Cara Mengatasi Kenari Macet dan Stress

Bagi Anda yang memiliki burung kenari atau pecinta hewan berkicau ini pastinya sangat senang sekali untuk memliharanya. Karena burung ini sangat digemari oleh banyak orang khusunya pecinta burung.

Burung kenari ini menjadi pilihan sebagai burung yang paling banyak di pelihara karena alasannya yaitu ciri khas suara yang dimiliki oleh burung kenari ini. Namun, dibalik kelebihan memelihara burung kenari ini, bahwa burung ini juga mempunyai kekurangan yaitu seringnya stress dan juga macet saat berkicau.

Inilah yang membuat sang pemilik juga merasa khawatir dengan keadaan burung kesayangannya ini. Dengan demikian, dalam artikel kali ini, akan dibahas terkait dengan “Cara untuk Mengatasi Burung Kenari Kesayangan yang Sering Macet dan Stress”.

Mengenal Burung Kenari sebagai Burung Kesayangan

Siapa yang tidak mengenal burung yang satu ini ? burung kenari sangat digemari oleh semua orang khususnya bagi pecinta burung. Burung kenari ini menjadi burung idaman untuk dimiliki dan dirawat bagi semua orang. Karena burung kenari ini mempunyai ciri khas tersendiri yang dapat menarik hati semua orang khususnya bagi pecinta burung.

Burung kenari ini merupakan burung yang pertama kali ditemukan di Kepulauan Canary oleh pelaut yang berasal dari Perancis yaitu “Jeans de Berthan Cout” pada abad ke-15 (lima belas). Nama burung kenari ini juga di ambil dari bahasa latin yaitu “Canarias” yang mempunyai arti Pulau Anjing dan juga ditemukan di Kepulauan Canary. Untuk pulau anjing tersebut banyak sekali Anjing-Anjing yang berkeliaran, sehingga dinamakan sebagai pulau Anjing.

Burung kenari ini terkenal sebagai burung kicau terkenal dengan ciri-ciri keunikan yang dipunyai yaitu seperti mempunyai bulu-bulu yang sangat indah dengan berbagai warna yang menarik sehingga mata yang melihat burung kenari ini serasa langsung ingin memilikinya.

Baca juga:  Cara Merawat Biar Kenari Gacor

Tak heran juga jika burung kenari ini banyak yang menyukai dan juga banyak yang merawatnya. Tidak hanya itu, burung kenari ini mempunyai keindahan suara yang sangat merdu, sehingga banyak di ikutkan pada kontes lomba burung. Dan kebanyakan juga menjadi pemenang dari burung kenari ini.

Ciri khas suara yang sangat lantang dan juga nyaring inilah yang membuat sang penikmat burung kenari ini semakin banyak yang mengingkannya. Burung yang pandai berkicau, suka bernyanyi dengan mengeluarkan suara merdunya. Namun semua itu sangat disayangkan jika burung kesayangan Anda ini mengalami stress dan macet saat berkicau.

Penyebab Burung Kenari Macet dan Stress.

Jika memiliki burung kenari dan mengalami hal begini (macet dan stress) yang terjadi pada burung kesayangan Anda, maka sangat mengkhawatirkannya. Namun bagi Anda yang sudah lama merawat burung kenari ini pastinya tidak merasa kaget lagi ketika burung Anda ini mengalami macet dan juga stress yang terjadi. Karena hal ini sudah terbiasa terjadi pada burung kenari ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab yaitu :

  • Burung Kenari dalam Keadaan Mabung.
  • Burung Kenari ini Kegemukan atau Obesitas.
  • Burung Kenari Anda ini Memiliki Penyakit (Sedang Sakit).
  • Lingkungan yang Kurang Nyaman seperti Sangkar yang tidak Nyaman ataukah Lingkungan Rumah yang tidak Nyaman Juga.
  • Atau Hal yang Paling Berbahaya yaitu Pemberian Perawatan yang Kurang Baik.

Hal-hal di ataslah yang menjadi penyebab mengapa kenari Anda menjadi macet dan mudah stress. Atau yang tiba-tiba berhenti untuk berkicau dengan macet berbunyi. Untuk mengatasi kejadian di atas, langsung saja simak penjelasan di bawah ini terkait dengan Cara untuk Mengatasinya, yaitu sebagai berikut ini :

Merawat Burung Kenari Macet dan Stress.

Untuk merawat burung kenari kesayangan Anda supaya tidak macet dan stress lagi yang mengakibatkan tidak mau berbicara atau berbunyi seperti biasanya yaitu dengan melakukan hal-hal berikut ini :

Baca juga:  Cara Merawat Biar Kenari Gacor

– Asingkan Burung Kenari Anda.

Tahap ini yaitu digunakan sebagai cara untuk merawat burung kenari Anda yang mengalami kemacetan saat berkicau dan juga stress karena beberapa hal. Sehingga burung kesayangan Anda ini sulit untuk mengeluarkan bunyi atau berkicau.

Karena mungkin disebabkan oleh suasana yang tertekan bagi burung kesayangan Anda ini, sehingga menjadi stress karena suasana yang begitu ramai yang mengakibatkan macet saat berbunyi atau berkicau. Burung Anda merasa ketakutan dan tertekan sehingga merasa terancam inilah yang menjadi penyebab terjadinya mudah stress dan juga macet berbunyi.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda harus peka terhadap hal tersebut. Bahwa burung Anda ini menginginkan suasana yang berbeda atau lebih sunyi. Maka dari itulah, cobalah untuk mengasingkan burung kesayangan Anda ini.

Yang dimaksud mengasingkan di sini yaitu mengasingkannya dari berbagai ancaman hewan-hewan yang dapat mengganggu dan khususnya dari burung kenari yang berjenis sama. Karena inilah yang menjadi hal utama mengapa burung kenari milik Anda ini mengalami kemacetan saat bernyanyi atau saat berkicau.

– Berikan Sayuran Segar untuk Burung Kenari Anda.

Setelah tahap awal sudah dilakukan, maka tahap kedua ini yaitu dengan cara memberikan makanan yang berupa sayuran yang masih segar untuk burung kenari kesayangan Anda. Burung kenari milik Anda ini memiliki kualitas suara yang benar-benar harus di jaga.

Karena itulah berikan makanan yang seimbang untuknya. Yaitu seperti pemberian sayuran-sayuran segar untuk burung kenari milik Anda ini. Pemberian sayuran segar ini digunakan untuk menjaga keseimbangan tubuh sehingga suara gacornya akan semakin baik dan panjang.

Pastikan pemberian sayuran segar ini ditambahkan dengan buah yang segar juga. Supaya hasilnya semakin maksimal. Karena bukan hanya manusia yang membutuhkan pola asupan makanan yang seimbang, burung kesayangan Anda juga benar-benar membutuhkannya. Sehingga kemacetan yang terjadi akan menjadi kualitas gacor yang semakin merdu.

Baca juga:  Cara Merawat Biar Kenari Gacor

– Berikan Rebusan Telur Puyuh pada Burung Kenari Anda.

Setelah memberikan sayuran dan buah yang segar, tambahkan juga rebusan telur puyuh. Jadi pola makan yang seimbang akan benar-benar menjadi nyata. Berikan rebusan telur puyuh ini seminggu dua kali. Cara ini digunakan untuk menghilangkan stress yang dialami oleh burung kenari milik Anda ini. Sehingga akan berkurang dan burung kenari Anda akan kembali untuk mengeluarkan suara gacornya tersebut.

– Lakukan Penjemuran di Pagi Hari pada Burung Kenari Anda.

Tahap selanjutnya setelah semuanya dilakukan yaitu dengan melakukan penjemuran. Tahap ini tidak boleh ditinggalkan karena sangat bermanfaat sekali untuk burung kenari milik Anda ini. tahap ini berguna untuk mengurangi kemacetan yang terjadi pada burung kenari.

Penjemuran ini lakukanlah secara singkat dengan waktu di pagi hari. Saat penjemuran ini dilakukan, burung kenari Anda akan terkena embun pagi dan sepi oleh manusia, inilah yang menjadikan stress yang terjadi akan berkurang dan burung kenari Anda akan pulih kembali.

Tahap-tahap yang dijelaskan di atas semoga bermanfaat bagi Anda, khususnya bagi Anda sang pecinta burung kenari ini. Lakukan langkah-langkah tersebut dengan baik. Sekian, terima kasih banyak.

Tinggalkan komentar