Inilah Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina yang Paling Mencolok

Perbedaan Anis Merah jantan dan betina – Salah satu varietas burung yang menjadi primadona di kalangan kicau mania saat ini adalah Anis Merah. Saking memesonanya, burung ini banyak dicari. Namun,seringkali kicau mania menemui permasalahan, yaitu bingung membedakan jenis kelamin si burung. Nah untuk membantu Anda, berikut adalah ulasan tentang perbedaan Anis Merah jantan dan betina.

Anis Merah sendiri pada umumnya,dapat dikenali karena perilakunya yang khas. Perilaku atau gaya khas pada Anis Merah ini jamak disebut dengan istilah teler. Ini karena, mereka menampilkan gaya tubuh yang melemas seperti orang teler atau mabuk. Saat melemas, burung ini juga membarenginya dengan menggeleng-gelengkan kepala.

perbedaan anis merah jantan dan betina
https://i.ytimg.com

Anis Merah banyak digemari karena warna bulunya yang cantik. Perpaduan warna bulu burung yang sering dikenal dengan nama punglor merah ini adalah, warna merah atau jingga di seluruh tubuhnya, dengan abu-abu kebiruan dengan gurat hitam pada sayap hingga ekornya.

Namun faktor utama yang membuat Anis Merah digandrungi adalah suara kicauannya. Anis Merah memiliki kicauan keras, lantang, bernada tinggi, dan bervariasi. Ini tentu saja terdengar sangat merdu di telinga para penghobi burung kicau. Makin bagus kicauan seekor Anis Merah, maka harganya makin mahal.

Menebak jenis kelamin burung yang satu ini memang menjadi tantangan tersendiri. Bagi Anda yang belum terbiasa memelihara Anis Merah, pasti akan kebingungan pada awalnya. Dapat dikatakan, perbedaan keduanya sangatlah sedikit, bahkan terbilang sangat mirip. Itulah mengapa dibutuhkan pengetahuan mendetail dan mata yang jeli untuk membedakannya.

Secara kasat mata, Anda akan kesulitan membedakan keduanya. Anis Merah jantan dan betina memiliki warna bulu yang sama. Bila menggunakan tanda visual ini untuk membedakan keduanya, pastilah menyulitkan.

Baik Anis Merah jantan dan betina memiliki bulu berwarna merah cenderung jingga. Warna tersebut menyebar dari kepala, kemudian dada, dan bagian duburnya. Kombinasi yang menjadikannya cantik adalah adanya warna abu-abu kebiruan pada bagian punggung, sayap, dan ekornya.

Perbedaan Karakter Anis Merah Jantan dan Betina

Meskipun secara visual keduanya nampak sangat mirip, namun tentu saja ada ciri perbedaan yang dapat dikenali dari Anis Merah jantan dan betina. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada ukuran atau bentuk tubuh dan perilaku si Anis Merah. Kedua poin tersebut dapat Anda temukan dengan mengobservasi si burung dengan teliti.

1. Ukuran atau Bentuk Tubuh

Perbedaan Anis Merah jantan dan betina pada ukuran atau bentuk tubuh adalah sebagai berikut:

  • Anis Merah jantan, memiliki tubuh yang berukuran lebih panjang dan berbentuk ramping
  • Anis Merah betina, tubuhnya berukuran pendek dan berbentuk bulat
cara membedakan anis merah jantan dan betina
https://upload.wikimedia.org

2. Perilaku

Perbedaan dari sisi perilaku kedua jenis Anis Merah adalah sebagai berikut:

  • Anis Merah jantan, umumnya berperilaku lebih lincah daripada si burung betina.Ini terutama saat Anda, pemiliknya, berjalan ke arah kandangnya. Kelincahan ini juga diimbangi dengan kekuatan fisiknya.

Saat bertemu dengan lawan jenis, Anis Merah jantan akan bereaksi dengan cara mengangkat kepalanya dan mengeluarkan suara lantangnya. Suara si pejantan juga lebih keras, lantang, dan lebih lama, serta memiliki lebih banyak variasi siulan. Inilah sebabnya, Anis Merah jantan sering dipilih untuk lomba kicau.

perbedaan burung anis merah jantan dan betina
https://i.ytimg.com
  • Anis Merah betina, perilakunya lebih kalem. Perbedaan perilaku ini akan tampak jelas saat kedua jenis burung ini disandingkan. Saat bertemu dengan pejantan, reaksi si betina ini adalah menggetarkan sayap dan bersiul lembut.

Suara si betina lebih lemah dan lembut. Meski tidak dapat dimanfaatkan untuk lomba kicau, namun suara si betina tetap menarik si pejantan. Karena itu, para kicau mania biasanya memanfaatkan suara si betina untuk memancing gacoran pejantannya.

Ciri Khas Fisik Anis Merah Jantan dan Betina

Selain pembeda yang mencolok dari segi ukuran tubuh dan perilakunya, Anda juga perlu mengenali ciri khas Anis Merah jantan dan betina. Informasi ini untuk memandu Anda agar dapat menemukan perbedaan Anis Merah jantan dan betina dengan lebih detail lagi.

Guna memudahkan Anda memahami perbedaan kedua jenis Anis Merah tersebut, berikut adalah ciri khas Anis Merah jantan dan betina, berdasarkan aspek pembedanya:

1. Warna

Anis Merah jantan memiliki warna merah yang lebih terang di tubuhnya, sedangkan warna merah pada si betina cenderung lebih kusam.

2. Bentuk Kepala

Pada si pejantan, kepalanya berbentuk lonjong, sedangkan si betina memiliki kepala berbentuk bulat.

3. Paruh

Pejantan memiliki paruh yang tebal, dan lebih lancip jika diamati dari atas. Selain itu, pada paruh pejantan juga terlihat seperti ada sedikit sobekan, dan terletak dekat dengan mata. Sedangkan paruh pada si betina berbentuk tipis.

4. Mata

Letak mata si pejantan berada hampir sejajar dengan paruh, sedangkan pada si betina tidak.

5. Hidung

Lubang hidung pada si pejantan berbentuk lebar dan panjang, sedangkan si betina memiliki lubang hidung kecil.

6. Leher

Anis Merah jantan memiliki bentuk leher yang cenderung panjang, sedangkan leher si betina lebih pendek.

7. Supit Urang

Supit urang pada burung pejantan berbentuk runcing dan rapat saat diraba. Sedangkan pada Anis Merah betina, supit urangnya terasa lebih pendek dengan jarak lebih lebar pada kedua sisinya.

8. Sayap

Pada Anis Merah jantan, sayap nampak mengepit rapat. Sedangkan pada si betina, sayapnya nampak sedikit lebih kusam dengan corak berwarna kuning di seluruh permukaannya. Sayap si betina juga tampak sedikit renggang saat dikepitkan.

9. Jari Kaki

Anis Merah jantan memiliki jari kaki yang panjang, sedangkan si betina jari kakinya lebih pendek.

10. Ekor

Pada Anis Merah pejantan, ekornya nampak rapi seperti membentuk huruf ‘M’. Sedangkan ekor Anis Merah betina tampak lebih tidak beraturan.

11. Pantat

Jika kita beri air pada bulu putih di bagian pantat Anis Merah, si pejantan dan betina akan menampilkan reaksi yang berbeda. Pada si pejantan, bulu putih tersebut akan tampak kotor, sedangkan si betina tetap bersih.

Ciri khas tersebut umumnya hanya terdapat pada burung dewasa. Jika Anda ingin membeli Anis Merah yang berusia muda, anakan, atau sering juga disebut trotolan, maka ada lagi caranya tersendiri.

Perbedaan Anis Merah jantan dan betina saat masih berusia anakan atau trotol adalah pada tampilan sayapnya. Anis Merah jantan anakan memiliki sayap berwarna gelap pekat, dan terlihat mengkilat. Berbeda pada anakan betina, sayapnya berwarna lebih kusam dengan bintik-bintik kuning di permukaannya.

Termasuk juga yang menjadi perbedaan Anis Merah jantan dan betina adalah harga jual mereka di pasaran. Karena sering dijagokan untuk lomba kicau, sudah pasti Anis Merah jantan dibandrol dengan harga yang lebih mahal.

Harga jual Anis Merah sendiri di pasaran dimulai dari Rp500.000. Nominal tersebut dapat naik berkali lipat untuk Anis Merah jantan dewasa yang memiliki tubuh prima, dengan siulan atau gacoran yang lantang dan merdu.

Semoga paparan menegenai perbedaan burung anis merah jantan dan betina dapat menjadi panduan yang efektif untuk memilih jenis Anis Merah yang ingin Anda miliki. Jangan lupa untuk memberikan perawatan terbaik, ya!

Tinggalkan komentar