Berbagai Olahan Ikan Lele yang Lezat dan Bergizi

Olahan ikan lele – Bila ditanya tentang olahan ikan lele, Anda mungkin akan langsung membayangkan menu pecel lele. Sebagai ikan konsumsi, lele memang lebih sering dijadikan ikan goreng ketimbang diolah menjadi makanan lain. Padahal, ada banyak jenis makanan yang bisa dibuat dengan bahan dasar ikan bersungut ini.

Olahan Ikan Lele Bernilai Jual Tinggi

olahan ikan lele
https://image.ibb.co

Walau harga lele tergolong lebih murah dari jenis ikan lainnya, bukan berarti kualitasnya murahan. Selain tak kalah lezat, lele diketahui kaya akan kandungan gizi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dengan segala kelebihannya, tak heran bila ikan lele memiliki nilai jual tinggi setelah diolah menjadi berbagai macam makanan. Di Indonesia, lele sering diolah menjadi beragam masakan yang lezat, tapi ikan lele juga bisa diolah menjadi makanan lain yang lebih unik.

Salah satu olahan ikan lele yang unik adalah stik dari duri ikan lele. Olahan ikan lele ini jarang ditemukan, tetapi karena keunikannya inilah produk tersebut jadi punya nilai jual yang tinggi.

Seiring berjalannya waktu, makin banyak orang yang berinovasi untuk menciptakan makanan-makanan baru dari ikan lele. Ini membuktikan bahwa lele adalah jenis ikan yang cocok untuk dijadikan makanan apa pun, sekaligus menunjukkan bahwa ikan lele semakin diminati oleh banyak orang.

Jadi, bila Anda berencana untuk melakukan budidaya ikan lele atau berbisnis makanan berbahan utama lele, maka jangan ragu untuk segera memulainya. Permintaan pasar terhadap ikan lele segar cenderung meningkat, begitu pula dengan bermacam olahannya.

Macam-Macam Olahan Ikan Lele

Ikan lele bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, mulai dari dijadikan lauk sebagai teman makan nasi hingga makanan ringan. Berikut ini adalah beberapa contoh olahan dari ikan lele yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia.

1. Aneka Masakan Ikan Lele

aneka olahan ikan lele
http://www.pengusahasukses.com

Karena dagingnya yang lembut dan gurih, ikan lele dapat diolah menjadi bermacam-macam masakan. Salah satu yang paling mudah dibuat adalah pecak lele atau pecel lele. Ikan lele cukup direndam dengan bumbu lalu digoreng, kemudian disajikan dengan sambal dan lalapan.

Contoh olahan lain yang tak kalah populer adalah masakan mangut lele khas Jawa Tengah, lele rica-rica, balado lele, gulai lele, dan masih banyak lagi.

2. Kerupuk Lele

aneka produk olahan ikan lele
https://2.bp.blogspot.com

Membuat kerupuk dengan campuran daging ikan memang sudah biasa dilakukan. Ikan lele juga termasuk bahan yang cocok untuk dijadikan kerupuk. Daging ikan lele tanpa duri biasanya dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung, telur, dan berbagai bumbu, kemudian diolah seperti membuat kerupuk pada umumnya.

Saat ini sudah banyak produk kerupuk lele yang dijual di pasaran. Selain rasanya yang gurih dan enak, kerupuk ini pastinya juga mengandung nutrisi tambahan yang berasal dari daging ikan lele.

3. Kerupuk Kulit Lele

hasil olahan ikan lele
https://www.rumahmesin.com

Saat memasak atau mengolah lele, daging merupakan komponen utama yang dipakai sehingga ada beberapa bagian yang dibuang. Salah satu bagian yang terbuang adalah kulit ikan lele. Mulai saat ini, jangan buang kulit lele karena bagian tersebut justru bisa dijadikan makanan ringan yang juga laris di pasaran.

Kulit ikan lele bisa diolah menjadi rambak atau kerupuk kulit. Cara membuat olahan ikan lele ini juga cukup mudah, tapi sebelumnya kulit lele harus direndam dulu dengan kapur sirih agar kulit bisa lebih keras/kaku. Setelah direndam dengan kapur sirih, kulit dibersihkan dan dijemur hingga kering.

Proses selanjutnya adalah merendam kulit dengan larutan bumbu bawang putih. Setelah direndam sekitar 10 menit, kulit kembali dikeringkan dengan cara dijemur. Bila sudah kering, kulit ikan lele bisa langsung digoreng dengan minyak panas hingga mengembang,

4. Stik Duri Ikan Lele

produk olahan ikan lele
http://anekaolahanlelematrix.co.id

Duri atau tulang juga jadi bagian dari ikan lele yang sering dibuang begitu saja. Sama halnya dengan kulit, duri ikan lele juga bisa diolah menjadi makanan ringan yang lezat, misalnya stik duri lele.

Duri ikan lele yang sudah dibersihkan harus dilunakkan terlebih dulu dengan cara dikukus atau direbus dengan presto. Duri yang lunak kemudian digiling sampai halus agar bisa diolah menjadi stik. Duri lalu dicampur dengan berbagai bahan seperti tepung, margarin, bubuk kaldu ayam, baking powder, dan telur.

Adonan yang sudah kalis biasanya digiling dengan rolling pin lalu dipotong hingga berbentuk stik. Setelah itu baru digoreng dengan minyak panas sampai matang.

5. Abon Lele

olahan ikan lele untuk anak
http://www.agrowindo.com

Tak hanya dari daging sapi atau ayam, abon juga bisa dibuat dari daging ikan lele. Ikan yang sudah dibersihkan harus dikukus terlebih dahulu hingga matang. Daging kemudian dipisahkan dari durinya dan disuwir tipis-tipis menggunakan garpu atau tangan.

Untuk bumbunya, Anda bisa menghaluskan berbagai bahan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, kemiri, lengkuas, gula, dan garam. Bumbu ini kemudian dicampur dengan suwiran daging lele hingga merata lalu digoreng. Terakhir, lakukan penirisan dengan cara dipres agar tidak ada minyak yang tersisa.

6. Nugget Lele

olahan fillet ikan lele
http://2.bp.blogspot.com

Olahan ikan lele selanjutnya adalah nugget lele. Nugget merupakan makanan yang terbuat dari daging dengan tambahan berbagai bumbu. Untuk nugget lele, daging lele yang sudah dibersihkan harus digiling terlebih dulu sampai halus. Selanjutnya campur bahan-bahan seperti tepung sagu, telur, garam, dan bawang putih halus.

Adonan nugget kemudian ditempatkan pada loyang dan dikukus hingga matang. Adonan yang sudah matang lalu dipotong-potong sesuai selera. Celupkan nugget ke putih telur dan gulingkan ke tepung panir, lalu goreng hingga matang atau berubah warna kecokelatan.

7. Bakso Lele

olahan ikan lele untuk balita
http://2.bp.blogspot.com

Bakso biasanya terbuat dari daging sapi, tapi ikan lele juga bisa dijadikan bahan alternatif untuk pembuatan bakso. Cara membuat makanan ini juga tergolong mudah. Daging ikan lele yang sudah bersih digiling bersama beberapa bahan tambahan seperti tepung, bawang, telur, garam, merica, dan air es.

Adonan lalu dibentuk bulat-bulat seperti bakso dan langsung direbus hingga matang atau sampai mengapung. Bila sudah matang, bakso siap disantap bersama kuah kaldu dengan tambahan mi dan sayur.

8. Otak-Otak Ikan Lele

resep olahan ikan lele untuk balita
https://www.vebma.com

Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari ikan dan disajikan dengan sambal kacang. Biasanya, ikan yang digunakan untuk makanan ini adalah ikan tenggiri. Padahal, otak-otak juga bisa dibuat dengan bahan dasar ikan air tawar, salah satunya adalah ikan lele.

Cara pembuatannya, daging ikan lele dihaluskan terlebih dulu dan dicampur dengan beberapa bahan tambahan seperti bawang merah, bawang putih, merica, garam, putih telur, dan gula. Setelah diaduk merata, tambahkan santan, tepung sagu, serta daun bawang.

Adonan yang sudah jadi pun siap dibungkus. Caranya, ambil adonan sekitar 1-2 sendok lalu tempatkan pada daun pisang dalam bentuk memanjang. Setelah terbungkus rapat, bakar otak-otak di atas bara api hingga benar-benar matang.

Itulah beberapa contoh masakan dan olahan ikan lele yang sangat menggugah selera. Anda tentu bisa membuatnya sendiri di rumah karena cara pengolahannya yang relatif mudah.

Tinggalkan komentar