Segudang Manfaat Ikan Lele bagi Kehidupan Manusia

Manfaat ikan lele – Lele adalah salah satu jenis ikan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Dibandingkan jenis ikan lainnya, lele termasuk ikan konsumsi dengan harga yang relatif murah. Walau begitu jangan pernah meremehkan lele karena ada banyak manfaat ikan lele yang mungkin belum Anda ketahui.

Sayangnya, sempat beredar isu bahwa ikan lele adalah ikan yang tidak layak dikonsumsi karena bisa menyebabkan penyakit. Apakah ini fakta atau sekadar hoax? Untuk mengetahui kebenarannya, Anda harus tahu lebih dulu tentang kandungan gizi dan manfaat sebenarnya dari ikan tersebut.

Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan

manfaat ikan lele
https://i.ytimg.com

Ikan lele dikenal memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, karena itu lele sering dianggap sebagai salah satu jenis makanan yang menyehatkan. Tak hanya protein, ada banyak nutrisi yang terkandung dalam lele yang juga baik untuk tubuh.

Dengan segala manfaatnya yang menguntungkan, tak heran bila lele disukai oleh banyak orang dan budidaya ikan lele pun terus menjamur. Berikut adalah beberapa manfaat lele yang patut untuk Anda ketahui:

Meningkatkan Massa Otot

Lele termasuk salah satu sumber protein yang sangat baik. Dalam 1 ekor lele, terdapat sekitar 15,6 gram protein yang berguna dalam pembentukan otot. Selain itu, protein juga punya peran penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Membantu Pertumbuhan

Lele mengandung banyak sekali asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan. Beberapa di antaranya adalah lisin, leusin, dan metionin yang kadarnya justru lebih tinggi dari telur dan daging. Asam amino inilah yang punya peran penting dalam pertumbuhan sekaligus mencegah kerusakan di dalam tubuh.

Menurunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat ikan lele yang selanjutnya berkaitan erat dengan kesehatan jantung manusia. Dari dulu ikan memang dikenal sebagai makanan yang baik karena mengandung asam lemak tak jenuh, begitu pula dengan lele.

Lemak tak jenuh terbukti memiliki peran penting dalam tubuh, khususnya dalam menjaga sistem kardiovaskular. Asam lemak tak jenuh dapat menurunkan kolesterol jahat yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

Sebaliknya, lemak tak jenuh justru meningkatkan high density lipoprotein (HDL) yang merupakan kolesterol baik bagi tubuh.

Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium yang terdapat pada ikan lele membantu meningkatkatkan kepadatan tulang. Selain kalsium, lele juga memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi serta baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ikan lele mengandung banyak sekali vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari vitamin A, B1, B6, hingga vitamin D. Vitamin-vitamin inilah yang bisa meningkatkan kesehatan sekaligus memperbaiki daya tahan tubuh. Bila sistem imunitas selalu terjaga, maka tubuh juga akan lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Baik untuk Otak dan Menurunkan Resiko Diabetes

Ikan lele kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh ganda berupa Omega 3 dan Omega 6. Kedua asam lemak ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena berguna dalam pertumbuhan sel dan meningkatkan fungsi otak.
Omega 3 juga dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan menghambat pembentukan plak yang bisa menyumbat pembuluh arteri. Kalau Omega 6 berperan besar dalam mengendalikan gula darah sehingga mampu menurunkan resiko penyakit diabetes.

Manfaat Ikan Lele Versus Isu Penyebab Penyakit

manfaat ikan lele bagi manusia
https://i2.wp.com

Lele memang memiliki banyak manfaat, tapi Anda mungkin pernah mendengar isu yang menyebutkan bahwa lele bisa menyebabkan penyakit. Apalagi bila dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, lele memang terkesan jorok dan identik dengan kolamnya yang kotor.

Kondisi tersebut membuat lele dituding sebagai jenis ikan yang tidak layak untuk dikonsumsi. Perlu dipahami bahwa ikan lele memiliki kandungan gizi yang sangat baik, bahkan bisa berguna untuk melawan penyakit.

Daging ikan lele juga tidak mengandung zat racun atau zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Jadi, isu yang mengatakan bahwa ikan lele bisa menyebabkan penyakit adalah tidak benar.

Akan tetapi, manfaat ikan lele hanya bisa Anda dapatkan apabila lele yang dimakan adalah lele yang berkualitas. Maksud dari berkualitas adalah lele tersebut dibudidayakan dengan cara yang baik dan benar, tidak berpenyakit, dan mendapat asupan makanan yang baik pula.

Lele hanya akan membahayakan kesehatan apabila lele yang dimakan berasal dari perairan yang tercemar. Biasanya lele seperti ini adalah jenis lele liar, bukan dari peternakan atau hasil budidaya.

Sementara di Indonesia, kebanyakan lele yang dijual di pasaran adalah hasil budidaya peternak ikan yang kualitasnya cukup terjamin. Apalagi bila peternakan lele tersebut sudah mengantongi sertifikat CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik), maka Anda tidak perlu cemas dengan kualitas lele yang Anda makan.

Manfaat Ikan Lele bagi Lingkungan

Manfaat Ikan Lele bagi Lingkungan
https://image.ibb.co

Manfaat lele bagi kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi, tapi tahukah Anda bahwa ikan lele juga punya peran penting dalam menjaga lingkungan? Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat dari memelihara ikan lele.

Budidaya Ikan Lele Bisa Mengurangi Hama Padi

Di Indonesia sudah banyak petani yang menerapkan sistem mina padi, yaitu menanam padi dan digabungkan dengan budidaya ikan. Dari sekian banyak jenis ikan air tawar, lele termasuk salah satu ikan yang bisa dibudidayakan di area persawahan.

Penerapan mina padi dengan ikan lele tentunya memiliki banyak manfaat. Selain efisiensi lahan dan menghemat biaya produksi, keberadaan lele juga dapat mengurangi hama yang biasa menyerang tanaman padi.

Mengurangi Pencemaran Dengan Sistem Longyam

Longyam merupakan singkatan dari balong (kolam) dan ayam. Istilah ini sering digunakan peternak untuk menyebut penggabungan budidaya ikan lele dan ayam. Dalam sistem longyam, kandang ayam biasanya dibangun di atas kolam, jadi kotorannya akan langsung jatuh ke kolam dan dimakan oleh ikan lele.
Karena kotoran ayam langsung dijadikan pakan, maka kandang ayam bisa lebih bersih dan mengurangi pencemaran lingkungan.

Membasmi Jentik Nyamuk

Manfaat ikan lele berikutnya adalah sebagai pembasmi jentik nyamuk yang biasa hidup di air tenang seperti kolam dan rawa. Mengingat nyamuk sangat berbahaya bagi manusia, maka lele bisa jadi solusi untuk mengurangi perkembangbiakan nyamuk.

Apabila di tempat tinggal Anda terdapat kolam yang tidak terpakai tapi selalu tergenang air, atau rumah Anda berdekatan dengan rawa, ada baiknya bila Anda melepas ikan lele di tempat-tempat tersebut. Lele dipastikan akan memangsa jentik-jentik nyamuk sehingga lingkungan Anda bisa lebih aman dari serangan penyakit.

Solusi Mengurangi Hama Tanaman

Hasil pertanian dan perkebunan kadang kurang maksimal karena gangguan hama. Hama yang dimaksud, bisa berupa keong mas dan bekicot. Kedua jenis siput ini termasuk salah satu makanan alternatif bagi ikan lele.

Jadi, jika semakin banyak peternak lele yang membutuhkan keong dan bekicot, maka hama tanaman pun bisa berkurang. Petani pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui penjualan keong dan bekicot.

Itulah beberapa manfaat ikan lele yang patut Anda ketahui. Walau terkesan kotor, lele ternyata memberikan banyak keutungan bagi manusia. Anda juga tidak perlu ragu mengonsumsi ikan lele. Selama lele yang dimakan memiliki kualitas yang baik, Anda bisa menyantap lele kapan saja.

Tinggalkan komentar