9 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Manfaat ikan gabus – Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan tawar yang dapat ditemukan dengan mudah di perairan Indonesia seperti sungai, rawa, danau, bahkan sawah. Habitatnya yang mudah ditemukan serta kandungan nutrisi dan manfaat ikan gabus yang sangat banyak, membuat ikan gabus cukup populer.

Kepopuleran ini semakin bertambah dengan banyaknya penelitian yang membuktikan bahwa ikan gabus mengandung albumin paling tinggi daripada ikan lainnya. Albumin sendiri merupakan salah satu jenis protein dalam darah yang memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Menariknya lagi, protein ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi anak-anak dan orang dewasa, tapi juga untuk ibu hamil. Tingginya manfaat ikan gabus bagi kesehatan membuat banyak orang mulai melirik kesempatan untuk melakukan usaha budidaya ikan gabus. Apalagi, permintaan pasar pun terbilang tinggi untuk ikan gabus.

Sekilas, bentuk tubuh ikan gabus sangat mirip dengan ikan lele. Bahkan ikan gabus juga memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik seperti ikan lele, sehingga cocok untuk dibudidayakan. Perbedaan di antara ikan gabus dan lele terletak pada kumisnya. Ikan gabus tidak memiliki kumis dan warnanya tidak segelap ikan lele. Berikut ini adalah beberapa maanfaat ikan gabus bagi kesehatan:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

manfaat ikan gabus mempercepat penyembuhan setelah operasi
http://jualvitabumin.com

Lambatnya penyembuhan luka disebabkan oleh jaringan kulit yang terlalu lembab atau memiliki kadar trombosit yang rendah. Protein albumin yang terkandung dalam ikan gabus dapat mempercepat pertumbuhan sel-sel baru, sehingga luka dapat sembuh lebih cepat.

Selain itu, daging ikan gabus yang kaya akan kandungan protein albumin juga sangat bagus untuk proses penyembuhan luka pasca operasi, seperti perut dan bedah caesar. Albumin mampu membantu pembentukan sel dan jaringan baru di bagian tubuh yang telah rusak oleh operasi dan lainnya.

2. Sehat untuk Pencernaan

manfaat ikan gabus
http://portalsayur.com

Ikan gabus memiliki struktur daging yang empuk, sehingga dapat dicerna dengan mudah. Hal Ini karena kandungan protein dalam ikan gabus yang rendah kolagen. Kandungan protein kolagen dalam ikan gabus hanya sekitar 3% hingga 5% .

3. Sumber Protein bagi Wanita Hamil dan Janin

manfaat ikan gabus untuk bayi
https://img-global.cpcdn.com

Wanita hamil sering direkomendasikan untuk mengonsumsi banyak protein hewani seperti ayam, ikan, dan telur. Dari sekian banyak ikan air tawar, Ikan gabus termasuk ikan yang memiliki kandungan protein lebih tinggi dari ikan lainnya. Kandungan protein ikan gabus juga sangat bagus untuk pertumbuhan rahim ibu dan janin.

4. Meningkatkan Jumlah Albumin dalam Darah

manfaat ikan gabus untuk ibu hamil
http://www.besthealthmag.ca

Albumin adalah protein yang terkandung dalam jaringan plasma. Fungsinya untuk mengikat kandungan air dalam darah agar tidak bocor. Salah satu penyakit yang dapat terjadi akibat kekurangan Albumin adalah kaki bengkak.

Banyak makan daging ikan gabus yang mengandung albumin, tentu akan membantu meningkatkan jumlah albumin dalam darah. Dengan begitu, kaki bengkak Anda dapat sembuh lebih cepat.

5. Menjaga Kesehatan Mata

manfaat ikan gabus untuk kesehatan
http://www.solusisehatku.com

Jika ingin memiliki mata yang sehat, maka Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A. Sumber vitamin A tersebut tidak hanya dapat Anda peroleh dari sayuran seperti wortel, tapi juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan gabus.

Dalam 100 gram daging ikan gabus, ada 150 mg Vitamin A. Kadar tersebut akan sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata.

6. Mempertahankan Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

manfaat ikan gabus untuk anak
http://watchfit.com

Zat albumin berfungsi untuk menjaga kestabilan pengaturan cairan di dalam tubuh. Jika jumlah cairan di dalam tubuh tidak stabil atau menurun, maka protein yang dikonsumsi akan pecah. Hal ini menyebabkan protein tidak dapat berfungsi secara normal.

Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi ikan gabus untuk meningkatkan kembali kandungan albumin dalam tubuh.

7. Pembentukan dan Pertumbuhan Otot

manfaat ikan gabus bagi kesehatan
https://www.medisyskart.com

Beberapa orang ingin memiliki otot yang besar dan kuat. Sebagian besar dari mereka berusaha mewujudkannya dengan cara berolah raga. Selain olah raga, untuk memperbesar otot juga dibutuhkan pasokan nutrisi yang baik.

Nah, jika itu masalah yang sedang Anda hadapi saat ini, maka cobalah untuk mengonsumsi ikan gabus. Manfaat ikan gabus ini sangat banyak dan salah satunya dapat membantu pertumbuhan dan pembentukan massa otot. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan ikan ini di pasar dengan mudah karena cukup banyak orang yang melakukan budidaya ikan gabus.

Cobalah makan ikan gabus saat Anda sedang menjalankan program pembentukan otot. Ikan gabus yang mengandung protein dan rendah lemak dapat membantu Anda untuk membentuk massa otot yang sempurna, kuat, dan tidak kendur.

Dari 100 gram ikan gabus, Anda bisa mendapatkan 25,2 gram protein. Jumlah kandungan protein ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein per 100 gram yang ditemukan pada ayam, daging sapi, maupun telur yang hanya dibawah 20 gram. Kandungan protein yang tinggi akan banyak membantu Anda dalam proses pembentukan otot di tubuh.

8. Menaikkan Berat Badan

ikan gabus manfaatnya
https://www.medisyskart.com

Salah satu cara untuk menambah berat badan adalah makan dan istirahat yang cukup. Sebaiknya Anda perlu mengonsumsi banyak makanan yang mengandung protein hewani jika sedang menaikkan berat badan. Pasalnya, protein hewani sangat baik untuk menambah berat badan.

Kombinasi karbohidrat dan protein dapat memicu pertumbuhan sel. Namun, Anda juga perlu waspada terhadap lemak atau kolesterol jahat saat memilih makanan untuk program diet Anda. Salah satu makanan yang dapat Anda pilih adalah ikan gabus, karena dapat membantu untuk menambah berat badan tanpa kelebihan lemak.

9. Meningkatkan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh

manfaat ikan gabus untuk tulang
https://www.americaninno.com

Anda akan memiliki daya tahan tubuh yang baik ketika memperhatikan pola makan dan pasokan nutrisi di dalam tubuh. Salah satu vitamin yang sangat berguna untuk kekebalan tubuh adalah Vitamin B1. Berita baiknya, salah satu manfaat ikan gabus adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena ikan gabus mengandung Vitamin B1.

Pastikan Anda juga mengetahui cara terbaik untuk mengolah daging ikan gabus. Bila salah dalam proses pengolahan, bukan tidak mungkin nilai nutrisi di dalam ikan akan rusak. Alih-alih mendapatkan manfaat dari memakan ikan gabus, Anda malah bisa kehilangan potensi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika ingin memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, maka ada baiknya Anda mengonsumsi ikan gabus secara teratur. Dengan begitu, tubuh Anda tidak rentan terhadap berbagai penyakit akibat perubahan cuaca maupun faktor lainnya.

Manfaat ikan gabus bagi kesehatan memang banyak. Sebagian manfaatnya juga telah disebutkan di atas. Namun, ada juga beberapa manfaat lain dari ikan gabus seperti, untuk memperbaiki gizi buruk, membantu penyembuhan anak autis, asupan baik untuk penderita diabetes, stroke, hepatitis, dan masih banyak lagi yang lain.

Anda dapat mengonsumsi ikan gabus sebanyak 2 kg ikan per hari selama 8 hari untuk meningkatkan kadar albumin agar mencapai standar ideal albumin dalam tubuh yaitu 3,5-5 g/dl. Banyaknya manfaat ikan gabus bagi kesehatan patut membuat Anda semakin yakin untuk mulai mengonsumsinya.

Tinggalkan komentar