Cara Merawat Lovebird Cabut Bulu

Siapa yang tidak gemas melihat hewan peliharaan yang satu ini ? tidak hanya bentuknya yang menggemaskan, namanya juga sangat cantik dan cocok untuk hewan yang satu ini bukan ?

Iya jelas tentu saja, nama burung ini yaitu LoveBird….!!!!! LoveBird ini merupakan jenis burung kecil yang mempunyai berbagai macam warna bulu yang ada pada LoveBird tersebut. Warna bulu yang dimiliki oleh LoveBird ini sangat cantik dan halus yang membuat burung ini semakin menggemaskan.

Namun LoveBird ini sering mencabut bulu indah yang dimilikinya. Itulah kebiasaan jelek yang dimiliki oleh LoveBird ini, yang sering mencabut bulunya sendiri sehingga menjadikan sang pemilik pusing dan selalu risau dengan hal ini.

Maka dari itulah, artikel kali ini akan memaparkan terkait hal “Cara Merawat LoveBird Cabut Bulu”. Sebelum masuk pada inti artikel ini, mari bersama-sama belajar mengenai pengertian dari LoveBird terlebih dahulu, untuk itu simak penjelasan di bawah ini :

Mengenal Arti dari Jenis Burung “LoveBird”

lovebird cabut bulu
jenis lovebird

LoveBird atau yang diartikan sebagai Burung Cinta. Nama unik dan cantik yang membuat burung ini semakin menggemaskan. LoveBird (Burung Cinta) ini merupakan salah satu burung dari sembilan jenis spesies yang bernama genus agapornis yang berasal dari bahasa Yunani dengan arti “agape” yaitu cinta dan juga “ornis” yaitu burung, sehingga menghasilkan nama LoveBird atau Burung Cinta.

Mengapa burung ini dinamakan burung cinta “LoveBird” ??? ternyata, burung cinta ini di ambil dari kebiasaan yang sering dilakukannya yaitu sangat bersosial dan juga sering duduk berdekatan satu sama lain yang juga terlihat saling menyayangi, maka dari itulah burung ini dinamakan sebagai Burung Cinta “LoveBird”.

Burung cinta ini juga dapat disebut sebagai jenis burung yang berukuran kecil. Imut-imut menggemaskan ukuran yang dimiliki oleh burung ini yaitu sekitar panjangnya antara 13 – 17 cm (tiga belas sampai dengan tujuh belas centi meter) dan juga memiliki berat 40 – 60 gram (empat puluh hingga enam puluh gram).

Baca juga:  9 Cara Ternak Lovebird yang Mudah & Praktis untuk Pemula

Burung ini juga di prediksi lama hidup yaitu berkisar 10 – 15 tahun (sepuluh hingga lima belas tahun). Burung ini juga bisa memproduksi telur mencapai 4 – 6 (empat sampai enam) selama sekali bertelur.

Delapan spesies dari burung ini berasal dari Afrika sedangkan spesies burung cinta “LoveBird” ini tersendiri yaitu berasal dari Madagaskar. Mempunyai ciri unik yaitu berekor pendek dan juga mempunyai paruh yang besar, sehingga semakin menggemaskan dan disukai oleh banyak orang. Spesies-spesies burung ini mempunyai jenis sebagai berikut :

1. Black Masked Love Bird.

Yaitu salah satu jenis spesies burung cinta yang mempunyai panjang 14 cm (empat belas centi meter), bulu yang memiliki sebagian warna hijau dengan kepala berwarna hita, dan bagian dada bulunya berwarna kuning. Burung ini juga mempunyai paruh yang berwarna merah dan mata yang berkacamata putih.

2. Fischer’s LoveBird.

Yaitu salah satu jenis spesies burung cinta “LoveBird” yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : mempunyai panjang 14 cm (empat belas centi meter), kepala dan juga bagian-bagian tubuh mempunyai warna oranye. Warna biru di bagian pantat dan mempunyai paruh yang berwarna merah dan mata yang berkacamata putih.

3.  Lilian’s LoveBird.

Yaitu salah satu jenis spesies burung cinta “LoveBird” yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : ukuran panjang yang dimiliki oleh burung cinta ini yaitu 13 cm (tiga belas centi meter), sebagian besar bulu berwarna hijau, kepala berwarna oranye dan mempunyai paruh merah dan juga mata yang berkacamata putih.

4. Balck Cheeked LoveBird.

Yaitu salah satu jenis spesies burung cinta “LoveBird” yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : mempunyai ukuran tubuh 14 cm (empat belas centi meter), sebagian besar warna bulu dalam tubuhnya yaitu berwarna hijau, warna coklat di leher dan bagian belakang kepala. Sedangkan bagian kepala yang depan berwarna coklat kemerahan, dada berwarna oranye. Mempunyai paruh merah dan mata yang berkacamata putih.

Baca juga:  Rahasia Cara Ternak Murai Batu yang Mudah dan Menguntungkan bagi Pemula

5. Peach Faced LoveBird.

Ini merupakan salah satu jenis spesies burung cinta “LoveBird” juga yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut : memiliki ukuran tubuh sekitar 15 cm (lima belas centi meter), sebagian besar warna bulu yaitu hijau, muka berwarna merah muda, biru di bagian punggung dan pantat serta mempunyai paruh berwarna gading.

6. Black Winged LoveBird.

Ini merupakan salah satu jenis spesies burung cinta “LoveBird” juga yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut : memiliki ukuran tubuh sekitar 16,5 cm (enam belas koma lima centi meter), sebagian besar warna bulu yaitu hijau, mempunyai paruh merah dan helai sayang berwarna hitam. Untuk burung jantan berwarna merah di bagian kepala depan sedangkan betina seluruhnya berwarna hijau.

Ada beberapa banyak lagi terkait dengan jenis spesies burung ini, namun yang harus diperhatikan yaitu kembali pada intinya mengenai cara untuk merawat LoveBird yang sering mencabuti bulunya sendiri, maka dari itu langsung saja bersama-sama membahas terkait hal itu diantaranya yaitu :

Merawat LoveBird yang Sering Mencabut Bulu Cantiknya Sendiri.

merawat lovebird cabut bulu
merawat lovebird cabut bulu

Kekurangan dari LoveBird ini yaitu seringnya mencabut bulu cantiknya sendiri. inilah yang selalu membuat risau bagi sang pemilik.

Untuk itu dalam artikel ini akan dijelaskan cara untuk menangani atau merawat hal tersebut supaya tidak terjadi terus menerus. Sehingga, burung tersebut tetap mempertahankan bulu indah yang dimilikinya tersebut, yaitu di antaranya sebagai berikut :

1. Berhenti Memberikan Makan Racikan.

Cobalah men-stop untuk memberikan makan yang terbuat dari racikan. Karena, pakan tersebut menimbulkan tubuh burung menjadi kepanasan sehingga LoveBird ini sering mencabuti bulunya sendiri.

2. Tempat yang Sejuk.

Tidak hanya manusia yang selalu ingin ditempatkan di tempat yang baik dan sejuk. Hewan juga sangat senang jika berada di tempat yang sejuk khususnya LoveBird ini. LoveBird ini memang tidak suka pada panas-panas karena jika begitu ia akan mencabuti bulunya, maka dari itulah tempatkan di tempat yang sejuk yang terlindung dari matahari langsung.

Baca juga:  Inilah Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina yang Paling Mencolok

3. Umbar di Kandang.

LoveBird ini membutuhkan kandang atau rumah yang nyaman dan agak luas, jadi berikan tempat yang agak luas, sehingga tidak mengalami kepanasan pada dirinya. Dan juga umbar atau biarkan burung tersebut melakukan kegiatannya sendiri, sehingga bulu-bulunya akan tumbuh dengan sendirinya.

4. Bawang Putih sebagai Penumbuh Bulu.

Bawang putih ini dipercaya sebagai penumbuh rambut atau bulu. Karena bawang putih ini mempunyai kandungan yang bernama “Alicin” sehingga dapat merangsang pertumbuhan bulu yang ada pada “LoveBird” tersebut.

5. Mandikan dengan Obat Pembasmi Kutu.

mengatasi lovebird cabut bulu
mengatasi lovebird cabut bulu

Mungkin LoveBird Anda gatal-gatal karena ada kutu yang menempel di bulunya, sehingga burung peliharaan Anda sering mencabuti bulunya. Maka dari itu, jika Anda memandikannya tambahkan dengan obat pembasmi kutu supaya tidak terjadi pencabutan bulu lagi.

Itulah cara untuk merawat “LoveBird” kesayangan Anda yang sering mencabuti bulunya. Semoga dari artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda khususnya sang pemilik atau pecinta LoveBird tersebut. sekian, terima kasih.

Tinggalkan komentar