Cara Merawat Kenari Mabung

Siapa yang tidak meneganl salah satu jenis burung ini. Nama burung ini yaitu Kenari, pastinya sudah banyak yang sudah mengenal burung kenari ini bukan ?

burung kenari ini ditemukan di Kepulauan Canary sehingga di namakan sebagai burung kenari dan bukan karena berhubungan dengan buah kenari. Burung kenari ini sering kali mengalami Mabung (Rontoknya Bulu) yang membuat Anda sebagai sang pemilik burung kenari ini selalu merasa risau.

Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan dijelaskan terkait dengan “Cara Merawat Burung Kenari Mabung”. Namun sebelum ke inti penjelasan, mari bersama-sama mengenal lebih dalam terkait burung kenari ini.

Mengenal Jenis Burung Kenari

Burung Kenari (Serinus Canaria) ini pertama kali ditemukan di Kepulauan Canary oleh pelaut yang berasal dari Perancis yaitu “Jeans de Berthan Cout” pada abad ke-15 (lima belas).

Kepulauan ini juga di ambil dari bahasa latin yaitu “Canarias” yang mempunyai arti Pulau Anjing. Mengapa demikian ?? karena pada zaman dahulu di pulau tersebut banyak sekali Anjing-Anjing yang berkeliaran, sehingga dinamakan sebagai pulau Anjing.

Burung kenari ini termasuk ke dalam jenis burung kicau yang mempunyai suara yang merdu. Tidak hanya itu, burung kenari ini juga memiliki bulu yang sangat indah dengan warna-warna yang sangat indah seperti warna kuning, hijau, putih, merah, dan juga warna-warna indah yang lainnya.

Jika ingin mengetahui terkait jenis-jenis burung kenari, langsung saja simak penjelasan berikut ini :

1. Jenis Kenari Border

Yaitu salah satu jenis burung kenari yang memiliki bentuk bulat. Burung kenari atau burung kicau ini berasal dari Cumberland Facy atau daerah perbatasan border.

2. Jenis Kenari Norwich

Yaitu salah satu jenis burung kicau yang memiliki bulu tebal dan berbadan bulat. Mempunyai dada lebar dan punggungnya pendek. Sayap yang dimiliki pendek dan mempunyai warna tubuh kuning dan hijau.

Baca juga:  Inilah Ciri Khas dan Harga 5 Jenis Cucak ijo yang Populer di Pasaran

3. Jenis Kenari Yorkshire

Yaitu salah satu jenis burung kicau ini memiliki ciri-ciri yaitu mempunyai kaki yang panjang dan dapat berdiri tegap. Jenis burung kenari ini merupakan hasil persilangan dari kenari belgia dan juga kenari lanchasire.

4. Jenis Kenari Lorrer

Merupakan jenis burung kicau yang selalu diikutkan dalam kontes-kontes perlombaan burung dengan cara di tutup oleh kain dalam sangkar kayu dan jika kain sudah dibuka maka burung ini akan bernyanyi. Itulah kelebihan dari burung kenari ini.

5. Jenis Kenari Frill

Yaitu burung kenari yang mempunyai ciri khas dengan bulu yang sangat unik. Bulu unik ini dapat dilihat pada bagian tengah punggungnya yang berbentuk simetris (Mantle), bulu yang berada di bagian dadanya berbentuk kerutan (Jabot) dan bulu yang ada di sayap dan paha itu disebut sebagai Fin.

6. Jenis Kenari Belgian

Merupakan jenis burung kicau (kenari) yang memiliki ciri-ciri kepala yang kecil mirip sekali dengan ular. Jenis burung ini sulit untuk diternak.

7. Jenis Kenari Gloster

Yaitu kenari yang memiliki ciri-ciri bulu yang berwarna kuning, sayang berwarna hijau gelap, ekor berwarna putih, memiliki panjang dengan ukuran 11 cm (sebelas centi meter).

Ternyata jenis kenari ini ada 2 (dua) jenis yaitu Kenari Gloster Corone dengan ciri memiliki jambul dan juga Kenari Gloster Consort yaitu kebalikan dari jenis kenari yang satunya.

Begitulah pengenalan jenis burung kenari di atas, sudah dijelaskan mengenai artinya, tempat ditemukannya dan juga jenis-jenis burung kenari tersebut. Untuk itu langsung saja pada inti pembahasan artikel kali ini yaitu cara merawat burung kenari mabung yaitu :

Cara Merawat Burung Kenari Mabung

Apa sih Mabung itu ? bagi Anda yang sudah lama maupun baru merawat burung kenari pasti mengetahui apa itu mabung. Mabung itu merupakan rontoknya bulu-bulu yang ada pada burung kenari ini. bulu-bulu yang ada pada burung kenari ini akan rontok dan berganti dengan bulu yang baru.

Baca juga:  Cara Mengobati Snot pada Lovebird

Bagi Anda yang memiliki burung kenari pasti terkadang merasa cemas dan bingung bagaimana cara mengatasi hal ini bukan ? karena burung kenari ini merupakan burung yang sangat unik dalam hal suaranya, namun juga merupakan burung yang mempunyai berbagai jenis warna bulu-bulu yang sangat khas dan indah.

Untuk itulah, Anda harus benar-benar memperhatikan keadaan burung Anda khususnya pada saat Mabung terjadi. Karena jika tidak dirawat atau tidak diperhatikan akan kasihan sama burung kenarinya, karena saat mabung tiba, burung kenari ini menjadi gundul atau polos dan sulit untuk mengeluarkan suara indahnya. Burung kenari saat mengalami mabung ini yaitu pada umur 3 – 4 (tiga sampai empat) bulan usianya.

Dengan begitu, Anda benar-benar harus merawat burung kenari ini dengan baik-baik. di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk merawat burung kenari yang mengalami mabung ini yaitu di antaranya :

1. Berikan Asupan Gizi yang Bagus.

Hal yang harus diperhatikan untuk merawat burung kenari Anda saat mengalami proses mabung tersebut yaitu dengan diberikannya asupan gizi yang bagus.

Untuk apa ? supaya proses mabung yang terjadi tersebut akan cepat berakhir sehingga burung kenari Anda akan pulih kembali. Bagaimana caranya untuk memberikan asupan gizi yang bagus ? yaitu dengan memberikan pakan yang bergizi dengan kandungan vitamin, protein dan juga mineral yang seimbang.

Jadi bukan hanya manusia saja yang membutuhkan asupan gizi yang seimbang, hewan juga demikian. Maka dari itulah, Anda sebagai pecinta burung kenari ini harus benar-benar ulet dan telaten untuk merawatnya.

2. Memperhatikan Porsi Makan.

Setelah memberikan perawatan dengan memperhatikan asupan gizi, sekarang perhatikan poris makanannya. Supaya asupan energi yang ada dalam tubuh burung kenari tetap prima dan nantinya akan berpengaruh baik pada hasil pertumbuhan bulunya.

Baca juga:  Begini Cara Merawat Cucak ijo agar Cepat Meraup Untung

3. Menjauhkan dari Banyak Keramian.

Maksudnya di sini yaitu menjauhkan burung kenari dari keraimaian yang berupa gangguan dari binatang-binatang predator seperti tikus, kucing, anjing dan hewan-hewan lainnya yang mengancam burung kenari ini.

Karena ditakutkan akan mengancam burung kenari dan menjadikan burung kenari kurang nyaman. Dan juga sangkar burung harus ditutupi saat proses mabung terjadi supaya suhu dalam sangkar tersebut selalu relatif stabil.

4. Perhatikan Proses Penjemuran

Proses penjemuran pada burung kenari ini harus diperhatikan dengan betul-betul. Anda harus mengetahui cara penjemuran yang baik pada burung kenari ini. penjemuran pada burung kenari dilakukan selama 20 – 30 menit (dua puluh sampai tiga puluh menit).

Saat proses penjemuran ini juga Anda harus memberikan pakan yang berupa biji-bijian dengan kualitas terbaik dan air minum yang dicampur dengan vitamin. Supaya pertumbuhan bulu yang terjadi akan berkualitas juga.

5. Memandikan dengan Shampo.

Tidak hanya manusia yang harus diberikan shampo saat mandi, burung kenari juga sangat membutuhkan saat proses mabung terjadi. Supaya kuman-kuman yang menempel di tubuh burung tersebut hilang dan menjadikan tubuh menjadi semakin halus serta bulu yang tumbuh akan semakin subur.

Dari uraian artikel di atas, semoga bermanfaat bagi Anda khususnya pecinta burung kenari, sekian terima kasih banyak.

Tinggalkan komentar