulturkan cacing sutra. Caranya adalah dengan membuat bak berukuran 4×4 m dilengkapi tutup di atasnya untuk melindungi dari sinar matahari. Kedua sisi bak diberi saluran untuk masuk dan keluar air. Kemudian masukkan pupuk kandang ke dasar bak sampai merata lalu alirkan air ke dalam kolam dengan arus pelan dan terus menerus.

Selanjutnya, masukkan bibit cacing ke dalam kolam dan biarkan selama 4 minggu. Setelah itu barulah cacing dapat dipanen dengan menyisakan sedikit demi sedikit agar ketersediaannya tetap terjaga. Ingat, sebelum memberikan cacing ini kepada ikan, Anda harus membilasnya terlebih dahulu dengan air bersih.

2. Kutu Air

makanan ikan mas koki agar cepat besar
https://s.kaskus.id

Kutu air sebenarnya merupakan udang renik cladocera. Jenis kutu air yang paling banyak dimanfaatkan untuk makanan ikan mas koki adalah Moina sp. dan Daphnia sp.

Jenis Moina sp. berwarna putih kehijauan dan mudah ditemukan ketika musim hujan. Sementara Daphnia berwarna merah dengan ukuran lebih besar daripada Moina dan mudah didapatkan ketika musim kemarau.

Kedua jenis kutu air berbentuk ‘mampat’ dan beruas-ruas, berukuran antara 0,5 sampai 3 mm, serta terdapat cangkang pada punggungnya. Makanan ikan mas koki ini sesuai untuk diberikan kepada anakan berukuran panjang 3-5cm.

Kutu air dapat dijumpai di genangan air, danau, atau rawa. Sama halnya seperti cacing sutra, Anda juga dapat mengulturkan kutu air sendiri di kolam atau bak fiberglass. Ukuran kolam yang ideal yaitu 4 x 6 meter berkedalaman 50 cm yang dibuat rata dengan permukaan tanah.

Kolam harus dikeringkan sebelum digunakan untuk kultur kutu air. Setelah bersih, kolam bisa diisi dengan air setinggi 30 cm. Air dapat dialirkan dari kolam budidaya ikan mas koki. Setelah diisi air, masukkan potongan jerami dan kotoran ayam kering yang dibungkus karung pelet dengan perbandingan jerami 0,2 g, kotoran ayam 0,2 g, dan 1 liter air.

Setelah air berubah warna menjadi kecokelatan, masukkan bibit kutu air ke dalam kolam. Dalam waktu satu minggu, kutu air akan berkembang biak dan siap dipanen. Pemanenan dapat dilakukan dengan seser kain kasa berbentuk kerucut dengan lubang berdiameter 0,5 mm.

Agar kutu air terus berkembang, ganti kotoran dua minggu sekali. Jika air sudah terlihat kotor, Anda dapat menyedotnya dengan pompa, kemudian lakukan kembali langkah pengulturan dari awal.

3. Jentik Nyamuk

pakan ikan mas koki yang bagus
https://4.bp.blogspot.com

Telur nyamuk yang sudah menetas akan menjadi jentik-jentik nyamuk. Inilah jenis pakan alami yang sangat disukai oleh ikan mas koki. Selain itu, jentik-jentik nyamuk juga mengandung nutrisi penting untuk perkembangan ikan. Waktu yang sesuai untuk pemberian jentik nyamuk ssebagai makanan ikan mas koki adalah menjelang masa pemijahan.

Jentik nyamuk mudah berkembang, sehingga menguntungkan bagi pelaku usaha budidaya ikan mas koki. Bahan pakan ini pun mudah didapatkan di genangan air seperti got, tempat penampungan air terbuka, dan kolam yang jarang dikuras.

Namun jentik nyamuk dari got berpotensi membawa penyakit, sehingga Anda harus memberikan antibiotik Para Amino Trifenil sebanyak 1 tetes untuk 6-8 liter air bersih. Anda pun mesti menampung jentik yang ditangkap terlebih dahulu di campuran air dengan antibiotik tersebut.

Anda juga bisa mengembangbiakkan jentik nyamuk sendiri. Caranya adalah dengan memanfaatkan kolam atau bak air yang diisi air limbah organik seperti air cucian beras atau bahan buangan kolam. Di atas kolam, bangun penutup setinggi 30-50 cm dari ijuk dan daun kelapa. Setelah tiga hari, Anda dapat memeriksa kolam.

Jika jentik-jentik sudah tersedia, Anda bisa melakukan pemanenan dengan seser kain kasa. Agar jentik-jentik selalu tersedia, berikan pakan di kolam berupa ragi atau susu yang sudah kedaluwarsa.

Berbagai jenis makanan ikan mas koki di atas dapat Anda berikan sesuai dengan usia ikan mas koki dan tahap perkembangannya. Agar usaha budidaya ikan mas koki Anda lebih menguntungkan, lebih baik jika menyediakan pakan sendiri daripada membelinya.

Tinggalkan komentar