10 Manfaat Memelihara Kucing Beserta Alasannya

Kucing memang dikenal sebagai hewan peliharaan yang lucu. Selain menggemaskan karena tingkah dan kelakuannya yang bersahabat dengan manusia, ternyata memelihara kucing juga mempunyai manfaat bagi pemiliknya.

Tentunya bukan dengan asal memelihara ya. Menghadirkan kucing dalam rumah bagi sebagian orang seperti menghadirkan keluarga baru. Kasih sayang serta perhatian dari pemilik pun harus diutamakan. Berikut beberapa alasan serta manfaat dari memelihara kucing yang berhasil admin hewanpeliharaan.info kumpulkan dari berbagai sumber, serta beberapa diantaranya merupakan pengalaman admin sendiri.

Alasan Serta Manfaat Memelihara Kucing Dirumah

manfaat memelihara kucing
manfaat memelihara kucing : unsplash.com

1. Dengan memelihara kucing dirumah kita memiliki teman untuk bermain

Disaat senggang atau disela-sela kesibukan kerja terkadang kita mengalami kejenuhan dan membutuhkan teman untuk bermain. Terlebih pada tanggal-tanggal tertentu, disaat uang di dompet sudah menipis dan tidak bisa jalan-jalan keluar apalagi ke mall maka bermain dengan kucing dirumah sebagai solusinya.

Mengajaknya ke halaman rumah dengan mainan tikus-tikusan atau sekedar membawa kemoceng bulu ayam kita sudah dapat bermain dengan kucing kesayangan kita.

2. Memelihara kucing dapat menghilangkan stres dan beban pikiran

Hampir sama dengan poin diatas, bermain dengan kucing selepas pulang kerja akan mengurangi beban pikiran yang ada. Melihat kucing berlarian atau mendekat manja ke arah kita tentu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya. Seakan beban kerja seharian akan hilang dengan melihat kecerian si kucing kesayangan.

3. Kucing hewan peliharaan yang dapat berburu tikus dirumah kita

Sebagian dari kita pasti tahu dan pernah menonton film Tom and Jerry. Di film kartun tersebut si kucing Tom selalu mengejar-ngejar si tikus Jerry. Seakan dua makhluk ini tidak pernah bisa bersatu. Memang sudah kodratnya kucing akan takut pada kucing, walaupun tidak sedikit juga kucing yang takut pada tikus hehehe.

Setidaknya keberadaan kucing dirumah kita akan membuat takut tikus yang akan masuk. Lebih-lebih bila kucing kesayangan kita memang memang handal untuk berburu tikus.

4. Kehadiran kucing dapat menjadi teman yang setia bagi pemiliknya

Seekor kucing akan mengenal siapa pemiliknya. Terlebih bila kita merawatnya dengan baik, seakan kucing tahu perasaan sang pemilik. Bila kita sedang sedih atau sakit terkadang kucing akan berada mendekati kita seakan ingin menghibur.

Dan yang terpenting, kucing tidak akan mengkhianati pemiliknya. Kecuali memang bila kita sebagai pemilik tidak mengurusnya dengan benar. Sama seperti anjing, kucing akan selalu setia dengan pemiliknya.

5. Kucing dapat mendeteksi apabila ada orang asing memasuki rumah

Sama seperti anjing yang akan menggonggong ketika ada orang asing masuk kedalam rumah kita, kucing juga mempunyai respon mengeong-ngeong. Kucing dapat mendeteksi apabila ada orang asing masuk kedalam rumah, hal ini bermanfaat bagi kita disaat kita tidak terjaga. Tentunya hal tersebut dapat menjadi “alarm” apabila ada pencuri yang mencoba masuk kerumah kita.

6. Selain berburu tikus, kucing kesayangan kita juga dapat berburu serangga seperti kecoa

Kucing itu hewan yang paling tidak bisa melihat serangga, jika ada kupu-kupu atau capung dirumah pasti langsung ditangkap. Jadi selain dimanfaatkan untuk berburu tikus, kucing kesayangan kita juga dapat dimanfaatkan berburu kecoa. Jangan heran bila kita memelihara kucing tiba-tiba ada kecoa yang sudah mati dilantai, mungkin itu ulahsi kucing kesayangan kita.

7. Kucing merupakan hewan yang paling bersih

Salah satu alasan memelihara kucing adalah ternyata kucing ini adalah hewan paling bersih, kita hanya cukup menyediakan pasir di litter box maka kucing akan buang air disana. Jadi kotoran kucing tidak akan berceceran dikandang. Berbeda dengan hewan lain yang tidak mengenal tempat buang airnya. Selain itu, menurut penelitian bahwa lidah kucing ternyata negatif berkuman.

8. Menghadirkan rasa peduli dengan sesama

Dengan memelihara kucing dirumah kita belajar mengasihi dan menyayangi. Walaupun hanya kepada binatang namun hal tersebut diharapkan dapat tercermin kedalam kehidupan kita sehari-hari terhadap sesama. Karena kepedulian itu terkadang harus dimulai dari hal-hal kecil.

Selain itu kita juga dituntut untuk bertanggung jawab terhadap kucing kesayangan kita, dan tanggung jawab tersebut harus konsisten kita lakukan setiap hari. Mulai dari memberikan makan dan minum, membersihkan kotoran dari kotak pasirnya, memandikan, memberikan vaksin.

9. Kucing menjadi ajang silaturahmi dan mencari teman

Dengan berkembangnya media informasi, kita sebagai pemilik kucing akan sangat mudah menemukan komunitas-komunitas pecinta kucing di internet. Banyak sekali forum-forum pecinta kucing di facebook maupun kaskus. Dari sana kita dapat mengenal member-member yang mempunyai kesamaan sebagai pecinta kucing dan juga dapat berbagi tips-tips perawatan kucing.

Ada beberapa forum yang rajin mengadakan pertemuan membernya, hal ini tentu akan menjadi ajang silaturahmi dan mencari teman. Kita bisa sharing tentang perawatan kucing, informasi-informasi mengenai vaksin kucing, mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis kucing yang ada di Indonesia, yang tentunya akan menambah pengetahuan kita tentang hewan lucu ini.

10. Kucing bisa menjadi salah satu sumber pendapatan

Poin yang terakhir ini memang sedikit berbeda dengan poin-poin sebelumnya, karena berhubungan dengan faktor ekonomi. Ternyata tidak sedikit orang menjadikan kucing sebagai penghasil uang, mereka biasanya menggunakan kucing untuk diternakan. Karena beberapa jenis kucing ras mempunyai harga yang tinggi dan hal ini dimanfaatkan sebagai ladang bisnis.

Bayangkan biaya untuk adopsi kucing maine coon asli saja berkisar antara 12 juta sampai dengan 15 juta, itu untuk kucing yang sudah memiliki sertifikat resmi. Apalagi harga untuk kucing yang sudah memenangkan kontes, harganya pasti bisa selangit 🙂

Manfaat memelihara kucing yang jarang diketahui oleh banyak orang

Selain 10 manfaat diatas ada beberapa alasan ilmiah dari manfaat kita memelihara hewan lucu ini dirumah diantaranya adalah menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan karena dengan memelihara kucing dapat menurunkan perasaan stres, dimana hal tersebut juga akan berdampak pada penurunan resiko kardiovaskular.

Selain menurunkan resiko terkena penyakit jantung, memelihara kucing juga dapat membantu anak autis. Karena anak dengan autisme mempunyai kesulitan untuk berinteraksi. Dengan memelihara kucing, hal tersebut akan membantu anak dengan autisme meningkatkan interaksi sosialnya.

Selain manfaat diatas, memelihara kucing juga akan membawa energi positif bagi pemiliknya. Kok bisa ya? Coba perhatikan tingkah lucu anak kucing yang bermain, kebanyakan dari pemilik kucing tersebut pasti akan tertawa.

Respon tawa tersebut dapat menurunkan perasaan negatif yang ada di pikiran pemilik kucing. Hal tersebut akan membawa energi positif yang tentunya juga sangat baik bagi kesehatan kita sebagai pemiliknya.

Demikian sedikit informasi dari hewanpeliharaan.info tentang alasan kita memelihara kucing dan manfaatnya. Walaupun kita mempunyai seribu alasan memelihara kucing dan seribu manfaat dari kucing peliharaan kita, tetap saja seribu manfaat dan seribu alasan itu akan percuma jika kita tidak merawat dan memelihara kucing kesayangan kita dengan sebaik-baiknya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Salam dari kami admin hewanpeliharaan.info

Tinggalkan komentar