Kenali 10 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Perlu Diketahui

Perbedaan kucing anggora dan persia –┬áSama-sama berbulu lebat dan berwajah lucu, kucing Anggora dan kucing Persia merupakan dua ras kucing yang paling banyak diminati para pecinta kucing. Sepintas, kedua jenis kucing ini terlihat sama sehingga banyak orang yang keliru. Nah, sudah tahukah Anda apa saja perbedaan kucing anggora dan persia?

10 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Bagi para pecinta kucing sejati, mungkin tidak sulit untuk mengenali perbedaan kucing anggora dan persia. Namun, tentu berbeda bagi orang awam.
Perbedaan kedua ras kucing ini bisa dilihat dari asal, ciri-ciri fisik, juga sifat dan perilakunya. Seperti apakah perbedaan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Asal Muasal

Sesuai namanya, kucing Angora dan kucing Persia berasal dari tempat berbeda. Kucing Anggora berasal dari Turki, tepatnya dari Angora atau yang sekarang disebut Ankara. Sedangkan kucing Persia berasal dari Persia, yang sekarang kita kenal dengan nama Iran.

2. Bentuk Tubuh

Kucing Anggora

perbedaan kucing anggora dan persia
https://www.askideas.com

Kucing Persia

perbedaan kucing anggora dan persia
https://pixfeeds.com

Dari bentuk fisiknya, kucing Anggora dan kucing Persia memiliki perbedaan yang cukup mudah dikenali. Bentuk tubuh kucing Persia tampak lebih bulat, gemuk, dan pendek. Sedangkan kucing Anggora memiliki tubuh yang lebih langsing, ototnya tidak menonjol, dan lebih tinggi.

3. Bentuk Wajah

beda kucing anggora dan persia
http://www.meongers.com

Perbedaan kucing anggora dan persia yang juga mudah dilihat adalah dengan bentuk wajah dan dan bagian-bagiannya. Bentuk wajah, hidung, mata, dan juga telinga kedua jenis kucing ini memiliki perbedaan yang cukup mudah dikenali.

Kucing Angora memiliki bentuk wajah seperti kucing lokal alias kucing kampung, yaitu berbentuk segitiga. Bagian atasnya lebar dan semakin mengerucut ke arah dagu. Hidungnya mancung dan kedua daun telinganya juga mirip kucing lokal, berbentuk runcing dan panjang. Matanya berbentuk almond dengan bola mata berwarna biru kekuningan.

Seperti tubuhnya, kucing Persia juga memiliki wajah yang bulat dan lebar dengan pipi yang tembam. Kucing Persia memiliki hidung pesek yang merupakan ciri khas kucing ini. Saking peseknya, jika dilihat dari samping, dahi, hidung, dan dagunya membentuk garis datar.

Kucing Persia memiliki bola mata bulat, besar, dan berwarna-warni, tergantung warna bulunya. Bahkan, pada jenis tertentu, kucing Persia bisa memiliki dua bola mata yang berbeda warna. Sementara itu, telinga kucing Persia berukuran kecil, lebar di bagian pangkalnya dan membulat pada ujungnya, serta posisinya miring ke depan.

4. Bulu Tubuh

Selain jenis kucing Sphinx, semua kucing pasti memiliki bulu-bulu di tubuhnya, juga pada wajah, kaki, dan ekornya. Demikian juga dengan kucing Anggora dan kucing Persia. Meski terlihat mirip, sebenarnya terdapat perbedaan pada bulu kucing Anggora dan kucing Persia.

Bulu Kucing Anggora

perbedaan kucing anggora dengan persia
https://2.bp.blogspot.com

Walaupun tak setebal dan sepanjang kucing Persia, kucing Anggora juga memiliki bulu indah yang menutup tubuhnya, termasuk wajah. Bulu yang paling panjang dan tebal justru terdapat pada bagian ekor kucing Anggora, sehingga sering disebut sebagai ekor musang.

Bulu Kucing Persia

perbedaan kucing anggora dengan persia
http://gambarmewarnai-terbaru.co

Sejak awal kemunculannya, kucing Persia sudah dikenal sebagai kucing berbulu lebat dan panjang. Bulu-bulu tebal dan panjang ini bukan hanya menutupi tubuh, tetapi juga di muka, kaki, dan ekornya, terutama pada kucing Persia yang berdarah murni. Meski demikian, ada juga kucing Persia berbulu pendek.

5. Bentuk Ekor

Kucing Anggora memiliki ekor yang lebih panjang dengan bulu yang tebal, panjang, dan mengembang seperti kemoceng. Bagian ekor kucing Anggora merupakan bagian tubuh yang memiliki bulu paling tebal dibandingkan bagian tubuh lainnya. Bahkan, bulu ekor kucing Anggora bisa lebih tebal dan panjang daripada ekor kucing Persia.

Ekor kucing Persia berbentuk lurus dengan panjang kira-kira setengah panjang badannya. Ujung ekornya tidak kaku dan seluruh bagian ekor ditutupi bulu yang tebal dan panjang. Tidak seperti kucing Anggora, bulu pada bagian ekor kucing Persia sama panjang dengan bulu di badannya.

6. Sifat dan Perilaku

perbedaan kucing anggora dan kucing persia
https://www.askideas.com

Kucing Anggora memiliki sifat dan perilaku yang berkebalikan dengan kucing Persia. Pada umumnya, kucing ini lebih aktif, energik, dan senang bermain. Kelebihan lain kucing Anggora adalah suka berinteraksi dengan manusia maupun binatang lain, punya rasa ingin tahu yang tinggi, dan cukup cerdas.

perbedaan kucing anggora sama persia
https://www.justviral.net

Kucing Persia memang sangat cocok disebut sebagai kucing rumahan. Sifat kucing Persia pada umumnya tenang, kalem, suka dimanja, dan penurut. Meski kucing Persia juga suka bermain, namun gerakannya tidak selincah kucing Anggora. Cara berjalannya pun lambat dan manja.

7. Aktivitas yang Disukai

Meski senang bergerak, kucing Anggora senang duduk di lantai di dekat pemiliknya. Aktivitas yang disukainya antara lain mencari tempat yang lebih tinggi untuk dipanjat, senang berkeliling mengeksplorasi ruangan, serta berkejaran dengan sesama kucing maupun dengan pemiliknya.

Sesuai dengan sifatnya yang tenang dan tidak terlalu aktif, bisa dikatakan kucing Persia cenderung lebih suka bermalas-malasan. Kucing ini lebih senang berada di dalam ruangan dengan suasanya yang tenang.

Cobalah untuk meletakkan kucing Persia dengan posisi tertentu, niscaya kucing ini mampu bertahan dalam posisi yang sama selama berjam-jam lamanya.

8. Daya Tahan Tubuh

Salah satu kelemahan kucing Persia adalah memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Akibatnya, kucing Persia sangat mudah sakit.

Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai antara lain susah bernapas, napas berisik, kelainan susunan rahang, pembengkakan kelenjar air mata, air mata berlebih, sensitif terhadap panas, bahkan gangguan ginjal.

Sebaliknya, daya tahan tubuh kucing Anggora relatif lebih baik sehingga tahan terhadap penyakit biasa. Meskipun demikian, Anda tetap perlu mewaspadai beberapa penyakit berat yang bisa menyerang kucing Anggora, seperti ataxia (gangguan pada otak kecil dan tulang belakang) dan hypertrophic cardiomyopathy (gangguan otot jantung).

9. Perawatan (Grooming)

Jika memutuskan untuk memelihara kucing Persia, itu artinya Anda harus siap merawatnya dengan telaten. Karena bulunya tebal dan rentan terhadap penyakit, kucing Persia membutuhkan perawatan dan biaya ekstra agar tetap sehat dan cantik.

Dengan daya tahan tubuh yang bagus dan bulu yang tidak terlalu lebat, perawatan kucing Anggora jadi lebih mudah dan murah. Namun, bukan berarti tidak penting, ya. Perawatan standar seperti memandikan, memotong kuku, dan membersihkan bulu tetap harus dilakukan.

10. Harga

Kabar gembira untuk Anda yang berencana membeli kucing Persia adalah harganya rata-rata lebih murah dibandingkan kucing Anggora. Penyebab mahalnya kucing Anggora adalah karena kucing ini sangat langka akibat larangan ekspor yang di negara asalnya. Kalaupun ada, kemungkinan sudah merupakan hasil persilangan dengan kucing Persia.

Mana yang Lebih Baik, Kucing Anggora atau Kucing Persia?

Dalam menentukan pilihan jenis kucing yang akan dipelihara, perbedaan kucing anggora dan persia yang diuraikan di atas bisa dijadikan pertimbangan. Jika Anda ingin kucing yang tenang dan tidak suka mengganggu, pilihlah kucing Persia. Tapi, jika Anda lebih suka kucing yang aktif dan senang bermain, memiliki kucing Anggora tentu lebih menyenangkan.

Pertimbangkan juga faktor waktu dan biaya. Jika Anda tergolong sibuk dan tidak punya anggaran untuk grooming, lebih baik memilih kucing Anggora. Sebaliknya, jika Anda cukup telaten, memiliki banyak waktu dan anggaran untuk merawat kucing, silakan pilih kucing Persia.

Baik kucing Anggora maupun kucing Persia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan mengetahui perbedaan kucing anggora dan persia, tentunya Anda bisa lebih mudah mempertimbangkan ras kucing mana yang akan dipilih.

Sumber artikel
– https://www.hobinatang.com/2017/11/perbedaan-kucing-anggora-dan-persia.html
– https://maniakucing.com/perbedaan-kucing-anggora-dan-persia/
– ww.meongers.com/ras/perbedaan-kucing-persia-anggora
– https://kucingpedia.com/perbedaan-kucing-anggora-dan-persia/#a

Tinggalkan komentar