Aneka Kreasi Olahan Ikan Gabus untuk Keluarga

Olahan ikan gabus – Sebagai istri dan ibu yang baik, tentunya Anda ingin bisa menyajikan makanan yang sehat untuk seluruh anggota keluarga, bukan? Nah, mungkin Anda bisa mencoba untuk mengolah ikan gabus sebagai menu santapan keluarga. Selain memiliki kandungan gizi yang baik, olahan ikan gabus juga relatif mudah dibuat.

Ikan gabus sangat baik di konsumsi, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Biasanya setiap bulan anak-anak akan dibawa ke posyandu untuk dianalisa tinggi dan berat badannya, bukan?

Jika tinggi dan berat badan anak kurang optimal, maka pihak Posyandu akan menyarankan Anda untuk meningkatkan kualitas gizi makanan yang anak butuhkan. Oleh karena itu, peran Anda sebagai ibu sangat dibutuhkan di sini. Solusi untuk masalah Anda mungkin dapat diatasi dengan menambahkan menu olahan ikan gabus ke dalam daftar masakan untuk keluarga.

Anda juga tidak perlu takut kesulitan mencari ikan gabus karena banyak sekali orang yang beternak atau melakukan budidaya ikan gabus, sehingga ikan ini dapat dijumpai dengan mudah di pasar. Berikut ini kami berikan beberapa resep olahan ikan gabus yang dapat Anda praktikkan di rumah.

1. Sayur Asam Ikan Gabus

olahan ikan gabus
https://waifu2x.booru.pics

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan menu sayur asam, bukan? Ikan gabus bisa menjadi salah satu campuran ke dalam menu sayuran ini. Olahan ikan gabus ini adalah hidangan yang tidak terlalu pedas sehingga sangat pas untuk buah hati Anda.

Bahan-Bahan Sayur Asam Ikan Gabus:

– 1 buah wortel
– 100 gr buncis
– 3 potong ikan gabus
– 1 biji cabe hijau
– 1 biji tomat
– 1 biji jeruk nipis
– 3 siung bawang putih
– 5 siung bawang merah
– 1 lembar daun salam
– 2 cm laos, geprek
– 250 ml air
– Kaldu jamur atau kaldu lain secukupnya
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya
– Minyak secukupnya

Cara Memasak:

  1. Bersihkan seluruh sisik ikan gabus dan keluarkan isi perutnya. Lalu cuci dan bilas ikan gabus hingga bersih. Setelah itu, berilah perasan air jeruk nipis sedikit.
  2. Potong-potong bawang merah, bawang putih, dan cabe hijau
  3. Siapkan wajan dan masukkan minyak. Panaskan minyak hingga merata lalu tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe, masukkan juga daun salam dan laos. Tumis hingga harum.
  4. Masukkan ikan gabus ke dalam tumisan bumbu, aduk-aduk sebentar
  5. Setelah itu, masukkan tumisan ikan dan air ke dalam panci. Masukkan juga sayuran seperti wortel, buncis, kaldu, jeruk nipis, garam, dan gula secukupnya.
  6. Cicipi rasanya apakah sudah pas. Jika belum, Anda bisa menambahkan garam atau gula lagi. Masukkan irisan tomat ketika sayur sudah mulai matang. Angkat dan sajikan.

2. Ikan Gabus Goreng Keluak

resep olahan ikan gabus
https://img-global.cpcdn.com

Olahan ikan gabus ini sudah sangat terkenal dan populer karena rasanya yang nikmat dan sangat lezat. Cita rasanya yang unik, membuat menu ini memiliki cukup banyak penggemar. Jika Anda ketagihan dengan hidangan ini dan tertarik ingin memasaknya sendiri di dapur, coba saja praktikkan resep ini. Berikut ulasannya.

Bahan-Bahan Ikan Gabus Goreng Keluak:

– Minyak goreng secukupnya
– Ikan gabus 4 ons
– Masako 1 sachet
– Garam ½ sdm
– Gula pasir ½ sdt
– Air putih 500 ml

Bumbu-Bumbu:

– Serai 1 batang
– Bawang merah 4 siung
– Bawang putih 2 siung
– Cabai merah besar 4 buah
– Keluak 3 buah
– Lengkuas 2 ruas jari
– Jahe 2 ruas jari
– Kencur 2 ruas jari
– Kunyit 2 ruas jari
– Daun salam 2 lembar
– Jeruk nipis 2 buah
– Terasi 1sdt.

Cara Memasak:

  1. Bersihkanlah seluruh sisik ikan dan keluarkan seluruh isi perutnya. Cuci dan bilaslah ikan gabus hingga bersih. Pastikan ikan benar-benar bersih dari sisik dan isi perut.
  2. Pisahkan badan ikan gabus dari kepalanya karena kepala ikan tidak akan digunakan.
  3. Keratlah badan ikan gabus supaya bumbunya dapat merasuk dengan mudah.
  4. Lumuri tubuh ikan gabus dengan 2 buah jeruk nipis serta ¼ sdm garam hingga rata. Setelah itu diamkan selama 10 menit.
  5. Seraya menunggu ikan gabus didiamkan selama 10 menit, Anda dapat mulai membuat bumbunya dengan mengeluarkan keluak dari kulitnya lalu mencampurkannya dengan semua bumbu ikan gabus di atas, kecuali lengkuas, serai, dan daun salam. Lalu haluskan semua bumbu yang telah dicampur tesebut.
  6. Setelah didiamkan 10 menit, siapkan wajan dan tuangkan minyak ke dalamnya. Panaskan minyak hingga panasnya merata. Setelah itu, goreng ikan gabus hingga matang dan kering dengan rata. Tiriskan.
  7. Setelah itu, masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan serta lengkuas, serai, dan daun salam ke dalam minyak goreng dengan api sedang. Tumis bumbu hingga mengeluarkan bau harum.
  8. Tuang 500 ml air ke dalam wajan. Aduk-aduk agar bumbu dan air dapat merata dengan baik. Tunggu hingga air mendidih. Setelah air mendidih, masukkan ikan gabus ke dalam wajan. Tambahkan ¼ sdt gula pasir dan ¼ sdm garam ke dalamnya. Aduk hingga rata.
  9. Setelah semua bumbu meresap dengan baik, maka ikan gabus keluak pun siap diangkat dan disajikan.

3. Nugget Ikan Gabus

olahan ikan gabus untuk anak
https://img-global.cpcdn.com

Hidangan ini sangat cocok sebagai lauk maupun camilan untuk si kecil. Menu ikan gabus ini cocok bagi Anda yang khawatir akan ada duri ikan yang mungkin tanpa sengaja tertelan oleh anak. Cara memasaknya pun cukup mudah. Berikut adalah resepnya.

Bahan-Bahan Nugget Ikan Gabus:

– Ikan gabus giling 250 gr
– Bawang merah halus 1 sdm
– Bawang putih halus 1 sdt
– Wortel kecil 1 buah, haluskan
– SKM 2 sdm
– Tepung terigu 4 sdm
– Telur 2 butir

Cara Memasak:

  1. Campur ikan, bawang putih, bawang merah, dan wortel. Aduk rata dan tambahkan SKM serta 3 sdm tepung terigu. Aduk-aduk lagi hingga merata lalu tambahkan 1 butir telur. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  2. Lapisi loyang dengan plastik agar adonan tidak lengket. Setelah itu, tuang adonan ke dalam loyang. Kukus sampai matang. Pastikan nugget ikan gabus matang dengan menusuk adonan nugget. Jika bekas tusukan bersih, berarti nugget sudah matang dengan sempurna. Angkat dan diamkan hingga dingin lalu masukan ke dalam freezer.
  3. Setelah 1 jam, keluarkan nugget dan potong-potong.
  4. Pecahkan 1 butir telur di mangkok dan kocok hingga rata. Siapkan wadah lain dan masukkan 1 sdm tepung terigu. Celupkan tiap potongan nugget ke dalam telur lalu guling-gulingkan di wadah berisi tepung terigu.
  5. Goreng hingga kecoklatan.

Itulah beberapa resep olahan ikan gabus yang dapat Anda coba dirumah. Resep manapun yang Anda pilih, rasa dari ikan gabus ini pasti tidak akan mengecewakan hati. Jadi, olahan ikan gabus mana yang ingin Anda coba terlebih dahulu?

Tinggalkan komentar