Cara Mengobati Snot pada Lovebird

Dalam artikel kali ini, Anda akan diajak untuk membahas mengenai “Cara untuk Mengobati Snot pada LoveBird”. Siapa yang tidak mengenal LoveBird ini ? tentunya semua akan mengetahui dan sangat mencintai hewan yang satu ini.

Khususnya pada laki-laki yang gemar untuk memelihara jenis hewan yang satu ini. Untuk mengetahui apa itu LoveBird, langsung saja kita simak bersama-sama mengenai pengertian jenis burung ini :

Pengertian LoveBird

snot pada lovebird
snot pada lovebird

Jenis hewan ini merupakan jenis spesies genus agapornis yaitu burung yang berukuran kecil yang panjangnya antara 13 – 17 cm (tiga belas sampai dengan tujuh belas centi meter) dan juga memiliki berat 40 – 60 gram (empat puluh hingga enam puluh gram).

Burung ini sangat bersifat sosial, dengan begitu burung ini di prediksi lama hidup yaitu berkisar 10 – 15 tahun (sepuluh hingga lima belas tahun). Burung ini juga bisa memproduksi telur mencapai 4 – 6 (empat sampai enam) selama sekali bertelur.

Selain kelebihan yang sudah di jelaskan atau yang sudah ada pada burung tersebut, ternyata burung ini memiliki kekurangan yaitu mudahnya terkena penyakit SNOT pada LoveBird ini.

Pastinya Anda yang sudah memelihara jenis burung ini pastinya sudah mengenal apa itu penyakit SNOT pada LoveBird ini bukan ???. Bagi yang belum mengetahui apa itu penyakit SNOT pada LoveBird ini, maka ayuk sama-sama belajar bersama di bawah ini :

Penyakit SNOT pada LoveBird

Bagi Anda yang sudah lama maupun baru merawat atau memelihara jenis burung LoveBird ini, pastinya mengetahui apa itu penyakit Snot pada LoveBird bukan? penyakit snot ini merupakan sebuah penyakit yang tidak dapat di sangka-sangka datangnya, karena penyakit ini merupakan penyakit mata yang ada pada LoveBird tersebut.

Untuk penanganan penyakit mata pada burung ini harus benar-benar tepat dan juga telaten. Karena penyakit snot atau penyakit mata yang ada pada burung ini yaitu termasuk penyakit yang menular, yang benar-benar sangat dikhawatirkan oleh para pemilik burung lain.

Baca juga:  Mengenal Cantiknya Warna-Warni 30 Jenis Lovebird dan Ciri-Cirinya

Untuk itulah, penyakit snot ini harus benar-benar di tangani dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Jika tidak maka akan berakibat fatal pada burung kesayangan ini.

Akibat kefatalan yang dilakukan atas penanganan yang tidak baik, maka akan berakhir dengan kematian. Tentunya hal ini tidak mau terjadi bukan ? karena LoveBird ini merupakan burung kecil dan juga sangat mungil, jika mati maka sangat disayangkan sekali.

Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga burung kesayangan Anda ini dengan baik dan bersih. Karena, jika perawatan pada burung Anda tidak di perhatikan, maka akan berakibat pada penyakit yang serius khususnya pada penyakit snot LoveBird tersebut.

Penyebab Snot pada lovebird

penyebab snot pada lovebird
penyebab snot pada lovebird

Penyakit snot ini disebabkan oleh bakteri yang bernama haemophilus paragallinarum yang memiliki bentuk batang pendek, tercat polar, non motil, tidak membentuk spora dan juga fakultatif anaerob.

Dengan adanya bakteri tersebut, penyakit snot ini menjadi mengganggu pada sistem pernafasan pada LoveBird dan juga pada mata yang bisa membengkak pada burung tersebut. Tidak hanya itu, ternyata penyakit snot ini dikarenakan oleh beberapa sebab di antaranya yaitu sebagai berikut :

1. Udara yang Kotor.

Udara kotor ini menjadi penyebab timbulnya penyakit snot ini yang terjadi karena asap dapur atau asap-asap pembakaran sampah yang menembus ke sangkar burung sehingga mengenai mata LoveBird ini.

2. Adanya Benda di dalam Hidung LoveBird.

Tak pernah disadari akan kebersihan pada burung, salah satunya yaitu benda-benda yang menempel pada hidung burung. Maka dari itulah, kebersihan yang paling penting untuk mencegah terjadinya timbulnya penyakit snot ini.

3. Merokok di Dekat LoveBird.

Tidak hanya manusia saja yang mengalami kerugian saat adanya asap rokok, ternyata burung juga mengalami kerugian karena adanya asap rokok yang berdekatan dengan burung tersebut. Sehingga mengakibatkan gangguan pada pernafasan burung tersebut.

Baca juga:  Cara Merawat Kenari Mabung

4. Amonia atau Kotoran Burung.

Kotoran burung ini jika tidak dibersihkan secara rutin maka akan mengakibatkan penumpukan dan udara menjadi lembab, sehingga menjadi penyebab timbulnya penyakit snot tersebut.

5. Adanya Debu atau Serbuk-Serbuk Halus di Kandang.

Kebersihan pada kandang adalah hal yang utama, jika tidak maka akan menjadi penyakit pada burung tersebut. Karena kandang yang kotor banyak debu dan juga serbuk halus yang menempel.

6. Habis di Jemur Langsung di Masukkan Kerodong.

Inilah yang menyebabkan penyakit mata pada LoveBird, karena habis di jemur di teriknya matahari langsung di masukkan atau di kerodong.

7. Adanya Serangga pada Sangkar Burung.

Serangga yang ada pada sangkar burung ini, menyebabkan mata burung menjadi bengkak. Karena di gigit oleh serangga-serangga tersebut.
Berbagai banyak hal-hal yang mengakibatkan LoveBird ini mengalami penyakit snot, yang memang tidak tega jika terus-menerus burung kesayangan kita terkena penyakit snot tersebut.

Maka dari itu, harus dilakukan penyembuhan pada LoveBird ini supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Oleh karena itu, di bawah ini akan di paparkan bagaimana cara untuk menyembuhkan atau mengobati LoveBird dari penyakit Snot ini, yaitu di antaranya sebagai berikut :

Cara Penyembuhan Penyakit SNOT pada LoveBird

Jangan khawatir penyakit snot ini tidak bisa disembuhkan, semua penyakit bisa disembuhkan dengan berbagai obat. Maka dari itu, berikut akan dijelaskan cara untuk menyembuhkan atau mengobati penyakit snot pada LoveBird ini yaitu :

1. Penyembuhan snot lovebird dengan Tumbuhan Kitolod.

cara mengobati lovebird dengan daun kitolod
cara mengobati lovebird

Tumbuhan Kitolod ini terkenal sebagai tumbuhan untuk mengobati penyakit mata. Tidak hanya burung saja, manusia juga biasanya menggunakan tumbuhan ini untuk menyembuhkan penyakit yang ada pada mata.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Merawat Anis Merah agar Berkicau Optimal

Mulai dari katarak, infeksi mata dan juga penyakit snot ini khususnya pada LoveBird. Jika sulit untuk mendapatkan tumbuhan ini secara langsung, maka tidak perlu khawatir, karena sudah terdapat kemasan praktis hasil dari penyulingan tumbuhan kitolod ini.

Efek yang akan dirasakan oleh tumbuhan kitolod ini yaitu akan merasakan pedih dan terus menerus mengeluarkan air pada mata, namun lama kelamaan akan sembuh. Karena kotoran yang ada pada mata burung tersebut akan terbuang sedikit demi sedikit dan itulah yang menyebabkan sembuh.

2. Penyembuhan snot lovebird dengan Daun Sirih Merah.

cara mengobati lovebird dengan daun sirih merah
cara mengobati lovebird

Daun sirih merah juga dapat membunuh bakteri penyebab kuman sehingga kuman-kuman yang menempel akan mati dengan sendirinya. Daun sirih yang digunakan ini harus berwarna merah bukan yang hijau, karena efeknya lebih berasa yang merah.

Jika di teteskan pada mata akan terasa lebih perih ketimbang daun sirih yang berwarna hijau. Untuk penyembuhan yang cepat, maka buatkan tetesan untuk pengobatan mata burung selama 3 (tiga) kali sehari. Sehingga, hasilnya lebih berasa dan LoveBird Anda akan segera sembuh.

3. Penyembuhan snot lovebird dengan di Jemur.

Menjemur burung adalah hal yang harus Anda lakukan secara rutin, karena berfungsi untuk menghilangkan kuman-kuman yang menempel pada burung. Namun ada caranya sendiri saat menjemur burung Anda, jadi pastikan mata LoveBird Anda ini tidak berair dan waktu yang baik yaitu dari pagi hingga siang pukul 11 an.

Itulah cara untuk mengobati penyakit Snot pada LoveBird, semoga bermanfaat bagi Anda khususnya pecinta LoveBird ini. Semoga Anda bisa menerapkan dengan baik dan benar-benar bisa bermanfaat untuk kesembuhan LoveBird Anda. Sekian, terima kasih.

Tinggalkan komentar